Lika Liku Mahasiswa Universitas Indonesia

Tertarik kuliah di Universitas Indonesia? Artikel ini membahas UI mulai dari sejarahnya, fakultas & jurusan yang ditawarkan, serta kampus dan fasilitasnya.

Setelah minggu kemaren gue cerita mengenai SIMAK UI, buat kali ini kita santai-santai layak di pantai aja yuks ngomongin serunya kuliah di UI. Buat lo yang ga berencana  masuk UI juga gapapa ikutin cerita serunya. Bisa jadi buat bahan omongan lo kalo lagi ngegebet anak UI. Atau bisa jadi buat bahan perbandingan di kampus tempat lo kuliah nanti.

Sejarah Universitas Indonesia

Sebelum kita bicara kampus UI yang sekarang, ada baiknya kita tau sedikit sejarah mengenai UI. Universitas Indonesia pada mulanya dibangun tahun 1849 oleh pemerintahan Hindia Timur Belanda. Pada saat itu namanya masih School of Medicine for Javanese. Tujuan dibangunnya sekolah ini adalah sebagai tempat penghasil asisten dokter. Pada tahun 1898 ditambahin lagi sekolah kaya gini, namanya sekolahnya STOVIA. Lompat jauh ke tahun 1924, pemerintahan kolonial Belanda mendirikan RHS (Sekolah Badan Hukum Indonesia). RHS inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Hukum UI.

Setalah menyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, pemerintahan Indonesia mendirikan BPTRI, yaitu Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di Jakarta. Pada akhir 1945, pemerintah kolonial kembali menguasai Jakarta. BPTRI terpaksa pindah ke luar Jakarta. Pada saat itu, pemerintahan Belanda mendirikan Universitas Sementara di Jakarta. Kemudian pada tanggal 21 Maret 2947, setalah Jakarta kembali dikuasai oleh pemerintah Indonesia, BPTRI diberikan wewenang untuk memegang STOVIA, School of Medicine for Javanese, RHS, Universitas Sementara dan sekolah lain-lainnya.

Akhirnya, BPTRI menggabungkan semua sekolah itu menjadi Universitas Indonesia. UI secara resmi berdiri pada tanggal 2 Februari 1950. Pada saat itu, UI mempunyai 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di berbagai kota. Kemudian, fakultas-fakultas tersebut memisahkan diri. Tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam yang ada di Bandung memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. 1 September 1963, Fakultas Kedokteran Hewan UI dan Fakultas Pertanian yang di Bogor memisahkan diri menjadi Institut Pertanian Bogor. Begitu juga fakultas-fakultas lainnya yang akhirnya memisahkan diri menjadi Universitas Airlangga, Universitas Hassanudin, dan Universitas Negeri Jakarta.

Pada tahun 1965, UI terdiri dari 3 kampus, yaitu Kampus Salemba, Rawamangun, dan Pegangsaan. Selanjutnya, pada tahun 1987, sebagian fakultas yang terdapat pada kampus Salemba dan Rawamangun mendirikan kampus baru di Depok. Hingga kini, akhirnya UI hanya di Salemba (FK dan FKG) dan di Depok (FT, FH, FISIP, FE, dan fakultas lainnya). Kemudian, pada tahun 2006, seorang mahasiswa nan rupawan bernama Jansen Alfredo masuk ke Fakultas Teknik di kampus Depok. Dan dari sanalah gue mau cerita pengalaman gue selama kuliah di UI ini. Hehehe..

 

Fakultas Universitas Indonesia

Setelah ngomongin sejarah UI, sekarang gua mau cerita mengenai fakultas dan jurusan yang terdapat di UI setelah semua fakultas itu gue tongkrongin kantin dan gedung-gedungnya semasa gue kuliah. Mari kita bahas satu satu.

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas_Kedokteran_Universitas_Indonesia

Ini adanya di Kampus Salemba. Nah kalo lo kuliah di sini, mata kuliahnya ambilnya paketan. Jadi setiap semester lo ga bisa milih mata kuliah apa yang mau lo ambil. Semuanya dijadiin satu paket semester. Setiap dua minggu biasanya ujian, presentasi, bikin makalah, dan tugas. Ga lupa juga praktikum beserta laporannya juga sering memakan jam tidur anak FK, hehehe. Kalo lulus kuliahnya yang S1, nanti gelarnya S.Ked.

 

2. Fakultas Kedokteran Gigi

fkg-ui

Hampir sama kaya FK, setiap semester ambil kuliahnya paketan. Menurut pengamatan gue, 90% anak FKG adalah mahasiswi. Salah satunya alumninya adalah tutor Zenius yang namanya Wilona. Kalo kata kebanyakan anak FKG kuliah di sini relatif lebih mudah untuk lulus 3,5 tahun kok dibanding fakultas lain. Kalo lulus lo dapet gelar SKG

 

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

dekanat1

Kalo gue nongkrong di sini, nuansanya religius gitu. Yoki dan Pras adalah mantan mahasiswa kampus ini. Dulu sebelah kampusnya ada lapangan bola dengan alas rumput gitu. Kadang kalo siang ada kambing-kambing makan di situ. Kampusnya sangatlah bersahabat dengan lingkungan. Lulus dari sini, nama lo belakangnya ditambahin S.Si (Sarjana Sains)

 

4. Fakultas Hukum

fh-ui2

Buat nanti yang masuk Hukum, pas diospek biasanya ditanya senior,

“siapa dia?”(sambil nunjuk patung)

mahasiswa baru : “Soekarno kak”

Senior : “push up dua puluh kali!!” (sambil nunjuk tanah)

Sesuai cerita tadi gue yang di atas, RHS yang didirikan Belanda adalah cikal bakal didirikannya FH UI. Ga heran nanti lo bakalan banyak belajar hukum-hukum Belanda di sini. Kalo bisa lulus, lo dapet gelar SH.

 

5. Fakultas Psikologi

psiko

Konon juga para mahasiswa yang pada milih fakultas ini sekalian rawat jalan, jadi ati-ati aja. Menurut pengamatan gue, sekitar 90% anak kampus Psikologi adalah cewe, dan kebanyakan sih di sana cakep-cakep. Kenapa? Nanti juga lo ngerti kalo lo ikutin salah satu mata kuliahnya. Lo tongkrongin aja kantinnya, bisa-bisa males gerak ga mau dateng kelas kuliah Kalkulus lo. Bisa lulus di sini, lo bakalan dapet gelar S.Psi

 

6. Fakultas Teknik

Fakultas_Teknik

Di sini tempat gue kuliah, nongkrong, praktikum, tidur, dan lainnya. Di kantin teknik (kantek), biasanya setiap jurusan nongkrongnya beda-beda.

Kalau jurusan gue yaitu teknik metalurgi biasanya nongkrong deket warung rokok, kalo anak mesin deket jualan sate, arsitektur yang banyak cewe-cewenya biasa nongkrong d kantin dalem. Rata-rata kuliah di sini 4 tahun. Orang yang gue ajak nongkrong ke sini biasanya pada komentar, “gila cowo teknik pada gondrong-gondrong banget, kumel, keliatannya jarang mandi (emang bener)”.

Biasanya kalo udah praktikum, bakalan kurang tidur seminggu di sini. Kelar dari sini, lo berhak dapet gelar ST.

 

7. Fakultas Ekonomi

2485360179_98e02d53d9

Di kolam inilah tempat di mana menelan banyak korban, soalnya yang lulusan Akuntansi UI diceburin di kolam ini pas habis wisuda. (yaah tipikal canda gurau anak FE lah). Menurut gue, organisasi-organisasi yang ada di FE lebih bagus dibanding di fakultas lain. Kuliah di sini juga rata-rata 4 tahun. Selesai dari sini lo dapet gelar SE.

 

8. Fakultas Kesehatan Masyarakat

fkm-ui

Pernah gue ke sini sendiri, gilee langsung diliatin sama mahasiswinya. Di sini jarang banget cowonya man. SKM bisa lo dapet kalo lo selesai kuliah di sini.

 

9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

54877165

Setau gue FISIP merupakan fakultas yang paling banyak mahasiswanya. Buseet bening-bening bangat mahasiswinya. pegel pala gue celingak-celinguk cewe-cewe cakep seliweran ga ada habisnya. 😀

Kantin di sana itu kalo jam makan siang buset, rame parah. Jurusan Hubungan Internasional biasanya yang jarang nongkrong di kantin. Selain karena mahasiswanya dikit, kuliah mereka juga berat banget. Cabut dari sini, lo bisa dapet gelar S.Sos.

 

10. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

1235794844-469

Spot yang terkenal disini namanya Kantin Sastra, atau disingkat Kansas #Krik 😀

di Kansas juga ada zona-zonanya. Biasanya di meja oranye anak Filsafat, Sejarah, kalo meja hijau anak Rusia, dan yang lainnya gue lupa. Jurusan yang dianggep berat sama anak FIB biasanya Sastra Inggris dan Sastra Jerman. Tugasnya relatif lebih banyak. Di sini  juga cewenya banyak dan lucu-lucu looh. Biasanya di sini banyak acara musik, drama, opera, dan lainnya. Kuliah di sini juga biasanya 4 tahun, setelah itu lo dapet gelar S.Hum.

 

11. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM)

54877157

Nah, ini termasuk kampus yang relatif sepi juga kampusnya. Tapi Wi-Fi di sini cepet banget looh. Kebanyakan sih di sini cowo. Kalau masalah kuliah, waduh, tugasnya ampun ampunan juga di sini setau gue. Kelar kuliah lo bisa dapet gelar S.Kom.

 

12. Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK)

55391717

Nah di sini juga jarang banget cowonya nih. S.Kep bisa lo gaet setelah selesai kuliah buat ngeceng 😀

 

13. Fakultas Farmasi (FF)

farmasiui-300x224

Fakultas ini merupakan fakultas paling muda. FF didirikan tahun 2011. Gelar S.Farm setelah lo kuliah di sini bisa lo gapai.

 

Fasilitas dan Lingkungan UI

Nah, berikut gue mau kasih gambar keadaan UI dan fasilitasnya.

1764740

Ini ada di luar pintu gerbang utama, kadang suka dijadiin tempat bocah alay pacaran, huff -___-

bis_kuning___bikun___UI_photo_by_yustisianyuri

Bis kuning UI berhenti setiap halte fakultas di kampus. Boleh lah kenalan dengan modus ngasih bangku kalo ada yang cakep.

Sepeda_UI

Nah buat yang mau menuju tempat kuliahnya pake sepeda juga bisa. Tapi kalo lagi panas sih Depok, waduh, belom sempet kuliah udah basah kuyub kaos lo pade.

nature103 

Asrama buat mahasiswa dari luar Jabodetabek biasanya maksimal di asrama satu tahun.

jembatan-teksas

Jembatan Teksas. Jembatan penghubung teknik, ekonomi, sastra. Di bawahnya jembatan ini ada Danau Mahoni. Gue pernah coba mancing di danaunya tapi cuma dapet ikan sapu-sapu doang :'(

Gedung Perpustakaan Baru Universitas Indonesia (UI)

Siaaall…. Gue udah ga kuliah di UI pas Perpus UI yang penuh dengan iMac kayak beginiii..

 

Cerita Rakyat UI

Kemaren, pas sebelum bikin tulisan ini, gue coba minta salah satu tutor Zenius buat share pengalamannya selama kuliah di UI.

Pras, tutor Biologi Zenius mau cerita pengalaman yang dia rasain pas kuliah di jurusan Biologi dulu dan udah ga ada sekarang. Berikut cerita Pras.

Ada 5 tempat yg menghilang di UI dari jaman gw kuliah. 

Pertama, Kantin murah meriah (tapi kadang terkontaminasi Salmonella typhii) yang ada di deket menara air. Tempat makan di mana nasi bayar sekali bisa refill berkali-kali. 

Kedua, Lapangan antara FKM dan Balairung. Tempat maen bola ga resmi klo pulang kuliah, dengan resiko dibentak satpam klo mereka lewat patroli. Sekarang udah jadi kampus FIK dan nantinya FK (udah di Salemba aja pada, pake pindah-pindah segala). 

Ketiga, lantai 4 Koleksi referensi Perpustakaan pusat lama. Suasana gelap, dingin, sepi, cocok buat tidur klo abis kuliah nonstop 4 jam. Perpus sekarang? terlalu terbuka ruangnya, tidak dirancang untuk tidur mahasiswa. 

Keempat, Menara pengamatan burung di Hutan kota. Pada ga tau kan? karena ini termasuk best kept secret nya anak-anak yg suka blusuk di hutan kota. Kabar terakhir tu menara udah rusak, dan ga layak dinaikin. Klo mau nekat naik, pastiin premi asuransi jiwa lu udah dibayar.

Terakhir, yg sangat gw kehilangan, suasana sepi dan seram setelah senja di daerah Kukusan. Jam 7 malam, ga ada orang keluar, suara jangkrik dan udara dingin adalah khas Kukusan. Sangat cocok untuk tidu..eh belajar maksudnya.”

AKHIRNYAAAA…

Itu tadi cerita mengenai UI. Semoga dengan cerita barusan bisa bikin lo tambah semangat buat kuliah di sana. Nah, makanya ujian SIMAK di hari Minggu nanti harus bisa lo maksimalin deh. Tapi, ga lupa gue mau bilang, dimana pun kampus lo nanti, apapun jurusan yang lo ambil nanti, sebaiknya kuliah bisa lo manfaatin secara maksimal untuk belajar, bersosialisasi, mencari pacar, berorganisasi, berkompetisi, dan lain sebagainya.

Banyak banget temen-temen gue yang akhirnya bekerja di luar jurusan yang mereka ambil pas kuliah. Gue sendiri dari teknik sekarang ngajar Matematika di Zenius Education. Hal yang gue dapet di jurusan Metalurgi seperti teknik pengecoran, pengeboran dan lainnya , mungkin ga ada hubungannya dengan kerjaan gue yang sekarang. Tapi, diskusi yang gue dapet pas di kantin, sosialisasi yang gue dapet pas lagi nongkrong, kalkulus yang gue pelajari di kelas kuliah, bisa gue manfaatkan sekarang dengan kerjaan gue.

Jadi, buat lo yang mau masuk UI, Ayooo berjuang..!!

 

[Update: untuk yang penasaran sama ITB, baca juga “Gimana Rasanya Kuliah di ITB?”]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.