Lika Liku Mahasiswa Universitas Indonesia

Lika Liku Mahasiswa Universitas Indonesia

Setelah minggu kemaren gue cerita mengenai SIMAK UI, buat kali ini kita santai-santai layak di pantai aja yuks ngomongin serunya kuliah di UI. Buat lo yang ga berencana  masuk UI juga gapapa ikutin cerita serunya. Bisa jadi buat bahan omongan lo kalo lagi ngegebet anak UI. Atau bisa jadi buat bahan perbandingan di kampus tempat lo kuliah nanti.

Sejarah Universitas Indonesia

Sebelum kita bicara kampus UI yang sekarang, ada baiknya kita tau sedikit sejarah mengenai UI. Universitas Indonesia pada mulanya dibangun tahun 1849  oleh pemerintahan Hindia Timur Belanda. Pada saat itu namanya masih School of Medicine for Javanese. Tujuan dibangunnya sekolah ini adalah sebagai tempat penghasil asisten dokter. Pada tahun 1898 ditambahin lagi sekolah kaya gini, namanya sekolahnya STOVIA. Lompat jauh ke tahun 1924, pemerintahan kolonial Belanda mendirikan RHS (Sekolah Badan Hukum Indonesia). RHS inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Hukum UI.

Setalah menyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, pemerintahan Indonesia mendirikan BPTRI, yaitu Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di Jakarta. Pada akhir 1945, pemerintah kolonial kembali menguasai Jakarta. BPTRI terpaksa pindah ke luar Jakarta. Pada saat itu, pemerintahan Belanda mendirikan Universitas Sementara di Jakarta. Kemudian pada tanggal 21 Maret 2947, setalah Jakarta kembali dikuasai oleh pemerintah Indonesia, BPTRI diberikan wewenang untuk memegang STOVIA, School of Medicine for Javanese, RHS, Universitas Sementara dan sekolah lain-lainnya.

Akhirnya, BPTRI menggabungkan semua sekolah itu menjadi Universitas Indonesia. UI secara resmi berdiri pada tanggal 2 Februari 1950. Pada saat itu, UI mempunyai 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di berbagai kota. Kemudian, fakultas-fakultas tersebut memisahkan diri. Tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam yang ada di Bandung memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. 1 September 1963, Fakultas Kedokteran Hewan UI dan Fakultas Pertanian yang di Bogor memisahkan diri menjadi Institut Pertanian Bogor. Begitu juga fakultas-fakultas lainnya yang akhirnya memisahkan diri menjadi Universitas Airlangga, Universitas Hassanudin, dan Universitas Negeri Jakarta.

Pada tahun 1965, UI terdiri dari 3 kampus, yaitu Kampus Salemba, Rawamangun, dan Pegangsaan. Selanjutnya, pada tahun 1987, sebagian fakultas yang terdapat pada kampus Salemba dan Rawamangun mendirikan kampus baru di Depok. Hingga kini, akhirnya UI hanya di Salemba (FK dan FKG) dan di Depok (FT, FH, FISIP, FE, dan fakultas lainnya). Kemudian, pada tahun 2006, seorang mahasiswa nan rupawan bernama Jansen Alfredo masuk ke Fakultas Teknik di kampus Depok. Dan dari sanalah gue mau cerita pengalaman gue selama kuliah di UI ini. Hehehe..

 

Fakultas Universitas Indonesia

Setelah ngomongin sejarah UI, sekarang gua mau cerita mengenai fakultas dan jurusan yang terdapat di UI setelah semua fakultas itu gue tongkrongin kantin dan gedung-gedungnya semasa gue kuliah. Mari kita bahas satu satu.

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas_Kedokteran_Universitas_Indonesia

ini adanya di Kampus Salemba. Nah kalo lo kuliah di sini, mata kuliahnya ambilnya paketan. Jadi setiap semester lo ga bisa milih mata kuliah apa yang mau lo ambil. Semuanya dijadiin satu paket semester. Setiap dua minggu biasanya ujian, presentasi, bikin makalah, dan tugas. Ga lupa juga praktikum beserta laporannya juga sering memakan jam tidur anak FK, hehehe. Kalo lulus kuliahnya yang S1, nanti gelarnya S.Ked.

 

2. Fakultas Kedokteran Gigi

fkg-ui

Hampir sama kaya FK, setiap semester ambil kuliahnya paketan. Menurut pengamatan gue, 90% anak FKG adalah mahasiswi. Salah satunya alumninya adalah tutor zenius yang namanya Wilona. Kalo kata kebanyakan anak FKG kuliah di sini relatif lebih mudah untuk lulus 3,5 tahun kok dibanding fakultas lain. Kalo lulus lo dapet gelar SKG

 

3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

dekanat1

Kalo gue nongkrong di sini, nuansanya religius gitu. Yoki dan Pras adalah mantan mahasiswa kampus ini. Dulu sebelah kampusnya ada lapangan bola dengan alas rumput gitu. Kadang kalo siang ada kambing-kambing makan di situ. Kampusnya sangatlah bersahabat dengan lingkungan. Lulus dari sini, nama lo belakangnya ditambahin S.Si (Sarjana Sains)

 

4. Fakultas Hukum

fh-ui2

Buat nanti yang masuk Hukum, pas diospek biasanya ditanya senior,

"siapa dia?"(sambil nunjuk patung)

mahasiswa baru : "Soekarno kak"

Senior : "push up dua puluh kali!!" (sambil nunjuk tanah)

Sesuai cerita tadi gue yang di atas, RHS yang didirikan Belanda adalah cikal bakal didirikannya FH UI. Ga heran nanti lo bakalan banyak belajar hukum-hukum Belanda di sini. Kalo bisa lulus, lo dapet gelar SH.

 

5. Fakultas Psikologi

psiko

Konon juga para mahasiswa yang pada milih fakultas ini sekalian rawat jalan, jadi ati-ati aja. Menurut pengamatan gue, sekitar 90% anak kampus Psikologi adalah cewe, dan kebanyakan sih disana cakep-cakep. Kenapa? Nanti juga lo ngerti kalo lo ikutin salah satu mata kuliahnya. Lo tongkrongin aja kantinnya, bisa-bisa males gerak ga mau dateng kelas kuliah Kalkulus lo). Bisa lulus disini, lo bakalan dapet gelar S.Psi

 

6. Fakultas Teknik

Fakultas_Teknik

Di sini tempat gue kuliah, nongkrong, praktikum, tidur, dan lainnya. Di kantin teknik (kantek), biasanya setiap jurusan nongkrongnya beda-beda.

Kalau jurusan gue yaitu teknik metalurgi biasanya nongkrong dkt warung rokok, kalo anak mesin deket jualan sate, arsitektur yang banyak cewe-cewenya biasa nongkrong d kantin dalem. Rata-rata kuliah di sini 4 tahun. Orang yang gue ajak nongkrong ke sini biasanya pada komentar, "gila cowo teknik pada gondrong-gondrong banget, kumel, keliatannya jarang mandi (emang bener)".

Biasanya kalo udah praktikum, bakalan kurang tidur seminggu di sini. Kelar dari sini, lo berhak dapet gelar ST

 

7. Fakultas Ekonomi

2485360179_98e02d53d9

Di kolam inilah tempat dimana menelan banyak korban, soalnya yang lulusan Akuntansi UI diceburin di kolam ini pas habis wisuda. (yaah tipikal canda gurau anak FE lah). Menurut gue, organisasi-organisasi yang ada di FE lebih bagus dibanding di fakultas lain. Kuliah di sini juga rata-rata 4 tahun. Selesai dari sini lo dapet gelar ,SE.

 

8. Fakultas Kesehatan Masyarakat

fkm-ui

Pernah gue ke sini sendiri, gilee langsung diliatin sama mahasiswinya. Di sini jarang banget cowonya man. SKM bisa lo dapet kalo lo selesai kuliah di sini.

 

9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

54877165

Setau gue FISIP merupakan fakultas yang paling banyak mahasiswanya. Buseet bening-bening bangat mahasiswinya. pegel pala gue celingak-celinguk cewe-cewe cakep seliweran ga ada habisnya. 😀

Kantin disana itu kalo jam makan siang busset, rame parah. Jurusan Hubungan Internasional biasanya yang jarang nongkrong di kantin. Selain karena mahasiswanya dikit, kuliah mereka juga berat banget. Cabut dari sini, lo bisa dapet gelar S.Sos

 

10. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

1235794844-469

Spot yang terkenal disini namanya Kantin Sastra, atau disingkat Kansas #Krik 😀

di kansas juga ada zona-zonanya. Biasanya di meja oranye anak Filsafat, Sejarah, kalo meja hijau anak Rusia, dan yang lainnya gue lupa. Jurusan yang dianggep berat sama anak FIB biasanya Sastra Inggris dan Sastra Jerman. Tugasnya relatif lebih banyak. Di sini  juga cewenya banyak dan lucu-lucu looh. Biasanya di sini banyak acara musik, drama, opera, dan lainnya. Kuliah di sini juga biasanya 4 tahun, setelah itu lo dapet gelar S.Hum

 

11. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM)

54877157

Nah, ini termasuk kampus yang relatif sepi juga kampusnya. Tapi Wi Fi di sini cepet banget looh. Kebanyakan sih di sini cowo. Kalau masalah kuliah, wadduh, tugaasnya ampun ampunan juga di sini setau gue. Kelar kuliah lo bisa dapet gelar S.Kom.

 

12. Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK)

55391717

Nah di sini juga jarang banget cowonya nih. S.Kep bisa lo gaet setelah selesai kuliah buat ngeceng 😀

 

13. Fakultas Farmasi (FF)

farmasiui-300x224

Fakultas ini merupakan fakultas paling muda. FF didirikan tahun 2011. Gelar S.Farm setelah lo kuliah di sini bisa lo gapai.

 

Fasilitas dan Lingkungan UI

Nah, berikut gue mau kasih gambar keadaan UI dan fasilitasnya.

1764740

ini ada di luar pintu gerbang utama, kadang suka dijadiin tempat bocah alay pacaran, huff -___-

bis_kuning___bikun___UI_photo_by_yustisianyuri

Bis kuning UI berhenti setiap halte fakultas di kampus. Boleh lah kenalan dengan modus ngasih bangku kalo ada yang cakep

Sepeda_UI

Nah buat yang mau menuju tempat kuliahnya pake sepeda juga bisa. Tapi kalo lagi panas sih Depok, waduh, belom sempet kuliah udah basah kuyub kaos lo pade.

nature103 

Asrama buat mahasiswa dari luar Jabodetabek biasanya maksimal di asrama satu tahun.

jembatan-teksas

Jembatan Teksas. Jembatan penghubung teknik, ekonomi, sastra. Di bawahnya jembatan ini ada Danau Mahoni. Gue pernah coba mancing di danaunya tapi cuma dapet ikan sapu-sapu doang :'(

Gedung Perpustakaan Baru Universitas Indonesia (UI)

Siaaall.... Gue udah ga kuliah di UI pas Perpus UI yang penuh dengan iMac kayak beginiii..

 

Cerita Rakyat UI

Kemaren, pas sebelum bikin tulisan ini, gue coba minta salah satu tutor zenius buat share pengalamannya selama kuliah di UI.

Pras, tutor Biologi zenius mau cerita pengalaman yang dia rasain pas kuliah di jurusan Biologi dulu dan udah ga ada sekarang. Berikut cerita Pras.

"Ada 5 tempat yg menghilang di UI dari jaman gw kuliah. 

Pertama, Kantin murah meriah (tapi kadang terkontaminasi Salmonella typhii) yang ada di deket menara air. Tempat makan di mana nasi bayar sekali bisa refill berkali-kali. 

Kedua, Lapangan antara FKM dan Balairung. Tempat maen bola ga resmi klo pulang kuliah, dengan resiko dibentak satpam klo mereka lewat patroli. Sekarang udah jadi kampus FIK dan nantinya FK (udah di Salemba aja pada, pake pindah-pindah segala). 

Ketiga, lantai 4 Koleksi referensi Perpustakaan pusat lama. Suasana gelap, dingin, sepi, cocok buat tidur klo abis kuliah nonstop 4 jam. Perpus sekarang? terlalu terbuka ruangnya, tidak dirancang untuk tidur mahasiswa. 

Keempat, Menara pengamatan burung di Hutan kota. Pada ga tau kan? karena ini termasuk best kept secret nya anak-anak yg suka blusuk di hutan kota. Kabar terakhir tu menara udah rusak, dan ga layak dinaikin. Klo mau nekat naik, pastiin premi asuransi jiwa lu udah dibayar.

Terakhir, yg sangat gw kehilangan, suasana sepi dan seram setelah senja di daerah Kukusan. Jam 7 malam, ga ada orang keluar, suara jangkrik dan udara dingin adalah khas Kukusan. Sangat cocok untuk tidu..eh belajar maksudnya."

AKHIRNYAAAA...

Itu tadi cerita mengenai UI. Semoga dengan cerita barusan bisa bikin lo tambah semangat buat kuliah di sana. Nah, makanya ujian SIMAK di hari Minggu nanti harus bisa lo maksimalin deh. Tapi, ga lupa gue mau bilang, dimana pun kampus lo nanti, apapun jurusan yang lo ambil nanti, sebaiknya kuliah bisa lo manfaatin secara maksimal untuk belajar, bersosialisasi, mencari pacar, berorganisasi, berkompetisi, dan lain sebagainya.

Banyak banget temen-temen gue yang akhirnya bekerja di luar jurusan yang mereka ambil pas kuliah. Gue sendiri dari teknik sekarang ngajar Matematika di Zenius Education. Hal yang gue dapet di jurusan Metalurgi seperti teknik pengecoran, pengeboran dan lainnya , mungkin ga ada hubungannya dengan kerjaan gue yang sekarang. Tapi, diskusi yang gue dapet pas di kantin, sosialisasi yang gue dapet pas lagi nongkrong, kalkulus yang gue pelajari di kelas kuliah, bisa gue manfaatkan sekarang dengan kerjaan gue.

Jadi, buat lo yang mau masuk UI, Ayooo berjuang..!!

 

[Update: untuk yang penasaran sama ITB, baca juga "Gimana Rasanya Kuliah di ITB?"]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Jansen Alfredo adalah Chief HR Department di Zenius Education dan salah satu kontributor konten di zenius.net untuk pelajaran Matematika. Jansen mengambil kuliah di Teknik Metalurgi UI
 
Follow Twitter Joni at @JoniAlfredo

  • Millah Fatimah

    semoga bisa menikmati apa yg kakak2 zenius dapatkan dr UI dan juga bisa meramaikan jumlah cewe di Fasilkom UI!!!! hehehe Amin 🙂

    • Jansen Alfredo

      nah, tambahin gih cewenya, fasilkom masih rada jarang tucc

      • Depe

        bnag jansen, teknik metaalurgi susah sma seru gk? biasanya lulusan metal ui pada kemana ya?

        • Jansen Alfredo

          kalo buat gue sih seru juga kuliah di sana,
          lulusannya kebanyakan jadi artis tersohor ibu kota, haha
          kbykan temen2 gue kerja di industri manufaktur, oil and gas, pabrik motor mobil metromini, di bank juga lumayan.
          yang jelas jarang yg jd tutor, hehehe

          • Depe

            ini kimianya byk kan ya, klo fisikanya gmna? trus susah bgt gk bang kya teknik mesin (kata org2 berat kliahnya), kbnyakan lulusnya brp tahun? sori byk nanya tertarik soalnya hehe

          • Jansen Alfredo

            kimia dan fisika banyaknya, kalo susah sih kalo gue tanya temen2 gue yang anak metal kuliah di sana biasa aja, ga sesusah yang gue bayangkan sebelum gue masuk UI. lulusan rata-rata 4 tahun.

          • Jansen Alfredo

            waduh kelewatan belum dibales.
            di metalurgi yang banyak matematika, fisika, kimia.
            kalo berat sih hampir sama aja sama teknik mesin.
            biasanya lulusnya 4 tahun. coba aja kalo emang suka dengan kuliahnya.

  • Millah Fatimah

    trik ngerjain ipa terpadu nya dong kaka hehehehehe

    • Jansen Alfredo

      iya lain kali yaaah

  • Calvin

    request ITB dong bang
    tutor zenius kan ada juga tuh alumni ITB, hehe

    • Jansen Alfredo

      nah, coba nanti gue bilangin ke tutor zenius yang dari ITB, atau lo mau sebut nama aja request syp yang nulis?

      • jek

        bang sabda aje kalo ga bang wisnu hehe

        • Jansen Alfredo

          nanti yah disampein

      • alvin

        pak medy boleh juga tu bang

        • Jansen Alfredo

          kalo pak medy udah jarang bantu zenius 🙁

  • NN

    kok gak ada vokasi kak

    • Jansen Alfredo

      oups, gue lupa bilang, ini tulisan mengenia progam yang reguler atau paralel SIMAK UI

  • Mita Kania

    Perpustakaan UI itu keren parahhhh

    • Jansen Alfredo

      kalo lo nanti bisa masuk UI dan baca-baca di perpusnya lebih keren tuh yah..

  • Vebrianto Idrus

    UI gila,,, !!!

  • tatariliantie

    oke fix gue makin tergila-gila dgn UI !

  • tia

    hahaha tulisannya lucu._. kak, tunjangan tugas di FMIPA itu termasuk brat ga ya??

    • Jansen Alfredo

      di MIPA, setau gue jurusan matematika yang sering dikasih tugas banyak dibanding jurusan lainnya.

  • Faiz

    Gan klo UM UNAIR soalnya sama kaya SBMPTN gk gan makasih gan atas infonya 😀

    • Jansen Alfredo

      soalnya sih relatif hampir sama dengan SBMPTN..

  • regi

    besok tahun depan gw akan bercerita soal unpad , mohon doanya !

    • Jansen Alfredo

      eh boleh tuh dishare UNPADnya

  • robby butarbutar

    waduhh parah nih, bynak ama gaet cewe, hhahahha tapi mantep lah bsa jadi acuan buat bljar ahahhahah.. 😀

  • Inne Dwika

    cakep kak!

  • Fadhil Azman

    ngiri banget liat perpustakaan UI

  • nabila

    jantung langsung berdebar debar penuh semangat kalo liat apapun tentang ui! semangattt banget dh pokoknya. zenius makasih banyaaak,gua belajar serius sejak januari buat persiapan sbmptn dan simak, dan hasilnya gua lancar bgt ngerjainnya

    • Jansen Alfredo

      wah terima kasih kembali Nabila, kalo gitu ditunggu kabar pengumuman hasilnya deh..

  • Leovhaty Augusta AHB

    Widiiih...nyempetin baca nih artikel ternyata penulisnya si temen begadang buat spmb dulu.haha.Temen nongkrong plus main bola juga pas kuliah. Artikel lo keren,sen. 😀

  • Nur Ali Fahmi

    lagi seru-serunya baca sejarah ui eh pas paragraf akhir kalimat terakhir malah narsis ka ncen hahaha... gw ngakak soalny dari awal gw bacanya serius dan fokus!

  • Nur Ali Fahmi

    oiye ka, itu kenapa bisa ya banyak yang lulus kerjanya ga sesuai bidang studi yg mereka ambil saat kuliah? by the way,cerita ka pras lucu abiss hahaha,,,

    • Jansen Alfredo

      oups sori baru bales, iyaa bisa aja setelah beres kuliah teknik kimia, baru sadar, wuah ternyata lebih asik kerja di fotografi. iya, sebenarnya bukan ga sesuai sih, mungkin kuliahnya ga berhubungan deket dengan kerjaannya.

  • Ifan

    asiiik semangat buat UI di tahun depan, Sastra Jepang UI , yeah ! thank kaka buat tulisannya 🙂

  • azkaindi

    Request bikin tulisan ttg ITB dong kaaakk!!! ^o^

  • Rahmah

    banyak ngakaknya nih baca post ini -_- Alhamdulillah udah keterima di kampus jaket kuning tahun ini :')

  • Agis Anindia

    Wahhhhh............. Jd tambah pengen masuk UI nihhh.......... FIB Sastra korea..... Wait for me yaaaaaaa.... Hehehe Btw thanks om udh share artikel ini 🙂 bermanfaat bgt

  • sesa

    kedokteran gigi 2015 :"D

  • Fitria marta

    Semangat buat UI FF di tahun depan 🙂

  • Koswara

    Jembatan teksas itu artinya jembatan antara teknik dan sastra. Di tengah teksas ada huruf KS. Artinya, jembatan itu sumbangan KS

  • Koswara

    KS artinya PT Krakatau Steel

  • barby

    bang buat tulisan tentang itb dong please...? 🙂 🙂

  • Axel

    UI! Kepal Jari-jari Tinju! UI UI Kampusku! Bersatu Almamaterku! UI!

  • Alaya

    FE UI Amiiin ><

  • CAMABA FASILKOMUI’14

    #FASILKOMUI'14 🙂

  • martin

    FMIPA taun depan aminn

  • Fakhrul Shidqi

    Bang Haji Sabda 😀

    • Jansen Alfredo

      woiya, udah tiga kali dia naik aji, hahhay

  • ratu

    pelita bangsa bermakara biru muda, Aamiiin :))

  • amell

    FK UI
    aminnn

  • Sri hari wahyuni

    tolong dong bahas mengenai fakultas hukum di universitas indonesia secara lebih lengkap

    • Jansen Alfredo

      hmm, mau masuk hukum yaah, coba aja searching2 dikit di google mengenai hukum UI. dari mahasiswa angkatan 2013 sih bilang kalo angkatannya hampir 50-50 untuk batak dan non-bataknya 🙂

  • CAMA FMIPA UI 2013

    nismillah bisa masuk sini amin :)))))

  • nurul ezkanandyta

    FK UI ya allaah..amiinn

  • Asep

    Wahhhh gua nyesel bgt gagal dptin jalur reguler di teknik mesin SIMAK UI ma teknik kimia SBMPTN

    malah skrg jd anak planologi, hadeuhhhhhhhh

    • Jansen Alfredo

      naah, kalo lo emang mau tetep masuk teknim mesin atau teknik kimia UI, coba aja lagi hehehe, belajar lagi pastinya hahaha.

  • afthoni

    FK UI aamiin yaa allah

  • Uty Hana Syafitri

    Teknik Mesin UI 🙂

  • Alin

    Boleh nanya ga kak? Apa bedanya jurusan sistem informasi, ilmu komputer sama teknik komputer?? Makasih 🙂

    • Jansen Alfredo

      Ilmu komputer mempelajari perangkat komputansi, perangkat keras, dan perangkat lunak.

      Sistem informasi adalah gabungan antara teknologi informasi dengan orang yang terlibat dalam operasi dan manajemen teknologi tersebut.

      Teknik komputer adalah ilmu yang menggabungkan teknik elektro dan ilmu komputer.

  • anakteknik

    Ah gak yakin gw masuk UI padahal rumah di kukusan -.- ( apa hubungannya )

  • pickaboo

    gue yakin bukan gue yang butuh UI, tapi UI yang butuh gue. Yey! 3 tahun lagi tunggu gue yaaa UI

  • isa

    bikin tentang itbnya juga dong ka

  • Rofi Ananta Syah Ulum

    yeahh thanks ceritanya, jadi semakin minat masuk UI nih 😀

  • Inyoeh

    #FISIP2014! 😀

  • edwin

    semangaaaaat belajarrrrr buat SIMAK UI ! Semangat masuk Teknik Material & Metalurgi !!!! 🙂

  • Didiet

    gila gitu iMac !! :O

  • siti solehah

    sorry ni btw, D3 VOKASI Universitas Indonesia Nya mana yaa ?

  • Nabilla O

    waaaa!! Semoga 2 tahun lagi bisa keterima disinii!! amin!

  • Dedy

    Halo kak, saat ini saya kuliah di SBM ITB. Setelah satu semester di SBM ITB saya merasa bahwa passion saya tidak di jurusan ini sehingga saya berencana untuk mencoba Teknik Kimia UI di SBMPTN 2014 nanti. Bisa cerita-cerita nggak kak tentang Teknik Kimia UI? Terima Kasih

    • Jansen Alfredo

      ouh gitu, ternyata emang lebih suka Kimia yah boleh aja pindah ke Tekim.

      Di Tekim belajarnya banyak Kimia, Fisika, Matematika. Sepengamatan gue sih, anak Kimia lebih banyak yang kuliah, pulang, kerjain tugas, berorganisasi, kadang nongkrong di kantek, lulus 3,5 atau 4 tahun. Yah bisa dibilang pada "sehat" lah kuliahnya, hahahah

  • m.husaini ansori

    optimis tahun depan masuk ui..
    kk mau nanya ni. nama saya m.husaini ansori dari pekanbaru.. insya allah tahun depan saya mau masuk ui jurusan ke sejahtraan sosial tapi sekaarang saya jurusan ipa, bisa gak kk? kalo bisa besar gak peluang lolos nya?
    bagi tips nya dogn kk

  • Rizaldi Prasetya

    GO for Fasilkom UI!!

  • Leonita Noviandri

    gak ada fakultas komunikasi?

  • Nida Fadhilah

    Fasilkom di UI ada yang ekstension ga?

  • Herlina Gunawan

    waahhhh makin semangaattt kak baca artikel ini, aku pngen sesukses kaka, menjadi seorang lulusan UI dengan gelar S.Si 🙂

  • Mey

    Kak, saya dari jurusan ipa tapi tertarik banget sama hi. Tertarik banget sama hi, tapi blm fix nih. Baik nya gimana ya? lintas jurusan pasti lebih sulit :"

    Terus, waktu sbmptn saya harus mengambil ips kah? Makasih kak, maaf nih jadi curhat.

  • Fitri Novita Sari

    wih~ iMac.. 😮 O.O
    jadi makin pengen kesana, kuliah di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea :v
    tapi kga yakin bisa~ -_- mohon doa ny aja ya~ :3 :')

  • annisa

    FF UI BISMILLAHHHHH :') :')

  • Rani Yayu Puja Gustiani

    Ka sesudah baca-baca yang diatas, ko ga ada yg spesifik ya tentang gizi? bukannya itu satu fakultas ya hehe. Kalo ada, passing grade nya berapa? Ketat banget ga persaingannya? Terus yang fakultas ilmu budaya, prospeknya jadi apa dan kemana ya?

  • dwi puji rahayu

    kak emang iya ya buat masuk ui tergantung sama alumi dari sekolah kita ? banyak yg bilang si begitu.

  • RachmalinD

    metalurgi apa aja sih yang dipelajari kak?tugasnya susah-susah ga?pernah minat mau masuk metalurgi ui tapi ragu.

  • Muhamad Ilham

    Kak.. Saya anak IPS tapi pengen masuk FASILKOM, bisa ga? Saya juga dah jadi member di Zenius supaya bisa masuk FASILKOM.. Dan pergaulannya gimana? Rasis ga sih?

    • Fanny Rofalina

      Hai hai Muhammad Ilham, gue lulusan FASILKOM UI. Menurut gue sih, Fasilkom UI ga rasis ya. Soalnya mahasiswa dari berbagai ras/etnis cukup nyampur.

  • Vina Nur Azizah

    share pengalaman anak yang kuliah di psikologi dong kak, butuh referensi banget nih.. lagi galau super2 galau sama jurusan

    • Fanny Rofalina

      Sabar ya. Sedang kita usahakan

  • Ahmad Rais Nasution

    Kak mau tanya kalau kuliah untuk mempelajari ttg pembuatan game mengkoding atupun mempelajari ttg pembuatan animasi itu nama jurusannya apa ya?

    • Fanny Rofalina

      Hai Ahmad,

      Kalo lo tertarik membuat game dari sisi kodingan dan programming-nya, lo bisa melirik jurusan Ilmu Komputer di UI, Teknik Informatika di ITB, ataupun Teknologi Informasi di UGM.

      Kalo lo tertarik dalam pembuatan game, tapi dari segi desainnya aja, lebih baik lo ke Desain Grafis aja.

      Informasi lebih lengkap, coba lo baca tulisan ini deh:
      https://www.zenius.net/blog/7163/jurusan-ilmu-komputer-teknologi-informasi

  • Schwester E.

    Bakteri salmonella terdeteksi Haha bahaya itu