Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Bahasa Inggris

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN Bahasa Inggris

 

Zenius Facebook Live adalah ajang di mana kamu dapat bertanya langsung ke tutor Zenius seputar topik yang sedang dibicarakan. Acara ini dikemas dalam format talk show dan diadakan secara Live melalui akun resmi Facebook Zenius Education. Artikel ZeniusBlog kali ini akan memberikan rangkuman dari Zenius Facebook Live: Tips Belajar SBMPTN Bahasa Inggris yang diisi langsung oleh Donna (tutor pengisi konten Bahasa Inggris di zenius.net) dan ditemani oleh Calvin (programmer Zenius). Jika kamu tertarik untuk melihat unedited version atau video lengkap saat Zenius Facebook Live: SBMPTN Bahasa Inggris ini berlangsung, kamu bisa dilihat di sini.   

 

PENGENALAN BAHASA INGGRIS SBMPTN

Apa sih sebenernya yang diuji di SBMPTN Bahasa Inggris?

Sebenernya SBMPTN Bahasa Inggris itu mengukur kemampuan kita dalam menyerap informasi yang tertulis, atau yang kita sebut reading comprehension skills. Jadi di SBMPTN ini kita semua akan diberikan 3-4 teks bacaan, masing-masing dari teks itu akan disertai dengan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Pertanyaan itu harus kita jawab sesuai sama teksnya. Biasanya SBMPTN Bahasa Inggris terdiri dari 15 soal yang dibagi ke 3 atau 4 teks bacaan.

Susah gak sih materi bahasa Inggris di SBMPTN? Apa yang bikin susah?

Susah atau nggaknya akan tergantung sama kemampuan masing-masing. Tapi secara umum sih SBMPTN bahasa Inggris itu relatif susah. Apa yang bikin SBMPTN Bahasa Inggris itu lumayan susah antara lain:

1. Kalimat di SBMPTN lebih rumit

Kalimat-kalimat yang kita temui di soal SBMPTN itu lebih panjang dibandingkan yang kita temukan sebelumnya seperti di UN.

2. Perbendaharaan kata (vocabulary) di SBMPTN lebih bervariasi

Lebih banyak kata sulit di SBMPTN dibandingkan dengan di UN. Di UN kita sering menemukan kata-kata yang kita jumpai sehari-hari, sedangkan kata-kata di SBMPTN lebih menyerupai buku teks yang akan kita pakai ketika kuliah nanti. Kosakata di SBMPTN itu naik kelas dibandingkan dengan UN.

3. Soal-soal yang lebih bervariasi

Jenis-jenis soal yang kita temui dalam SBMPTN itu tidak hanya mencakup main/idea atau pertanyaan yang faktual (benar atau salah menurut teks), tetapi juga mencakup pertanyaan yang lebih sulit, seperti pertanyaan yang menanyakan informasi yang tersirat/implisit dari sebuah teks, pertanyaan yang menanyakan koherensi antar paragraf, ataupun pertanyaan yang menanyakan maksud/argumen si penulis.

4. Waktu yang sangat singkat!!

Ini penting banget nih. Di SBMPTN TKPA, kita hanya dikasih waktu 105 menit untuk 90 soal (45 soal TPA, 15 soal Matdas, 15 soal Bahasa Indonesia, 15 soal Bahasa Inggris). Terlebih lagi, bahasa Inggris itu ada di paling belakang dan teksnya panjang-panjang. Jadi, kalau kita gak punya kemampuan bahasa Inggris yang baik atau gak punya manajemen waktu, kita akan kesulitan banget menyelesaikan soal bahasa Inggris SBMTPN. Menurut gue paling sedikit kita butuh waktu 20 menit untuk ngerjain soal bahasa Inggris.

Kalau materi bahasa Inggris SBMPTN sesusah itu, gimana caranya supaya kita bisa sukses di SBMPTN?

Sebelum kita tahu caranya menghadapi SBMPTN, kita perlu tahu kemampuan kita sampai di mana dulu. Biasanya gue ngebagi siswa jadi 2 macam:

1. Siswa yang kemampuan Bahasa Inggrisnya udah lumayan OK. Siswa ini biasanya udah terbiasa baca berbahasa Inggris (lancar baca wikipedia, lancar baca news), searching di google pakai bahasa Inggris, atau kalau tes TOEFL bisa punya skor di atas 550.

2. Siswa yang kemampuan Bahasa Inggrisnya belum diasah. Siswa ini kalo baca masih kesulitan, kosa katanya terbatas, gak terlalu ngerti grammar.

Kalau kemampuan bahasa Inggrisnya belum diasah, apa yang perlu kita lakukan?

Gue sering banget menemukan siswa yang kesulitan sama SBMPTN itu ternyata punya masalah mendasar dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. Penguasaan vocabulary sangat terbatas & Solusinya

Bayangin aja kalau kita gak bisa mengerti arti suatu kata, gimana caranya kita ngerti suatu kalimat? Kalau kita gak ngerti suatu kalimat, gimana caranya kita ngerti suatu paragraf? Kalau kita gak ngerti suatu paragraf, gimana caranya kita ngerti suatu teks? 😀

Nah untuk memperluas perbendaharaan kata, kita perlu banget menghafalkan kata sebanyak-banyaknya. Pertama, yang perlu kita lakukan adalah sering-sering menemukan kata-kata baru dalam bahasa Inggris. Kita bisa melakukan ini lewat berbagai macam hal, contohnya banyak nonton berbahasa Inggris, dengerin orang ngomong berbahasa Inggris, denger lagu, dan yang paling penting, banyak baca dengan macam-macam topik. Gue menekankan banyak baca di sini karena baca itu bisa kita lakuin di mana aja, kapan aja, dan bisa kita lakukan secara cepat. Terlebih lagi, ketika kita SBMPTN, kita akan diuji reading comprehension kan? Jadi bisa sembari menyelam minum air. Berikut ini adalah contoh sumber-sumber yang bisa lo coba untuk latihan baca bahasa Inggris:

Kedua, biasakan membuka kamus kalau kita ketemu kata-kata yang susah. Kamus zaman sekarang udah banyak yang online, jadi kita gak perlu lagi bawa kamus tebel-tebel di tas kita. Kamus yang sering gue pakai adalah:

Ketiga, cara kita menghafal juga perlu strategi. Yang namanya menghafal sesuatu harus dilakukan sedikit demi sedikit tapi rutin supaya kita ingat. Jangan langsung baca ratusan kata satu hari, terus baru kita ulang minggu depannya. Nah biasakan untuk punya buku catatan untuk ngumpulin kata susah, termasuk artinya, dan kalau bisa contoh kalimatnya. Untuk makin hafal, pakai aja kata-kata yang sudah lo hafalkan.

Lifehack: Kita bisa nyambi belajar bahasa Inggris sambil belajar mata pelajaran lainnya lho. Misalnya lo lagi belajar animal kingdom di biologi. Lo bisa aja memperluas pengetahuan dengan mencari informasi dari internet tentang animal kingdom, tapi lewat artikel yang berbahasa Inggris. Alhasil, lo bisa mempersingkat waktu untuk belajar kedua mata pelajaran itu.

2. Pemahaman grammar yang terbatas & Solusinya

Selain penguasaan vocabulary, kita juga perlu ngerti konteks dan struktur kalimat. Ini semua kita pelajari dalam grammar. Belajar grammar itu awalnya pasti susah dan banyak hafalannya tapi materinya sebenernya gak banyak lho. Kalau lo bingung belajar grammar, lo bisa belajar materi grammar di zenius.net untuk SBMPTN. Kalau ternyata materi ini terlalu ringkas buat lo, lo bisa belajar materi grammar mulai dari kelas X, grammar kelas XI, ataupun grammar kelas XII.

Setelah mempelajari grammar dan menyetor banyak vocabulary ke kepala kita, sekarang waktunya kita melanjutkan belajar SBMPTN Bahasa Inggris kita.

Apa lagi strategi berikutnya?

Untuk lo yang bahasa Inggrisnya sudah lumayan OK dan untuk lo yang habis belajar sesuai dengan poin-poin di atas, sekarang waktunya belajar tahap selanjutnya, yaitu simulasi latihan soal SBMPTN bahasa Inggris. Ini beda loh sama baca secara kasual/santai/untuk belajar. Sekarang yang lo lakukan adalah baca teks bahasa Inggris yang seperti SBMPTN dan latihan soal yang menyerupai SBMPTN. Hal yang penting di sini adalah:

  • Kalau ketemu kata sulit, lo gak boleh buka kamus karena ini bentuknya simulasi. Pas ngerjain soal ini lo cuma bisa tebak-tebak berhadiah kalau gak ngerti suatu kosakata. Lo baru bisa mengecek arti katanya setelah selesai ngerjain soal.
  • Pakai stopwatch! Biasakan untuk baca 3-4 teks dan 15 soal dalam waktu 15-20 menit. Kalau lo awalnya hanya bisa mengerjakan dalam waktu 30 menit juga gakpapa, tetapi usahakan simulasi ujian berikutnya memakan waktu yang lebih singkat.

 

BAGIAN TANYA JAWAB

Q1: Bagaimana cara yang tepat untuk mengefektifkan waktu saat mengerjakan soal SBMPTN Bahasa Inggris?

Sebenarnya yang paling penting adalah persiapan jauh hari sebelum SBMPTN. Kalau dari jauh hari kita sudah persiapkan, sekarang waktunya kita mengatur waktu pas hari H, pas lagi mengerjakan soal.

Hack #1: Seringkali pikiran utama dari suatu teks ada di paragraf pertama dan/atau terakhir. Dibandingkan kita baca semuanya dan pusing karena kebanyakan informasi, kita bisa ngintip kedua paragraf tersebut dalam waktu yang singkat, dan lumayan kebayang isi teksnya apa. Baru setelah itu kita baca teksnya semuanya. Tapi gak semua teks punya pikiran utama baik di paragraf pertama ataupun terakhir ya!

Hack#2: Gak usah pusingin mendingan baca soalnya dulu atau baca teksnya dulu karena tergantung masing-masing dari kita lebih enak dan nyaman melakukan yang mana duluan. Mendingan kita coba sendiri deh, pikirin yang mana yang lebih nyaman.

Hack#3: Coba baca dengan mengarahkan pensil di titik tengah dari setiap baris di teks bacaan, lalu ditelusuri vertikal ke bawah, karena itu membuat baca kita lebih cepat.

Q2: Kalau belajar Bahasa Inggris dari awal sebaiknya dari mana? Dari belajar vocab atau grammar dulu?

Belajar vocabulary membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada grammar karena vocabulary butuh space memori yang gede banget. Penting banget untuk belajar vocabulary dari sekarang dengan latihan baca, misalnya. Nah tapi kenapa gak sekalian kita belajar keduanya sekaligus? Vocab yang kaya bisa membantu kita belajar grammar dari sumber yang lebih baik. Grammar kita juga mendukung pemahaman kita ketika baca teks, sehingga bisa juga membantu vocabulary kita. Jadi keduanya bisa menopang satu sama lain. Belajar grammar bisa dilihat di zenius.net materi per kelas, karena sudah diurutkan.

Q3: Belajar Bahasa Inggris cuma dengan menonton film dengan subtitle bahasa Inggris apakah efektif?

Sebenernya kita bisa aja mendapatkan vocabulary baru dengan aktivitas seperti ini, tergantung filmnya juga sih seperti apa. Tapi sayangnya akivitas ini gak cukup. Jadi jangan dijadikan cara belajar bahasa Inggris yang utama, apalagi konteksnya SBMPTN. Gue menyarankan belajar vocabulary lewat membaca. Kita bisa akses di mana aja, bahannya banyak, gak buang waktu, bahkan nanti kebetulan di SBMPTN yang diuji pun juga membaca.

Q4: SBMPTN Bahasa Inggris itu reading texts aja atau grammar juga diuji?

Selama beberapa tahun terakhir, isinya hanyalah reading texts biasanya 3-4 bacaan dengan 15 soal. Tidak ada pertanyaan yang menguji grammar secara langsung.

Q5: Belajar Bahasa Inggris SBMPTN dan USM STAN bedanya apa?

SBMPTN Bahasa Inggris 15 soal, sekitar 3-4 bacaan, waktu kurang-lebih 15 menit.

STAN Bahasa Inggris 60 soal, terdiri dari 30 soal grammar, 10 soal kalimat rumpang (2 bacaan pendek), 20 soal reading comprehension (2 bacaan panjang).

Q6: Aku udah biasa mendengar orang ngomong bahasa Inggris, tapi masih susah ketika membuat kalimat, kenapa ya?

Skill kita dalam membuat kalimat itu adalah skill untuk berkomunikasi secara aktif (skill yang kita butuhkan ketika kita memberikan informasi). Komunikasi kita yang aktif itu kita pakai contohnya di dalam menulis sesuatu atau berbicara. Di sisi lain, komunikasi yang pasif itu kita pakai untuk menerima informasi, seperti membaca atau mendengar. Cara melatih skills tersebut adalah dengan terus-terusan practice (mau jago ngomong, sering-sering latihan ngomong, dst). Masalahnya, kita lebih sering berkomunikasi yang pasif (mendengar, menonton, membaca berbahasa Inggris) dibandingkan yang aktif (ngomong, nulis berbahasa Inggris). Otomatis kita jarang mengasah kemampuan kita dalam berkomunikasi aktif. Akibatnya, kita lebih lemah dalam komunikasi yang aktif, salah satunya dalam bikin kalimat.

****

Buat kamu yang ga mau ketinggalan Zenius Facebook Live selanjutnya, jangan lupa untuk Like akun resmi Facebook Zenius Education. Kamu akan mendapatkan notifikasi langsung jika Zenius Facebook Live sedang berlangsung. Kamu bisa pantengin acaranya dari awal sampe habis, plus bisa kasih komen dan bertanya langsung ke tutor pengisi acara. 

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Donna tentang persiapan belajar SBMPTN Bahasa Inggris, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Kamu juga bisa baa artikel ZeniusBlog lain tentang persiapan SBMPTN Bahasa Inggris:

Buat yang udah geregetan pengen langsung belajar Bahasa Inggris, kamu bisa langsung bukan bahan belajar Bahasa Inggris yang udah disiapin Donna di zenius.net:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Donnita adalah Senior Tutor Bahasa Inggris yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Bahasa Inggris di zenius.net dan juga zeniusenglish.com . Donnita mengambil S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia
 
Follow Twitter Donnita at @DonnitaSafiera

  • Adrian Christiadi Sihombing

    Artikelnya bermanfaat banget kak. Yang tips dan trik kimia dan fisika dong kakk

    • Fanny Rofalina

      Terima kasih Adrian.

      Untuk tips belajar SBMPTN Kimia dan Fisika, akan kita posting dalam waktu dekat ya..

      • Live streaming yang Biologi dong ^^

  • Alfinsa EP

    Mumpung topiknya bahasa Inggris, ada sesuatu yang pengen gue tanyain.

    Misal lagi baca bacaan bahasa Inggris (buku, artikel, Wiki, dsb) kemudian nemu kata susah. Kata susah itu udah dicari terjemahannya, udah ditulis di buku catetan. Pertanyaan gue:
    - Gimana cara terus inget vocab yang udah ditulis tadi?
    - Apakah nyatet di buku aja cukup?
    - Efektif gak sih nyari definisi kata pake kamus English Oxford, Cambridge, Collins, Merriam-Webster? Apa itu bisa jadi cara memperkaya vocabularies?

    Thanks

    • Saskia Maulida

      bantu jawab ya. kalo dari pengalaman gw pribadi, nggak cukup kalo lu cuma nyatet vocab2x nya doang. tapi lu juga harus tau dan paham gmn cara make tu vocab dlm sebuah kalimat / penggunaannya. percaya deh, itu akan ngebantu banget untuk lebih inget. jadi lain kali, kalo lu ketemu vocab yg asing, lu kudu nyatet contoh penggunaan tu vocab dlm kalimat (kalimatnya simpel aja, gaperlu ribet, yg penting lu paham pas ngebaca ulang).
      kalo soal kamus, efektif nggak efektif ya lu kudu mau dan rela untuk ngecek kamus. kalo gw pribadi lebih suka kamus yg pake definisi bhs inggris langsung ya, drpd cuma translate inggris-indo. karena lebih nyantol gitu jadinya.

  • Yusril A

    nice artikel kak,

    btw kak, request tips buat miilih mapel UN + tips buat persiapan USBN dong hehe 🙂

    • Fanny Rofalina

      Terima kasih Yusril buat sarannya. Kita lagi mengumpulkan informasi kok supaya bisa bikin tips persiapan UN 🙂 Sabar ya..

  • Rani Aprilia Putri

    Thanks kak infonya :)). bermanfaat sekali. kalau bisa sering2 fb live yaaa haha

    • Fanny Rofalina

      Hai Rani. Terima kasih ya sarannya. Akan kami usahakan.
      Kalo menurut kamu, selain kasih tips belajar SBMPTN begini, bagusnya tema Zenius Facebook Live atau ngomongin apa ya?

      • Alfinsa EP

        debunk something fan

  • Qiyya Khoirunnisa

    saran niih kak, zenius blog juga pake bahasa inggris doong hehe

    • AlTof Yuri

      Beuhhhh boleh tuhhh, colek kak TUTOR !!!

  • Muhammad Mutsaqoful Fikri

    Kak minta saran nih, bagusnya mulai dari grammar dulu, atau langsung ke Comprehension Text atau vocab dulu ya kak?

  • Yudhis

    nice mbak 🙂
    it makes me want to study and study again
    Vocab & Grammar + (Reading&Listening)+(speaking &writing)