Bingung liburan ngapain? Ikutan Lomba #ReviewZenius aja yuk!

Bingung liburan ngapain? Ikutan Lomba #ReviewZenius aja yuk!

Halo guys, gak kerasa bentar lagi kita udah penghujung tahun 2016 aja nih. Nah, buat lo yang lagi bingung ngisi kegiatan apa di liburan Natal dan akhir tahun ini, zenius mengadakan lomba menulis blog lagi nih! Kali ini, temanya adalah #ReviewZenius!

Yak pada kompetisi blog kali ini, gua mau lo mengulas (me-review) tentang pengalaman belajar lo bersama produk-produk zenius! Sebagai gambaran, lo bisa ceritain gimana rasanya jadi pengguna zenius, dari mulai kelengkapan videonya, kepraktisan download latihan soal, seberapa menarik artikel blognya, seberapa seru forum zenius club, gimana kualitas produk DVD Xpedia 2.0, dll. Pokoknya kalo lo bingung gimana nulis review tentang zenius, anggep aja lo lagi nerangin tentang gimana rasanya pakai produk zenius ke sahabat atau adik lo yang belum pernah pakai produk zenius. 🙂

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Mungkin sebagian dari lo ada yang tau kalo zenius secara rutin mengadakan kompetisi nulis blog sejak tahun 2014. Pada prinsipnya sih, konsep lomba kali ini mirip banget dengan sebelumnya, cuma tema-nya sekarang "Review Zenius". Jadi konsepnya, lo tinggal nulis aja review tentang pengalaman lo memakai produk zenius di halaman blog pribadi lo masing-masing. (terserah dalam format wordpress, blogspot, atau website pribadi)

Zenius cuma ngasih 1 syarat aja untuk kompetisi ini : Lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis nanti. Hyperlink itu boleh mengarah pada laman salah satu video di zenius.net misalnya: halaman video zenius learning, atau misalnya ke salah satu artikel di blog zenius yang lo pikir udah memberikan manfaat yang positif buat lo. Okay, gampang banget kan syaratnya?

Nah, mungkin sebagian dari lo masih ada yang bingung apa maksudnya "mencantumkan hyperlink ke domain zenius"? atau mungkin lo juga belum tau gimana cara melakukannya. Okay, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasan gue:

kalo lo perhatiin, pada hampir semua tulisan di blog zenius selalu ada kalimat yang berwarna biru, terus kalo diklik kamu akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut - Nah, itulah yang namanya hyperlink! Sekarang bagi lo yang belum tau gimana caranya mencantumkan hyperlink, nih gua kasih tau caranya dengan 4 tahap:

Okay, sekarang udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang, simpel banget kan? Gak perlu bikin pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi ini-itu. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog zenius kali ini?

Temanya tentang : "#ReviewZenius". Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bikin judul kayak gimanapun juga, misalnya seperti ini "Pengalaman gue belajar di website zenius.net" atau "Gimana sih rasanya belajar pakai zenius Xpedia 2.0?". Pokoknya judulnya bebas yang penting isi ceritanya emang terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, yaitu "#ReviewZenius".

2. Karena ini lomba dari zenius, berarti harus review zenius yang bagus-bagusnya aja dong?

Nggak kok. Dalam lomba ini, kita justru berharap review dari lo yang SENETRAL mungkin. Dalam arti, jika ada kekurangan atau hal negatif yang lo temukan dalam produk zenius, silakan ditulis aja ga perlu takut. Justru jika lo bisa membedah kekurangan zenius dengan baik, tentu zenius juga sangat berterima kasih karena bisa jadi bahan pembelajaran untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Sebaliknya juga, jika lo menemukan kelebihan atau hal positif dalam produk zenius, silakan disampaikan dalam tulisan review lo.

3. Apa saja aspek-aspek penilaian dalam lomba blog kali ini?

Sekali lagi gua tegaskan, penilaian lomba ini TIDAK akan didasarkan pada sejauh mana lo memberikan review positif dengan memuji produk-produk zenius setinggi langit. Gua berharap review yang nanti lo tulis bisa senetral mungkin mengulas baik kelebihan maupun kekurangan dari zenius.

Jadi apa dong aspek-aspek yang dijadikan penilaian? Ini nih aspek-aspeknya:

  • Komprehensif : sejauh mana lo menceritakan produk zenius. Dari mulai kualitas produknya, kelengkapan video dan latihan soalnya, kemudahan transaksi waktu membeli, servis dari customer service, kualitas diskusi di forum zenius club, kualitas artikel blognya, tampilan websitenya, aktivitas sosial medianya, dsb.
  • Akurasi : sejauh mana akurasi dari review yang lo tulis. Dalam arti, apa yang tulis memang benar-benar menggambarkan produk/servis dari zenius sebagaimana kenyataannya. Jangan sampai lo salah bilang (misalnya), beli produk Xpedia 2.0 dapet bonus payung cantik, padahal zenius ga pernah ngasih payung.
  • Kreativitas : ada banyak macem bentuk review supaya dikemas secara menarik. Lo bikin tulisan lo jadi sekreatif mungkin yak!

PS. Buat lo yang ingin mengulas/review zenius dengan menceritakan proses pengalaman lo belajar bersama dengan zenius itu juga BOLEH kok. Karena dengan bercerita soal pengalaman belajar lo, secara tidak langsung juga lo sedang mengulas atau mereview tentang sejauh mana zenius berdampak positif/negatif terhadap diri lo.

4. Gue gak biasa nulis di blog nih, tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Naah.. buat lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo, atau yang penasaran biasanya penilaian pemenang dari zenius itu berdasarkan hal apa saja. Lo bisa cek kayak gimana kualitas artikel pemenangnya di sini :

FYI: Bagi para peserta lomba yang sebelumnya pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog zenius sebelumnya, tidak akan dimenangkan kembali pada lomba blog ini.

5. Apakah boleh me-review produk zenius dalam format video?

Boleh banget! Tapi dengan 1 catatan: video review lo tetap harus di-embed atau dicantumkan DALAM ARTIKEL DI BLOG yang lo submit pada lomba kali ini. Jadi lo bisa rekam video review lo lalu upload ke youtube, kemudian link youtube tersebut lo embed pada artikel blog yang lo submit. Intinya, pastikan url link yang nanti lo submit pada form pendaftaran lomba adalah link blog pribadi lo, bukan link url youtube doang. Namanya juga lomba nulis blog, berarti harus dikumpulkan dalam bentuk blog juga dong. Oke? 🙂

6. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Okay, untuk pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya tinggal ngisi data diri sekaligus kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

7. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog zenius kali ini adalah SENIN, 9 JANUARI 2017 TEPAT PKL 24:00 MALAM. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel (sebanyak apapun boleh asal artikelnya beda2) tapi satu orang peserta hanya maksimal bisa menang satu kali doang. Sementara pengumuman pemenang akan diberitakan tanggal 20 Januari 2017.

8. Berapa banyak pemenang dan Apa aja hadiah lombanya?

Zenius akan memilih 5 artikel pemenang dimana masing-masing pemenang akan mendapatkan salah 1 dari 5 hadiah utama yaitu 4 paket DVD original dokumenter BBC Earth & 1 buku science populer berisi tanda tangan dari para tutor zenius. Selain itu, masing-masing pemenang juga akan mendapatkan kaos ekslusif zenius! 5 hadiah utama ini udah gua persiapkan khusus buat 5 orang pemenang lomba blog zenius. Apa aja sih set DVD dan bukunya?

  1. set DVD Original BBC : Human Planet (complete series)

  2. set DVD Original BBC : Orbit Earth's Extraordinary Journey

  3. set DVD Original BBC : Life

  4. set DVD Original BBC History of the World

  5. Buku "Science But Not As We Know It" by Ben Gilliland (premium hardcover + full color)

Keterangan: 4 set DVD di atas ada subtitle Bahasa Indonesia. Sedangkan buku "Science But Not As We Know It" berhubung buku impor jadi berbahasa Inggris. Oke, berikut adalah tampilan dari ke-5 hadiah pemenang lomba ini.

Sedikit Penampakan Hadiah untuk 5 Pemenang Lomba Blog

5 Hadiah utama untuk 5 orang pemenang lomba (masing-masing pemenang mendapatkan salah 1 dari hadiah utama ini)
Salah satu tampilan set DVD original Science Dokumenter dari BBC Earth + tanda tangan & pesan dari semua tutor zenius dalam 1 karton berlaminating
Masing-masing pemenang akan mendapatkan kaos ekslusif dari Zenius Education
tampilan bagian dalam buku Science But Not As We Know It. Bahannya Premium Hardcover & full color. Buku ini impor jadi berbahasa Inggris.

Keren kan hadiah untuk pemenang lomba blog kali ini, moga-moga bisa jadi penambah semangat lo buat nulis artikel review belajar dengan zenius, sekaligus dapetin salah satu di antara 5 hadiah utama tersebut.

==========CATATAN EDITOR===========

Okay, buat lo yang mungkin masih belum ngerti atau mau nanya-nanya tentang persyaratan lomba, langsung aja tinggalin komen di bawah artikel ini, nanti akan coba dijawab langsung sama Glenn, Fanny, atau Kak Ari. Buat lo yang udah bikin artikelnya, bisa langsung submit ke link di bawah ini:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • AlTof Yuri

    Pertamax diamankan 8)))

    • pertamax boleh tapi lo harus ikutan lombanya yak

  • Alfinsa EP

    Keduaxx

    • Wah kalo lo sih minimal submit 3 artikel yak! 😛

      • Alfinsa EP

        Kalo menang hadiahnya tiga biji yey! XD

  • Yugi Pangestuti

    Kak glenn mau nanya nih. Ini beda lagi kan kak sama lomba yg kaya perjuangan masuk universitas. Apa nanti boleh ikut lagi ?? Makasih

    • iya beda, boleh ikut lagi kok! 🙂

      • Yugi Pangestuti

        Tapi kalo aku ceritain gimana zenius ngebantu aku buat belajar sbmptn gimana kak ?? Apa gpp, meskipun sbmptn masih lama.

        • Boleh dong. Kan namanya juga review, berarti patokannya sejauh mana manfaat dari zenius yg kamu rasakan

  • udddddddddddddin

    maaf saya mau nanya. Untuk dapat beli DVD Dokumentasi seperti di atas beli dimana ?

  • yudha pratama

    kak, kenapa video pembahasan USM STAN dihapus ?

  • yudha pratama

    Maaf out of topic kak, kenapa video soal dan pembahasan USM STAN, SIMAK UI, dan usm lainya dihapus?

  • Arta

    wah 9 januari ultah gua bang

  • Muhammad Afif

    Gue belum pernah make produk Zenius, tapi gue mau nulis review apa apa yang telah gue baca di zenius (artikel, dll) Boleh kah?

    • boleh kok. tapi pastikan kamu kasih keterangan bahwa itu adalah review dari artikel2 di blog zenius.

  • Ikutan ah, pake blog lama gak keurus...
    mayan siapa tau ntar ngeblog lagi...

    • eh kak glenn gimana kalau imagenya ngambil dari blog zenius ini, boleh nggak ya?

      • boleh asal kasih keterangan sumber

        • Alfinsa EP

          BTW, sumbernya tuh link artikelnya, atau link gambarnya?

    • oke, good luck ya bikin reviewnya.

  • Dina Nur Fauziah

    Bang Glenn mau tanya, nanti waktu nulis cerita di blog itu pke nyantumin hadiah yang dipengenin ga? Misal kalo gue menang lomba blog gue pengen dapet DVD ini atau buku ini. Makasih bang. 🙂

    • boleh, nanti akan diusahakan kamu dapet DVD tsb kecuali ada pemenang lain yg request dgn jumlah score penilaian juri yg lebih tinggi

      • Dina Nur Fauziah

        Oke makasih bang 🙂

  • Aries Harry Pratama

    kak glen gua mau hadiah yang nomor limaaaa 😀

    • boleh, tapi pastikan review kamu berkualitas ya 🙂

  • Rosalina Kezia

    Kak Glenn, kalo mau ikut lomba ini ga harus bikin tulisan tntng perjuangan masuk ptn gitu kan ya? Intinya review kita buat zenius aja kan? Soalnya gue blom dapet ptn ini wkwkwk

    • Rosalina Kezia

      btw, gue udh kirim link blog gue. trus barusan bgt gue ngedit dikit soalnya ada yg kurang. gapapa kan ya??

      • iya diedit2 juga gpp, asal url-nya jangan diubah lagi ya.

    • yes, review soal pengalaman kamu belajar dengan zenius aja kok 🙂

  • yusuf

    Bang gimana kalau kita gak punya blog, wordpress dkk?

    • tinggal bikin aja akun wordpress/blogspot baru, 5 menit juga langsung jadi 🙂

  • Oryza Satifha

    kak mau tanya out of topic, kan masih tinggal 21 minggu sebelum sbm sedangkan materi saintek blm saya pelajari semuanya.. enaknya langsung kelatian soal-soalnyanya apa pelajari materinya dulu ya? mohon dibantu kak 🙁 (21 minggu saya untuk belajar tpa)

    • Yugi Pangestuti

      Wah samaan nih oryza. Gw juga ambil saintek nih, bulan januari sampe hari-H gw belajar saintek krn september sampe akhir des kemaren tkpa. Btw gw anak smk nih, lumayan takut sih mau pelajari ipa yg lumayan kompleks 😑

      • Oryza Satifha

        aku jg anak smk -_-

        • Yugi Pangestuti

          Wah kok sama nih hehe. Btw boleh dong saling sharing nanti kalo ada yg ga bisa 😁. Boleh kan ory ???
          Minta id line dong

          • Oryza Satifha

            whaa boleh2 tp gk ada line

          • Yugi Pangestuti

            Bbm ada ??? Atau terserah deh. Ini pin gw D2C183CF

  • Dananda

    kak untuk hasil reviewnya itu boleh gak dijelasin di videonya aja ? atau harus di blog ditulis dan divideo juga dijelaskan ? trims

  • Alif

    Kalo nulis nya di medium.com, boleh2 aja kan?

  • Valencia

    Kak kalau ga punya twitter gimana?

  • kak nanti link blog yang udah masuk bisa gak di post di twitter zenius , biar bisa cek soalnya takut salah input link hehe