Pembahasan Soal Ujian Nasional SMP 2016

Berisi video pembahasan soal-soal ujian nasional SMP tahun-tahun lalu. Di sini kamu bisa download soal-soal UN tahun lalu, dan akses ke pembahasannya.

Hallo Guys! Udah denger kan kabar tentang rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2017? Rencananya, UN akan digantikan dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Eiitts, tapi kabar terbaru di tanggal 9 Desember 2016, pemerintah bilang kalo rencana penghapusan UN itu mau ditinjau kembali. Artinya, sampe sekarang, sebenarnya beritanya masih belum final apakah nanti di 2017 tetap ada UN atau adanya USBN.

Walau belum final, bukan berarti kita cuma bisa bengong nunggu kepastiannya. Ada hal yang udah kita persiapkan dari sekarang kok. Nah, artikel Zenius Blog kali ini mau ngebahas gimana persiapan kita menghadapi 2 skenario yang ada, yaitu (1) UN 2017 diganti USBN atau (2) UN 2017 tetep diadain.

Skenario 1: UN Dihapus, Diganti USBN

Kalo nanti beneran jadi, rencananya USBN akan dilaksanakan secara desentralisasi. Artinya, USBN dilakukan tidak secara terpusat (tidak dari sentral/pusat). Pelaksanaan ujian untuk SD dan SMP sederajat akan diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota. Di sisi lain, untuk SMA dan SMK sederajatnya, ujian diserahkan ke pemerintah provinsi.

Soal USBN nanti akan menguji semua mata pelajaran (jadi gak hanya pelajaran yang di-UN-kan). Selain itu, tipe soalnya adalah pilihan ganda dan esai. Nah, soal esai ini nih yang belum ada di UN sebelum-sebelumnya.

Duh, tipe soal USBN itu bakal kayak gimana ya? Apakah tipe soal USBN akan sama dengan soal UN tahun-tahun sebelumnya?

Nah, kalo menurut prediksi tim zenius sih, soal USBN bakal mirip-mirip kaya soal-soal UN sebelumnya. Tau dari mana? Kita ngeliat pengalaman dari level SD sih. Jadi gini.. Pada tahun 2014, UN SD dihapuskan dan digantikan dengan ujian sekolah. Pada saat itu, ujian sekolah yang dibuat harus mengikuti standar nasional yang ditetapkan oleh pemerintah. Hasilnya, soal ujian sekolah juga gak jauh dari soal-soal UN sebelumnya. Kemudian, rata-rata nilai ujian pada masing-masing sekolah akan dijadikan pertimbangan untuk masuk SMP.

Nah, USBN 2017 ini sepertinya bakalan mirip-mirip kaya gitu juga. Soal-soal USBN akan mirip soal-soal UN sebelumnya. Terus, nilai rata-rata sekolah dan nilai USBN kamu sendiri akan dijadikan pertimbangan oleh tim penyeleksi masuk SMA. Jadi, sebaiknya kamu dan temen-temen kamu memaksimalkan nilai di USBN.

Buat kamu kelas 9 SMP, mungkin lagi bingung persiapannya gimana kalo USBN bakal benar dilaksanakan di 2017.

But-why-meme“Gila gue mau belajar dari mana, semua pelajaran diujikan…".

“Walah, kalo PG kan gue tinggal coret-coret cari jawaban, terus pilih jawaban. Kalaupun mentok, bisa tinggal nembak. Lah, kalo esai, mau nulis apa nanti??".

“Ah, persiapan gue sih selow aje. Gak mungkin sekolah gak ngelulusin gue dan semua temen gue. Mau, jelek tuh nama sekolahnya.”

Naah, salah satu persiapan yang penting dan bisa dimulai dari sekarang adalah mempelajari soal-soal UN sebelumnya. Kenapa? Karena seperti yang udah gue jelasin tadi, kemungkinan soal USBN bakalan mirip dengan soal-soal UN sebelumnya.

Eiits.. tetep diingat yah, belajar dari UN sebelumnya hanya SALAH SATU dari berbagai hal yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi USBN. Kamu gak bisa melakukan persiapan menulis esai dengan mempelajari pilihan ganda di UN sebelumnya. Kamu juga gak bisa melakukan persiapan mata pelajaran IPS dengan mempelajari UN sebelumnya. Laiyalah, soal UN sebelumnya emang gak ada soal IPS kaleeee. Hehe.. Tapi kalo kamu udah memahami tipe dan konsep materi soal UN tahun-tahun lalu, udah lumayan banget kan tuh persiapannya.

Skenario 2: UN 2017 Tetap Diadakan

Nah, kalo UN tetep diadakan, sepertinya bakalan sama kaya sebelumnya. Nilai UN akan dijadikan pertimbangan untuk masuk SMA yang kamu mau. Jadi, kamu perlu maksimalin nilai UN.

Terus, gimana dong persiapan UN-nya? Lagi-lagi dengan mempelajari UN sebelumnya. Berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir, soal UN itu gak akan jauh-jauh beda sama UN sebelumnya.

“Kan soal UN hampir selalu mirip, tinggal ngafalin rumus dan solusinya aja lah ya”

troll-face

Pikiran kayak gini yang mesti banget dihilangin nih. Kalo kamu cuma ngafalin rumus tanpa ngerti konsep dasarnya, biasanya kalo soalnya dikecohin dikit aja, kamu jadi ngaco jawabnya. Kita mesti bener-bener ngerti konsepnya supaya lebih siap berbagai macam variasi soal.

****

Oke deh, sampe di sini, semoga kamu udah bisa kebayang ya:

Mau tahun depan diadakan USBN, mau tetep UN.. mempelajari soal-soal UN tahun sebelumnya adalah persiapan oke yang bisa kamu lakukan dari sekarang.

Nah, sesuai judul artikel ini, kita mau kasih link LENGKAP video pembahasan soal Ujian Nasional SMP 2016 yang dijalani sama kakak-kakak angkatan kamu Mei 2016 lalu + pdf soal yang bisa kamu donlot GRATIS! Yuk, langsung aja kamu intip satu per satu soal sekaligus pembahasan UN SMP 2016.

ujian-nasional-smp

PEMBAHASAN SOAL UN SMP 2016

Sebenernya nih, kalo cuma mempelajari UN 2016, itu belum cukup buat kamu untuk mendapat gamabaran besar tentang variasi-variasi soal yang pernah keluar di UN. Kalo cuma mempelajari UN 2016 kemarin, kemungkinan kamu gak bakal siap kalo ada komposisi soal yang diubah. Nah, makanya penting banget menjajal variasi-variasi soal lainnya dari UN selain 2016. Nih, coba deh kamu liat pembahasan soal UN SMP dari tahun 2012-2015.

PEMBAHASAN SOAL UN SMP MATEMATIKA

PEMBAHASAN SOAL UN SMP FISIKA

PEMBAHASAN SOAL UN SMP BIOLOGI

PEMBAHASAN SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA

PEMBAHASAN SOAL UN SMP BAHASA INGGRIS

Masih mau latihan soal UN lebih banyak lagi? Kamu juga bisa coba kerjain Prediksi Soal-soal UN SMP dari tutor-tutor zenius di sini :

****

Okay deh. Selamat belajar ya. Jangan lupa, ajak temen-temen kamu belajar juga yah. Biar nanti dia dapet nilai bagus juga, trus nilai rata-rata sekolah kamu jadi tinggi.

Oiya, kayanya seru juga nih kalo kita obrolin tentang renacana penghapusan UN ini. Yuk, kita diskusi di kolom komentar.

Sumber:

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau kasih pendapat tentang rencana penghapusan UN digantikan USBN atau mau nanya-nanya sama Ncen tentang pembahasan soal UN 2016 dan persiapan UN, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.