Tiga Hal Penting Dalam Belajar

Yakin cara belajarmu sudah benar? Artikel ini membahas 3 hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar.

Udah ngerasa belajar?

Menurut gw, ada 3 elemen penting dalam belajar. Belajar... belajar... belajar... apaan sih tuh? Well, selama gue di zenius, gue ngelihat berbagai perkembangan yang sangat pesat dari orang-orang yang kerja di sini. Seriously... dan mungkin termasuk elo yang lagi baca ini. Tapi, ngedefinisiin apa itu belajar ternyata susah juga.

Gue mau coba dengan mengambil analogi "belajar berenang". Dalam proses belajar itu, ada tiga hal yang perlu diperhatiin:

  1. Ada rasa takut. Takut tenggelam, takut malu kalau kelihatan nggak bisa, dsb.
  2. Ada teori berenang. Cara-cara mengambil nafas, cara gerakin tangan dan kaki, dsb yang bisa dipelajari dari orang lain.
  3. Ada action yang harus dilakuin. Lo harus bener-bener berenang untuk nunjukin kalau lo udah bisa berenang.

So, gue mau bahas tiga hal itu satu per satu: Takut, Teori, dan Action.

1. Ada Rasa Takut

Rasa takut ini penting banget dalam belajar. Dimulai dari hal yang simple kayak takut ngomong ke orang yang lebih tua, murid takut ngomong sama guru, dsb. Takut gagal padahal udah berusaha maksimal. Takut bikin keputusan yang salah. Takut nggak lulus padahal udah belajar mati-matian. Takut ngomong di depan banyak orang. Takut nggak bisa mengemban tugas dengan baik. Takut menerima tugas baru, dsb.

And you know what? This is the good news
! Kalau lo bisa ngelewatin rasa takut itu, lo berarti udah belajar sesuatu yang baru. Dan kemungkinan besar, lo naik level ­čÖé

Nah, sekarang coba lo tanya ke diri lo sendiri,  Ketika gue belajar, apakah gue cuma mau belajar yang gue udah bisa aja? Atau gue berani trying new things yang awalnya gue takutin?

2. Ada Teori

Well, gue paling nggak suka kata-kata, "Ah, cuma teori. Prakteknya mah beda". Karena teori yang bener ya harus dibangun dari kenyataan dan harus sejalan dengan prakteknya. Kalau prakteknya beda, ya berarti teorinya salah. Teori yang bener itu juga dibangun dari pengalaman.

Manusia udah tinggal di bumi sejak 100.000 tahun yang lalu. Peradaban manusia mungkin udah ada sejak kita mengenal pertanian, kalo nggak salah sekitar 30.000--60.000 tahun yang lalu. Dan kita udah mengenal alat tulis sekitar 5000--10.000 tahun yang lalu. Sepanjang perjalanan manusia itu, ada banyak banget yang bisa dipelajarin.

And another good news! Berbagai teori yang pernah ada itu bisa diakses dalam bentuk buku, audiobook, webpage, multimedia, atau bahkan orangnya langsung.

Nah, sekarang coba lo tanya ke diri lo sendiri, Ketika gue belajar, apakah gue cuma mengandalkan diri sendiri? Atau gue belajar dari pengalaman orang lain?

3. Ada Action

Action juga nggak boleh dilupain dalam belajar. Apakah lo percaya orang yang bilang, "Gue udah tau teori berenang, berarti gue pasti bisa berenang" kalau dia juga bilang dia belum pernah berenang sama sekali? Murid-murid aja disuruh ngerjain soal kok untuk membuktikan kalau dia bener-bener mengerti konsepnya.

Kesempatan untuk melakukan action ini emang nggak sering. Kayak kesempatan untuk jadi leader, kesempatan untuk bicara di depan publik, kesempatan untuk ngomong dengan calon customer, kesempatan untuk untuk mengatur finansial perusahaan, kesempatan untuk membuat business unit baru, dsb. Itu nggak selalu datang dengan sendirinya.

But the good news is, kesempatan itu nggak selalu ngedatengin elo. Kadang-kadang, elo yang harus nyamperin. So... Don't be an island. Wake up!!! Jangan malu ngomong kalau lo ngerasa siap melakukan action tertentu yang berguna buat diri lo dan orang lain.

Nah, sekarang coba lo tanya lagi ke diri lo sendiri, Apakah gue cuma menunggu kesempatan datang? Atau gue sering berusaha menciptakan kesempatan itu sendiri, dan siap action ketika kesempatan itu bener-bener ada?

****

So, gue ulang lagi ya: Dalam belajar, ada tiga hal yang penting untuk diperhatiin: Rasa Takut, Teori, dan Action. Coba lo tanya lagi ke diri lo sendiri 3 pertanyaan itu, dan coba jawab. Kalau lo ngerasa nggak puas dengan jawabannya, berarti ada yang harus berubah.

Have a good day!

Wisnu OPS (@wisnuops)
CEO of Zenius Education

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang tips belajar secara umum, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini. Buat lo yang mungkin ngerasa pengen dapet tips belajar lain dari artikel zenius, gua sangat merekomendasikan artikel-artikel di bawah ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Diki

    bagus banget 

  • Ligarsenal

    bang zenius punya account fb pribadi gak soalnya mau chat nih kurang motivasi

  • Muhamad Nur; zenius tips is one way we must should to do tobe learner creativity in manythings.

  • Salmagracela

    Menginspirasi buatku berbuat lebih baik lagi dalam belajar
     

  • Avicenna

    i'm sorry. i'm just testing it with google chrome.

  • Vincentius

    maju terus zenius. ­čśÇ I wish I will be better..

  • asilly dreamer

    should have known escape from something don't change your life for tomorrow