Inflasi dan Hubungannya dengan Harga Barang Naik - Materi Ekonomi Kelas 11

Inflasi dan Hubungannya dengan Harga Barang Naik – Materi Ekonomi Kelas 11

Halo Sobat Zenius, di artikel kali ini gue mau membahas sebuah fenomena ekonomi yang pasti kita semua pernah rasakan, yaitu fenomena kenaikan harga barang secara umum yang sering disebut sebagai inflasi.

Yak, bisa ditebak sesuai dengan judulnya: Gue mau mengupas tuntas sebuah pertanyaan yang mungkin bikin elo penasaran selama ini:

“Kenapa ya harga-harga barang setiap tahun selalu naik terus? Kenapa ga sesekali harganya turun aja sih?”

Zaman gue dulu masih SMA, sekitar tahun 1990-an akhir (eh ketauan tuanya deh gue :p) uang jajan gue “cuma” Rp5.000/hari. Wah dikit amat ya? 

Tapi dengan uang segitu, dulu gue udah bisa bayar ongkos angkot pulang pergi sekolah, makan siang, malahan masih ada sisa buat jajan sepulang sekolah. Lho kok bisa? 

Ya, zaman gue dulu SMA, tarif angkot Rp500 sekali naik, terus makan nasi sama soto ayam di kantin sekolah palingan Rp2.500. Murah banget ya kalo dilihat di tahun 2022 sekarang.

Coba bandingin lagi harga barang-barang zaman sekarang dengan beberapa tahun yang lalu, sebetulnya semua harga barang di sekitar juga terus naik kok

Coba elo inget-inget aja mulai dari harga gorengan, air mineral, sampai harga komik di toko buku juga naik melulu setiap tahun! Kok bisa sih?

Kenaikan harga barang ini juga sebetulnya ga selalu terjadi dalam jangka waktu tahunan, bisa jadi terjadi dalam waktu hitungan bulan. 

Iseng-iseng coba deh cek di internet, harga minyak goreng di bulan Februari 2022 kemarin kurang lebih Rp13.000;-an/l, terus di awal Maret 2022 naik lagi sampe Rp15.000;-an/l. 

Gila, minyak goreng kok harganya naik terus ya? Kenapa sih harganya ngga sama aja ya? 

Ini para pedagang yang mainin harga supaya cepet kaya apa gimana sih? Atau jangan-jangan, ini artinya kondisi ekonomi di Indonesia terus memburuk dari tahun ke tahun?

“Apakah kenaikan harga menunjukkan bahwa Ekonomi Indonesia terus memburuk?”

Latar Belakang Fenomena Kenaikan Harga

Istilah dalam ekonomi dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan disebut dengan inflasi. 

Kalo elo lihat buku cetak ekonomi di bagian inflasi, fenomena ini dijelaskan sebagai proses kenaikan harga barang dan jasa secara umum atau “kemerosotan nilai uang (kertas)”. 

Tapi penjelasan di buku cetak tersebut, kadang kurang mendalam dan masih meninggalkan tanda tanya bagi semuanya.

Pertanyaan paling sederhana yang sering muncul dalam kepala adalah: Kok bisa sih kenaikan harga barang ini berjalan serentak? Kok naiknya bisa kompakan sih? Masa semua penjual di seluruh penjuru negeri janjian naikin harga bareng-bareng? 

Sebenernya gak seperti itu, karena pada prinsipnya, suatu keadaan ekonomi di mana harga naik secara terus-menerus disebut sebagai inflasi. 

Dan inflasi ini adalah sebuah fenomena ekonomi yang terjadi secara natural karena adanya perubahan dari berbagai komponen dalam perputaran roda ekonomi. 

Fenomena ini, bukan hanya terjadi pada ekonomi modern, tapi udah terjadi sejak ribuan tahun lalu dan akan terus terjadi selama sistem ekonomi berjalan.

Lalu, apa saja faktor penyebab harga barang barang mahal akibat inflasi dan adanya kemerosotan nilai uang? 

Sebetulnya secara makro penyebab inflasi sangat rumit, tapi secara sederhana, gue akan coba menjelaskan 2 komponen utama yang menyebabkan inflasi, yaitu:

  1. Pergeseran tingkat permintaan-penawaran
  2. Jumlah uang beredar
Inflasi menyebabkan kenaikan barang-barang (Arsip Zenius)
Inflasi menyebabkan kenaikan barang-barang (Arsip Zenius)

Jadi, dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa penyebab harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya pergeseran kurva permintaan dan penawaran (demand and supply) serta jumlah uang yang beredar di masyarakat. 

Kenapa pergeseran tingkat permintaan-penawaran mempengaruhi tingkat Inflasi?

Oke, gue akan coba menjelaskan fenomena bernama inflasi ini akan dalam kasus sederhana: 

Elo perhatiin nggak kalo tiap tahunnya mengapa pada saat menjelang hari raya harga kebutuhan pokok di pasar barang mengalami kenaikan? Biasanya menjelang Hari Raya Idul Adha harga kambing dan sapi jadi lebih mahal. Kenapa gitu? 

Ya jelas karena menjelang Idul Adha, permintaan daging kambing dan sapi banyak. Jadinya para pedagang naikin harga mumpung banyak orang yang mau beli. Namanya juga cari untung. 

Ini adalah hukum ekonomi yang sangat mendasar. Permintaan banyak, otomatis para pedagang naikin harga supaya untung lebih banyak. Namun sehari setelah Hari Idul Adha, harga kambing dan sapi pasti langsung turun drastis! Kenapa? Ya pasti karena orang yang mau beli (permintaan) akan daging kambing dan sapi juga turun drastis. 

Inilah ilustrasi nyata dari Hukum Permintaan-Penawaran yang mempengaruhi naik-turunnya harga barang. Nah, dari prinsip ekonomi (permintaan-penawaran) itulah, fenomena inflasi ini terjadi. Hanya saja skala-nya jauh lebih luas daripada fenomena naik-turunnya harga daging kurban menjelang Idul Adha atau harga kembang api menjelang tahun baru.

Kenapa jumlah uang beredar mempengaruhi tingkat Inflasi?

Emangnya kenapa sih kalo jumlah uang yang beredar di masyarakat jadi lebih banyak? Hubungannya apa sama terjadinya inflasi sih? Nih gue coba gambarin ilustrasi singkat ya:

Misalnya elo dan temen-temen sekelas dibagi jadi 2 kelompok, yaitu pembeli dan penjual. Sekarang setengah dari kalian adalah kelompok pembeli dan setengahnya lagi adalah kelompok penjual. 

Terus yang jadi pembeli ini semuanya punya uang sebesar Rp300.000/bulan dan yang jadi penjual ini ada yang jualan makanan, minuman, dan pakaian. Setiap hari para pembeli pasti akan membelanjakan uangnya, mereka akan beli makanan, minuman dan pakaian dari para penjual. 

Nah, misalnya rata-rata si pembeli membelanjakan uangnya sampe Rp10.000/hari, dalam 30 hari kan habis tuh ya setiap bulannya. Nah sekarang tau-tau ada guru yang berbaik hati, nambahin duit ke si kelompok pembeli sebesar Rp300.000 lagi, jadi kan sekarang si pembeli punya Rp600.000 ya? Apa yang akan terjadi?

Kelompok pembeli mungkin aja belanja lebih dari Rp10.000/hari, karena sekarang mereka punya uang lebih, mungkin mereka akan beli makanan, minuman dan pakaian lebih banyak dari sebelumnya. 

Emang udah jadi salah satu sifat dasar manusia, bahwa semakin besar pendapatannya, cenderung semakin besar pula pengeluarannya. 

Lalu apa jadinya kalo semua orang mendadak jadi belanja lebih? (baca: permintaan naik) Inget fenomena daging kambing & hari Raya Idul Adha tadi, otak bisnis pedagang secara natural akan menaikkan harga! 

Nah kalo fenomena ini terjadi terus-terusan, maka pada akhirnya terjadilah inflasi. Jadi kita bisa menyimpulkan skenarionya kira-kira seperti ini:

Kenaikan jumlah uang beredar -> menaikkan tingkat konsumsi -> menaikkan tingkat permintaan konsumen -> mendorong penjual menaikkan harga -> terjadilah inflasi

Rantai sebab-akibat ini yang sebenernya bisa dijelaskan oleh Teori Kuantitas Uang yang dikemukakan oleh Irving Fisher, yang diformulasikan pada persamaan berikut:

\[M \times V = P \times T\]
  • M = jumlah uang beredar
  • V = kecepatan perputaran uang (velocity)
  • P = tingkat harga umum
  • T = jumlah transaksi

Keliatan kan ya dari persamaan tersebut bahwa kalau M naik, dengan asumsi V dan T sama karena jumlah populasi juga dianggap tidak berubah, maka P akan naik juga. Pandangan teori ini dikenal juga sebagai pandangan sebagai kaum monetaris.

Tapi sebelum kita melangkah lebih lanjut ke bagian jenis-jenis inflasi di dunia, gue punya info penting nih buat elo semua. 

Elo tau gak sih kalo inflasi ekonomi adalah salah satu materi yang sering muncul di mata pelajaran Ekonomi UTBK SBMPTN. Oleh karena itu, elo gak bisa meremehkan materi yang satu ini lho. 

Kalo elo bingung harus mulai mempersiapkan UTBK dari mana, materi mana aja yang harus dipelajari. Jangan khawatir, karena Zenius siap membantu. Elo tinggal klik aja banner di bawah ini untuk menemukan daftar materi UTBK ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Jenis Inflasi Berdasarkan Penyebabnya

Oke, sekarang gue harap elo udah paham tentang 2 komponen dasar yang mempengaruhi inflasi. 

Sekarang, yuk telusuri lebih detail lagi tentang fenomena inflasi: Seorang ekonom bernama John M. Keynes punya pandangan bahwa penyebab dari fenomena inflasi bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Cost-push Inflation dan Demand-pull Inflation.

Cost-push Inflation

Elo tau nggak kalo bulan Februari 2022 harga BBM pertalite di Kepulauan Riau, harganya Rp8.000/liter! Loh kok mahal amat? 

Di kawasan Indonesia Barat terutama di Pulau Jawa, harganya dipukul rata yaitu Rp7.650/liter. 

Kenapa bisa beda begitu? Karena sebelum tahun 2016, pemerintah memang masih sangat kesulitan melakukan proses distribusi BBM ke daerah Indonesia timur karena keterbatasan infrastruktur dan transportasi. 

Akibatnya, pasokan BBM di sana jumlahnya jauh lebih sedikit daripada kebutuhan masyarakatnya. Orang yang butuh banyak, tapi jumlah pasokan barang sedikit. Ujung-ujungnya apa? 

Ya supaya terseleksi siapa yang layak kebagian barang, harganya meningkat setinggi langit! Secara teori di pelajaran ekonomi seringkali dijelaskan dengan D>S, kelebihan permintaan (excess demand), maka P akan naik.

Nah, situasi yang seperti inilah yang dikenal dengan Cost-push Inflation atau Inflasi Desakan Harga. 

Inflasi jenis ini terjadi karena kelangkaan barang akibat dari proses distribusi yang ngga lancar, atau terjadi bencana alam, panen gagal, atau kesulitan mendapatkan bahan baku sehingga proses produksi jadi terganggu.

Demand-pull Inflation

Kalo inflasi jenis ini, contoh yang paling gampang gini, elo pernah kepikir nggak kalo seandainya uang jajan lebih gede dari yang didapat sekarang. 

Misalnya duit jajan elo sekarang sebulan Rp500.000, tiba-tiba Mama naikin uang jajan jadi Rp1.000.000/sebulan. Ya secara natural, biasanya elo terdorong untuk belanja lebih banyak daripada waktu duit jajan sedikit. 

Nah, sekarang bayangin kalo fenomena ini terjadi dalam skala yang besar dalam masyarakat luas. Tiba-tiba semua orang pada doyan belanja! 

Kalo permintaan naik, lagi-lagi elo bisa tebak sendiri gimana respon para pedagang dengan otak bisnisnya? Yup, lagi-lagi naikin harga.

Nah, rantai sebab-akibat inilah yang disebut Demand-pull Inflation atau Inflasi Tarikan Permintaan. Inflasi jenis ini terjadi karena adanya kelebihan permintaan secara agregat atau keseluruhan (Aggregate Demand/AD) sebuah negara. 

Kenapa permintaan barang dan jasa kok bisa naik secara keseluruhan gitu sih? Biasanya penyebabnya adalah adanya kelebihan likuiditas atau peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Jenis Inflasi Berdasarkan Asal Penyebabnya

Oke, secara garis besar elo pasti makin paham penyebab dari fenomena inflasi. Tapi yuk coba gali lagi lebih mendalam tentang penyebab inflasi.

Dalam melihat fenomena ekonomi secara nyata, gak bisa lupa bahwa dunia udah semakin terintegrasi, terutama dari sisi ekonominya. 

Gampang banget ngeliatnya di kehidupan sehari-hari. Coba deh cek, seluruh gadget elo buatan mana? peralatan elektronik rumah tangga seperti AC, kulkas, TV, rice-cooker, dll buatan mana? Nah, ada banyak banget produk yang digunakan itu tidak hanya melibatkan industri dalam negeri lho. 

Hubungan industri ini gak hanya dalam level barang konsumsi saja, tapi juga pada level bahan baku, seperti biji besi, timah, kapas, gula, pasir, kayu, semen, dll. 

Dari situ dapat dilihat bahwa iklim industri di luar akan berdampak juga pada kondisi ekonomi di Indonesia, dan juga sebaliknya.

Hubungan ekonomi antar negara inilah yang juga memungkinkan terjadinya inflasi. Inflasi yang terjadi di negara lain bisa ikutan “kebawa-bawa” sampai ke Indonesia juga lho ketika belanja dari negara lain. 

Makanya inflasi juga bisa dikelompokkan berdasarkan sumbernya, yaitu Imported Inflation dan Domestic Inflation.

Imported Inflation

Inflasi jenis ini bisa terjadi ketika negara melakukan pembelian dari negara yang sedang mengalami inflasi yang tinggi, sehingga barang-barang di negara tersebut kan tinggi tuh.

Jadi kebawa deh harga tingginya itu ke pasar domestik. Misalnya pemilik toko alat elektronik seperti handphone atau laptop, yang bahan bakunya kebanyakan berasal dari China. 

Kalo pas China lagi mengalami inflasi yang tinggi, maka harga barang-barang tersebut dari negeri asalnya juga pasti akan jadi lebih mahal kan?

Karena para importir di Indonesia mendapatkan barang dengan harga lebih mahal dari biasanya, apa yang mereka lakukan pas dijual di Indonesia? 

Yak, harganya juga akan lebih mahal. Inilah yang disebut dengan imported inflation, karena inflasi yang sebenernya terjadi di negara lain jadi kebawa-bawa masuk ke negara melalui hubungan dagang tadi.

Domestic Inflation

Inflasi domestik berarti dalam negeri dong, maksudnya gimana nih? Hal ini terjadi sebagai akibat dari pengambilan kebijakan-kebijakan ekonomi dalam negeri yang kurang tepat. 

Nanti gue bakalan bahas tentang penanggulangan inflasi melalui berbagai kebijakan dari Bank Indonesia. Nah, kalo pengambilan kebijakan itu dilakukan di saat yang tidak tepat, maka bisa jadi terjadi inflasi.

Selain kesalahan keputusan dari Bank Indonesia, kebijakan pemerintah yang pada akhirnya menyebabkan harga terdorong naik adalah kebijakan mengenai pajak. 

Kalo elo masih inget tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (konten zenius.net kelas XI K2013 tentang APBN dan APBD). 

Di situ dibahas salah satu sumber pendapatan pemerintah adalah melalui penerimaan pajak yang harus dibayarkan oleh perorangan dan juga oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Nah, kalo pemerintah menetapkan pajak yang terlalu rendah, sedangkan belanja negaranya tinggi, akhirnya kan APBN-nya defisit. Kalo udah defisit gitu, kemungkinan besar pemerintah harus memotong anggaran belanjanya. 

Kalo yang dipotong adalah anggaran belanja untuk pembangunan infrastruktur, ini berpotensi untuk memicu inflasi. 

Karena akhirnya distribusi barang jadinya terganggu karena dukungan infrastruktur yang kurang. Hal kayak inilah yang disebut dengan domestic inflation, karena disebabkan oleh faktor-faktor yang terjadi di dalam negeri.

Apakah Inflasi Selalu Menandakan Bahwa Kondisi Ekonomi Memburuk?

Nah, setelah elo mengetahui  komponen apa aja yang penyebab inflasi, sekarang pertanyaannya:

“Apakah inflasi itu buruk? Apakah inflasi itu selalu menunjukkan bahwa ekonomi suatu negara buruk?”

Kalo elo cek data ekonomi negara manapun di dunia ini, pasti akan nemuin yang namanya laju atau tingkat inflasi. Meskipun yang kita cek adalah negara paling maju dan makmur di dunia ini sekalipun. 

Lho emang semua negara mengalami inflasi? Jawabannya IYA. 

Inflasi emang merupakan salah satu fenomena dalam ekonomi makro yang sangat umum alias sangat wajar.

Terus pertanyaannya sekarang, inflasi tuh sebenarnya hal yang positif apa negatif sih? Kalo liat dari apa yang udah dibahas dari tadi sih kok kayaknya negatif ya? Siapa sih yang suka sama kenaikan harga? 

Kalo harga barang dan jasa naik terus, berarti kan masyarakatnya juga harus cari uang lebih banyak lagi dong ya buat memenuhi kebutuhan hidupnya? Kedengerannya kok bukan kondisi yang bagus sih?

Masih inget cerita gue tadi soal uang jajan gue zaman gue SMA? Dari cerita itu keliatan kan ya kalo nilai uang Rp5.000 di tahun 1990-an emang jauh tinggi nilainya dibanding Rp5.000 sekarang. Padahal nominalnya sama-sama Rp5.000. 

Berarti dapat disimpulkan ya bahwa inflasi membuat nilai uang semakin berkurang harganya. 

Hal ini jelas akan merugikan ya kalo misalnya elo nabung sebanyak-banyaknya di celengan. Karena 10 tahun kemudian, uang yang ditabungin itu nilainya bakalan lebih kecil dibanding waktu tabungin.

Sekarang coba elo liat deh kehidupan sehari-hari buat orang-orang yang bekerja. Misalnya seorang karyawan di perusahaan A dapet gaji Rp3.000.000/bulan. Dia udah kerja di perusahaan A itu selama 8 tahun dan gajinya dari dulu segitu. 

Kebayang kan bahwa 8 tahun yang lalu, dengan uang Rp3.000.000 itu dia mungkin bisa beli macem-macem. Tapi nilai uangnya sekarang udah nggak segede dulu lagi, karena selama 8 tahun ini terjadi inflasi. 

Nah, ini kan sebenernya berarti pendapatan dia turun toh? Nominalnya sih nggak turun, tapi nilai riil-nya turun kan ya? Inilah yang dibilang kalau inflasi tuh menurunkan pendapatan riil seseorang. 

Makanya biasanya perusahaan ada kebijakan kenaikan gaji karyawan setiap tahunnya, dan seharusnya kenaikan gaji ini juga menyesuaikan dengan tingkat inflasi.

Jadi balik lagi nih, apakah inflasi tuh selalu merugikan perekonomian? Jawabannya: Nggak selalu merugikan. Kenapa kok ga selalu merugikan? Karena dalam kenyataannya, adanya inflasi juga mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Lho kok bisa? Coba ya liat deh, kalo misalnya terjadi inflasi nih di Indonesia karena jumlah uang yang beredar di masyarakat meningkat sebagai akibat dari banyaknya kredit yang dikucurkan oleh pihak perbankan, pasti masyarakat bakalan beli barang dan jasa lebih banyak lagi kan? 

Sebagai akibatnya, permintaan secara umum atau Aggregate Demand kan jadinya meningkat tuh, terus terjadilah inflasi. 

Tapi di sisi lain, peningkatan konsumsi masyarakat ini pada akhirnya meningkatkan Pendapatan Nasional atau Produk Domestik Bruto/PDB (Gross Domestic Product/GDP) kan? 

Dalam pengertian lain, inflasi pada tingkat tertentu dibutuhkan untuk mendorong roda ekonomi untuk terus maju.

Inget salah satu cara menghitung pendapatan nasional adalah dengan menggunakan persamaan berikut:

GDP=C+I+G+(X-M)

  • C = konsumsi
  • I = investasi
  • G = pengeluaran pemerintah
  • X = ekspor
  • M = impor

Cara Menghitung Inflasi Tahunan

Nah, setelah elo sudah mengetahui komponen-komponen yang menyebabkan inflasi, gue harap itu semua udah cukup menjawab pertanyaan kenapa harga barang yang dikonsumsi sehari-hari selalu naik setiap tahun. 

Sekarang masalahnya, tingkat kenaikan itu bisa dihitung ga? Seberapa besar tingkat inflasi? Sampai sejauh mana inflasi dikatakan wajar? Bagaimana cara mengukurnya?

Biasanya di tiap negara ada sebuah badan pemerintah yang ngurusin statistik. Di Indonesia punya Biro Pusat Statistik (BPS). 

Setiap bulan BPS mempublikasikan inflasi Indonesia berapa persen dan angka ini didapet dari hasil pengumpulan data yang kemudian diolah lebih lanjut. 

Data yang dikumpulin tuh data apa sih? Secara teori, ada beberapa pendekatan yang digunakan, di artikel ini gue akan bahas 2 pendekatan yang paling populer yaitu: Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI) dan Indeks Harga Produsen atau Producer Price Index (PPI). Gimana penjelasan dari 2 pendekatan di atas?

1. Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI)

Intinya IHK adalah sebuah indeks berdasarkan harga yang dibayarkan oleh konsumen untuk membeli barang dan jasa tersebut. Di Indonesia, tim BPS mengumpulkan data harga konsumen, yaitu agregat  harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat umum di Indonesia.

Apakah itu berarti semua barang dan jasa yang dibeli? Ya engga dong, bisa gempor mereka kalo ngumpulin semua data harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat seluruh negeri yang jumlahnya lebih dari 240 juta jiwa. 

Jadi tim BPS menentukan sekelompok barang dan jasa yang dijadikan acuan untuk menghitung inflasi, mencakup antara 225-462 barang dan jasa yang dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok pengeluaran seperti misalnya: bahan makanan, makanan jadi, minuman, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olah raga, transportasi, komunikasi, dll

Setelah mengambil data tersebut pada 82 kabupaten dan kota di Indonesia, kemudian penghitungan berdasarkan IHK itu diolah dengan menggunakan rumus:

LajuInflasi=\frac{(IHKt - IHK_{t-1})}{IHK_{t-1}} \times 100%

Jadi pada prakteknya, IHK inilah yang paling umum digunakan untuk menghitung laju inflasi oleh berbagai negara di seluruh dunia. Nih dari tabel di bawah ini elo bisa liat deh hasil penghitungan laju inflasi yang dilakukan oleh BPS.

Inflasi dan Hubungannya dengan Harga Barang Naik - Materi Ekonomi Kelas 11 25
Hasil Penghitungan Inflasi Indonesia dengan pendekatan IHK sejak 2020-2022 (2022 s/d Februari) (Dok. BPS)

2. Indeks Harga Produsen (IHP) atau Producer Price Index (PPI)

Selain pendekatan IHK, ada juga pendekatan IHP. Pada dasarnya kedua pendekatan ini sama-sama mau menghitung perkiraan tingkat inflasi.

Cuma kalo IHK meninjau dari sisi harga yang dibayar konsumen, kalo IHP meninjau indeksnya dari harga produsen, yaitu harga yang diterima oleh produsen dalam menjual barang dan jasanya. 

Jadi intinya harga produsen adalah harga dasar, yang dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Harga Dasar = Harga Pembelian – pajak nilai tambah – pajak produksi + subsidi

Seperti IHK juga, untuk IHP tim BPS menentukan sekelompok barang dan jasa di berbagai sektor seperti pertanian, pertambangan dan penggalian, dan industri pengolahan, akomodasi, makanan dan minuman di 8 provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Papua.

Dalam praktiknya, memang pendekatan IHP ini lebih jarang dipake untuk ngitung inflasi. Alasannya, karena memang lebih sulit mengumpulkan data pembelanjaan industri yang pastinya menyangkut rahasia dapur dari banyak perusahaan. Jadi pada prakteknya hal ini lebih sulit dilakukan dibandingin dengan ngumpulin data IHK.

Tingkat Inflasi yang Wajar itu Berapa Ukurannya?

Nah, setelah elo tau penyebab inflasi, dampak inflasi, dan cara menghitungnya. Maka pertanyaan berikutnya adalah:

Berapa sih ukuran tingkat inflasi yang wajar? Sampai pada sejauh mana tingkat inflasi bisa dikatakan merugikan?

Sebagaimana diketahui bahwa inflasi bisa jadi berdampak positif pada ukuran tertentu, tapi juga bisa berdampak negatif jika kebablasan. 

Terus yang dibilang inflasi yang merugikan tuh sebenernya berapa sih? Nah, ini pengelompokkan inflasi berdasarkan tingkat keparahannya:

  1. Creeping/Low Inflation atau Inflasi Rendah: < 10% per tahun
  2. Galloping/Moderate Inflation atau Inflasi Menengah: 10%-30% per tahun
  3. High Inflation atau Inflasi Tinggi: 30%-100% per tahun
  4. Hyperinflation atau Hiperinflasi: > 100% per tahun

Kalo elo sempet denger dari orangtua atau kakak, pada tahun 1998 Indonesia sempat mengalami krisis moneter yang ditandai dengan inflasi yang sangat tinggi. 

Berdasarkan ukuran di atas, secara umum krisis moneter Indonesia tahun 1998 masuk ke kategori High Inflation. 

Ini udah bisa dikatakan gawat banget ya, apalagi kalo udah menyentuh hiperinflasi. Teorinya sih, sebisa mungkin lembaga kontrol keuangan negara bisa mengendalikan inflasi untuk tetap pada level low inflation.

Sejarah Inflasi Indonesia 1970-2020 (Dok. unja.ac.id)
Sejarah Inflasi Indonesia 1970-2020 (Dok. unja.ac.id)

Cara Penanggulangan Inflasi

Oke, sekarang elo tahu bahwa inflasi bisa berdampak positif dalam takaran tertentu, tapi bisa negatif jika kebablasan. Elo juga udah tau pengklasifikasian bahaya inflasi. Sekarang pertanyaan berikutnya adalah:

Bagaimana caranya mengendalikan tingkat inflasi sebuah negara supaya ga kebablasan?

Pastinya pihak pemerintah punya jurus tertentu dong agar tidak terjadi inflasi yang kebablasan. Gimana sih cara ngejaganya? Salah satu perangkat negara ada yang namanya bank sentral. 

Kalo di Indonesia, bank sentralnya dikenal dengan nama Bank Indonesia. Nah, salah satu tugas BI inilah untuk menjaga inflasi agar tetap pada level yang wajar. Gimana caranya? 

Yang pertama adalah dengan menentukan tingkat suku bunga acuan, yang juga dikenal dengan BI Rate. Selain itu, ada juga kebijakan pengendalian Jumlah Uang Beredar (JUB) atau Money Supply.

Mungkin elo bingung, apa hubungannya tingkat suku bunga dengan pengendalian inflasi? Jadi gini penjelasannya:

Ada 1 tolak ukur yang selalu menjadi landasan bagi para pelaku ekonomi (pengusaha, pedagang, investor, dll) untuk membuat keputusan. Tolok ukur itu adalah tingkat bunga. 

Tingkat bunga yang dimaksud di sini, mencakup banyak hal, contohnya bunga tabungan masyarakat, bunga deposito, bunga kredit pinjaman bank, dll. 

Nah, naik-turunnya tingkat bunga ini akan menjadi landasan bagi para pelaku ekonomi untuk memutuskan uang mereka mau digerakkan ke mana, apakah disalurkan untuk berinvestasi, disimpen di bank, atau diputer uangnya dalam usaha ekonomi riil.

Dalam kondisi ini, Bank Indonesia (BI) adalah pihak yang berwenang untuk menentukan BI Rate. 

BI Rate inilah yang akan menjadi acuan bagi para bankir untuk mengambil keputusan berapa persen bunga tabungan masyarakat, berapa % bunga deposito, bunga berbagai kredit yang diberikan oleh bank kepada masyarakat, dll. 

Terus gimana ceritanya BI rate ini bisa mengendalikan inflasi supaya gak terlalu tinggi?

Sederhananya gini, begitu BI melihat laju inflasi tinggi, BI Rate akan mereka naikkan! Lho kok malah dinaikkan? 

Tujuannya adalah agar masyarakat dan investor menyetorkan uangnya ke bank dalam berbagai bentuk, bisa jadi simpanan atau deposito, ataupun instrumen pasar modal lainnya. 

Lho iya dong, kalo bunga tinggi kan lebih untung kalo duit kita ditaro di bank, aman bebas risiko, duit nambah terus secara otomatis, ga perlu repot investasi atau jalanin usaha yang berisiko gagal. 

Tapi di sisi lain, tanpa sadar hal itu juga akan berpengaruh pada jumlah uang beredar. Karena semakin kecil jumlah uang beredar, inflasi semakin bisa ditekan.

Yang kedua, BI harus mengontrol inflasi namanya Operasi Pasar Terbuka atau Open Market Operation. Prinsipnya sama, yaitu pengontrolan jumlah uang yang beredar di masyarakat. 

Namun untuk bisa meminimalisir jumlah uang beredar, BI secara aktif melakukan penjualan atau pembelian surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, yang dikenal dengan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). SBI ini bentuknya macem-macem, dari surat-surat berharga (tanah), sampai kepemilikan saham, dsb. 

Tujuannya adalah supaya pelaku ekonomi tertarik untuk membeli SBI sehingga jumlah uang beredar jadi berkurang dan beralih menjadi bentuk tabungan.

Kedua cara di atas sebetulnya bisa dilakukan untuk mengontrol deflasi (kebalikan dari inflasi). Jika BI melihat bahwa deflasi sudah semakin parah, maka BI akan menurunkan BI rate dan akan membeli surat-surat berharga. 

Tujuannya supaya uang beredar bertambah. Sebaliknya kalo BI menilai bahwa jumlah uang yang beredar itu terlalu sedikit sehingga inflasi jadi terlalu rendah, maka BI akan melakukan pembelian SBI dari masyarakat. 

Tujuan lainnya supaya masyarakat memegang uang lebih banyak dan meningkatkan konsumsinya, sehingga pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

******

Oh iya, selain materi Ekonomi, elo juga bisa belajar mata pelajaran lainnya lho bareng Zenius, kayak Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, dll. 

Elo bisa gabung ke paket Zenius Aktiva Sekolah yang bisa bantu elo #GantiCaraBelajar materi sekolah khusus TA 2022/2023 dengan live bersama Master Tutor!

Selain itu, di tahun ajaran baru ini, elo juga bisa dapet diskon hampir 80% lho. Elo bisa langsung pilih jenis paket Zenius Aktiva Sekolah sesuai kebutuhan dengan klik banner di bawah ini ya!

Inflasi dan Hubungannya dengan Harga Barang Naik - Materi Ekonomi Kelas 11 26

Dan buat elo yang mau liat pembahasan soal dan kumpulan materi dari berbagai mata pelajaran termasuk materi yang sering muncul di UTBK yang dijelaskan langsung oleh tutor-tutor master Zenius, elo bisa liat contoh soal dan pembahasan lengkapnya dengan cara klik banner ini ya! 

Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? 

Sampai sini dulu artikel inflasi dan hubungannya dengan kenaikan harga kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat Zenius!

Inflasi dan Hubungannya dengan Harga Barang Naik - Materi Ekonomi Kelas 11 27

Referensi:

Boediono. Ekonomi Moneter. BPFE-YOGYAKARTA. Yogyakarta: 2001.
Case, Karl E., and Ray C. Fair. Principles of Economics, 9th  ed. Pearson International Edition. Prentice Hall, USA. 2009.
Nopirin. Ekonomi Moneter Buku II. BPFE-YOGYAKARTA. Yogyakarta: 2000.
Sukirno, Sadono. Pengantar Teori Ekonomi Makro. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta: 2011.

Originally published: November 25, 2016
Updated by: Arieni Mayesha dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!