Persiapan SBMPTN Sosiologi

Artikel ini berisi tips panduan belajar untuk menghadapi SBMPTN Sosiologi. Ada pembahasan materi, latihan soal, & pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun lalu.

“Sosiologi itu kaya PPKn ya?”. Itu kalimat yg sering gw temuin, dan itu salah. Sosiologi itu kaya Fisika. Loh? Kok Fisika?

Tahu 4 ciri Sosiologi sebagai ilmu? Empiris, Non-etis, Kumulatif, dan Teoretis. Buat lebih lengkapnya bisa diliat  di video zenius.net tentang sosiologi sebagai ilmu. Itu sebenernya bisa diaplikasikan ke semua Sains, salah satunya Fisika. Cirinya aja udah sama kaya Fisika (dan bidang Sains lainnya), ya berarti sebenernya cara jawab soal-soal Sosiologi itu pake metode yang sama kaya jawab soal Fisika dong.

Contohnya gini: Kecepatan sebuah mobil 10 Km/Jam. Mobil itu melaju selama 30 menit. Berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut?

Lo punya informasi apa aja dari soal itu?

  1. Kecepatan mobil
  2. Waktu / Lama mobil itu melaju
  3. Pertanyaannya: Jarak tempuh

Ya udah, lo jawab pertanyaan itu ya patokannya dua informasi itu dong? Gak tiba-tiba loe jawabnya tiba-tiba pake kecepatan sepeda (loe tau dari ada sepeda? Informasinya gak ada di soal kok).

Kecepatan kan jarak tempuh dalam satuan waktu. Mobil itu punya kecepatan 10 Km/Jam –berarti dalam 1 jam, dia bergerak 10 Km. kalo 30 menit? Ya 5 Km. Beres.

NAH! Berarti ada 3 hal yang harus diperhatikan:

  1. Informasi (data) yang ada di soal
  2. Definisi dari informasi (data)
  3. Konsep

Oke, langsung contoh soal aja:

Soal sosiologi 1

Buat jawab soal ini, gimana caranya? Pertama, informasi apa aja sih yang ada di soal ini?

  1. Sebagai tatanan dalam memenuhi kebutuhan hidup, lembaga sosial sangat—nah berarti, lembaga sosial itu fungsinya untuk memenuhi kebutuhan hidup
  2. Sumber daya, sarana, dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan hidup terbatas, sementara orang yang memerlukannya semakin banyak, sehingga timbul konflik –intinya, alat pemenuhan kebutuhan terbatas, tapi orang yang memerlukannya bertambah terus, jadinya konflik.
  3. Pertanyaannya: fungsi lembaga sosial adalah..

Nah, langsung terjawab nggak tuh? Pertanyaannya ada di data soal nggak sih? Iya ada. Fungsi lembaga sosial adalah memenuhi kebutuhan hidup. Jawabannya B.

“Bukannya jawabannya D yah? Kan intinya soal menekankan adanya konflik, jadi ya menjaga keutuhan dan integritas sosial!”. Nah ini, kalo loe jawab pake pola pikir kaya gini, sama aja loe jawab soal fisika di atas tadi pake bawa-bawa kecepatan sepeda –pertanyaanya fungsi Lembaga Sosial kok, keutuhan bangsa dibawa-bawa (dapet dari bagian mananya soal tuh?).

Pertama, udah ada di kalimat pertama, jelas bahwa lembaga sosial itu untuk memenuhi kebutuhan. Kedua, konflik yang terjadi itu alasan utamanya apa? Ya karena kebutuhan masyarakat nggak terpenuhi. Untuk lebih jelasnya, loe nonton di pembahasan UN SMA Sosiologi 2012 deh.

 

Contoh soal lain:

Soal sosiologi 2

Ini gimana? “Wah, ada SMA. Pasti lembaga sekolah ni”.

Nah, itu contoh yang definisinya masih salah. Sosialisasi tu apa sih? Proses pengenalan norma. Agen Sosialisasi? Berarti yang ngenalin norma. Buat lengkapnya loe bisa liat video di zenius.net tentang sosialisasi.

Sekolahnya dalam soal ini jadi Agen Sosialisasi dalam hal apa? Coba kita liat informasi apa aja sih di soal:

  1. Seorang anak desa dari lingkungan petani kecil berhasil menempuh pendidikan hingga SMA. Ada Agen Sosialisasi gak? Enggak ada.
  2. Dengan kemajuan teknologi informasi, ia bisa mengakses internet. Masih belum jelas.
  3. Teman sebanyak-banyaknya banyak yang mengikuti jejaknya, sehingga lambat laun mengubah paradigma masyarakat. Dari sini, keliatan yang jadi Agen Sosialisasi itu ya si anak desa yang menempuh SMA di kalimat pertama. Ia memperkenalkan norma bahwa anak petani kecil bisa lulus SMA.
  4.  Setelah liat informasi nomor 3, informasi nomor 2 bisa disimpulkan: ia jadi Agen Sosialisasi melalui internet.

Oke, jadi jawabannya yang mana? C. teman bermain dan media massa.

Contoh lain:

Soal sosiologi 3

Nah, buat jawab soal kaya gini. Pasti banyak yang mikir, ”Ya harus hafal lah”. Enggak Men, nggak harus. Kalo loe tau gambaran besar (konsep) masyarakat itu kaya apa, loe bisa jawab ini nggak pake ngafal.

  1. Theological Stage: Masyarakat yang punya Tuhan personifikasi. Maksudnya Tuhannya kaya karakter di sinetron aja (bisa marah, seneng, benci, dll)
  2. Metaphysical Stage: Masyarakat yang punya Tuhan abstrak. Contohnya ya sistem karma.
  3. Scientific Stage: Masyarakat yang merujuk pada Ilmu Pengetahuan.

Nah, ini juga berlaku di Masyarakat Tradisional ke tahap Masyarakat Modern. Pokoknya, garis besar perkembangan masyarakat tu pasti dari tahap thelogical ke tahap scientific. Kalau pertanyaannya, “ciri masyarakat modern” atau “tahap perkembangan positif”, ya pasti nggak jauh-jauh jawabannya dari ilmu pengetahuan.

Berarti jawabannya B.

Itu tips dari gw buat jawab soal-soal Sosiologi. Ngerjainnya jangan pake perasaan, tapi dipikir kaya ngerjain Fisika. Ni buat latian, coba kalian buka video zenius.net tentang SBMPTN.

Tengkyu udah baca, dan semoga ngebantu loe nanti SBMPTN. =)

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Pio  tentang persiapan SBMPTN Sosiologi, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Berikut di bawah ini adalah link yang editor rekomendasikan sebagai tambahan referensi untuk belajar SBMPTN Sosiologi:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.