Tips membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif

Tips membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif

Bagi mereka yang saat ini punya tujuan jangka panjang untuk mempersiapkan diri masuk universitas, ada beberapa tantangan besar yang perlu dihadapi, salah satunya adalah: membagi waktu untuk belajar menghadapi tes seleksi masuk universitas. Sebagaimana kita ketahui, bahwa sebagian besar dari para calon peserta tes SBMPTN dan Ujian Mandiri tahun depan, saat ini masih duduk di bangku kelas 12 yang notabene berhadapan dengan jadwal sekolah yang sangat sibuk. Sementara itu, ada juga sebagian calon peserta SBMPTN & UM yang saat ini sedang menjalani kuliah semester awal, dimana mereka juga akan disibukkan oleh kegiatan perkuliahan, seperti organisasi kemahasiswaan, tugas kuliah, kepanitiaan acara, ujian semester, dll.

Di balik berbagai macam kesibukan ini, selalu timbul pertanyaan dari para calon mahasiswa :

"Bagaimana caranya membagi waktu untuk belajar SBMPTN & Ujian Seleksi Mandiri di tengah-tengah kesibukan kelas 12 / perkuliahan?" - calon peserta tes SBMPTN & UM

Jawaban klisenya mudah : Mau tips bagi waktu belajar? Ya bikin jadwal belajar dong! Coba uraikan seluruh kegiatan harian lo, lalu kita sama-sama lihat dimana saja waktu luang yang bisa diisi dengan kegiatan belajar. Eh...eh...tunggu dulu nih! Memangnya semudah itukah membuat jadwal belajar yang efektif? Lalu apakah setelah bikin jadwal belajar yang detail, terus kita jadi otomatis punya waktu belajar dan kegiatan kita lebih terorganisir? Percaya atau Nggak, sebagian besar usaha untuk membuat jadwal belajar harian atau day-to-day, TIDAK AKAN BERJALAN EFEKTIF.

Lho kok bisa begitu? Cobain aja lo bikin jadwal belajar harian untuk persiapan tes (katakanlah SBMPTN). Tebakan gua sih lo cuma bisa bertahan ngikutin jadwal itu 1-2 hari doang. Di beberapa hari ke depannya, lo mulai ga disiplin dengan jadwal belajar lo. Terus lama kelamaan, lo malah bingung sendiri re-schedule ulang jadwal belajar lo karena di hari sebelumnya lo berhalangan belajar. Ujung-ujungnya, ga jarang orang yang bikin jadwal belajar harian malah lebih ribet ngurusin re-scheduling jadwalnya ketimbang belajarnya. Bagi yang pernah bikin jadwal belajar harian, mungkin ada yang baca tulisan ini sambil manggut-manggut. Believe me, been there-done that!

"Terus gimana dong? Apakah itu berarti kita ga boleh bikin jadwal belajar?"

Kuncinya bukan boleh bikin jadwal belajar atau nggak, tapi metode yang digunakan itu efektif atau nggak. Contoh metode jadwal belajar yang (menurut gua pribadi) kurang efektif adalah metode yang paling sering digunakan para pelajar, yaitu metode TIME-TABLE. Prinsip metode penjadwalan ini TIME-ORIENTED banget, kita tinggal perlu menguraikan seluruh jadwal kita selama seminggu penuh, lalu kita plotting satu per satu kegiatan kita. Sebagai contoh gua illustrasikan jadwal belajar SBMPTN dengan metode time-table pada gambar di bawah ini:

metode-time-table-keliru

Mungkin ada yang pernah coba bikin jadwal seperti ini di calendar apps smartphone lo? Berdasarkan pengalaman gua pribadi + klarifikasi ke beberapa orang yang pernah bikin jadwal belajar harian seperti ini, gua berani bilang metode pendekatan time-oriented ini kurang tepat untuk jadi jadwal belajar jangka panjang, khususnya belajar SBMPTN & Ujian Mandiri. Kenapa bisa gitu? Ada 2 alasan utama:

  1. Terlalu strict terhadap WAKTU hanya akan membuat lo ga bisa enjoy proses belajar. Kehidupan manusia itu dinamis, dan hampir selalu ada hal yang terjadi di luar rencana. Masalahnya dengan metode time-oriented gini, lo jadi ga fleksibel terhadap kegiatan lo. Begitu ada 1 jadwal belajar yang terlewat, berantakan sudah lo harus ngebenerin semua plot yang udah lo susun rapih sebelumnya. Biasanya sih, ujung-ujungnya energi dan perhatian kita malah tersita untuk menyusun ulang jadwal kita setiap hari.
  2. Dalam konteks persiapan tes jangka panjang, otak lo akan jauh lebih sulit mencerna jika semua pelajaran lo paksakan masuk dalam waktu singkat. Bayangkan kalo lo lakukan jadwal di atas, hari senin siang belajar TPA verbal, sorenya matdas, besoknya selasa bahasa inggris, terus nanti hari Jumat belajar Fisika, Biologi, & Kimia. Dalam waktu yang singkat, otak lo dipaksa untuk menerima begitu banyak informasi, istilah, konsep, dll. Ujung-ujungnya lo malah bisa kebingungan sendiri. Bahkan bisa jadi istilah-istilah Kimia dan Fisika jadi kecampur-campur di otak lo saking pusingnya.

"Oke terus gimana dong cara bikin jadwal belajar yang efektif?" 

Kuncinya adalah: ubah perspektif lo dalam membuat jadwal belajar. Kalau sebelumnya kita membuat jadwal dengan konsep time-oriented, sekarang coba ubah perspektif kita dengan membuat jadwal dengan konsep TASK-ORIENTED.

Apaan tuh konsep task-oriented? Prinsipnya kalau tadi kita mulai dengan membedah/menguraikan WAKTU yang lo punya kemudian baru plotting kegiatan yang mau lo kerjain. Sekarang justru dibalik. Lo bedah/uraikan dulu KEGIATAN yang mau lo kerjain, soal ada waktu/nggak, jangan lo pusingin ke arah situ dulu.

Maksudnya gimana sih membedah kegiatan? Yuk kita mulai dengan contoh dalam konteks belajar SBMPTN. Katakanlah misalnya lo mau membedah kegiatan belajar TKPA Matematika Dasar (Matdas).

Thoughtful asian young man reading and writing using information from computer in dark room
Thoughtful asian young man reading and writing using information from computer in dark room

LANGKAH 1: Telusuri Sebanyak Apa Bahan Materinya

Ada apa aja sih bahan materi matdas? Kalo kita lihat di zenius.net, lo bisa dengan lebih mudah menguraikan seluruh bahan materi Matematika Dasar SBMPTN, lo bisa lihat pembagian materinya di sini:

Seluruh Materi Matematika Dasar SBMPTN

Pada laman di atas, lo bisa lihat kalo pembagian materi Matdas di zenius.net udah dikategorikan per topik. Selain itu, setiap topik bahasannya juga udah dirunutkan antara video yang berisi pemahaman konsep materi, dengan video yang berisi latihan soal yang sesuai dengan topik tersebut. Nah, dengan struktur tersebut, lo bisa dengan lebih mudah mengorganisir kegiatan lo berdasarkan topik-topik pelajaran tersebut. Inget, sekarang kita lebih ke task-oriented, bukan time-oriented. Jadi pastinya kita akan lebih banyak fokus mengatur bentuk kegiatan tersebut, ketimbang ngurusin soal kapan (waktu) kita ngerjainnya.

LANGKAH 2: Buatlah PAKET BELAJAR berdasarkan Topik Materi

Berdasarkan pembagian yang lo bisa lihat di zenius.net, lo bisa membentuk "Paket Belajar" yang lo susun berdasarkan topik-topik di Matdas. Misalnya susunan paket belajarnya seperti ini:

contoh-paket-belajar-matdas

Gambar di atas itu contoh dalam membuat paket belajar yang gua bedah berdasarkan topik-topik materi Matematika Dasar SBMPTN. Total sebetulnya ada 19 paket belajar, lo bisa download Excell-nya di link berikut ini:

DOWNLOAD M.Excel Contoh Paket Belajar Matematika Dasar SBMPTN

Kalo lo perhatiin pada file excell tersebut, gua udah kasih link langsung ke laman video materi & kumpulan latihan soal Matdas SBMPTN di zenius.net, lengkap juga dengan keterangan prediksi waktu belajar berdasarkan durasi video di zenius.net. Sementara untuk latihan soal, gua pukul rata di estimasi waktu 60 menit.

Tentu saja, file excell gua di atas itu CUMA CONTOH dari gua aja supaya lo lebih kebayang. Estimasi waktu yang gua tulis juga bisa lo sesuaikan dengan kapasitas lo sendiri. Gua justru berharap setelah lo baca artikel ini, lo bisa secara pro-aktif menyusun paket belajar lo sendiri yang isinya lebih variatif daripada hanya 'materi' & 'latihan soal'. Misalnya lo bikin paket Try Out, atau Paket pembuktian rumus, dll. Bikin paket belajar yang se-variatif mungkin supaya lo bisa enjoy dan berkreasi dalam metode belajar yang lo rancang sendiri.

Dalam membuat paket belajar, satu pesan khusus dari gua adalah: jangan hanya fokus pada pendalaman materi saja tanpa diselingi sama latihan soal. Banyak siswa yang waktu belajar materi rasanya udah ngerti dan bisa, tapi begitu masuk ke contoh soal, baru deh kerasa belum lancar ngerjainnya. Jadi gua sangat menyarankan, setiap paket belajar, jangan hanya memahami materi saja tapi harus diselingi sama contoh soal.

Membuat paket belajar seperti contoh gua di atas juga bisa lo lakukan untuk pelajaran yang lain. File excell Matdas SBMPTN yang gua kasih di atas itu anggap saja sebagai template yang bisa lo copy untuk merancang paket belajar mata pelajaran yang lain seperti TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, juga pelajaran-pelajaran Saintek maupun Soshum.

LANGKAH 3: Fokus Penyelesaian Paket Belajar dengan Target Mingguan

Oke setelah lo bikin paket-paket belajar, lo jadi tau betul ruang lingkup kegiatan yang lo akan lakukan. Lo juga udah bisa kebayang kira-kira kegiatannya akan seperti apa: bisa jadi pendalaman materi, bikin rangkuman/mind-map, latihan soal, atau try out mandiri. Dengan bikin paket belajar, lo juga bisa estimasi kira-kira berapa lama waktu yang lo butuhkan dalam menyelesaikan paket belajar tersebut. Bisa jadi 60 menit, 90 menit, 120 menit, terserah kapasitas dan waktu luang lo sendiri.

Nah, setelah lo membedah daftar kegiatan yang mau lo jalani, langkah selanjutnya adalah plotting kegiatan-kegiatan tersebut menjadi target mingguan. Sampai di sini lo harus hati-hati, jangan sampai ujung-ujungnya jadi terjebak dalam sistem timetable lagi. Terus gimana dong supaya plotting kegiatannya tidak berbasis time-oriented? Berikut adalah beberapa hal yang perlu lo cermati:

A. Jangan Terlalu Strict terhadap Waktu.

Dalam proses organizing kegiatan lo, jangan taruh komitmen lu pada 'waktu', tapi taruh komitmen lu pada 'kegiatan'. Artinya apa? Ketika lu punya target 'Paket Belajar' yang harus dikerjakan dalam 1 minggu, lo GAK PERLU plotting bahwa paket Matdas-I harus dikerjakan hari Senin, atau paket belajar Matdas-II & III dikerjakan hari Rabu, lengkap dengan jam, menit, detik. Jangan seperti itu. Kalau lo lakukan itu, ujung-ujungnya jadi sistem time-table lagi. Jadi gimana dong? Bikin aja daftar paket belajar yang mau lo capai dalam seminggu, tanpa lo harus terbebani kapan lo harus mengerjakan itu.

Kesannya ini sepele, tapi begitu lo ga dibebani oleh jadwal yang mengekang, lo jadi lebih fleksibel dalam mengerjakan target mingguan tersebut. Ingat, taruh komitmen lu pada 'kegiatan', gimanapun caranya supaya target lo itu tercapai. Dalam prakteknya, lo bisa ngerjain paket belajar itu kapanpun lo merasa NYAMAN mengerjakannya. Bisa jadi lo lebih nyaman nyicil 2-3 hari sekali, atau bisa jadi lo kebut semua di akhir minggu, terserah gimana lo NYAMAN & lagi MOOD untuk belajar. Ketika lo punya otonomi, punya keleluasaan, punya fleksibilitas, gua yakin belajar lo lebih efektif dan enjoy. Gak kerasa terus dikejar-kejar oleh waktu/deadline. Apalagi kalau paket belajar yang lo susun sebelumnya udah disertai dengan estimasi durasi waktu. Wah makin fleksibel lagi deh lo bisa menyesuaikan jadwal belajar dengan waktu luang lo!

Supaya lo lebih kebayang, gua kasih gambaran simpelnya seperti gambar ini:

jadwal-task-oriented

Kalo lo mau download excel rancangan belajar TKPA sampai akhir tahun, lo bisa download excell-nya di sini:

Download M.Excel Jadwal Belajar (Task-Oriented) TKPA SBMPTN

Wah terus kalo misalnya ga berhasil mencapai target mingguan gimana dong? Inget prinsip ini:

Tujuan bikin jadwal itu bukan untuk dijalani secara strict 100%, tapi untuk merancang aktivitas yang terarah dimana penerapannya bisa terus kita EVALUASI secara berkala.

Dengan prinsip di atas, 'waktu' bukan lagi jadi indikator yang harus ditaati, tapi hanya sebagai alat bantu untuk mengevaluasi sejauh mana lo udah menyelesaikan target kegiatan lo. Jadi kalo lo misalnya ga mencapai target minggu sebelumnya, lo tinggal masukin aja 'paket belajar' itu jadi target tambahan di minggu berikutnya untuk 'nebus dosa'. Sistem evaluasi ini jauh lebih gampang dan efisien daripada sistem timetable yang harus ribet mikirin hari apa, jam berapa, dsb.

Dengan mengubah perspektif kita dari TIME-ORIENTED menjadi TASK-ORIENTED, kita jadi mengubah pola pikir dari yang tadinya:

"Wah sekarang hari Jumat terus udah jam 6 sore, yaah berarti udah waktunya belajar Biologi nih!"

menjadi seperti ini:

"Oke, minggu ini target gua belajar paket belajar (A, B, C, D). Kira-kira untuk hari ini enaknya gua luangkan waktu untuk belajar yang mana ya...?"

See the different? Ini emang kesannya cuma ngubah perspektif doang, tapi efeknya BEDA BANGET, try it!

B. Ganti sistem kalender jadi sistem Countdown.

Dalam metode task-oriented, kita udah ga perlu lagi  memandang 'waktu' berdasarkan timetable kalender, tapi berdasarkan sistem 'countdown'. Maksudnya gimana? Dalam konteks SBMPTN misalnya, kita bisa contohnya target mingguan yang udah gua illustrasikan pada gambar sebelumnya. Lo bisa lihat bahwa di kolom yang berwarna kuning ada tulisan W-37, W-36. Itulah yang gua maksud dengan sistem countdown.

Berdasarkan pemberitaan sampai saat ini, jadwal ujian tertulis SBMPTN tahun 2017 direncanakan tgl 31 Mei 2017, artinya pada minggu ketika artikel ini ditulis 11 September 2016, kita masih memiliki 38 minggu lagi menuju hari H-SBMPTN, atau bisa kita sebut W-38 (week-38). Berarti minggu setelah minggu ini akan kita sebut W-37, lalu W-36, dst... sampai 1 minggu sebelum hari-H SBMPTN kita sebut W-1.

Sistem countdown ini bukan saja lebih simpel, tapi juga bisa jadi 'alarm' yang ampuh untuk mengevaluasi sejauh mana lo udah progress dalam belajar. Kadang kalo orang berpikir dengan perspektif kalender, suka ga akurat kalkulasinya:

"Ah masih bulan (misalnya) Januari ini, masih lama kok SBMPTN...Nanti belajarnya dikebut belakangan aja"

Padahal kalo pakai sistem countdown, kita bisa lihat secara akurat bahwa awal Januari 2017 itu udah W-20 SBMPTN. Berarti kita cuma tinggal punya 20 minggu lagi sampai pada hari ujian SBMPTN. Dengan pakai sistem countdown, lo jadi lebih awas dalam melihat progress sudah sejauh mana kesiapan lo.

C. Rancang Penempatan Aktivitas (Paket Belajar) secara Terencana.

Inget pesan gua sebelumnya, jangan merancang jadwal belajar yang bikin otak kita overload karena kita memaksakan terlalu banyak informasi yang masuk dalam waktu singkat. Belajar untuk ujian seleksi masuk universitas jangan disamakan dengan belajar harian di sekolah yang gonta-ganti pelajaran/topik dengan cepat. Pertanyaan dalam ujian SBMPTN itu sangat menguji konsep pemahaman kita, banyak pertanyaan jebakannya, dan tipe soalnya sangat bervariasi. Jadi cara belajarnya juga harus lebih mendalam, lebih berorientasi untuk memahami konsepnya, sampai betul-betul menguasai materinya secara mendetail.

Oleh karena itu, gua pribadi menyarankan agar lo bisa merancang program belajar lo untuk fokus pada 1 pelajaran (atau maksimal 2 deh) dalam seminggu penuh, baru kemudian minggu depannya masuk ke pelajaran lain. Lo bisa lihat kembali illustrasi yang gua tampilkan di atas, pada W-37 gua fokuskan pada pelajaran Matdas, pada W-36 fokus pada TPA, minggu berikutnya W-35, balik lagi ke Matdas, dst... Dengan begitu, lo jadi lebih fokus belajar pada 1-2 pelajaran secara mendalam hingga memahami konsepnya dengan matang.

****

Oke, secara garis besar itulah tips dari gua seputar membuat jadwal belajar yang menurut gua pribadi, lebih cocok diterapkan untuk persiapan tes jangka panjang seperti seleksi masuk universitas. Namun bisa juga diterapkan untuk persiapan tes lainnya seperti Ujian Nasional, TOEFL, IELTS, GRE, SAT.

Buat lo yang udah sempet baca artikel gua tentang 7 Langkah Strategis Belajar SBMPTN, pada dasarnya apa yang gua sampaikan di atas adalah penerapan lebih mendetail pada STEP 3, STEP 4, & STEP 5. Buat lo mau belajar SBMPTN dengan lebih terarah, gua sangat merekomendasikan untuk baca juga artikel tentang 7 Langkah Strategis Belajar SBMPTN itu.

7-tahap-strategis-belajar-sbmptn

Terlepas dari itu, perlu gua akui bahwa tips yang gua sampaikan di atas bukan berarti cocok 100% untuk semua orang. Jadi kalau memang lo merasa kurang cocok dengan tips di atas dan lebih nyaman dengan cara lo sendiri, jangan dipaksakan. Gua sadar semua orang punya caranya tersendiri & gua harap lo menerapkan cara yang paling membuat lo merasa nyaman & enjoy dalam belajar. Tapi buat lo yang mungkin selama ini masih merasa kesulitan dengan merancang jadwal belajar, coba deh bikin perencaan belajar lo seperti tips gua di atas. Selamat mencoba!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang cara membuat jadwal belajar yang efektif, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu yang lagi mempersiapkan diri untuk ikut ikut tes seleksi masuk universitas, zenius merekomendasikan untuk baca beberapa artikel berikuti ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Alfinsa EP

    Nice article (again) Glenn! In my opinion, I guess inilah salah satu 'guide' yang ditunggu anak-anak Zenius gara-gara puyeng bikin jadwal (gue juga). By the way, mau nanya tentang soal campuran nih. Setiap pekan atau dua pekan kan kita review materi dengan cara kerjain soal campuran, yaitu soal-soal tes PTN tahun lalu. Let say kita fokus ke materi yang udah dipelajari dulu. Pekan-pekan ke depan, setelah kita nguasai lebih banyak bab, apakah kita harus pake set soal yang sama atau gimana?

    • Halo Alfinsa, sebelumnya gua perlu tau dulu nih, agenda lo ngerjain soal campuran itu untuk latihan soal atau untuk Try Out? Karena konteksnya bisa sangat berbeda antara latihan soal dan try out. Kalo latihan soal, kamu bisa fokus pada materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya & untuk minggu2 berikutnya, kamu bisa gunakan set soal yang sama atau mirip untuk mengingat kembali cara penyelesaian soal tsb.

      Tapi kalo konteksnya Try Out, yang notabene adalah simulasi ujian. Sebaiknya komposisi soal TO sebisa mungkin soal-soal baru agar bisa jadi bahan evaluasi yang valid sejauh mana sekarang lo udah siap/belum siap.

      • Alfinsa EP

        Artinya untuk latihan soal biasa gue pake satu set aja gak apa-apa sampe selesai semua, sementara untuk TO ganti-ganti tipe set?

        • AlTof Yuri

          Gua besok mau TO sendiri bang, gua mikir pasti banyak tuh soal yang gua kosongin (gak di jawab).. haha, nah di TO berikutnya berarti pake soal yang kosong itu atau pake soal yang baru bang ?? bantu jawab juga yg lain ya ^^

          • Alfinsa EP

            ^^Nah ini maksud gue...

          • Endrio Pangestu

            menurut gw kayanya untuk latihan setelahnya enakan pake soal bekas TO sebelumnya yg lo kerjain deh, soalnya biar bisa keliatan yg kurangnya dimana..

        • Fadli Hidayatullah

          Menurut saya, pake aja yang soal set lama, kan juga belum dikerjain yang kosong, kalo udah dikerjain dan ngerti, it's okay if you want to move on.

  • Fauzhan Ramadhan

    Bang Glenn, saya sempet baca blog-blog pengalaman SBMPTN tahun lalu gitu, katanya soal TPA tahun 2016 beda jauh, banyak soal-soal yang gk ada di tahun lalu (baru), yang saya tanyain, soal TPA tipe baru tuh kayak apa ?, dan ada gk kemungkinan soal TPA berubah lagi di tahun 2017 ?. makasih

    • Iya, ada soal TPA jenis baru di tahun 2016. Sejauh ini Wilona (tutor TPA zenius) udah rekaman pembahasannya & dalam waktu dekat akan nulis artikel yg secara khusus membahas tipe soal tersebut.
      Kalo dibilang apakah mungkin soal TPA berubah tahun 2017, sebagaimana di SBMPTN tahun 2014 keluar tipe soal baru yaitu Diagram venn & pola gambar. di SBMPTN2 sebelumnya hampir tidak pernah keluar tuh 2 tipe soal itu. Jadi baiknya, kamu harus mempersiapkan TPA dalam berbagai tipe soal. Secara khusus, gua sarankan kamu belajar konsep Logika dengan baik, karena jika logika kamu kuat, maka kemungkinan kamu akan lebih bisa siap untuk menghadapi soal 'kejutan' dengan tipe soal baru di tahun 2017.

      • Aliandra Julian

        Oh... Gitu ya bang, seep deh saya tunggu rekamannya, jangan lama lama ya, hahahaha . Entah kenapa saya lebih suka zenius walaupun dapet penawaran dari web sebelah , makasih banyak ya bang atas sarannya

  • LnN

    Thanks baget bang sarannya! Brarti selama ini cara belajar gue time oriented banget ya.. Tiap minggu senin belajar bio - selasa kimiaa gitu dst. dan terbukti belajar kaya gitu gak membantu, malah seakan bikin kita terbebani. Nah, kalo buat Paket TO'nya gimana tuh? Kan belum semua mapel dikuasai... rada bingung nyusunnya nih, tolong bantuannya ya.

    • Nah, untuk Try Out, tolong bedakan dengan latihan soal. Kalo latihan soal, kamu bisa fokus pada materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Kalo yang namanya TO, itu sebisa mungkin berbentuk simulasi ujian. Artinya komposisi soalnya lo buat seperti Ujian SBMPTN nanti. Walaupun misalnya lo belum menguasai semuanya, gpp coba dikerjain aja. Kalo nilai2 TO kamu di awal ancur2an juga gpp, karena memang tujuan dari TO itu untuk mengevaluasi materi yang belum kamu pahami & membiasakan diri dengan situasi ujian.

  • zha fauzi

    Kalo misalnya nih bang tiap minggu nya kita beda materi pelajaran nya. misal kan minggu A ini harus belajar grammar, minggu berikut nya logaritma, efektif gak?

    • Nggak apa-apa kok, tapi selama seminggu itu kamu pelajari grammar-nya betul2 sampai mendalam ya. Jadi waktu kamu masuk di minggu berikutnya, materi grammar bisa dibilang cukup kamu kuasai & telah siap ke materi berikutnya.

  • fadhila zara

    seriusan SBMPTN dah 37 minggu lagi? yaallah :''D

    bang glenn, saya juga skrg lagi musim UH nih , pengennya sekalian bljr buat uh juga buat sbmptn, tapi kan materi uh kan spesifik, kalau sbmptn agak lebih luas, jadinya bingung bih bang,terutama kimia, kan kls 12 banyak hapalannya.
    kadang saya pake soal sbmptn buat latian soal UH... tapi kadang malah saya soal2 yg standarnya gabisa :''D gimana nihhh

    • Coba kamu belajar ulangan harian dengan materi SBMPTN zenius, harusnya sih kalo konsep teorinya mateng, kamu bisa ngerjain dari soal yang paling basic standard, sampai yang lebih kompleks. Untuk pelajaran kimia, coba kamu cek di sini:

      https://www.zenius.net/cg/87/materi-kimia-sbmptn

    • Eksa Oktavian

      sekolah gue juga musim UH , kalo gue si dah ngga pikir panjang sama UH cos nilai raport ngga penting(menurut gue).. selagi masih bisa nyontek ya nyontek, haha..

      • fadhila zara

        wkwwkwk maunya juga gamikirin uh.... tapi nanti saya malah jadi meragukan dimata ortu wkwkw uh aj remed gmn sbmptn :') jadi yaa klo bisa 2 2nya

  • Muhammad Habib

    kalo gua dalam seminggu gua jadwalin sehari 1 mata pelajaran, misal senin matdas sore-malam, selasa fisika sore ( malamnya gua les ), rabu fisika sore-malam, tapi dalam 1 minggu itu kebagi rata 2 kali ketemu, itu menurut admin gimana? :3
    btw gua masih kelas 2 smkn1 teknik elektro, gua persiapin mulai kelas 2 :v
    tolong dibalas tapi kadang kalo ngerjain soal, itu kadang pake contoh soal sbmptn tahun lalu, atua gak dari buku

  • KEREEEEEEEEEEEN WOOOHHH
    Makasih banget Tipsnya !!!

    • Sama-sama. Semoga berguna dan bermanfaat ya

  • Ahmad Imam Kh

    bang, bisa kasih tau estimasi waktu video zenius bwt semua pelajaran sbmptn ngga?? biar bisa nyusun jadwal nya... kalo mo liatin satu2 durasi videonya, makan kuota banyak nih saya bang ;( makasihhh

    • Wah, nanti saya coba sempatkan, tapi nggak janji loh. Sebetulnya kalo ditelusuri sendiri emang agak makan waktu, tapi kalo kamu bagi2 tugas sama temen2 kamu di sini, jadi cepet banget.

      • Utami Psm

        apa mending lihat estimasi video di xpedia aja kali ya? sama gak tuh bang durasinya dengan yg di zenius.net?

      • Firmansyah Yanuar

        iya bang saya juga bingung masalah estimasi waktu. saya masih ga bisa
        mengasumsikan bab ini bisa makan waktu berapa jam karena durasi video
        dari masing-masing babnya ga tau. Kalo udah tau 1 bab durasi videonya
        berapa menit mungkin bisa aja buat.

    • Fadli Hidayatullah

      Yang ada CD Expedia 2.0 cara cepetnya kayaknya ada untuk menghitung estimasi video.
      Saya gak ada CD nya soalnya, coba aja buka folder contoh Matdas Persamaan Kuadrat, select semua video nya, kemudian tekan CTRL + ALT + Enter -> Detail : Lihat length nya berapa

  • Diddo

    Sumpah very usefull banget bang glen.. jujur aja, dri hari2 kemarin ane emang lagi bingung bikin jadwal buat belajar.. udh 2x rombak jadwal tpi belajar ttp nggk efektif.. sumpah, ini cool banget.. terkesan nyeleneh dari biasanya org bikin jadwal sesuai waktu (karena yg terpatri di otak jadwal=waktu) ini kita d suruh buat fokus ke kegiatannya, bukan jadwalnya.. sekali lagi thanks bang glenn.. bermanfaat banget.. tinggal di coba nih buat minggu depan..
    Oiya, btw thanks juga dkasih excellnya :v org indo kebiasaan pengen instan mulu.. wkwkwk

    • Wah syukurlah kalo bisa bermanfaat buat lo. Selamat mencoba & meracik jadwal belajar lo! 🙂

  • arif ardi

    bg glen,kan skrang gua sibuk ngerjain tugas sekolah lah,mau UH lahh,apa gua harus fokus SBMPTN ya bg dari sekarang? 😀 atau di seimbangkan dgn skolah nyaa ? gmna nihh bg??

    maksih bnget ya bg tips nyaa 😀

    • Halo Arif, coba kamu dari sekarang dibiasakan untuk menempatkan prioritas berdasarkan tujuan jangka panjang. SBMPTN tujuannya untuk apa, manfaatnya apa. UH tujuannya apa, manfaatnya apa. Coba kamu renungkan dan pikirkan kesimpulannya sendiri. 🙂

  • Annisa

    nice banget bang glen artikelnya!! sebenernya saya itu udah buat jadwal belajar udah lama, tapi itu masalahnya bikin saya ga efektif dan nyia-nyiain waktu karena saya bru sadar klo itu cra yang salah atau time-oriented, dan stelah saya tau sbm itu tinggal 37 minggu lagi, itu buat saya merindingg hihihi. Nah, saya rada bingung bang, artikel diatas kan M. Excel nya berupa materi soal dan latihan, yang mau saya tanyain klo metode belajarnya ada try out sama pembuktian rumus itu bikin jadwalnya kek mana ??(khususnya yang pembuktian rumus)

    • Halo Annisa,

      sebetulnya penyusunan paket belajar itu bisa kamu susun dengan variasi lain, contoh saya di atas itu cuma 2 : pendalaman materi & latihan soal. Kalo kamu mau masukin metode belajar yang lain, ya tinggal masukin aja 1 slot baru setelah materi & latihan soal, yaitu (misalnya) pembuktian rumus.

      Jadi nanti dalam 1 paket belajar, metode belajar kamu terbagi 3, mendalami materi, membuktikan rumus, dan latihan soal. btw untuk memahami cara membuktikan rumus, coba kamu baca artikel ini deh:

      https://www.zenius.net/blog/5165/membuktikan-rumus-matematika-penting

  • shafyyar

    bang glenn, sorry nih oot. mau tanya kalau urutan belajar enaknya ikutin dari https://www.zenius.net/blog/11691/soal-sering-ditanyakan-sbmptn sini atau ikutin urutan yang di znet aja? bngung nih hehehe

    • untuk belajar pendalaman materi, mending ikutin urutan di znet aja, kalo yg di artikel blog itu untuk latihan soal setelah kamu menguasai materinya.

      • shafyyar

        siiiipp deeeh thx bang

        • Ria Mlau

          maksudnya pendalaman materi sbmptn atau materi kelas 10-12

  • Eldin Alaric

    Bang Glenn, saya tahun ini gagal sbm, tp saya kuliah di pts. Rencananya tahun depan mau coba lagi. Apa tipe soal sbm tahun depan beda lagi? Dan biasanya ketika sbm, pts kita mempersulit kita ngga utk mengikuti tes?

    • Biasanya sih kombinasi soal SBMPTN agak sulit ditebak ya, tapi kamu bisa lihat gambaran kasarnya di sini https://www.zenius.net/blog/11691/soal-sering-ditanyakan-sbmptn

      PTS mungkin punya kepentingan tertentu & berharap kamu tetap kuliah di sana, tapi secara legitimasi, mereka ga punya hak utk mengekang kamu. Kalo kamu lolos SBMPTN, kamu berhak utk kuliah di tempat lain tanpa sepersetujuan PTS kamu skrg.

  • Adi Perdana

    nice article bang glen

  • tami nurul

    makasi baang glen btw aku salah banget dalam membuat jadwal hehe. satu lagi bang glen saya orangnya tergantung mood jadi terkadang example sejarah saya suka ngacak bab menurt bang glen bagimana?

    • Halo Tami, menurut gua sih sebaiknya belajar sejarah itu jangan terlalu ngacak ya. Kalaupun agak ngacak, tapi senggaknya bab yang kita pelajari itu berdekatan timeline-nya jadi lebih kebayang. Untuk yang lintas jurusan, saya sih tetap sarankan fokus 1-2 mata pelajaran dulu, jangan dicampur. Beberapa tips untuk yang lintas jurusan bisa kamu baca di sini

      https://www.zenius.net/blog/10660/lintas-jurusan-sbmptn-ipa-ips-saintek-soshum

  • Geraldo Manuhutu

    Itu kan baru buat TKPA saja bang Glenn. Nah,kalau buat TKD gimana? Bisa digabung,misalnya minggu ini Matdas sama Ekonomi gitu. Atau Ekonomi nya di lain minggu? Satu minggu maksimal 2 pelajaran nih bang?

    • Sebetulnya kalo dari persepsi gua sih, lebih baik mendalami TKPA secara mendalam sampai akhir tahun, kamu bisa baca beberapa alasannya di sini
      https://www.zenius.net/blog/9096/belajar-sbmptn-tkpa-tpa-bahasa-indonesia-inggris

      Oh dan sejujurnya gua ga terlalu menyarankan kamu ambil IPC karena bahannya banyak banget, jadinya kamu perhatiannya terlalu terpecah dan 2x lebih banyak daripada para pesaing kamu. Yang fokus Saintek / Soshum aja udah kesusahan, apalagi kamu ambil IPC. Kalo udah mantep mau 1 jurusan, lebih baik putuskan mau Saintek saja atau Soshum saja. Sambil mikir2 lebih baik kamu belajar TKPA krn toh kamu pasti akan menghadapi TKPA terlepas kamu mau ambil Saintek/Soshum/IPC.

  • Suci Legowo

    Kuy lah. Mantap bang glen.. cobain dulu.Bismillah '17

  • Irfan Raffi Firmansyah

    bang glen itu kan jadwal untuk TPA aja nih, untuk yang kyk saintek, soshum kira kira di masukan dimananya ya? apakah setelah jadwal tpa selesai kita lanjut ke saintek/soshumnya?
    TerimaKasih

    • Yes, saran dari gua sih, mantepin dulu TKPA sampai betul2 mateng. Baru habis itu masuk ke Saintek / Soshum. 🙂

      • Irfan Raffi Firmansyah

        Oke thanks Bang Glenn

  • kira

    Bung Glenn, ini langkah 1 done! udah bikin list bahan materinya. Terus masuk ke langkah 2, bikin paket belajar berdasarkan materi yang udah dibuat barusan. kalo dicontoh yang Bang Glenn kasih kan udah ada estimasi waktu belajar yang perlu ditempuh, enak tuh, Nah tinggal tersisa materi SAINTEK, TPA, BAHASA, dan INGGRIS yang belum ada estimasi waktunya.
    Bisa nggak Bang Glenn ngasih estimasi waktu buat setiap mapelnya? soalnya kalo buka satu persatu video ribet banget bang (matipa baru sampe aljabar 2 udah puyeng jumlahin durasi pervideonya) wkwk, atau mungkin ada solusi lain?

    Terimakasih sebelumnya

    • Nanti gua akan coba bikin utk materi lain ya, tapi kalo kamu mau cepet. Enaknya bagi tugas sama temen2 yang lain.

      Tips #1: utk jumlahin menit, jangan dibreakdown sampai per detik, nanti lu ribet sendiri kalo mau terlalu akurat. Langsung jumlahin dgn basis 10 saja dengan dikira2. Pada prakteknya sih kalo durasi video tracklist materi di zenius.net berdurasi 40 menit, idealnya kamu mencernanya 50-60 menit.

      • kira

        Ditunggu buat materi lainnya ya Bang Glenn hehe

        Terimakasih banyak

  • Isya R

    Nice artikel bang glenn, jujur ane udah coba tuh 2 metode tersebut dan ternyata lebih nyaman di TASK ORIENTED CONCEPT, hehe. Cuma, kesalahan ane gk buat jadwal mingguan malah lebih ke jadwal bulanan (1 month 1 subject). Pas liat sbm tinggal W-37 jadi gimana gitu :'v.

    2 Pertanyaan bang. Dengan metode belajar seperti ini (yg tidak memikirkan waktu) seperti misal belajar materi A bisa paham 6-7 hari, apakah nantinya bakal bisa beradaptasi di dunia perkuliahan yg materinya sks dan banyak?

    Ada tips gk bang untuk selalu disiplin & konsisten untuk jalani jadwal belajar? TQ

    • Yup, memang kebanyakan anak2 terjebak dlm 2 sisi, ada yang breakdown sampai harian, ada yang bulanan. Menurut gua paling pas sih dipecah jadi target mingguan.

      Metode belajar seperti ini bisa kamu praktekan dalam aktivitas apapun, bahkan tidak terlepas kalo kamu mau nyampur jadwal belajar dgn kegiatan organisasi mahasiswa, kepanitian, praktikum, dll.

      Tips utk disiplin & konsisten kamu bisa baca di sini :
      https://www.zenius.net/blog/10475/marshmallow-eksperimen-self-control

      • Mochi

        nah gw malah pake yg bulanan bang glenn, kalo mingguan gw kurang ga sreg aja . malah jadi suka kepikiran pelajaran yg belum tuntas. yaudah gw jadinya mapel mtk aja dulu selesain baru ganti mapel, tapi tiap hari sabtu minggu itu gw ga belajar. lebih ke review materi ama latian soal yg lebih advanced, kadang juga baca reading bhs inggris/ apalan kosakata bhs indo. gimana tuh bang glen, gw sih enjoy2 aja :3 tapi menurut bang glen gimana?

        • Apapun yang bikin lo enjoy dalam belajar, lakukan hal itu. Tips gua di atas sebetulnya cuma masukan aja, belum tentu cocok bagi semua orang. Kalo lo merasa lebih cocok dengan gaya belajar lo, lebih enjoy juga, belajar aja dengan metode yg bikin lo lebih enjoy & nyaman! 🙂

      • Isya R

        Thanks bang glenn atas jawabannya. Alhamdulillah udah selesai buat rencana baru lagi, semoga aja ane bisa disiplin & konsisten sehingga ngilangin kebiasaan kelamaaan planning hehe.

        wah ada mochi juga, hehe

  • Muhamad Hamdan Fadhillah

    Asli, metode ini udah gue terapin sejak awal kelas 12 juli kemarin meskipun dan emang lebih enjoy.. bebas tapi terarah... semi suka-suka wkwk.. Tapi jujur, sampe sekarang gue blm punya jadwal yang bener-bener ditulis, yang ada cuma list materi dan kalo udah selesai gue centang-centangin..

    • Halo Hamdan,
      memang sebetulnya penulisan excel di halaman ini supaya para pembaca lebih kebayang aja konsepnya secara rapih. Kalo kamu lebih nyaman bikin check list terus dicentang2in itu juga bisa, yang penting prinsipnya sama. Cara menjalaninya sih suka2 kamu aja.

  • Putri Zuchairoh

    Bang, gue merasa terinspirasi banget sama tipsnya. Tapi yang gue bingungin, kadang selama satu minggu itu, jadwal gue penuh banget. Ulangan empat kali seminggu, ditambah tugas yang kadang bikin tidur sampai jam 12. Gimana tuh bang caranya supaya gue bisa punya waktu buat belajar SBMPTN?

    • Tiap orang di dunia ini sama2 punya waktu 24 jam, tapi yang membedakan adalah mereka yang bisa menempatkan prioritasnya. Kamu di umur segini, bukan lagi saatnya harus mengerjakan semuanya 100%. Ada saatnya kamu memilih prioritas mana yang lebih diutamakan? Caranya gimana? Lihat mana yang punya dampak dan manfaat buat kamu dalam jangka panjang, taruh prioritasmu di situ.

  • Muhammad Rizqi Prajab

    Mantap banget bang glen solusinya, saya alumni 2016 yang kemarin kurang beruntung masuk PTN, sekarang saya putusin buat gap year nih bang glen nah saya tertarik buat join di zenius nyesel sih wktu kemarin belum kenal zenius, skrg saya tertarik buat zenius dan mau beli zenius expedia 2.0 itu, nah buat alumni kaya saya ini saya belajarnya mending dari mana dulu ya? jujur saya kurang banget di mtk sama bahasa inggris karna saya anak ips. kalau udah mulai ikutin saran bang glen yang tadi terus buat jadwal belajar soshumnya sendiri gimana dong bang glen? makasih bang glen

    • Saya sarankan sih utk awal2, kamu fokus untuk TKPA dulu. Artinya kamu fokus belajar TPA, Matematika Dasar, Bhs Inggris, & Bhs Indonesia. Nanti setelah kamu mantap TKPA-nya sampai senggaknya akhir tahun, baru kamu beralih ke Soshum.

  • Luh Putu

    This is the great guide, i think. Btw thanks ka glenn,sebelumnya gue udah sih buat schedule belajar buat jangka mingguan n bulanan sampe menjelang sbmptn nanti seperti yg disaranin kak sabda di zenius learning. Asli banget parah(?) Waktu itu gue kebingungan sendiri nih harus nyusun gimana tpi setelah pelan2 berusaha memahami masukan2 yg perna dibilang ka sabda ttg teknis2 yg bener saat devise a study plan akhirnya gue coba2 sih buat,yadah dan akhirnya jadi sih tapi masih ragu2 juga tapi "kira2 bener ga yah seperti ini,kira2 efektif ga ya dst" And finally,gue nemuin artikel ini dan membuat gue percaya diri *cielah* ternyata schedule and plan yg gue buat sebelumnya udah sesuai dan passs banget sama apa yg udah ka glenn paparin diatas,cuman gue gabikin yg paket belajar itu sih hehe ntar gue tambahin deh.

  • Luh Putu

    This is the great guide, i think. Btw thanks ka glenn,sebelumnya gue udah sih buat schedule belajar buat jangka mingguan n bulanan sampe menjelang sbmptn nanti seperti yg disaranin kak sabda di zenius learning. Asli banget parah(?) Waktu itu gue kebingungan sendiri nih harus nyusun gimana tpi setelah pelan2 berusaha memahami masukan2 yg perna dibilang ka sabda ttg teknis2 yg bener saat devise a study plan akhirnya gue coba2 sih buat,yadah dan akhirnya jadi sih tapi masih ragu2 juga tapi "kira2 bener ga yah seperti ini,kira2 efektif ga ya dst" And finally,gue baca artikel ini dan membuat gue percaya diri *cielah* ternyata schedule and plan yg gue buat sebelumnya udah sesuai dan passs banget sama apa yg udah ka glenn paparin diatas,cuman gue gabikin yg paket belajar itu sih hehe ntar gue tambahin deh. So,thanks(again) ka glenn,im so sorry klo comment gue panjang bgt.

    • Thanks apresiasinya Putu, membuat segala kegiatan kita terencana itu adalah hal yang baik, tapi kita tetap harus memberi ruang pada spontanitas, supaya aktivitas kita bisa dinamis tapi tetap terarah. Moga2 rencana belajar lo lebih terorganisir lagi dengan adanya panduan ini yak! 🙂

  • Utami Psm

    Inilah artikel yg gue tunggu dari dulu bang! Thanks 🙂 Alhamdulillah, sebulan kemaren tanpa sadar ternyata gue udah praktekin metode task-oriented ini dan menurut gue, sistemnya emang ngena banget deh! Lebih masuk ke otak dan gak ngekang hhe:D

    • Sip! Gua juga sebetulnya nulis ini berdasarkan pengalaman & eksperimen gua dari jaman SMA-Kuliah tentang gimana ngatur kesibukan gua supaya lebih well-organized. Dari berkali2 ganti metode scheduling, inilah metode yang menurut gua paling membuat gua jadi produktif. Tetap semangat ya belajarnya, Utami!

  • glen apakah cukup efektif dan efisien jika metode belajar ini gw integrasiin dengan belajar gw terhadap skill yang ingin gw tingkatkan?

    • Sebetulnya metode ini kurang pas disebut dengan 'metode belajar' tapi lebih cocok disebut dengan management time supaya kita bisa well-organized. Pada prinsipnya, cara ini bisa kamu lakukan utk kegiatan apapun, bukan hanya belajar ujian. Kalo kamu mau praktekan utk pengembangan skill, itu juga bagus kok. Gua aja masih menggunakan metode ini untuk kerjaan di zenius sehari-hari.

  • Jiha

    gewlak bang glenn. seumur2 ga pernah nyentuh excel dan hari ini akhirnya aku langsung bikin jadwal buat materi sbm laen. tenks banget contoh jadwalnya. bener bener bantu (y)

    • Sip, sukur deh kalo bisa bermanfaat, tetap semangat ya belajarnya!

  • a_n

    Dari dulu udh make yg task-oriented, bukan cuma buat belajar pelajaran sekolah, tapi juga buat ningkatin skill. Eehhh.. tapi tetep aja males emang suka dateng -_- Ada saran?

  • Bivo Muhandeza

    Halo kak Glenn! Aku mau nanya, pada contoh task-oriented yang kak Glenn kasih itu pada minggu pertama dan kedua yang kita bahas adalah materi matdas sama TKPA. Tapi, dalam materinya di zenius.net ada soal2nya. Seperti di matdas, dibawah matdas kan ada soal matdas sbmptn Jadi, soal2 itu kapan lebih baik dikerjakan?

    • Halo Bivo, nah itu dia pentingnya LANGKAH 2: Membuat PAKET BELAJAR. Artinya, paket belajar adalah penggabungan antara beberapa metode belajar, dalam konteks contoh gua di atas adalah gabungan antara pendalaman materi dan latihan soal. Jadi dalam prakteknya, dalam 1 sesi belajar, lo fokus pahami materinya, sekaligus latihan soal berdasarkan topik yang lg mau lo pelajari.

      Coba baca lagi deh LANGKAH 2 dan juga excel yang gua kasih di atas.

  • Dhani Hidayat

    wah berati jadwal ku selama in salah aku buat kyk jadwal sekolah . 2 mapel perhari. aturan 2 mapel perminggu ya kak glen ?

    Oh iya ,bg sabda di zenlearing kenapa bilang mapel di buat selangseling ya ?

  • Dhani Hidayat

    wah berati jadwal ku selama in salah aku buat kyk jadwal sekolah . 2 mapel perhari. aturan 2 mapel perminggu ya kak glen ?

    Oh iya bg sabda di zenlearing kenapa mapel di buat selangseling ya ?

    • Sebetulnya kalo bicara soal metode belajar, itu cocok2an, ga ada yang pasti. Gua pribadi punya perspektif seperti ini, Sabda mungkin punya perspektif yang lain, dan bagi tiap anak juga beda2 lebih cocok yang mana. Cara paling gampang, lo cobain aja keduanya, terus lo rasain lebih nyaman pakai yg mana. Selamat mencoba! 🙂

      • Dhani Hidayat

        selama ini saya pake jadwal yg time oriented rasanya tu kyk di kejar waktu dan kelihatannya banyak materi yg harus dikejar hehehe

  • Mochi

    mirip ama punya gw, cuma punya gw lebih sederhana dari ini. gw ga pake excel tapi di kertas yg gw tabel2in dan gw tempel. jadi kalo udah nyelesain mapel apa gitu gw contreng . nice dikasih excel om glenn. punya gw biar lebih rapi lagi. gw juga pernah tuh nerapin yg perhari2 gitu dan emang ga efektif, kesannya kayak gw dikejar waktu, jadinya malah amburadul dan ga ada yg masuk ke otak :3

    • Pakai excel atau pake kertas juga boleh, yang penting prinsipnya sama. Gua pribadi skrg utk manage kerjaan lebih suka pakai kertas seperti cara lu daripada pakai excel, jauh lebih praktis, hehehe... Ini gua tunjukin pakai excel supaya anak2 yg lain lebih kebayang aja.

  • CHRISANTY MONIKE DE

    kak glenn kapan2 buat juga dong paket belajar TPA dalam bentuk mc excel juga yang kaya matdas itu wwkwkw. TPA kan banyak jd aku agak bingung gitu buatnya

    • Nanti gua coba update ya di artikel ini.

  • Ardo Isolet

    nicee artikel nya om, saya jadi terarah nih.... persetan dengan semester 5 AARGGGHH

  • Ardo Isolet

    nice artikel nya bang, jadi terarah nih jadi bisa ga terlalu ketat kali....., dan bagaimana dgn SEMESTER 5 AAARRGGH

  • Emil

    Dengan metode belajar yang bang Glen saranin diatas Task-oriented, jadi mulai dari sekarang sampe akhir tahun (Des2016) dimantepin dulu TKPAnya? Januari-Mei dilanjut dengan SAINTEK/SOSHUM.. Gitu bang?

  • Andre Saputra

    Bang,tapi di bimbel gue belajarnya kan sehari semapel,nah apa ga bentrok kalo misal gw ngezen seminggu cuma 1-2 mapel aja,sedangkan di bimbel gue udh belajar 6 mapel dalam seminggu.thanks before glenn:)

    • Nah dalam konteks ini, gua ga berani bicara lebih lanjut. Karena tips gua di atas sebetulnya lebih cocok bagi mereka yg belajar mandiri utk SBMPTN. Terlepas dari kegiatan mereka yang lain (ada yg sekolah kelas 12, ada yg kuliah, bimbel, dll), tapi kalo mau belajar SBMPTN secara mandiri dgn zenius, gua sarankan mengikuti cara di atas.

      Tapi lo harus inget, apa yang gua tulis ini cuma tips, cuma saran, bukan kewajiban yang harus lo ikuti. Kalo lo merasa nyaman, ya monggo silakan diikuti, kalo lo merasa nyaman dengan cara lain, jangan dipaksakan ikut cara yg di atas.

  • Rizky Anggita

    bang glen, saran nih sekaligus minta tolong. Pada tiap bab materi, tolong dong bang dibuat total waktu videonya, biar bisa ngatur waktunya bang. Makasih bang.

    • Nanti saya coba usahakan update ya.

      • Rizky Anggita

        Baik terima kasih bang glen!

      • Fadli Hidayatullah

        Saran biar cepet update bang Glenn Yang ada CD Expedia 2.0 cara cepetnya kayaknya ada untuk menghitung estimasi video.
        Saya gak ada CD nya soalnya, coba aja buka folder contoh Matdas Persamaan Kuadrat, select semua video nya, kemudian tekan CTRL + ALT + Enter -> Detail : Lihat length nya berapa

  • Alfan

    Ini yang bener-bener keren abis, tapi timbul pertanyaan nih, efektif kah jika 1 bulan fokus biologi, 1 bulan lagi fokus kimia, bulan depan fokus soal bio+ kimia ,

    menurut kak glen, efektif kah?, soalnya saya pribadi buat jadwal seperti itu, 1 bulan habisin, pokoknya tentang materi SMA biologi, bulan depan tentang soal-soalnya atau pelajaran baru

    soalnya pernah berfikiran kalau dicampur-campur itu ribet :3, menurut kak glen gimana?

    • kalo menurut gua, jangan pakai jedah waktu 1 bulan, karena terlalu lama. Nanti kalo kelamaan, kamu lupa di bulan kemarin kamu lagi bahas apa. Pakai jedah waktu mingguan aja selang-seling antar 2 pelajaran seperti yang gua bahas di atas.

      • Alfan

        Wah makasih bang glen, sehat selalu bung 😀

  • adef Priambodo

    kak mau nanya belajaranya itu mending matdas dulu diselesaikan sampai semua bab Selesai apa dicampur dengan pelajaran lain .tapi kalau dicampur takut ngak konsen dan fokusnya kepecah pecah,kalau mau fokus satu mapel dulu sampai selesai takutnya kalau udah selesai satu makul itu lupa kalau ada soal lagi,bagaimana kak glen solusinya.

    • shafyyar

      nah, pertanyaan yg sama....

    • seperti yang sudah gua bahas di atas, gua rekomendasikan fokus pada 1-2 pelajaran dulu, untuk mendalami materinya sampai tuntas. Antara 2 pelajaran tersebut, sebisa mungkin selang-seling dengan jedah waktu mingguan. Minggu 1 belajar matdas, Minggu 2 belajar TPA, Minggu 3 Matdas lagi, Minggu 4 TPA lagi.

  • Deni Ekel Sembiring

    Hiii kakk... mau minta bantu ni kakk.... kakak ada data univ2 yang akreditasi teknik komputernya atau ilmu komputer dan lain - lain yang A gk ? abisnya tkut jga nyari di google sumbernya dari blog. klo blog kan anak sd mah udh bisa bikin sekarang... hehe.. mohon bantuan nya ya kak...

  • Khusna Azizah

    Wah, dulu gue time oriented banget. Pantes gagal. Tips keren! Makasih bang Glenn!!

  • Ardo Isolet

    bang saya mau nanya nih... saya belajar TKPA nya keimpit nih sama mid sama semester gimana nih caranya pliss saya ingin blajar sbmptn tapi gabisa sia siakan semester 5 ini mid sama semester prlu minnm

  • nugroho dwi.fitrianto

    Anak kelas 12 atau alumni yang lagi berjuang meraih ptn kita buat grup line yookkk
    Keliatannya menarik karena kita sama sama berjuang demi masa depan, nanti bisa saling share tentang apapun yang berbau ptn !

    • udah banyak kok grup LINE para pejuang yang zenius. Bahkan yang official dipandu oleh pihak zenius juga ada, tapi aksesnya khusus dari forum Zenius Club

      https://www.zenius.net/club

      • nugroho dwi.fitrianto

        bangg tolong kasih tau grup line yang engga khusus pengguna xpedia dongg
        gue pengen bincang2 dengan temen seperjuangan, tapi sayangnya gue cuma pengguna zenius.net bukan xpedia

      • nugroho dwi.fitrianto

        kasih tau grup line yang engga official dong bangg

        • AlTof Yuri

          UP UP

  • Anisa Fitriana K

    Kak, guruku ngasih tugasnya banyak banget. Jadinya kadang target kacau gara2 jam belajar kemakan waktu ngerjain pr yg banyak-_-

  • Afina

    Bang Glenn thanku yaaa!
    sumpah ini berguna abis! gue dari bulan juni pake sistem time table tapi banyak banget yg ga selesai babnya karna males buat ngejalaninnya. trs pas bulan juli-agustus jadinya gue ga pernah belajar buat nyicil sbm lagi. eh september ini akhirnya dapet pencerahan hahaha, untung gue buka blog zenius lagi. tapi bang kalo misal gue kelarin materi TPA sebulan penuh, itu efektif ga?jujur gue kalo selang seling kaya kurang efektif gitu. terus gmn bang glenn caranya biar kita ga bakal lupa materi yg udah selesai kita pelajarin? apa mesti review ulang perbulan atau gmn?masih bingung bgt gue bang. thank u yaaa

    • Boleh juga kok kalo mau fokus sebulan penuh sama TPA, tapi pahami betul konsepnya. Kalo lo cuma menghafal tipe soal doang, dalam beberapa bulan juga akan lupa lagi. Tapi kalo pahami konsep logikanya, akan inget seterusnya.

  • Violetta Rose

    Bang glenn, kan mapel kls 12 sma bnyakk bgt tuh. Belum lagi aku mau ambil lintas jurusan saintek soshum buat sbmptn nya itu gimana tuh? Oh iya, permapel seminggu kanya, tp boleh nggak di selingi mapel lain, misal dalam seminggu itu 2 mapel, kayak fisika sm bahasa inggris. Dan satu lg nih, belajar TPA enaknya mulai dr skarang atau nunggu melajari mapel" semuanya sampe habis, Kan kalo kebnyakan mapel ntar ga efektif blajarnya(?) Makasi.

    • 1. Gua kurang menyarankan ambil IPC (Saintek + Soshum) karena materinya banyak banget. Fokus lo jadi terpecah dan lu harus bersaing dgn mereka yg cuma fokus pada 1 tipe ujian. Lebih baik lo renungkan lo mau masuk jurusan apa, lalu pilih salah satu, saintek atau soshum.

      2. Boleh aja diselingi seminggu 2 matpel, tapi jangan terlalu banyak sampai 4-5 matpel.

      3. Justru TPA itu idealnya dipelajari lebih dulu paling awal, sebelum memulai pelajaran lain.

  • Grace Tampubolon

    Bg Glenn, gue kemarin ngga masuk 2 mingguan gitu dan ketinggaan pelajaran banyak banget. Dan sekarang sadar kalo tugas dan ulangan numpuk padahal udah harus persiapin buat SBMPTN gini. Dan ngga bergairah lagi ngejer ketertinggalan itu karena terlalu banyaknya bikin muak sejujurnya. Gimana menurut bg glenn? Gue sadar ngga mungkin biarin ini jalan ditempat kayak begini ajakan ya. Anw, thanks artikelnya.

    • tenang aja, ketinggalan 2 minggu bisa dengan cepat lo kejar kalo belajar dengan video zenius. Kalo lo serius kejar dengan zenius paling 3-4 hari juga bisa. Murid2 zenius sebelumnya yg curhat ke gua dulu lebih parah lagi, ada yang waktu kelas 12 aja masih belum ngerti persamaan kuadrat dan aljabar sederhana. Akhirnya harus ngejar ketinggalan dari awal banget.

  • Muhammad Ainur Rofiq

    Bang itu jadwal TKPAnya ga kelamaan sampe akhir taun? terus belajar sainteknya nanti gimana dong, kan mepet nanti, apalagi saintek materinya lebih banyak dari TKPA. apakah cukup dikejar semua materi & soal2 saintek sampai hari sebelum sbmptn? belum lagi TOnya bang. tolong dijawab ya bang glenn. soalnya saya bingung banget dan takut waktunya ga cukup juga ini :(. Makasih bang sebelumnya 😀

    • Saras Granita

      Wah! Samaa gue jg kek elu nih. Gue jg bingung. Apalagi materi saintek berbobot banget, gue jg takut waktunya gak cukup. Hohoo

    • Gambaran gua di atas sebetulnya cuma illustrasi saja. Biasanya calon peserta SBMPTN akan lebih serius belajar, lebih serius meluangkan waktu, justru setelah tahun baru. Seringkali sblm tahun baru, belajarnya masih setengah2, jadi gua sarankan belajar TKPA aja dulu supaya materinya ga terlalu sulit dan bisa diselingi oleh kesibukan sekolah/kuliah.

      Tapi bagi kamu yg memang udah berkomitmen fokus dari sekarang, sebetulnya kira2 kamu sendiri aja. Kalo misalnya sampai bulan Oktober kamu ngerasa TKPA udah mantep, boleh langsung masuk ke Saintek juga kok!

  • Dandita Irviena

    Ya bener banget.. dua minggu yg lalu gue bikin jadwal yg "time oriented" dan malah jadi byk yg gue ga kerjain, cuma konsisten di hari 1-2. Tapi setelah gue ganti, jadi cuma tugas-tugas yg mesti gue kerjain, tugas2 itu malah terselesaikan walaupun awalnya targetin selesai satu hari, tapi selesainya dua hari. Dan adanya artikel ini ngebantu bgt buat nyusun rencana setelah to pertama gue, karena sebelum-sebelum ini gue malah kebanyakan "wacana" wkwkwk ??

    • nah kan, gua yakin byk banget yg bikin jadwal time-oriented juga nasibnya kayak gini, sama kayak gua jaman dulu juga begitu.

  • Aldam Fajar Ahmad

    misal nih bang glen,saya sudah bikin jadwalnya terus sudah ngikutin apa yang bang glen saranin,nah yang saya bingungin misal sudah belajar materi TKPA sampai benar benar ngerti terus sudah TO,katakanlah sampai bulan Desember akhir terus pelajarin materi Saintek sampai W-2 SBMPTN itu apa materi yang sudah dipelajarin seperti TKPA nggak bakal lupa ? tolong dijawab bang,soalnya takut ntar sudah belajar eh W-2 sebelum SBMPTN malah lupa materinya...

    • Materi TKPA pada dasarnya mendalami konsep, TPA, matdas, Bhs Inggris, & Bhs Indonesia adalah pelajaran yang seharusnya paling sulit dilupakan. Sekali paham konsepnya, akan ingat seterusnya.

  • panji alam ramadhan

    kak saya ngerasa paling bego dalam semua hal pelajaran, saya inginn mulai lagi belajar, kalau saya mulai sekarang telat ga kak? buat nguasain materi di sbm 2017 nanti

  • faizal mahmud

    untuk review materi,apakah harus ngulang materi dari kelas x-xii secara spesifik ? apakah itu akan terkejar ?

    • a_n

      *nyimak :3

  • faris

    kak kok materinya gak runtut sesuai yg di xpedia??

  • farhana

    Kak Glen mau nanya nih. Kalau seumpama sudah mulai belajar, materinya biologi, nah lebih baik belajar materinya dari yang di sini https://www.zenius.net/blog/3306/sbmptn-snmptn-biologi-2014-soal-pembahasan-persiapan-tips-belajar-3 atau langsung materi yang di sini https://www.zenius.net/cg/89/materi-biologi-sbmptn ?
    Terima kasih kak sebelumnya ^^

  • Rannu

    terima kasih kak glenn tipsnya
    mantap (y)

  • Havie L Choir

    Zen, aku mau tanya nih. setiap video zenius itu makan kuota gede ga? kira2 per video sekitar berapa MB? please jawab..

  • Irfan Maulana

    gua mau nanya nih, well gua masih kelas 2 dan gua pengen prepare buat sbmptn so well biar kelas 12 nya ga terlalu ripuh lah yaa, nah since gua beli voucher zenius buat setaun, gua jadi males pergi ketempat bimbel, karena gua ngerasa disini gua bisa lebih enjoy dan nerapnya lebih jauh apalagi bisa diulang2, dan apalagi di zenius ada blog nya jadi ada bahan buat nambah wawasan lahya, apalagi tutor nya ngejelasinnya enak apalagi bang sabda, beh dabesst, nahh pertanyaan gua
    gua pulang sekolah jam 3, les jam set 5, dan balik kerumah jam 6,yaa bawaannya pengen istirahat lahya meskipun gua istirahatnya dengan zenius, nah lebih mending mana, gua bolos les tapi gua belajar pake zenius, ato gua bimbel iya zenius iya tapi side effect nya kalo gua bimbel pas dirumah bawaannya cape, well gua udah seminggu ini bolos les buat nontonin video zenius tbh._. dan temen2 gua bilang, "anjir fan sayang duit bolos les terus mah", well gua emang ngerasa emangsih gua udah bayar les buat setaun dan gua malah bolos dan itu buang2 duit-_- yatapi gimana, emang gua lebih demen belajar disini dah asli, dizenius gua 1,5 jam bisa habis 1 bab dengan ngerti, tapi kalo 1,5 jam diles kan guru ngajarnya untuk bikin 1 kelas ngerti jadi gafokus ke gua seorang, ya jadi nerapnya beda lah ama zenius,
    jadi gimananih
    mending les apa ngga?
    tapi disini bukan berarti gua gabakal masuk les terus menerus yaa
    salah gua juga sih telat beli voucher, coba aja gua beli vouchernya sebelum daftar les, gaakan dah gua buang duit buat daftar les :')

    • Fadli Hidayatullah

      Kamu nyatat gak waktu neyelesaikan bab? 1,5 jam udah kelar?

  • nugroho dwi.fitrianto

    Anak kelas 12 atau alumni yang lagi berjuang meraih ptn kita buat grup line yookkk

    Keliatannya menarik karena kita sama sama berjuang demi masa depan, nanti bisa saling share tentang apapun yang berbau ptn !
    AYOOO

  • Yosian

    ka glen gimana cara bagi waktu untuk alumni yang sambil les juga, jadi ditempat les nya juga terasa padet kaya waktu masih sma , trmksh

  • dreamilysassything

    gila ya, gue sempat down( re: males ) banget buat belajar lagi pdhl udah gue mulai dari agustus kemarin. BUT YEAAHH, gue baca tulisan loe + kata-kata 'cuman tinggal W-38'. gue berasa di siram aer dingin, ditampar bolak-balik. thanks banget glenn, tulisan loe udah nyadarin gue banget

  • Saras Granita

    Thanks artikelnya ya bang.
    Btw, gue mau nanya bang. Sekarang kan gue masih nguasain foundation (zl guide ama basic skill). Kalo belajar saintek dlu baru tkpa efektif gak sih bang? Soalnya gue rada kurang bgt kalo math ama fis

    Makasih sblumnya bangg

  • WildanMujtaba

    hatur nuhun pisan bang glenn.

  • Fares Analis

    Bang glen mnta saran dong , saya alumni yang ga ikt bimbel atau apapun ..apakah efektif klo saya belajar seperti contoh jdwal d atas?Tpa dulu sampe awal januari lalu baru saintek.....

  • Dicky Arifin

    glen saya alumni sebenernya saya udah bikin jadwal berdasarkan waktu sejak awal september tpi setelah 2 minggu jenuh juga dan ga efektif, dan akhirnya nemu artikel ini dan sepertinya lebih enak ini -_-
    nah saya kan alumni yang notabenya punya banyak waktu misal diselipin materi" soshum cuman 1-2 jam dijadwal yang seperti diatas gimana glen ? apakah efektif ? soalnya saya lintas jurusan glen

  • Insa Kurosawa

    Mantep bang Glenn artikelnya,
    Gue alumni taun ini, InsyaAllah mau nyoba lagi taun depan. Syukur deh ini dapet pinjeman xpedia kelas 12 dari temen. Tinggal nyusun jadwal pelajaran yang efektif buat gue,
    Jujur gue buat jadwal belajar udah dari dulu, tapi gue serasa dikekang sama jadwal gue sendiri. Ini beruntung banget nyasar di artikel ini, good idea bang glenn
    Mmm, tapi gue agak kesulitan kalo musti daftarin durasi satu" setiap bab, bakal nguras waktu banget nih keknya. Kalau misal gue pukul rata 3 (bab + soal) setiap minggu dari mapel yang sama, menurut bang Glen, cukup efektifkah?
    Dan misal nih, satu mapel udah kelar. Buat ngejaga ingatan tentang mapel tersebut ada cara efektifkah bang Glen? Soalnya kan kedepan sehabis tkpa kelar konsen ke saintek yang banyak banget materinya

    Overall, thanks

  • Annisa Putri Wulandari

    bang glenn bisa tolong sekalian kasih contoh jadwal buat yang sainteknya ga bang, jujur masih bingung buat jadwal diri sendiri hahaha kalo dibikin sendiri suka ada aja halangannya deh bang yakin kwkwk mohon bantuannya ya bang thx

  • Aisyatul Mukarramah

    Keren banget bang glenn. Tpi gue masih bingung paket bljr utk TPA, bhs. Indo dan bhs. Inggris. Kasi saran dong !!! dan gue tuh jg mau bru mau mulai bljr, menurut bang glenn masih sempat nggk takutnya nggk maksimal? makasih

  • Acha Khalida

    Thank you ya, Glenn! Helpful banget ini.

  • Intan

    Kak kan sekarang aku lagi duduk dibangku kls XII, nah berarti kan masih harus persiapin 2 ujian penting nih. Terus yg lebih efektif iku kita belajarnya lebih ke UN apa SBMPTN nya kak? Soalnya kesalahanku sih baru nyadar nya kls 12 ini, dulu kls 10 11 cuma belajar buat dpt nilai bukan buat paham (hehe). Boleh minta sarannya kak, terima kasih

  • Reni Wahyuliya

    Bang Glenn, kalau misalnya nih sistemnya diterapin ke anak kuliah yg baru2 semester awal bisa gak bang?? Soalnya kadang jadwal kuliahnya kan ga sama kaya di sma gitu yg lebih beraturan. Terkadang jadwal kuliah ada yg diubah2 sendiri sm dosen, belum lagi tugasnya jg pasti berubah juga jadwalnya:'') gimana dong bang:"")

    • Saras Granita

      baca aja artikel zenius ttg cara belajar sbmptn sambil kuliahh sob

  • Hiromi Elevenia

    Thanks bang Glenn buat sarannya, bener emang pas gua baca paragraf pertama, gue manggut2. Gue udh mencoba nyicil materi dari liburan. gue juga udah nyoba bikin jadwal belajar, tapi ternyata gue sering melanggar jadwal gue itu, jadi gue belajar dengan waktu yg fleksibel. Dan ternyata bener bahwa strict terhadap waktu itu bikin gak nyaman. Kan nggak semua materi bisa kita makan, kadang gue ngerasa takut kalo ada materi yang gak ke kejar, menurut lo gmn bang?

  • Marina Hazmi

    Bang konsep task-oriented itu pas nggak buat bagi waktu un
    tuk belajar stan sm SBMPTN?

  • raudahalimah

    bang kok pas akses vidionya katanya format vidio atau mmi nya ngak sesuai ,gimana caranya ya bang?.tolong ya bang

  • jasmine nabila

    terus yang buat kuliah bagaimana bang?

  • rmrk00

    ya ampun bang , gua baru sadar kalo selama ini salah wkwkkwkw

  • William Elkanasius

    permisi, saya mau tanya nih untuk paket zenius xpedia untuk saya udah lulus smk (akuntansi) tahun ajaran 2015/2016 paketnya itu yang mana ya? terimakasih

  • Firda Ellysa

    Bang gua masih bingung nih mau fokus kelas tiga dulu atau fokus sbmptn dlu ya?

  • Manzila Hk

    Bang Glenn, ada ulasan tentang mat IPA gak nih? Kok isinya beda ya antara xpedia sama zenius.net?

  • Venni Irma Yunica

    Makasih banget buat informasinya kak, sangat bermanfaat. Jadi sekarang ngerti cara fan sistem mengatur jadwal belajarnya kak. Kak, boleh minta saran?
    Aku tamatan tahun sekarang kak, telat ikut sbmptn yang sekarang. Karna aku kurang memahami dan belum tau banyak.
    Tahun depan aku mau ikut ujian sbmptn kak, mau ngambil kuliah di unpad jurusan psikologi dan aku sendiri tamatan smk kak. Setau aku psikologi di unpad jenisnya IPA kak, sedangkan sekolah aku materi pelajaran nya jauh dari sbmptn kak. Jadi aku harus gimana kak, sedikit bingung kak dalam aku harus ambil keputusan apa.
    Kalo belajar otodidak dengan buku sbmptn aja gimana kak, gak ngambil kursus nya
    Makasih banyak ya kak sebelumnya

    • Kebetulan masalah kamu udah pernah gua bahas di artikel sebelumnya, coba baca deh >> https://www.zenius.net/blog/10962/anak-smk-masuk-kuliah-sbmptn

      Utk masuk psikologi, ada beberapa jurusan yg minta tes SBMPTN saintek, tapi sebagian besar tes Soshum. Kalo kamu merasa agak kesulitan utk saintek, gua sarankan lebih baik ambil universitas yg memberi syarat tes soshum saja.

      • Venni Irma Yunica

        Tapi kak, pengen banget masuk universitas padjadjaran kak. Iya walaupun dominan IPA kak. Kalo pas ujian kita milih Saintek, berarti universitas yang di pilih yang jurusan IPA doang ya kak
        Pada tanggal 28 Sep 2016 3.42 PM, "Disqus" menulis:

  • Andifa Asshidiqqie

    ini kalo buat kuliahan bisa ga Bang?

  • Achmad Fauzan

    Kak Glenn, aku asal dari daerah terpencil yang gak ada internet , aku udah beli kaset xpedia, tapi itu belum cukup buatku untuk belajar soshum yang materinya banyak. ada alternatif lain gak belajar materi soshum selain dari internet. aku gak bisa internetan

  • zha fauzi

    bang glen saya mau tanya nih, misalnya kita mau belajar bab persamaan kuadrat nah tp disekolah belum pernah di ajarin, apa kita belajar bab persamaan kuadrat di zenius yg untuk sma nya atau untuk sbmptn?

  • Monica Haris

    Kak saya bingung ni... saya mau tanya saya ambil jurusan gizi dan ingin kuliah di ui atau ipb mnrt kakak saya ambill 1 univ aja kyk ipb semua atau ui semua atau ipb ama ui. Mksh

  • Fauzan Nurramadhan

    kak glen, maaf kalo oot, gue lg dalamin satu materi di matdas, gue hampir 1 minggu belajar itu terus, tapi kayaknya gak efektif, susah bener masuknya ke otak. Bagusnya gue tetap lanjutin sampe ngerti atau skip dulu ke materi lain? tapi kalo gue skip gue takut lupa sama yang udah gue pelajarin.

    • Fadli Hidayatullah

      Coba tinggalin dulu sebentar bro, belajar yang lain, kemudian kalo udah plong, balik lagi ke tempat yang susah tapi, dengan prespektif yang berbeda yang didapat dari ilmu yang berbeda

      • Fauzan Nurramadhan

        oke, makasih bro

  • Eri Prasetyo Nugroho

    Bang Glenn ditunggu data waktu masing2 video zenius 😀

  • Achmad Haidar

    Bang Glenn saya mau tanya saya kan anak IPA mau masuk sastra kalau SBMPTN ambil jalur IPC ya?

    • Fadli Hidayatullah

      Jalur Soshum

      • Achmad Haidar

        kalo satunya jurusan saintek milih ipc ya

  • Tsamara Rona Lutfiani

    bang glen, aku mau tanya nih. galauuu banget jadi kls 12. aku sbmptn pengennya ambil soshum, tp aku anak ipa. tp di sisi lain aku juga berharap sama snmptn, tp kecil bgt soalnya aku tau kls xi kemarin ancur"an deh. btw, gimana ya harus ngejalanin dgn setengah" atau bye snmptn, n say hi to sbmptn. aku baru nyicil materi soshum baru 30% an lah. jawab yaa :

  • Nabilla

    Bang Glenn saya udah download task oriented nya, Nah matdas kan ada 19 materi, TPA 14 materi,Bhs inggris 12 materi, Bhs Indonesia 7 materi. Pas saya liat di blog kok materi TPA ga nyampe 14 materi. Rencananya saya mau bikin materi list untuk yang lainnya. Mohon bang kasih materi apa aja untuk yang sisanya.

  • Mario Thaal

    Ka Glen..mau nanya dong klo bljar video zenius ni hruskah dibuat catatan atau nga perlu dibuat cttan ckup lngsng dengerin aja videonya trus buat mind mapping sdh selesai?? Gimana ya ka..klo misalkan dibuat cttan apa hrus dibuat smpe serapi dan sebaik mngkin..soalnya nnti kendala sama waktunya kan klo hrus dibuat cttan smbil dengerin videonya pasti wktunya jg bnyk tersita buat nyatat..ka glen tlong bgi tipsnya dg ka..sya udah selasai bljr zenius learning ni ka..skrg mau sambung matdas tpi gara2 hrus nyatat akhirnya matdas-1 stu hri aja nga hbis..plis bgi tipsnya ya..mkasih ka..

  • Fadli Hidayatullah

    Alhamdulillah, terima kasih bang Glenn atas artikelnya yang bermanfaat.
    Saya mau tanya, biasanya user zenius itu nyatet pelajaran nya gimana, ataukah saat lagi nonton video atau gak nyatet sama sekali, Ada artikel untuk teknik nyatet gak di Zenius?

    Kemudian, untuk memilih jurusan, itu rencana saya di 3 universitas yang berbeda, atau sebaiknya gimana, kemudian apakah order dari yang kita pilih itu dari yang passing-grade nya paling tinggi ke terendah. Dan terakhir, kalo di SBMPTN itu kalo misalnya lulus di pilihan 1, apakah otomatis pilihan-2 dan 3 juga bisa kita pilih?

  • Karim Benzema

    bang wisnu mau tanya nih , ada gk kalkulator penghitung passing grade
    dan total nilai nasionalnya , kalau gk ada ajarin dong rumus
    menghitungnya, buat tracking record tryout gue bang?

    besat regards

  • Locaya Imanda

    kak Glenn, aku minta saran, aku tuh kenal zenius baru bulan ini, baru langganannya seminggu, kan telat banget tuh. trus aku baru bener bener belajar sbmnya mulai minggu ini (W-33). Gimana ya biar bisa ngejar semuanya? Sedangkan masih banyak juga tugas dari guru yang harus banget diselesaikan. Terimakasih..

  • Putri Sesilia

    Bang glenn... Klw yang mau ipc, mau gimana dong cara belajarnya ?

  • Dea

    zen, zenius ada dalam bentuk ebooknya gak? sering kali harus baca materi dulu supaya lebih mengerti pembahasan di videonya

  • Karim Amrullah

    bang, gw mau nanya nih... kalau jadwal yang TKD sendiri tuh gimana, setelah gw selesai TPA atau beriringan dengan membuat jadwal seperti TPA. I'm wait your answer bang ?

  • Novia Miftahir Ramadani

    Bang Glen, Dari kelas 11 belajar SBMPTN itu efektif ga sih menurut bang glen sendiri?

  • Ibaddilah Nurodin Fauzan

    Berguna bgt buat gue nih, thanks bang! ternyata selama ini gue ada yg salah wkwk

  • Fikri Akmal Trisetio

    Kak glenn, gue tau ini artikel lama tapi gue baru baca hahaha. Gue lulus sma 2015 dan sekarang udah tingkat 2 di salah satu institut teknologi salah satu perusahaan bumn gitu di Bandung (ngerti lah yaa). Gue pengen nyoba sbmptn 2017 nih tapi ada yang ngebuat bimbang. Gue pengen banget fokus sm materi sbmptn mulai november ini tapi gue juga pengen sibuk di organisasi dan lab-lab gitu. Kenapa? Karena gue mikir kalo misalnya ga keterima sbmptn, gue bisa ngelanjutin kuliah dengan segudang aktivitas akademik dan non akademik. Tapi...gue sangat ambis buat keterima di sbmptn 2017. Gimana nih kak sarannyaa?

  • ka glen, perlu gak sih kita punya partner buat belajar bareng-bareng untuk seleksi? sedangkan jurusan yg mau gue ambil beda dari jurusan gue di SMA, terus otomatis tmen2 gue beda juga belajarnya. Udah gitu problem mulu kalo sama temen cewek tuh

  • Fandhiananta Widyanjaya

    Bangg, gue angkatan alumni nih, masih kuliah semester 1, nah rencananya mau ikut sbm lagi kan. Nah pengen bgt nih bikin jadwal kaya gini buat belajar sbm, tapi suka kebentur sama jadwal belajar buat di kuliah entah itu mau presentasi, ujian, ketemu dosen killer, banyak tugas dll. Nahh gue minta saran dong gimana caranya supaya belajar buat kuliah tetep jalan, tapi bisa sempet juga belajar buat persiapan sbmptn

  • Nurul Fitria

    kak Glen, saya baru mulai schedule bulan ini, nah dari contoh jadwal yg kak glen kasih kan dari september-desember ini full belajar TKPA dan matdas, indo,inggris. kan mending kita perdalam dulu pelajaran itu ampe akhir taun, tapi kalo ampe akhir taun ini belom beres mapel itu semua gimana ya? apa kita tarik sub-bab nya seminggu jadi lebih banyak? kalo udah januari kesana mending perdalam sainteknya kan? apa gimana ya?

  • Ratih Tri Purnama

    Bang, gue alumni tahun 2016 yg pngen ikut sbmptn 2017. Nah gue kan ipa, tapi pengen ngambil ips. Nah gue buta bgt sama pelajaran ips. Nah jadi mulai skrg nih,gue udh buat jdwal belajar. Gue bkn buat perminggu sih bang, tapi malah perbulan. Jadi menurut lo, lbh efektif perminggu atau perbulan? Gue takutnya klo blajar 1 mapel perbulan,ntar bulan2 berikutnya gue lupa sama pelajaran yg lalu. Tapi klo bljarnya perminggu, gue takutnya gapaham sama apa yang gue pelajari bang.

  • Ressa Muhammad Santika

    Bang, saya kan tahun 2016 dan masuk salah satu universitas negeri terkenal di Indonesia, namun jurusannya kurang sregg dengan saya. Terus kan saya pengen ikutan lagi SBMPTN tapi karena jurusan ini prospek nya lapangan jadi semester 2 ada ospek jurusan... Bilang mau resign takut gak diijinin... dan udah gak betah juga dengan keadaan di tempat kuliah saya... jadi saya harus gmn bang?

  • Royan Nafi Amar

    Bang glenn, kan itu paket mingguan ya, kalo minggu ini gw belajar atom, trus minggu depannya belajar metabolisme, itu efektif ga? atau harus nyelesain materi per mata pelajaran sampe habis?

  • yulia cp

    bang kalau sekarang kan udah W-20an masih bisa emang belajarnya tunggu waktu yang nyaman dan nda maksain langsung belajar banyak ?

  • Andre Saputra

    Gua baru ngikutin task oriented pas W-20,semoga efektif deh...

  • Salama Suci Nurani

    makasih banget kak glenn udah menyadarkan aku:(( aku belum start apapun sampe sekarang. harus gimana nih kak:( apa yang harus aku lakuin buat ngejar ketertinggalanku?

  • Violetta Rose

    kak glenn, kan bbrp bulan ke depan sbmptn nih, kira2 nutut nggak ya kalau blajar mulai dr kls 10? atau cm belajar yg bener2 nggaktau aja? aku bener2 ketinggalan banyak nih materinya, soalnya pas kls 10 11 bnyak yg lupa dan nggak begitu paham. trims, mohon balasanya kak:)

  • putris

    kak, aku mau tanya. jadi sebenernya aku udah ngulang materi kelas 1 dan 2 tapi baru fisika sm mtk itu pun belum kelar. Masih TPA, kkmia, biologi dll. jadi masalahnya ini udah masuk semester 2, aku malah bingung buat bagi waktu untuk belajar yang cumantinggal beberapa bulan, sedangkan aku jg harus belajar bwt usbn , nyiapin ujian praktek bla bla bla. kak tolong bantuin aku dong gimana caranya mengatur waktu yang cuma tinggal 3 bulan ini biar bisa efektif buat nyiapin sbmptn... aku kadang malah bingung mw start dari mana 🙁 jadinya malah takut. Help me please :"(
    lebih baik gimana kak, riview materi atau ke soal langsung, baru yg g tahu cari materinya ? Tapi sedihnya materinya udah banyak yang lupa, jadi aku tipe orang g bisa bentar langsung dong, dan harus diulang2 soalnya gampang lupa juga 🙁 syedihhh

    Tolong di jawab ya pliss 🙂

  • Ainun Annisa

    Kak Gleen, kan saya baru mulai belajar belajar untuk sbmptn dimulai dari W-20 terus jadwal belajar efektif sbmptn yang kak gleen buat cuma ada yang TKPA nya. terus saya baca dari comment katanya perdalam aja dulu TKPA nya baru SAINTEK nya. Nah, kalau saya perdalam TKPA nya, SAINTEK nya gak bakalan keburu kak. Jadi menurut kakak gimana ya biar efektif? apa saya harus menggabungkan TKPA dan SAINTEK dalam satu minggu?

  • Dewi

    Bang...mau tanya nih..kok aku sampe sekarang masih males aja belajarnya.. padahal rencananya mau ikut sbm...minta tips dong, gimana biar gak males lagi ...

  • yudhis

    well , So I am in the right path right now 🙂

  • MutiaraadeIsma Prmta

    kak maksudnya Matdas I, Matdas II dst itu apa? saya gagal paham

  • Al.

    bang glen gw bingung gmn caranya bisa ngejar dlm waktu 16 minggu sbmptn trs gw blm ada persiapan apa2 buat sbm nnti sdgkn gw alumni thn 2016 haa dr kmrn mau bljr bingung bgt mulai nya dr mana sdgkn kl dr sekarang ngikutin cara nya bang glen masih bisa ke kejar ga bang?plis help:( sedih sih knp baru skrg gw nemu artikel ini..dijawab ya bang glen

  • Maghfirah rachma

    cara ngelihat durasi materi gimana ya bang? dilihat satu satu dari sub babnya kah?

  • Atthariq Ibrah

    bang glenn, misalnya metode belajarnya terfokus ke 1 mapel aja sampe dikuasain, kan saya mau masuk stan, jadi saya bagi time planningnya buat fokus ke mtk dlu ( maklum saya mtk rada2 lemah), abis udh mtk baru lanjut ke grammar / reading. baru ke logika. sistem planning kyak gitu apa efektif? thanks btw

  • melesat jauh

    1 - 2 itu mapel yang beda atau yang sama ? semisal ada 2 bab math sama satu bab b.indo nanti jadinya 2 mapel yang berbeda

  • dimas zon

    Bang mau nanya nih! Kan aku kelas 11 semester 2 jurusan ips,nah aku rencanya mau ikut sbmptn saintek,kan otomatis aku harus belajar materi ipa dari nol,sedangkan materi ipa itu lumayan komplek,nah bang jadi ada tips tipsnya gak dan waktunya keburu gak bang?

  • Widya Kartika

    nice article bang glenn, sayang banget aku baru baca nih artikel
    bang gimana taunya estimasi waktu pelajaran lain, kaya bio, fis, kim, yg lainnya?
    makasih bang

  • Gede budi

    Om svastiastu, asalamualaikum, Selamat sore bang glenn... bang glen saya ada problem nih sama cara beajar fisika di zenius.net....
    dan kebetulan saya emang bener2 gak ngeh sama fisika dari sma... di zenius.net ada kategori materi fisika ringkas dan materi lengkap sbmptn...
    mintak sarannya dong kak glen sebaiknya saya belajar fisikanya kayak gimana? terimakasih....

  • muhammad abiyyi

    Halo bang Glen,saya lulusan th 2016 dan lagi persiapan untuk SBMPTN & UM 2017,tapi saya masih bingung milih jurusan,saya IPA tapi saya paling anjlok masalah hitung"an. saya bingung harus tetep di saintek atau soshum. terima kasih,mohon masukannya bang