Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus 2016"

Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus 2016"

"Wah ada cerita apa lagi ya di lomba blog kali ini.." Itulah yang terlintas di pikiran gue ketika hendak melakukan penilaian terhadap puluhan entri tulisan lomba blog Perjuangan Masuk Kampus bareng Zenius tahun ini. Kisah-kisah kalian itu suka bikin gue takjub sendiri. Ini beneran yang nulis anak SMA?! 🙂

Perjuangan dan pengorbanan memang membuahkan kebijaksanaan yang rasanya sayang jika hanya direkam di kepala. Kenangan dan kebijaksanaan hasil dari perjuangan bisa diabadikan dalam bentuk tulisan agar ke depannya bisa terus menjadi pengingat akan diri kita dahulu sekaligus inspirasi bagi teman-teman yang akan menempuh langkah yang sama dengan kita.

Walaupun sebelumnya zenius sudah menjaring banyak testismonial di Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos SBMPTN 2016, tapi mungkin banyak yang rada kagok untuk cerita panjang lebar di kolom survei yang agak kecil. Sekalian aja deh kita jaring ceritanya lewat lomba blog. Melalui cerita panjang lebar di blog kalian, Zenius bisa terus mengevaluasi kinerja kami dalam menyediakan pengalaman belajar yang luar biasa untuk merevolusi pendidikan negeri ini.

Lomba blog "Perjuangan Masuk Kampus Bersama Zenius" diadakan dari 4 Juli hingga 25 Juli 2016. Mohon maaf karena pengumumannya sempat diundur dari yang dijanjikan tanggal 5 Agustus 2016, jadi baru sekarang 7 Agustus 2016. Kali ini, zenius menerima lebih banyak entri tulisan dari lomba-lomba blog sebelumnya yang membuat tim juri membutuhkan waktu lebih lama merundingkan pemenang. Total ada 112 entri tulisan yang kami terima. Setelah diperiksa, ada 90 tulisan yang memenuhi persyaratan lomba dan sudah sangat fokus menceritakan perjuangan mereka masuk kampus impian ditemani Zenius. Akhirnya terpilihlah 5 cerita perjuangan yang petjah abis..

Jangan lewatkan juga 5 tulisan blog lain (walalupun belum menang) yang ga kalah inspiratif untuk lo ikuti di akhir artikel.

Juri pada lomba blog kali ini sama seperti sebelumnya, yaitu gue dan Glenn Ardi sebagai editor blog Zenius. Dalam memilih pemenang, kami mempertimbangkan beberapa kriteria, yaitu kesesuaian cerita dengan tema, muatan tulisan, gaya penulisan, serta tentunya mengikuti syarat dan ketentuan lomba. Penjelasan lebih lengkap tentang kriteria tersebut udah pernah gue jabarkan di tulisan Kompilasi Artikel Blog "How Zenius Changed You".

Baiklah, daripada makin penasaran, langsung aja kita pantengin 5 kisah perjuangan paling pecah dan kenapa mereka pantas dikawinkan dengan 5 buku kece dari zenius. Oiya, cerita para pemenang ini gue tampilkan secara acak ya.

*seperti biasa, gue comot foto-fotonya dari socmed kalian, kalo ada foto lo yang aneh, jangan gue yang disalahin yee ?*

==============================================

 

alanAlan Kinata Putra

Twitter: @alankinata

Anak yang Nilai UN mafikibi 5,5,4,6 dan Hampir DO Univ Swasta, sekarang di FTTM ITB

Satu lagi cerita anak bengal yang transformasinya bikin geleng-geleng kepala. Seperti judul tulisannya, nilai UN Mat, Fis, Kim, Bio cuma rata-rata 5, hampir DO di universitas swasta yang dimasukinya, dimusuhi satu jurusan, ga punya teman, bahkan sampe diancam diusir dari rumah oleh bapaknya sendiri. Kurang bengal apa lagi nih anak. Berada di titik terendah dalam hidupnya, Alan menemukan turning point yang mendorongnya untuk semangat berusaha hingga menjadi salah satu maba FTTM ITB. Mungkin karena masih keinget dengan kebengalannya, ketika tahu dirinya berhasil masuk ITB, Alan malah mempertanyakan apakah dirinya bisa lulus dari ITB. Hahaha. Gue cuma bisa tertawa membacanya. Tapi gue yakin, keberhasilan Alan untuk bertransformasi kali ini bisa mengantarkannya ke keberhasilan-keberhasilan lain yang mungkin tidak terpikirkan olehnya selama ini. Dan gue yakin, cerita Alan bisa menjadi inspirasi parah untuk para pejuang SBMPTN di luar sana.

Zenius mengganjar cerita hacep Alan dengan buku How We Get To Know karya Steven Johnson yang udah seharusnya jadi bacaan wajib anak teknik dan udah ditandatangani oleh tutor favorit, Sabda. Semoga buku ini bisa menemani pergelutan ilmu Alan di dunia kuliah.

 

deryDery Rizki Purwanto

Twitter: @deryrizkip

Mas Penjaga Warung Juga Ingin Kuliah

Beruntunglah kalian para pejuang SBMPTN yang dalam masa persiapannya "hanya" dibebani oleh tanggung jawab belajar. Berbeda dengan Dery yang harus mengisi masa persiapan SBMPTN sambil menjaga warung sebagai tonggak ekonomi keluarga. Pagi-pagi udah harus buka warung. Belajar dengan background kendaraan dan orang lalu lalang. Baru belajar dikit, ada orang pesan kopi. Baru fokus bentar, ada orang beli elpiji. Wah repot juga ya. Butuh usaha dan fokus yang ekstra untuk bisa belajar dengan kondisi tersebut. Perjuangan Dery untuk menyeimbangkan itu semua akirnya berbuah manis ketika ia dinyatakan lulus di Teknik Geodesi - Universitas Diponegoro.

Buku History of Mathematics karya Merzbach & Carl Boyer dirasa pantas dihadiahkan untuk Dery yang akan menempuh studi Teknik Geodesi yang bakal banyak banget ngulik ilmu matematika. Buku ini juga udah ditandatangani oleh tutor favorit Dery, yaitu Sabda.

 

citraRahmah Citra Vebria

Twitter: @citramangir

Struggling with Zenius

Anak SMK bisa! Yep, Citra berhasi membuktikan pada dunia, kalo anak SMK, dari kampung pula, BISA masuk jurusan bergengsi, di PTN favorit pula, yaitu Hubungan Internasional - Universitas Indonesia. Demi masuk kampus impian dan ga mau lagi terjebak di tempat kerja yang tidak disukainya, Citra rela menyisihkan waktu setahun agar bisa fokus belajar SBMPTN. Dari hasil semedi selama setahunnya, Citra punya beberapa insight bermanfaat untuk membantu kalian belajar lebih terarah.

Simak kisah inspiratif Citra di blog pribadinya. Sesuai dengan jurusan ilmu Hubungan Internasional yang bakal digelutinya di dunia kuliah, Zenius mengganjar kisah Citra dengan buku A Little History of The World karya E.H Gombrich yang sarat akan pemaparan sejarah dan polemik dunia. Plus tanda tangan dari Sabda PS, tutor favoritnya.

 

aya jelasArini Ayatika Sadariskar

Twitter: @ayasadariskar

Belajar SBMPTN sambil kuliah kedokteran – a journey of determination?

Sekilas membaca kisahnya, mungkin kalian akan berpikir, "Nih anak gila kali ya!" Gimana ga gila, sudah berkuliah di FK UNPAD, masih saja mau ikut SBMPTN untuk masuk FK UI. Walaupun sudah nyaman berkuliah sebagai mahasiswa FK UNPAD, Aya akhirnya harus membuat keputusan gila tersebut karena alasan keluarga. Perkuliahan Kedokteran terkenal sulit dan padat. Ditambah harus mencuri waktu untuk belajar SBMPTN. Kebayang kan tantangannya gimana. Di tengah perjalanan, Aya akhirnya menyadari pentingnya determination, yaitu pentingnya bagi seseorang buat tau apa yang dia mau dan untuk mengerahkan segala yang dia punya untuk mencapai tujuan itu. Ia menyusun prioritas dan segala pengorbanannya berbuah manis. Ia kembali menyandang gelar sebagai mahasiswa FK, kali ini di kota tempat keluarganya tinggal, di kampus FK (yang katanya) terbaik di Indonesia.

Ketika membaca kisah Aya, gue harap lo tidak berpikir "Ah, dia mah pasti udah pinter dari sononya.." No, no, no. Sekalipun benar memiliki kemampuan di atas rata-rata, hal itu masih belum cukup untuk mengantarkan seseorang ke tujuannya. Diperlukan keberanian untuk mengambil keputusan, keberanian untuk mengorbankan yang perlu dikorbankan, dan keberanian untuk memperjuangkan itu semua.

Atas cerita kerennya, Aya berhak mendapatkan buku The Man Who Changed Everything karya Basil Mahon. Nggak lupa tentunya, bukunya sudah dibubuhi tanda tangan dari tutor favorit, Sabda.

 

nabila jelasNabila Annisa Fitri

Twitter: @zamiharu

Innermost

Selama ini, kita udah sering banget kisah perjuangan masuk kampus dari sisi teknis belajarnya. Tapi perjuangan meraih kampus impian itu terkadang ga melulu soal belajarnya aja. Kadang kita harus dihadapkan pada dilema yang membuat kita berurai air mata dan tidak bisa berhenti berpikir. Dilema yang melibatkan idealisme diri, keinginan untuk membahagiakan orang tua, keadaan finansial, rasa rindu jauh dari keluarga, dan masih banyak lagi.

Lewat tulisan puitis yang memakai sudut pandang orang ketiga ini, Nabila sangat detil menceritakan kemelut pikiran dan segala ketakutan dalam menghadapi dilema yang ada. Suatu hal yang gue rasa juga dihadapi tidak sedikit para pejuang SBMPTN di luar sana. Suatu tahap yang jarang diceritakan tetapi sebenarnya krusial dalam meringankan langkah kita menuju tujuan.

Untuk ceritanya, Zenius menghadiahi buku Pale Blue Dot karya Carl Sagan buat Nabila yang puitis. Plus tanda tangan dari tutor favorit Nabila, yaitu Sabda.

****

Selain 5 pemenang di atas, kalian juga bisa mantengin 5 blog di bawah ini yang cerita perjuangannya juga gak kalah hacep.

  1. Cerita Rizki si anak kampung yang niat ngulang lagi padahal udah kuliah demi mengikuti kata hati untuk masuk FTI ITB.

  2. Mizzart sukses mengubah bahan "sampah" jadi hasil yang enak dengan lolos Sosiologi UI.

  3. Kisah Yolanda yang nilai rapornya melejit pesat dan akhirnya lolos SNMPTN Teknik Industri - UI.

  4. Pernah gagal di 2 tahun SBMPTN dan berasal dari keluarga pas-pasan, tidak menyurutkan semangat Bagus untuk lolos FMIPA ITB.

  5. Cerita Dhiemas yang berhasil memenuhi janji seumur hidupnya dengan lolos SBMPTN, USM STAN, dan UM UNDIP.

 

Gue harap kisah teman-teman kita di atas udah bisa bikin pecah suasana hati dan mengobarkan semangat juang buat kalian yang akan bertempur di SBMPTN, UM PTN dan PTK tahun depan. Terima kasih banyak untuk partisipasi semuanya. Semoga zenius bisa terus menjadi pacar yang paling setia dalam mengiringi kalian meraih impian. Gue akhiri artikel ini dengan mengutip penggalan kalimat dari salah satu pemenang kita:

Untuk pejuang PTN di luar sana, teruslah berlari. Larilah mengejar mimpi kalian. Janganlah takut menghadapi apa yang akan datang. Fokuslah dengan apa yang kalian perjuangkan sekarang. Bagaimanapun hasilnya, kalian terlahir sebagai pemenang. 

~ Nabila Annisa Fitri

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang pengen ngobrol sama Fanny, komen atau bertanya ke kelima pemenang di atas, atau mau share juga tentang catatan perjuangannya dalam menghadapi SBMPTN 2016, tinggalin aja comment di bawah artikel ini ya.

Kalo lo mau tau senjata andalan kakak-kakak angkatan lo untuk lolos di berbagai ujian masuk universitas impian, jawabannya adalah Xpedia 2.0.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • Dery

    Alhamdulillah, lg iseng buka zenius blog ditengah membuat essay.Thanks zen, for everything :''')

    • Fanny Rofalina

      Hai Dery. Selamat jadi mahasiswa ya. Selamat menikmati bukunya juga 🙂

  • Alfinsa EP

    Tanda tangan Sabda semua O.O)

    • Yaudah, sini biar gue yg tanda-tanganin

      • Alfinsa EP

        Lha Nav muncul di sini juga hahaha.

    • Fanny Rofalina

      Hehe.. Iya nih baru sadar o_o

  • Karim Benzema

    Gue tahun depan mau join sbmptn nih gan, gue MA IPS , apa gue bisa pilih prodi teknik informatika ITB , kEmarin gue ngambil prodi teknik informatika di brawijaya , tapi masih gagal

    • Tria

      Wah ni seiman, ambil informatika ub gagal. Tos bro! Gw juga lagi ikhtiar buat tahun depan.

      • Karim Benzema

        wkwkwkk, Sipp bro , kita lalap fisika , mtk , kimia, tpa , selama 1 tahun

    • Fanny Rofalina

      Secara persyaratan, bisa.
      Apa bisa lolos? Bisa, asal usahanya setimpal.
      Lo bisa baca di sini, anak MAN Agama, bisa masuk jurusan bergengsi.
      https://www.zenius.net/blog/12525/cerita-pengalaman-kisah-tembus-lulus-sbmptn-2016

      • Yusuf Mulhan

        Kak, setahumu anaki yg ikut bimbel zenius-x alumni ada yang nganggur 2 tahun? pokoknya jumlah dia nganggur 2 tahun, terus ikut zenius-x alumni

      • Karim Benzema

        Sipp deh gan , gue spirit tahun depan, GO itb

  • Nabila Annisa

    Ini seriusan kak? Bukan tipuan atau permen kan?? :""
    Alhamdulillah, gak nyangka gue bisa jadi salah satu yg terpilih. Dulu ngetiknya sampe harus minjem laptop di kosan abang gue hahaha. Makasih banyak zeeeen. Love it so much ❤️

    • Andre Saputra

      penasaran nih,jadinya lo ke ITP Undip atau fk pts ?

      • Nabila Annisa

        Pengennya sih diceritain lagi nanti di part 2 hehe

        • Andi Sahrul

          Wah kalo gitu ditunggu part 2 nya , excited banget nih gua sebagai alumni tahun ini hehe

        • Andre Saputra

          Ditunggu yaa nab

        • Abdurohman Atsar Q

          ditunggu kak part 2 nya ya kak penasaran gimana cara nentuin keputusannya hehe

    • Hadiahnya Pale Blue Dot karya Carl Sagan yg puitis bgt, cocok deh.
      Q ingin :')

      • Alfinsa EP

        Beli woy beli XD

  • Wardah

    kak, mau nanya dong, tapi sebelumnya maaf agak out of the topic diatas.
    zenius punya kaset untuk belajar math-a-level sama physics-a-level gak?
    sama mohon sarannya dong kak, buat belajar math-a-level sama physics-a-level.
    makasih kakak^^

    • Fanny Rofalina

      Halo Wardah.

      Scara khusus, zenius tidak menawarkan konten A-Level untuk tes masuk univ luar.
      Tapi menurut pengalaman, ada beberapa anak zenius yang berhasil lolos di luar negeri dengan dibantu zenius.

      Biasanya, mereka belajar dari video zenius (khususnya bagian SBMPTN) untuk memperkuat konsep dasar agar bisa mengerti materi-materi yang lebih advanced. Karena walaupun fokusnya buat SBMPTN, sebenarnya materi yang diujikan di SBMPTN kadang ada yang setara dengan A-Level. Dan tutor zenius dalam merekam video, ga jarang menyisipkan soal A-Level. Untuk latihan soalnya, langsung dari buku-buku A-Level.

      • Wardah

        Makasih infonya kakak,Doain aku lulus dan diterima di universitas impian aku ya kak 🙂

      • Wardah

        Makasih infonya kakak,Doain aku lulus dan diterima di universitas impian aku ya kak 🙂
        Oia kak, aku mau minta tolong ke kakak,
        kan aku rencananya mau belajar math-a-level sama physics juga, tapi karena daerah aku agak terpelosok -_- di tempat aku gak ada bimbel buat a-level gitu. aku cuma bisa belajar mandiri untung ada zenius :D, tapi aku mau minta saran kakak, tentang buku math-a-level sama physics yg cocok buat aku, aku tunggu infonya ya kak 🙂
        satu lagi kak, maaf aku banyak maunya :D, aku tuh sekarang uda diterima kuliah tapi di pil. 3 pas sbmptn kemarin, yaitu di USU, tapi aku masih mau tetap berjuang buat universitas impian aku, aku sekalian minta saran dari kakak donggg,
        makasih buat semuanya ya kak 🙂

        • Prasdianto

          http://www.xtremepapers.com/ dari revision, past papers, exam report dll.
          Subject variasi dari Science sampe English literature.
          Di forumnya bahkan bisa dapet kopi dari lecture note A-level.

          Salam
          dari Pengajar A-level

          • Wardah

            really thanks kak Pras
            aduhhhh, aku benar benar gak nyangka, pasti ini bakal bermanfaat banget. makasih sarannya kak 🙂
            doain aku berhasil masuk di universitas impian aku ya kak 🙂

            aku sekalian mau ngucapin terima kasih ke kakak, kakak uda bikin aku ketagihan banget belajar biologi, and really inspire me to become a scientist.

            kalau aku ada kendala dalam belajar A-level boleh nanya nanya kan kak? 😀

            and the last,
            thanks Kak, thanks Zenius
            and i mean it from the bottom of my heart^^

          • Karim Benzema

            wardah emangnya lo mau kuliah di mana
            ?

          • Wardah

            Mau kuliah diluar negeri rencananya kak. Kampus nya masih rahasia. Malu ngasi taunya, ntar dikirain ketinggian. Wkwkwkwk, doain ya kak.

          • zeniuser

            wardah, kamu tinggal dimana? boleh nanya2 gak sih. aku juga mau apply tapi entry requirements ku 0. lol. bener2 gak ada yg siap. hahahaha

          • Wardah

            Hai, aku tinggal di medan. Lebih tepatnya nge kos sih. Aku kemarin sbmptn diterima di fmipa Usu. Aku gak dibolehin gap year ama ortu, jadi sekarang aku kuliah diusu. Tapi, aku masih punya ambisi buat nyoba PT LN. Kamu tinggal dimana? Yuk, kita sharing sharing, bareng2 berjuang. Hehehe

          • zeniuser

            Aku lagi gap year. di rumah, Gimana komunikasinya? ada telegram?

  • Andre Saputra

    Kok ada testimoni kak aya? dia kan lolos sbm tahun lalu

    • Fanny Rofalina

      Iya kita emang masih nerima cerita perjuangan dari tahun2 sebelumnya. Ada juga yg masih cerita tentang lolos SNMPTN.

  • a_n

    Thanks, Zenius! :'D
    Ini bisa jadi motivasi..

    • Fanny Rofalina

      Thank you. Semangat ya 🙂

  • Elfan Islam

    Berjuang lagi bareng zenius buat setahun kdpan, sambil kuliah di pts ... Temenin gw ya zen .. #SBMITB17'

    • Fanny Rofalina

      Pastinya. Susun prioritas dan kerahkan segala usaha pada apa yang penting ya, bro 🙂

      • Elfan Islam

        OK dah, thanks kak fanny 😀

        2016-08-08 17:24 GMT+07:00 Disqus :

    • Eksa Oktavian

      Berjuang bareng zenius buat setahun kdpan, sambil sekolah di sma ... Temenin gw ya zen .. #SBMITB17' Semangat bro, moga moga kita ketemu disana!!

  • Ilham Akbar Riyanda

    Yah, gak menang wkwkwk. Lomba blog selanjutnya kapan nih ?

    • Fanny Rofalina

      Tunggu akhir tahun ya 😉

    • Alfinsa EP

      Gua juga kaga bro wkwkwk

  • ade kristiawan

    zen patokan apa aja sih yang bisa dipake buat ngebandingin antara satu univ dgn univ lain, soalnya gue (alhamdulilah thx bgt zenn) lolos di 2 ptn tapi gue belom nentuin mau ambil yang mana padahal harus daftar ulang minggu ini juga.

    • Fanny Rofalina

      Sebenarnya patokan paling tepat itu harus datang dari diri sendiri ya. Jadi, di awal, lo harus tentuin dulu, yang lo cari dari sebuah kampus itu apa, yang penting buat lo ada di tempat kuliah itu apa.

      Baru deh kalo lo udah tetapin apa mau lo, baru bandingin, univ mana yang lebih mengakomodasi kebutuhan lo.

      Karena ingat, prioritas orang beda2. Kalo gue kasih parameter, belum tentu juga nyantol ke diri lo. Lo nanya orang lain, mungkin parameternya juga beda.
      Ada yang cari lokasi kampus sejauh mungkin, biar bisa lebih mandiri. Ada yang cari lebih deket, biar gampang ketemu keluarga.
      Ada yang cari biaya hidupnya rendah.
      Ada yang cari lokasi univ yang kotanya banyak fasilitas buat pelajar.
      Ada yang cari kampus yang orientasi riset. Ada yang cari kampus yang memungkinkan dia mengeksplor ilmunya sedalam mungkin.

      Nah, coba lo renungin dulu dari dalam diri lo ya. 🙂

      • ade kristiawan

        oke makasi mba fan bakal gue renungin semuanya, doain semoga gue lancar kuliahnya. makasi banget udah ngedampingin gue sampe lulus dan dapet ptn

        • Fanny Rofalina

          Sama-sama Ade. Good luck ya kuliahnya.

  • Mohammad Rifqi

    wihh, mantep2 tuh perjuangannya.
    kak Fanny, maaf nih OOT, mau tanya gimana ya caranya ngecambuk diri kita biar lebih semangat belajarnya? Padahal taun ini gagal semua, tapi kayanya ngga ada motivasi gitu

    • Eksa Oktavian

      izin jawab, pertama tama tentukan target hidup lo bro

    • Alfinsa EP

      Bisa dengerin lagi Zenius Learning.

  • Andi Sahrul

    Ko gua penasaran ya sama 85 cerita perjuangan sisanya , pasti gak kalah menariknya sama 5 cerita di atas 😀

  • Rigel Raimarda

    wah sebenernya gue juga punya cerita menarik nih, tapi sayang baru tau ada lomba nya sekarang2, btw gua berjuang sbmptn ampe gigi gua patah (panjang ceritanya wakaka) tapi berbuah manis, alhamdulillah dapet IPB, thanks zen ^^

    • Andi Sahrul

      Jadiin blog lah bro hehe

    • Fanny Rofalina

      Nantikan lomba blog berikutnya ya 🙂

  • YolNuts

    yaaa..walaupun ga dapet buku tapi seneng banget jadi honorable mention wkwkwk thanks zen!

    • Fanny Rofalina

      Sama-sama Yola 🙂

  • Muhamad Fahriza Novriansyah

    Nama gue Muhamad Fahriza Novriansyah gua yakin bakal masuk Ilmu Komputer Universitas Indonesia!!! Dengan belajar dengan sekuat tenaga!!

  • Saras Granita

    kak, minta saran dong buat alumni. gimana sih caranya membuat rancangan belajar yang benar supaya lebih mantap lagi dan bisa konsisten?
    pengalaman banget pas era sbmptn 2016 kmarin rancangan belajar ku agak berantakan, akhirnya belajarnya suka nunda2 ama gk konsisten:(

    makasih kak sblumnyaaa

    • Rigel Raimarda

      tiap orang beda2 sih, temuin gaya belajar lo sendiri, kalo gua nih ya sering2 latian soal dan review materi yang menurut gw kurang,nih ya yang penting tuh disiplin ama janji ama diri sendiri terus tujuan lo mesti jelas dan konsisten ama apa yang mau lo capai sampai akhir, kalo ada di titik jenuh gua biasanya refreshing maen dota wkwk, dan cari inspirasi (salah satunya baca2 cerita orang yang lulus ama yang gagal sbmptn) serius loo itu memotivasi banget wkwk. semangat yaa

      • Saras Granita

        wah gituu yaaa okokeee makasih rigel buat tipsnya:)

    • Alfinsa EP

      Zenius Learning sar.

      • Saras Granita

        oke fin sipsip

    • Abdurohman Atsar Q

      ternyata ada yg senasib, udah bikin rancangan tapi berantakan dan gak konsisten, gagal deh. mangats see u SBM17

      • Saras Granita

        wahh ada yg senasib ama gue ya ternyataa.
        mangat-mangat!!

      • Karim Benzema

        keep spirit gan

  • fadhila zara

    merinding liatnya ya allah, semoga bisa jadi motivasi buat terus belajar :')))

  • Rizki Basuki

    makasih zenius sudah bantu buat ngeinspirasi banyak orang 🙂
    dan ngga lupa bantuan selama ini, dari konten blognya yang super keren dan video zenius itu sendiri.
    sekali lagi, terima kasih. sukses memajukan pendidikan indonesia!

  • Proud of My Name

    kaaaak, ini buku kapan dikirim? huaaaa, nomor gua ganti kak, gimanaya enaknya :/

    • Nabila Annisa

      Maaf gue yang jawab ya rahmah. Rabu kemarin kak fanny bilang buku bukunya mau di shipping hari itu juga. Kalo gue karena masuknya daerah bekasi jadi sampainya sekitar weekend. Mungkin daerah lo sekitaran hari itu juga 🙂

      • Proud of My Name

        iya bil, udah sampe bukunya hehe

        • Nabila Annisa

          Gue malah belom hahaha

  • Heikichi

    Selamat berjuang kakak! Tunggu aku, semoga aku juga lolos masuk PTN!

  • ghina

    kak, mau nanya, maaf out of the topic
    kalo urutan belajar sbmptn itu enaknya dari materi2 yg sering keluar di soal, atau sesuai urutan yg ada di web zenius ini?

    • Fanny Rofalina

      Mumpung masih banyak waktu, ada baiknya lo mulai urut belajar dari awal, ikutin urutan dari zenius 🙂

  • Jon Barnaby

    permisi kak,

    aku kan udah kelas 12 nih, setelah nemu blog zenius di kelas 11 kemarin itu kek dapat pencerahan gitu.. jadinya skarang aku mau beli Zenius Xpedia 2.0 itu loh kak.

    nah mau tanya nih, disitu kan ada pilihan beberapa kelas, itu maksudnya aku harus milih yg kelas 12 karna aku lagi di kelas 12 ya kak?
    atau maksud dari paket yg kelas 12 itu cuma berisi pembelajaran dan soal2 dari kelas 12 aja tanpa ada kelas 10/11?

    sorry kak kalo bahasa kebelit, moga ngerti haha
    mohon dijawab ya kak. Emergency nih..
    thank you!

    • Andre Saputra

      Gue dulu beli xpedia 2.0 pas kelas 12,dan emang ada bab2 khusus kelas 12 tapi tetep ada bahan materi buat persiapan SBMPTN. btw bahan buat SBMPTN itu ada bab2 kelas 10&11 nya kok

      • Jon Barnaby

        thanks gan!
        kalo boleh tau gimana rasanya pakek zenius? skarang di ptn mana bang?

        • Andre Saputra

          kalo lo minat beli zenius,bisa ke reseller gw.via line ilhamst1

          btw gua gapyear,jd blm dapet kampus 🙁

  • Karim Benzema

    gue mau persiapan sbmptn tahun depan berikut planning gue :
    2 bulan matematika
    3 bulan fisika
    3 bulan lagi kimia
    2 bulan biologi
    dan sisanya tpa
    sebenarnya gue udah punya basic pada pelajaran ini , gue cuma ngulang aja
    gimana menurut lo semua apakah ini the efective way to master all of the subjects , jika lo pikiri kurang fektif atau gak efektif comment aja , please give your suggestion

    • Fanny Rofalina

      Hai Karim,

      Menurut gue, baiknya lo belajar TPA dulu deh. Soalnya di TPA, itu basic untuk menata logic dan penalaran lo. Biasanya, kalo TPA udah oke, itu ngebantu banget mikir di pelajaran lainnya. Rencana belajar lo udah oke, tinggal dikeatasin aja TPA nya.

      • Karim Benzema

        Sipp kak fanny masukannya , ane coba

      • Renma Armara

        taun lalu aku pake cara kayak karim buat sbm, jadi difokusin gitu
        masing2 subject dikasih durasi berapa bulan. tapi aku ngerasanya itu
        menyulitkan buat try out, krn kan biasanya try out umum udah banyak yang
        ngadain dr bulan oktober. nah gmana Kak Fanny? apa gak masalah pake
        cara itu?
        *renma belum lolos sbm 2k16
        *masih gapyear

  • Agustina Dzakiyyah R

    tahun ini emang tahun kegagalan gue, dari ptn sampe diphp-in sama ptk wkwk. tapi gak bakal nyerah. tahun depan bakal nyoba lagi semuanya dengan confidence yg tinggi krn persiapan berbulan2. nah zen, gue kan thn ini ngambil pts dulu krn emg gak dibolehin buat ambil gap year, tp satu hal yg gue bingung, kalo misalnya jadwal2 tes itu bentrok sama jadwal2 kuliah gue, gue mesti gmn ya zen? :" mau ngejar tes2 besides gue gak mau ip gue:" apa gue mesti ambil cuti atau gmn? give me some suggestions dong zen or everyone, gue beneran bimbang takutnya gue nanti dihadapin sama yg kayak begini

    • Agustina Dzakiyyah R

      **ip gue bentrok

  • Iskandar Dahlan

    mau tanya nh, OOT dkit gk ppa ya? kak Alan UN nya nilainya remedial gtu. saya senasib dengan kak Alan. Yang mau saya tanyakan apakah gk ppa nilai UN GK DIPERBAIKI? apakah berdampak nanti kalo nyari pekerjaan atau ketika ingin menjadi PNS. mohon penjelasannya kak.

  • Veronika Vita K.

    tahun 2016 kmrn aku gagal sbmptn, utul ugm, um undip.sebenrnya aku udh ada cadangan pts sih jurusannya farmasi, tp aku ndak suka jurusannya. Kmrn dftar itu cuma buat jaga2 karena di ptn aku pilih kedokteran semua. Akhirnya, akhir agustus 2016 ini aku putusin keluar dari farmasi pts itu buat fokus sbm. Aku merasa farmasi itu berat, takutnya ndak sempat belajar buat sbm. Aku juga pengguna pemula zenius. Aku pakenya xpedia. Nah, mnrt kakak pilihanku ini tepat atau ndak? Sarannya apa? terimakasih

  • Iskandar Dahlan

    mau nanya nih kak. penting bnget gk sih remedial UN? kyak kak Alan UNnya remedial, apakah ijazah SMA berguna bnget buat kedepannya? misalnya cari kerja, daftar sbmptn,dll. tlong penjelasannya kak

    • Yaniar Naufal

      kalo kata guru BK ku nyaranin ga usa ngulang, lagian ijazah SMA gak ada gunanya buat kedepan, atapi misal lo pengen kerja abis lulus SMA ya ijazah itu berguna

  • Havie L Choir

    Zen, aku mau tanya nih. setiap video zenius itu makan kuota gede ga? kira2 per video sekitar berapa MB? please jawab.

  • Yaniar Naufal

    zenn, mau nanya,,, kan tahun ini aku masuk salah satu PTN swasta di semarang, dan sebenernya ini bukan pilihanku, aku masuk karna terpaksa dan ga lolos ddi PTN manapun, nah niatku tahun depan mau coba SBMPTN di Univ Brawijaya Malang, terus pengen coba beli paket xpedia 2.0, yang aku harus beli paket yang mana yahh??? bingung nih,,, thxx

  • Eko Teguh

    itu tutor fav gk ada yg lain selain sabda kah? wkwkw

  • uki fany

    Hi kk Fany
    Aku Lulusan 2015
    Aku dari Snmptn dan Sbmptn 2015 kepingin Lulus di jurusan Multimedia "Institut Teknologi Sepuluh November"
    Dan Akhirnya GAGAL
    2015 aku menutuskan untuk gk kuliah dan fokus belajar SBMPTN 2016 di temani Zenius Xpedia 2.0 dan Akhirnya GAGAL juga untuk meraih MULTIMEDIA -ITS Surabaya

    Karna aku terlalu berharap kuliah di ITS Aku gk tau apa yg harus kulakuin lagi aku sampai kelewatan Tes Kuliah Jalur Mandiri di berbagai Univ dan Akhirnnya Aku Gk Kuliah Lagi

    Sekarang Aku mengubur impian ku buat ke ITS Surabaya .
    sekarang aku Berkeinginan Lulus SMPTN 2017 di jurusan HI
    Apa Cara ku salah lagi ?

  • Annisa Retni

    kak kok blog yg no 4 not found yaa . yg gagal 2 thn sbmptn