Yuk ceritain perjuangan lo masuk kampus di kompetisi blog zenius!

Berikut adalah informasi dan aturan lengkap untuk lomba blog Zenius dengan tema Perjuangan Masuk Kampus Bareng Zenius.

Halo guys, gimana kabarnya nih hasil pengumuman SBMPTN 2016 tanggal 28 Juli yang lalu? Buat lo yang akhirnya keterima masuk universitas baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur Ujian Mandiri, gua ucapkan SELAMAT! Gua harap akhirnya lo mendapatkan hasilnya yang pantas sesuai dengan usaha belajar lo selama ini. Oh iya, gua juga mau ngucapin makasih banget atas testimonial lo yang keren-keren tentang kesan belajar bareng zenius baik melalui twitter maupun social media lain. Buat lo yang ketinggalan & mau ikutan ngisi testimonial singkat, bisa langsung gabung dengan ngisi survey di sini >> Input Testimonial Pengguna Zenius Pasca Pengumuman SBMPTN 2016

Biasanya nih, kalo abis pengumuman SBMPTN gini nih, suka banyak nongol artikel blog pribadi dari para murid-murid online zenius yang nulis tentang kisah seru perjuangan belajar mereka untuk lolos SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, & Ujian Mandiri lainnya. Nah, berhubung form testimonial kemarin mungkin rada kagok kalo mau cerita panjang lebar, gua jadi terpicu untuk melanjutkan tradisi zenius untuk mengadakan kompetisi blog dengan tema "PERJUANGAN MASUK KAMPUS BARENG ZENIUS" lagi untuk tahun 2016 ini! Itung-itung juga bisa menyemangati lo semua yang beneran serius serius cerita di blog pribadi lo masing-masing!

Gua yakin banget lo yang sekarang lagi hepi-hepinya karena keterima di kampus impian lagi gemes-gemesnya mau ngungkapin rasa kegembiraan lo. Nah, daripada lo bingung, gua saranin mending lo menyalurkan rasa kegembiraan lo dengan menuangkan kisah perjuangan belajar lo dalam bentuk tulisan di blog pribadi lo masing-masing! Kalo lo beneran serius nulisin cerita perjuangan lo, gua yakin cerita yang akan lo tulis ini, kelak akan jadi catatan bersejarah tersendiri dalam hidup lo. Terlepas dari itu, dengan adanya kompetisi blog ini juga, zenius team mau ngasih apresiasi khusus bagi para pejuang terbaik dengan hadiah buku-buku keren + tanda tangan langsung dari tutor favorit lo!

menulis blog

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Mungkin sebagian dari lo ada yang inget kalo zenius juga sempet bikin kompetisi blog pada bulan Desember 2015 lalu dengan tema "Jouney with Zenius". Pada intinya sih, konsep lomba kali ini mirip banget dengan sebelumnya, cuma tema-nya sekarang khusus untuk kisah perjuangan masuk kampus. Jadi konsepnya, lo tinggal nulis aja tentang kisah perjuangan lo belajar masuk kampus dari misalnya dapet SNMPTN, lolos SBMPTN atau Ujian Mandiri di blog pribadi lo masing-masing, tapi dalam cerita lo itu, pastikan juga lo ceritain tentang bagaimana zenius berperan dalam kisah perjuangan lo dan membantu lo buat lolos.

Syarat ikut lombanya gimana? Zenius cuma ngasih 1 syarat aja untuk kompetisi ini : Lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis nanti. Hyperlink itu boleh mengarah pada halaman salah satu video list di zenius.net misalnya: halaman latihan soal TPA, atau misalnya ke salah satu artikel di blog zenius yang lo pikir udah banyak menginspirasi lo untuk bisa kuliah. Okay, gampang banget kan syaratnya?

Okay, mungkin sebagian dari lo masih ada yang bingung apa maksudnya "mencantumkan hyperlink ke domain zenius" atau gak tau gimana cara melakukannya. Gapapa, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasan gue: kalo lo perhatiin, pada hampir semua tulisan di blog zenius selalu ada kalimat yang berwarna biru, terus kalo di-klik kamu akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut - Nah, itulah yang namanya hyperlink! Oke, sekarang lo ngerti kan apa itu hyperlink? Terus gimana cara bikin / ngegunain hyperlink? Nih gua kasih tau caranya dengan 4 tahap:

hyperlink

Okay, sekarang gua harap lo udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang, simpel banget kan? Gak perlu bikin pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi ini-itu. Kompetisi ini bener-bener gratis! Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog zenius kali ini?

Temanya tentang : Perjuangan gue masuk kampus bareng zenius! Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bikin judul kayak gimanapun juga, karena emang tentu perjuangan masuk kampus tiap orang beda-beda. Misalnya judul artikel lo nanti itu : "Zenius bikin mimpi gua masuk ITB jadi kenyataan!"

Selain itu, zenius juga ga membatasi jalur masuk lo ke universitas. Jadi ga hanya sebatas yang keterima SBMPTN aja, yang lewat SIMAK, UTUL, USM, SNMPTN, atau apapun terserah, yang penting isi ceritanya emang terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, yaitu "perjuangan masuk kampus bareng zenius".

2. Gue gak biasa nulis di blog nih, indikator tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Bagi lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo, atau ada yang penasaran biasanya penilaian pemenang dari zenius itu berdasarkan hal apa saja, lo bisa coba baca 2 referensi tulisan ini.

3. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Okay, untuk pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya tinggal ngisi data diri sekaligus kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

4. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog zenius kali ini adalah SENIN, 25 Juli 2016 pkl 24:00 tengah malam. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel, jadi boleh kirim tulisan sebanyak-banyaknya, tapi satu orang peserta hanya maksimal bisa menang satu kali doang.

5. Apa hadiah lombanya?

Hadiah kompetisi blog kali ini adalah 5 buku legendaris super keren yang berisi pesan tertulis dan tanda tangan langsung dari tutor favorit pilihan lo sendiri! Lima buku legendaris ini udah gua persiapkan khusus buat 5 orang pemenang lomba blog zenius. Apa aja sih bukunya?

  • Pale Blue Dot by Carl Sagan
  • History of Mathematics by Merzbach & Carl Boyer
  • How We Got to Now by Steven Johnson
  • a Little History of the World by E.H Gombrich
  • The Man Who Changed Everything by Basil Mahon

Review Buku hadiah untuk 5 Pemenang Lomba Blog

Emang sekeren apa sih 5 buku hadiah kompetisi blog ini? Pastinya, zenius tim ga akan milih buku sembarangan sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan belajar lo. Okay supaya lo makin semangat untuk ikut lomba blog kali ini, gua akan kasih sedikit review tentang buku-buku ini. Langsung aja deh gua kupas 5 buku keren yang bisa lo dapetin + berisi pesan dan tanda tangan tutor zenius favorit pilihan lo.

hadiah lomba

1. Pale Blue Dot by Carl Sagan

pale blue dot

Buku ini adalah sebuah mahakarya dari seorang ahli astrofisika legendaris yang paling berpengaruh dalam mempopulerkan science pada masyarakat umum di era modern. ika bukan karena Carl Sagan, mungkin NASA tidak pernah meluncurkan Voyager spacecraft sebagai satu-satunya objek buatan manusia yang saat ini telah berhasil meninggalkan Tata Surya kita. Sekarang, dari buku inilah... lo akan diajak untuk bertualang memahami setiap aspek dalam Tata Surya kita dengan sangat detail dan membawa kita untuk melihat masa depan yang penuh tantangan bagi peradaban manusia.

Walaupun terbit tahun 1994, isi dari buku ini telah jauh melampui jamannya, dan masih sangat relevan untuk dibaca tahun 2016 ini. Buat lo yang demen sama Fisika, Astronomy, atau demen baca buku sains-pop... buku ini bisa jadi koleksi berharga yang bisa dibilang sangat langka dan jarang banget dijual di toko buku seluruh Indonesia.

So, pastiin lo nulis cerita kisah perjuangan lo masuk kampus bareng zenius dengan serius supaya lo bisa dapetin buku berharga yang sekaligus jadi mahakarya terakhir Carl Sagan yang ia tulis ketika sedang bertarung dengan kanker ganas.

PS. Buat lo yang belum kebayang sama isi bukunya kayak apa, gua sarankan lo sempatkan waktu 4 menit aja buat nonton sebuah kutipan kata-kata dari buku ini yang dinarasikan langsung oleh Carl Sagan berikut ini:

2. History of Mathematics by Merzbach & Carl Boyer

history of mathematicsBuku wajib buat lo yang ngakunya cinta sama Matematika! Sebuah narasi sejarah terlengkap tentang perjalanan manusia memahami Matematika dari hanya sebatas fungsi kuantifikasi, hingga memahami konsep ruang, pengukuran, satuan, integral, sampai kalkulus!

Dari buku inilah, lo akan melihat matematika sebagai sebuah ilmu memahami konsep disiplin ilmu abstrak dengan "keindahan" yang ga bisa lo dapetin dari ilmu lainnya. Ketika berbagai macam peradaban mencoba memahami matematika dengan perspektifnya (basis) sendiri-sendiri, dari pendekatan non-basis (Romawi-Yunani-Mesir), basis 60 (Babilonia), basis 10 (India-Tiongkok). Sampai tentang sejarah penemuan konsep Geometri oleh Euclid dan penggunaan konsep nol oleh peradaban India. Pokoknya semua komplit tentang seluk-beluk sejarah pemahaman manusia tentang Matematika hingga sekarang ini deh!

Nah, buku super keren ini boleh jadi inceran utama lo bagi yang suka banget sama matematika. Sebagai bocoran dikit, kalo lo mau beli sendiri bukunya, jangan kaget kalo lihat harganya di toko buku bisa sampai di atas Rp 500.000 yak! Ini buku muahal banget dan emang dicari-cari sama pecinta garis keras ilmu Matematika.

3. How We Got to Now by Steven Johnson

how we got to now

Peradaban modern seperti sekarang ini: internet, ketersediaan listrik, air bersih, transportasi, alur transaksi data digital, dan segala macam bentuk teknologi di sekeliling kita memiliki sejarahnya tersendiri. Yak, buku ini akan membawa lo untuk mengupas sejarah kemajuan peradaban manusia, dari zaman manusia belum punya teknologi apa-apa sama sekali, sampai di era modern seperti sekarang ini.

Dalam buku ini, Steven Johnson membahas 6 segi inovasi yang membentuk kehidupan modern seperti sekarang ini, yaitu: glass, cold, sound, clean, time, light. Hah kok kesannya aneh & ga nyambung? Itu dia jeniusnya Steven Johnson, dia bisa melihat suatu sisi yang kesannya ga nyambung, padahal ternyata berhubungan sangat erat dengan kemajuan teknologi modern.

Buku wajib buat lo anak teknik, khususnya mereka yang suka banget sama dunia teknologi inovasi. Kalo lo mau dapetin buku ini, pastiin lo nulis sekeren mungkin dan jadi salah satu dari 5 pemenang terbaik.

4. a Little History of the World by E.H Gombrichhistory of the world

Pernah gak sih lo kepikiran pengen bisa sekadar tau garis besar sejarah dunia dari awal sampai sekarang, tapi bingung harus mulai dari mana, atau malah udah keburu jiper duluan karena ngebayangin buku-buku tebel yang bikin udah males duluan buat dibaca.

Eit, dengan buku karya Gombrich ini, gua yakin banget lo ga akan bosen bacanya! Sumpah rasanya kayak didongengin sama seorang 'kakek' yang punya segudang ilmu & pengalaman! Emang sebetulnya, buku ini ditulis dengan sudut pandang, seolah-olah pembacanya adalah seorang remaja SMP-SMA sih, tapi gua jamin buat lo anak kuliah (bahkan buat gua yang udah bangkotan) aja masih asik banget ngebaca tulisannya.

Pada buku ini, Opa Gombrich yang seorang ahli sejarah & budaya, seolah-olah bisa membawa kita menyusuri sejarah dari jaman hunter & gatherer, peradaban Syria, Babilonia, & Mesir kuno. Kemudian masuk ke masa kejayaan Yunani, Tiongkok, India, Romawi, Ottoman, era eksplorasi maritim dari Eropa ke Asia & Amerika, revolusi industri, perang dunia, sampai era modern sekarang ini. Semua cerita ini dirangkum dengan relatif singkat dan seru banget. Cocok buat lo yang penasaran sama Sejarah dunia, dan butuh satu buku pengantar yang ngasih gambaran garis besarnya sejarah manusia dari awal peradaban sampai sekarang. Buat gua pribadi, ga ada buku pengantar sejarah lain yang ditulis se-asik ini. Udah mah asik banget buat dibaca, habis selesai baca bukunya, gua jamin pengetahuan dan pemahaman lo tentang sejarah dunia naik drastis!

5.The Man Who Changed Everything by Basil Mahon

maxwell biographyWih judul bukunya sangaarr bok! Apaan nih, satu orang yang mengubah segalanya? Kesannya lebay amat ya? Nope! Menurut gua, judul buku ini sama sekali ga lebay. Kenapa? Karena buku ini adalah biografi dari James Clerk Maxwell, seorang ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh di abad 19.

Menurut gua, semua orang di dunia yang hidup di era modern ini, punya hutang budi besar sama satu sosok ini; karena terobosannya memahami medan elektromagnet serta memetakan kecepatan sinyal transmisi dengan bahasa matematika. Kalau saja Maxwell ga merangkum pemahaman kita tentang konsep elektromagnet, bisa jadi Einstein ga akan pernah nemuin teori relativitas, bisa jadi semua terobosan teknologi digital & elektronik yang ada sekarang ini ga akan pernah bisa tercapai. Dari smartphone, komputer, radar, antena, internet... semua bisa kita buat karena kita berhutang budi pada sosok ini. Yak, James Maxwell emang telah mengubah segala-galanya!

Gilanya lagi, Maxwell ga cuma berkutat di bidang fisika doang, tapi dia juga punya ketertarikan dalam dunia psikologi, astronomi, bahkan politik. Gokil abis kan nih orang? Nah, buat lo yang penasaran dengan kisah hidup seorang ilmuwan terbesar di abad 19 yang karya hidupnya telah menjadi tonggak yang sangat kuat bagi peradaban dan kemajuan teknologi manusia, buku ini cocok banget buat lo!

****

Okay, demikianlah review singkat 5 buku untuk hadiah pemenang lomba blog kali ini, moga-moga bisa jadi penambah semangat lo buat nulis kisah perjuangan lo buat masuk kampus, sekaligus dapetin salah satu diantara 5 buku tersebut! Terakhir, gua mau ucapin sekali lagi, selamat buat lo yang udah keterima masuk universitas, jangan lupa semua prinsip belajar dan pengetahuan yang lo dapetin di zenius. Moga-moga akan tetap terus berguna di masa depan nanti, bahkan sampai kapanpun selama lo masih punya ambisi dalam belajar! Salam dari Zenius Education, take care guys! 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Okay, buat lo yang mungkin masih belum ngerti atau mau nanya-nanya tentang persyaratan lomba, langsung aja tinggalin komen di bawah artikel ini, nanti akan coba dijawab langsung sama Glenn. Buat lo yang udah bikin artikelnya dan mau langsung submit, bisa langsung ke link di bawah ini :

KUMPULIN HASIL TULISAN LO DI SINI

Lomba Blog 2016 - small

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Rizka Khalisa

    Kak, mau nanya nih, kalo belajar zenius dibarengin kuliah, buat ngejar kuliah kedinasan tahun depan, menurut kakak gimana?

    • Halo Rizka, menurut gua sih, kalo memang kamu masih setengah hati utk kuliah, jangan asal masuk kuliah karena tanggung jawabnya gede utk jalani kuliah. Akan ada byk tugas, laporan, praktikum, ujian semester, tugas kelompok, kepanitiaan kampus, dll. Kalo km memang rencananya mau ngejar kuliah di tempat lain, jgn terlalu menyibukan diri utk kuliah dgn setengah hati, nanti malah kamu jadi ga maksimal persiapannya utk masuk ke kedinasan.

    • Achnis Jum

      Hai Rizka.. Saya juga sebelum masuk ke PT saya selalu belajar dizenius, bahkan saat ini saya kuliah dijurusan farmasi dan saya masih membeli vouchernya. Mengapa ?? Karena pelajaran yg ada dizenius itu bisa dibilang basich di perkuliahan, jika kamu memang niat belajar dizenius untuk ingin mengetahui suatu teori dan penerapannya saya rasa belajar dizenius sambil kuliah itu tdk ada ruginya!.. Kemudian, jika ingin kuliah ditempat lain menurutku pendapat kak Glenn Ardi bener banget tuh.. 🙂

      • Rizka Khalisa

        Wah berarti saya salah ya kak kalo pengen kuliah dulu?

        • Achnis Jum

          Dik, Kuliah dulu atau tidak dan salah atau tidaknya itu tergantung niat kamu. Saya belajar sistemnya terminologi jadi apapun yang saya pelajari saya yakin pasti dapat bermanfaat dan dapat dihubungkan dengan ilmu lainnya jadi walaupun kita kuliah dulu dan tahun depannya mau ikut kedinasan yakin aja bahwa ilmu yg didapat dibangku kuliahmu saat ini akan bermanfaat, dan kamu juga akan kenal duluan gimana dunia mahasiswa 🙂 ... Tapi, adik juga perlu pasang target jika seandainya lulus atau tidak di sekolah kedinasan itu harus gimana, apakah tetap lanjut dikuliahmu sekarang atau tidak.. adik akan lebih paham jawabannya jika adik berkomunikasi dengan keluarga, temen senior, dan guru2 adik dulu.. setelah itu Berdoalah dan minta petunjuk. pasti dapat dik. Mksh

  • Alfinsa EP

    Glenn, temanya kan perjuangan masuk kampus. Gue gak lolos tahun ini gimana dong?

    • Gpp fin, submit aja cerita lo. Titik berat dari penilaian lomba ini dari 'perjuangan'-nya kok, bukan dari hasilnya.

      • Alfinsa EP

        Oke, nyoba dulu. Btw kriteria pemenangnya dari apa ya? Apakah dari isi tulisan, tata blog, penggunaan diksi, atau secara keseluruhan nih Glenn?

  • Intan Laks

    Kak. Saya ada satu tutor fav tapi nggak tau namanya : " D

    Terus, kalau saya ceritanya pake dua artikel bisa? Misalnya satu link untuk SNMPTN, satu link untuk SBMPTN.

    • Boleh aja kok kalo kamu mau bikin 2 artikel, tapi maksimal hanya menang 1x yah. Kalo kamu ga tau namanya, coba kamu kasih link ke salah satu videonya, nanti gue kasih tau nama dibalik suara itu nama tutornya siapa.

    • Ghulam Abrar

      Namanya pasti b.sabda, tentor MTK, English, Ekonomi, TPA, Fisika
      pingin ketemu jadinya 🙂

  • Anindya Widi P

    Kak, kalo perjuangan masuk univnya terjadi taun lalu masi boleh ikutan ini ga ya? hehehe terima kasih sebelumnya

  • Eko Teguh

    buku itu semua gampang dicari gk kak glenn?,ane soalnya blm ngerasain sbm dll jdi ane mau beli aja dech

    • terus terang aja , semua buku di atas bs dibilang sulit didapetin di Indonesia. Paling kalaupun ada di toko buku import seperti Kinokuniya atau Periplus, Kalo mau pasti dapet, pesan online ke luar negeri, bisa pesen di Amazon atau Bookdepository

  • Bayu Garin

    bang glen,apa khusus untuk anak sbmptn aja? kalau anak utmi,simak,utul boleh ikutan juga apa?

  • M Syahman Samhan

    Bukunya in english?

  • dhiemas TE

    bang nggak ada ketentuan panjangnya seberapa kan? hehe cerita gw lumayan panjang soalnya :3

  • Fahmi

    bang minta pendapat dong, ane dapet vokasi UI jurusan manajemen informasi dan dokumen
    tapi kondisi ane tuh sekarang udh kuliah di PTS (jalan semester2, tahun ini semester3)jur. sistem informasi

    menurut lo mending lanjut pts atau ambil vokasi bang? coz klo ambil vokasi takut rugi umur aja sih

    • Linda

      Jangan batasi impianmu karena usia.

  • Silviana

    kak mau nanya, ini cuman buat yg sbmptn aja? kalo snmptn boleh ikutan>?

    • boleh, lewat jalur masuk manapun jgua boleh

  • Makin hacep aja bukunya

  • Arsha Rahmadhani

    kak aku mau tanya dong buat artikelnya lebih enak pake bahasa formal atau sehari-hari ya kaak?

  • Rizqy AP

    Kak lomba ini ada jilid 2 nya nggak sih? tapi bukan yang SBMPTN 2017.... aku mau ikut tapi ketinggalan:(

  • Alan

    Min ane telat 4 menit submit. Jaringan lemot parah di karawang. diterima ga min kira-kira?

  • Isnatur Rahmawati

    Kalau misalkan ceritanya kita pecah jadi beberapa bagian (chapter) gitu, tapi masih satu kesatuan gimana?

  • azrul kiromil

    Bang glenn, buku" yg di atas trnyata ada di m.kampusbook.com/us/cari-buku
    Bgtupun dg bukunya Jared Diamond, Carl Fagan, dll 😀