Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

Juli bulan depan menjadi akhir dari serangkaian penerimaan masuk perguruan tinggi, sekaligus akhir dari rangkaian kegiatan kelas 12 SMA maupun sederajat. Ada yang bisa melewatinya dengan manis, namun ada juga yang terpeleset. Terpeleset disini bisa macem-macem jenisnya: bisa berarti ga dapet tempat kuliah akibat kalah bersaing, bisa jadi dapet tempat kuliah tapi bukan di tempat yg dikehendaki, bisa jadi salah milih jurusan, dll.

Banyak anak yang terpeleset di kelas 12 ini simply karena mereka ga tau medan perangnya. Manajemen waktu yang kurang menyebabkan banyak siswa yang keteteran ketika memasuki peak season kelas 12. Bayangin aja di kelas 12 ini saat dimana ada US, Ujian Praktikum, UN, SBMPTN serta Ujian-ujian Mandiri diselenggarakan hanya dalam hitungan 4 bulan. Apabila kurang perencanaan, bisa jadi persiapanmu menghadapi ujian-ujian tersebut jadi ga maksimal.

"Wah boro-boro mikirin kelas 12. Sekarang aja gue masih ngademin kepala habis UAS"

Hehe.. Gue ngerti mungkin lo sedang menikmati masa santai dan melepaskan penat dari rangkaian kegiatan belajar-mengajar di kelas 11. Tapi gue saranin banget untuk bookmark artikel ini sebagai bahan bacaan dan renungan saat liburan kenaikan kelas 12. Gue ga bermaksud nakut-nakutin, tapi gue pengen lo mulai aware bahwa medan tempur di depan lo itu berat. Jadi harapan gue, lo bisa mulai prepare semuanya mulai dari sekarang. Tidak lagi mengulangi kesalahan turun-temurun yang ga sedikit dilakukan oleh senior kalian ketika di kelas 12 sehingga kalian bisa memanfaatkan sebaik-baiknya satu tahun terakhir kalian sebagai pelajar putih abu-abu.

 

Seberapa sibuk sih kelas 12?

Untuk menjawabnya, langsung aja lo baca beberapa tweet curhatan kelas 12 berikut

Ampe fans base Cristiano Ronaldo terlalu sibuk buat ngetweet

159w4h

Nah bisa lo baca sendiri di tweet-tweet tersebut sekilas gambaran kehidupan kelas 12. Jadi jangan bayangin lo punya waktu maen-maen seperti halnya kelas 10 atau 11 dulu. Kelas 12 kehidupannya udah sangat berbeda.

 

Jadwal Kegiatan Kelas 12

Sebagai bahan persiapan lo, pertama, penting buat lo mengetahui gambaran apa aja kegiatan penting yang akan lo alami selama kurang lebih sampai Juli tahun depan. Nah berikut ini gambaran kegiatan kelas 12 yang gue susun dengan acuan kegiatan tahun ajaran 2015/2016. Kalo ga ada perubahan yg major, harusnya sih jadwal kegiatan tahun ajaran 2016/2017 ga akan berbeda jauh, mungkin cuma selisih 1-2 minggu.

Screen Shot 2016-06-07 at 15.12.47

1. Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah efektif dilaksanakan selama 8 bulan, yaitu mulai Akhir Juli / awal Agustus sampai dengan Maret. Bila dikurangi dengan libur kenaikan semester dan pelaksanaan UTS dan UAS, maka praktis tinggal sekitar 7 bulan (ini juga belum dikurangi libur sekolah). Jadi belajar dengan ngandelin materi dari sekolah doank itu sangat-sangat mepet. Usahakan belajar dan ngulik-ngulik materi sendiri.

2. UTS dan UAS Semester Ganjil

UTS Semester Ganjil akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober, sedangkan UAS akan dilaksanakan sekitar bulan Desember. UTS dan UAS ini sangat penting sebagai bahan penilaian raport untuk SNMPTN, jadi lo wajib banget memaksimalkan 2 ujian ini.

3. Seleksi Masuk PTS

Seleksi Masuk PTS sudah mulai dibuka pada bulan September sampai dengan Agustus tahun berikutnya. Tiap-tiap PTS mempunyai timeline yang berbeda-beda terkait penerimaannya. Ada yang udah mulai agustus, ada yang baru mulai Januari. Namun secara umum seleksi PTN melalui seleksi raport serta aplikasi beasiswa biasanya dilaksanakan pada awal-awal periode pendaftaran. Selain itu di awal-awal periode pendaftaran juga relatif sedikit saingannya.

Walaupun kebanyakan banyak siswa kelas 12 yang mengincar PTN (ternama), ga jarang mereka juga menyiapkan seleksi masuk PTS sebagai cadangan kalo buruk-buruknya nanti mereka gagal masuk PTN. Jadi rajin-rajin cek jadwal pendaftaran PTS inceran lo, dan kalo memang bener-bener naksir, usahakan daftar di awal periode tersebut. Setelah SBMPTN, biasanya sudah jarang PTS yang melakukan seleksi raport dan lebih banyak yang mengadakan seleksi melalui tes (tentunya saingan juga akan nambah).

4. Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN biasanya dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan awal Maret. Setelah pendaftaran ditutup, berkas pendaftaran SNMPTN akan dikirim ke PTN pilihan I untuk diseleksi. Waktu seleksi di PTN pilihan I selama sekitar sebulan. Lalu apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas pendaftaran akan diseleksi di PTN pilihan II selama sekitar sebulan juga. Jadi total waktu seleksi di PTN adalah dua bulan sampai dengan awal bulan Mei. Lalu sekitar pertengahan Mei, hasil SNMPTN akan diumumkan di website SNMPTN.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2017 saat ini belum ada, namun sebagai gambaran, berikut ini perkiraan jadwal SNMPTN 2016, sepertinya sih tahun ga banyak berubah jadwalnya.

Pengisian dan Verifikasi PDSS 18 Januari – 20 Februari 2016
Pendaftaran SNMPTN 29 Februari – 12 Maret 2016
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 22 Maret – 21 April 2016
Proses Seleksi 24 Maret – 8 Mei 2016
Pengumuman Hasil Seleksi 9 Mei 2016
Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi 31 Mei 2016
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2016

Baca:

6. Bimbingan UN Sekolah

Nah bimbingan UN di sekolah ini adalah awal dari semua masa super sibukmu di kelas 12 SMA. Tiap sekolah punya kebijakan berbeda-beda tentang bimbingan ini, namun biasanya sih diadakan selama sekitar 2-3 bulan sekitar Januari – Maret. Bimbingan ini biasanya menambah sekitar 2 jam, di luar sekolah. Jadi kalo sekolah lo biasanya pulang jam 2 siang, maka setelah adanya bimbel ini maka lo akan pulang sekitar jam 4 atau setengan 5 sore. Belum lagi kalo lo ikut bimbel di luar, bisa tiap hari pulang jam 8 malem (setidaknya itu yang gue alamin dulu hehehe). Jadi kebayang kan kalo lo ga mulai nyicil materi dari sekarang? Fisik lo dituntut bekerja keras, otak lo dijejeli materi terus dari pagi sampai malem. Selain bikin capek juga materi yg keserap jadi ga maksimal.

7. Try Out UN dari Dinas Pendidikan masing-masing

Biasanya sekitar bulan Februari akan dilaksanakan TO UN yang diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan daerah. Tiap daerah bisa beda-beda waktu penyelenggaraannya.

8. UAS semester 6

UAS semester 6 biasanya dilaksanakan bulan Maret sebelum Ujian Sekolah dan Praktikum. Namun nilai UAS Semester 6 udah ga dimasukan dalam penilaian SNMPTN.

9. Ujian Sekolah dan Praktikum

Ujian Sekolah dan Ujian Praktikum akan dilaksanakan pada bulan Maret sebelum UN, bisa praktikum dulu atau US dulu.

10. Ujian Nasional

Saat ini belum ada info apapun terkait dengan UN 2017. Sebagai gambaran, tahun ajaran lalu, UN dilaksanakan pada tanggal 4 April 2016.

Ujian Nasional ini tidak menentukan kelulusan siswa dan masih belum jelas pula apakah dijadikan penilaian di SNMPTN. Tapi apabila nilai UN lo berada dibawah 55, maka lo boleh melakukan Ujian Perbaikan yang akan dilaksanakan sekitar bulan Juni – September.

11. SBMPTN

PascaUN, ada waktu lowong sekitar sebulan. Di pertengahannya, ada pengumuman hasil SNMPTN. Sebulan berlalu semenjak UN, saatnya para pejuang yang ditolak di SNMPTN bertempur matia-matian di SBMPTN.

Jika mengikuti tren pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN biasanya dilaksanakan pada akhir Mei atau awal Juni. Meskipun begitu, pendaftarannya biasanya akan dibuka pada akhir April / awal Mei. Jadwal lengkap pelaksanaan SBMPTN biasanya akan dirilis Maret / April. Sebagai gambaran berikut ini jadwal SBMPTN tahun ajaran lalu:

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran CBT dan PBT 25 April - 20 Mei 2016
Ujian Tulis CBT dan PBT 31 Mei 2016
Ujian Keterampilan 1 dan/atau 2 Juni 2016
Pengumuman Hasil 28 Juni 2016

Baca: Aturan Lengkap & Info Penting seputar SBMPTN

12. Seleksi Mandiri PTN (Diploma)

Seleksi Mandiri PTN untuk program diploma (D3 & D4) biasanya udah dibuka sebelum pelaksanaan Ujian Nasional. Beberapa perguruan tinggi seperti Poltekkes, Poltek Negeri dan Universitas yang membuka program diploma / vokasi (IPB) biasanya mulai melakukan pendaftaran seleksi mulai bulan Februari, jadi ngurusnya hampir bersamaan dengan SNMPTN.

13. Seleksi Mandiri PTN (S1)

Seleksi Mandiri S1 PTN mulai dilaksanakan setelah SBMPTN, meskipun begitu pendaftarannya biasanya sudah mulai dibuka pada bulan Mei. Beberapa hari setelah SBMPTN biasanya SIMAK UI dan UM UGM akan dilaksanakan secara bersamaan. Setelah itu, beberapa seleksi mandiri lain akan menyusul yang mana paling banyak akan dilaksanakan pada bulan Juni / Juli. Oleh karena itu sebaiknya lo juga siapin seleksi mandiri ini sejak jauh-jauh hari terutama apabila lo pengen ikut SIMAK UI atau UM UGM.

Baca: Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Jadwal di atas belum termasuk apabila lo mengikuti bimbel atau belajar mandiri.

 

Hal-hal yang sebaiknya lo lakuin dari sekarang

1. Belajar SBMPTN sedini mungkin

159vcgSeperti yang lo lihat dalam timeline dan penjelasan di atas, jadwal kelas 12 relatif longgar pada semester 5 dan padet banget pada semester 6. Nah buat lo yg mau nyiapin SBMPTN dengan maksimal, gue saranin sih lo mulai belajar SBMPTN dari sekarang. At least, coba deh kerjain aja dulu satu paket soal SBMPTN biar lo ada gambaran tingkat kesulitan yang akan lo hadepin.

Ketika lo udah dapat gambaran tingkat kesulitan soal SBMPTN, coba bandingkan dengan soal UN. Wah, rada jomplang, di mana tingkat kesulitan soal SBMPTN lebih tinggi daripada soal UN. Soal SBMPTN tuh banyak analisis dan memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap materinya. Di sisi lain, soal UN relatif bisa "dihafal". That's why, zenius biasanya menyarankan untuk langsung fokus ke SBMPTN daripada UN. Kalo udah biasa latihan medan SBMPTN, biasanya UN mah lewat. Selain itu, medan pertempuran Seleksi Mandiri PTN juga ga terlalu berbeda dari SBMPTN. Jadi, kalo lo bisa mantap mempersiapkan diri buat SBMPTN, sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Nah, kalo lo udah mulai nyicil materi SBMPTN dari awal semester 5, di semester 6 lo ga akan terlalu terbebani dengan materi yg banyak.

Baca:

2. Meninjau ulang pentingnya nilai UN

Sepertinya udah jadi fenomena tersendiri di negara kita kalo UN itu kayak momok menakutkan buat pelajar sekolah. Tapi apakah ketakutan itu emang wajar?

Sebagai informasi, nilai UN dalam dua tahun terakhir udah ga menjadi indikator kelulusan sekolah. Selain itu, nilai UN juga belum pasti jadi bahan pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN, meskipun nanti tetep disetor oleh Kemendikbud. Dari yang pernah gue baca sih, Kemendikbud selaku penyelenggara UN sebenernya pengen nilai UN jadi pertimbangan SNMPTN. Namun, PTN (berada dibawah Kemenristek-dikti) sepertinya masih belum yakin bener tentang kualitas nilai UN itu sendiri. Selain itu, waktu penyetoran nilai UN yang cukup mepet dengan pengumuman SNMPTN membuat gue makin kurang yakin kalau nilai UN bakal dijadikan pertimbangan.

Terus buat apa dong nilai UN? Nilai UN masih berguna untuk beberapa kepentingan, misalnya bagi lo yang mau daftar di sekolah kedinasan (misalnya STAN), biasanya mempertimbangkan rata-rata keseluruhan nilai UN + nilai US. Selain itu, nilai UN juga tetap berguna buat lo yang berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengharapkan sumber dana beasiswa.

Selain dari kepentingan tersebut, gue harap lo bisa menyusun prioritas, yaitu lebih fokus menyiapkan diri menghadapi the real boss, yaitu SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN.

3. Tidak terlalu berharap pada SNMPTN

Udah jadi cerita klasik dari setiap angkatan kalau banyak siswa kelas 12 yang gagal kuliah karena terlalu mengharapkan dapet "undangan" dari PTN impiannya. Begitu tau hasilnya (ternyata amit-mati) gak keterima, udah gak sempet belajar buat tes SNMPTN tertulis atau Ujian Mandiri karena waktunya udah terlalu mepet.

Coba aja lo liat lagi jadwal yang gue cantumin di atas. Dari pengumuman SNMPTN ke ujian SBMPTN, itu cuma ada selang waktu sekitar 2-3 minggu, bahkan ga nyampe sebulan! Seminggu setelah SBMPTN, biasanya Seleksi Mandiri PTN (seperti SIMAK UI dan UM UGM) udah digelar. Dan lo berharap bisa mengejar materi dalam waktu semepet itu? Wah yang ada kelabakan modyar!

Jadi yah kalo menurut gue sih,  sebaiknya jalur SNMPTN ini jangan dijadikan satu-satunya kesempatan buat masuk kuliah. Manfaatkan juga jalur masuk kampus yang lain seperti SBMPTN dan juga Ujian Mandiri dengan mulai belajar dari sekarang.

4. Memikirkan jurusan kuliah

159ujdBanyak siswa yang baru mikirin jurusan dan pilihan PTN nya menjelang pendaftaran. Milih jurusan bukan perkara sepele, setidaknya lo perlu belajar mengenali diri lo sendiri, minat dan bakat lo, mempelajari berbagai jurusan dan perguruan tinggi, mendiskusikannya dengan orang tua, guru BK, kakak kelas atau orang yang berkompeten, dll. Semua proses tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kalo lo baru mikir jurusan yang akan lo ambil 1-2 minggu sebelum pendaftaran, itu jelas terlalu mepet.

Kalo dihitung dari sekarang (Juni) ada waktu sekitar 7 bulan buat lo mikirin jurusan kuliah untuk SNMPTN nanti (Februari). Masih anget banget banyak siswa yang melepas penerimaan di SNMPTN gara-gara ga cocok jurusannya. "Kalo ga cocok kenapa dipilih?" Kemungkinan besar ya karena pas mikirin jurusan kurang mateng dan tergesa-gesa.

Baca: SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

***

Okay demikian info sekilas tentang kegiatan dan event penting yg akan lo hadapi selama kelas 12. Moga-moga lo bisa mempersiapkan semua kegiatan lo selama kurang lebih setahun ke depan dengan baik.

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau nanya ke Ari tentang kegiatan kelas 12, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Ari Candra adalah Social Media Manager Zenius yang bertanggung jawab untuk semua akun social media Zenius Education seperti twitter, facebook, instagram. Saat ini Ari juga aktif mengurus berbagai portal web info pendidikan Indonesia, termasuk akun twitter info_SNMPTN. Ari merupakan lulusan spesialisasi D-III Akuntansi Pemerintahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
 

Follow Twiiter Ari di @aricandra

  • Ahmad Farhan Sagara

    wah.. coba waktu akhir kelas 11 gw udh kenal zenius dan baca artikel ini yaa.. Mungkin SBMPTN kemaren bisa lebih siap.. btw bagus nih artikelnya, izin share ya kak..

    • Ari Candra Arista

      Thanks! Iya share aja 🙂

  • fadhila zara

    Sebenernya sih udah tau mau milih apa kuliahnya... tapi kenapa yak maksain belajar tuh rada2 susah x'D udah ngebentangin buku2 soal sbmptn... ngebookmark video materi kls 12 yang agak susah biar start bljr dri skrg.... nontonnya suka ganyampe slese (read: dah ngantuk duluan)
    tapi giliran udah mau UAS ato ujian baru bisa ngegenjot T__T

    harus pake motivasi apaan ya kak biar semangat belajarnya gak ilang pergi ilang pergi? soalnya kadang baru bisa full konsen kalau belajarnya bareng temen/orang lain, kalau sendiri biasanya suka belok2 :''

    • Ari Candra Arista

      Masalah komitmen belajar, Glenn udah pernah bikin artikelnya. Coba baca di sini >> https://www.zenius.net/blog/10475/marshmallow-eksperimen-self-control 🙂

    • Alfinsa EP

      Tiap orang beda-beda kok, ada yang sendiri lebih enak, ada yang rame-rame baru ngerti. Wajar sifat alami manusia. Gue sendiri prefer belajar sendiri sih. Entah lebih enak aja, kayak belajar privat gitu dan lebih ngerti. Motivasi gue awalnya sih "ah gue mending belajar sendiri, biar gue gak cupu-cupu amat di kelas." (seriously gue cupu abis di kelas, kaga bisa pelajaran apa-apa :'D)

      • fadhila zara

        ih yaampun saya juga agak lama buat mahamin pelajaran, misalnya lgi kimia ya, trs diterangin guru ama dikasih soal latian, temen2 yang lain dah pada ngerti trs langsung bisa ngerjain sementara saya ngulik dulu ke buku paket :''D suka berasa ketinggalan hiks

        jadinya setelah itu sblm diterangin guru di sekolah dirumah dah nyoba belajar sendiri dulu biar langsung bisa ngerjain latian soal

        • Alfinsa EP

          Hahaha, gapapa kok wajar seperti itu. Mungkin faktor guru yang kurang penyampaiannya ke kamu. Dulu pernah tuh di kelas 12, sebelumnya udah belajar dasar-dasar Pertidaksamaan matematika. Besoknya pas pelajaran matematika langsung bisa ngerjain gak pake cara dari gurunya. Walhasil lancar bener ngerjain soal dari guru. Kayak lepas tangan dah ngerjain Pertidaksamaan hahaha.

  • Alfinsa EP

    Tulisan bagus nih.
    Bener banget sih. Temen-temen gue awal kelas 12 boro-boro mikir SBMPTN, mikir UN aja kaga (ini serius loh). Bilangnya sih jalanin aja dulu kelas 12, gampang ntar-ntar mah. Giliran abis UN trus mulai mikirin SBMPTN, baru ngeh ternyata soal-soal SBMPTN tuh bukan kayak yang diliatnya di SMA.

    Gue bahkan ngewanti-wanti salah satu adek kelas gue buat belajar SBMPTN setahun penuh di kelas 12. Nilai UTS, UAS, UN mah secukupnya aja, fokusin aja SBMPTN. Ntar juga kerasa banget 'SBMPTN Effect' ke kehidupan di kelas 12, zenius user mah tau lah ya 😀

    • Hahaha bener alfin, nah itu gue udah nyoba ngasih insight ke adek kelas, eh malah mostly mereka masih gapercaya. Emang bagus sih, kalau belum ngalamain sendiri ngapain percaya. Wkwkkw setidaknya kita udah ngingetin mereka, kita yg udah belajar sbm kayak gini ajah masih ngerasa kurang apalagi yang baru belajar. :')

      • selvia tunjungsih

        Adek kelas gw percaya setelah gw share ini :"

      • Alfinsa EP

        Haha. Gue aja baru belajar lebih bener cuma tiga bulanan. Sebelum itu belajarnya masih ngaco banget. Di tiga bulan itu justru yang lebih nempelnya dibanding sebelum-sebelumnya haha.

        Ssst.. gue cuma ngasih tau zenius ke beberapa orang doang lagian hahaha, takut kesaing wkwk.

  • Magicwithme

    nyiapin sbmptn dari bulan desember , sayangnya mental ane yg kacau pas hari H ngancurin semua persiapan ane hahaha..

    oke prepare for the worst , SBMPTN 2017 🙂

    • Ari Candra Arista

      Salah satu hal yg bisa ngelatih mental ketika ujian yaitu dengan sering-sering ikut ujian. Coba usahakan sering ikut TO atau lomba. Gue dulu juga sering drop mentalnya pas hari H, tapi dengan sering ikut lomba mewakili sekolah dan ikut TO berkali-kali, jadi sangat membantu 🙂

      • Mutiara Asyiffa Izdi

        penyebab drop pada hari H itu apa ya? Saya jadi ngeri ._.

  • Ari Candra Arista

    Aamiin. Selamat belajar ya 🙂

  • Luke Andy

    BENER BANGET NIH! Aku ngikutin zenius sejak kls X SMA smstr 2. Nilaiku bagus2 sih tapi naik turun. Sejak kelas XI smstr1 udah persiapan soal sbm terus(pengen masuk fk,snm kelihatan mustahil). Bayangin pasti gak cuma 1 2 org yg persiapan sejak awal pasti banyak juga apalagi jurusan yg ribuan peminatnya! Jangan patah semangat kelas XII. Aku dulu awal kls XII tryout sbm langsung dpt passgrade tinggi akhirnya males belajar dan nilai rapor anjlok T_T. Tp Puji Tuhan gw dapet undian berhadiah SNMPTN FKUB :))

    Pesan moral: Belajar SBM SEJAK AWAL BGT !! Banyak yg persiapan dr awal. Toh kalo dpt snm itu bonus dr Tuhan :)))

  • Isya R

    oh iya bang, ane kan lulusan 2016 misal tahun ini gk lolos SBMPTN terus nyoba SBMPTN 2017, nah kalo misalkan lolos apakah nanti saat kuliah (misal di UI,ITB,dll) bakal disisihkan karena faktor usia lebih tua dari temen2 ane? Apakah beasiswa masih bisa ane dapatkan meskipun usia 1 tahun lebih tua? terima kasih

    • Ari Candra Arista

      Ga pengaruh sama sekali kok.

  • Muhammad Ridho

    Bang, gw sekarang kelas XI mau naik kelas XII nih. Sebenernya gw udah bikin jadwal SBMPTN satu mata pelajaran perbulan (per 28 hari), bulan Juni - November belajar materi Matdas, Mat IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Bindo + Bing, dari kelas 10 - 12 dan belajar materi TPA, bln desembernya belajar+latihan soal khusus SBMPTN. Pertanyaannya, sebenernya lebih bagus/efektif belajar 1 mapel per bulan atau jadwal harian (1 mapel per hari) atau mungkin mingguan? Mohon bantuannya kak, soalnya gw bingung jg takutnya pas udh akhir semester udah lupa materi2 pas belajar matdas di awal semester.

    • Kalau dari pengalaman gue sih di selang seling ajah belajarnya, kan seminggu ada 7 hari tuh, nah tiap hari itu belajarnya beda2. 🙂

    • Andre Saputra

      Mending ganti mapel per minggu aja.Gue thn lalu bikin jadwal kyk gitu jg,satu bulan satu mapel,tapi kurang efektif.Tapi kalo lo nyaman dgn jadwal itu ya gapapa

      • Muhammad Ridho

        klo mapel per hari begimana bang?

        • Andre Saputra

          nah gue belajar 1 mapel perhari pas udh deket2 sbm.Bisa juga lo pake cara ini.mumpung sbm '17 masih lama,mending lo coba2 jadwal yg sekiranya cocok buat lo.

    • Alfinsa EP

      Masalah jadwal belajar sih gimana enaknya aja. Gue setahun di kelas 12 sampe tiga atau empat kali (gue lupa tepatnya) ganti jadwal belajar.
      - Pertama satu hari satu pelajaran, misal Senin belajar Sosiologi, Selasa belajar Matematika, Rabu belajar apa dst, ternyata gak cocok karena gue malah jadi bingung.
      - Kedua satu hari satu bab, gue pelajarin satu bab misal Makroekonomi seminggu full. Lumayan, tapi gue keteteran waktu.
      - Ketiga satu minggu nggabungin beberapa bab, misal minggu pertama belajar Persamaan Kuadrat (Matematika), Supply and Demand (Ekonomi), Nilai-Norma (Sosiologi), dan Kerajaan Hindu Buddha (Sejarah). Ini mengoreksi metode kedua, tapi problemnya sama kayak metode pertama.
      - Keempat lu pelajarin satu mata pelajaran tanpa dicampur pelajaran lain. Menurut gue ini enak, karena di Zenius antarbab itu runut. Sayangnya gue baru belajar metode keempat ini cuma dua atau satu bulan sebelum SBMPTN, jadi kurang ngena.
      Misal: Oke belajar Ekonomi. Start belajar dari Konsep Dasar Ekonomi. Udah kelar lanjut Supply and Demand. Dilanjut lagi ke Makroekonomi, terakhir Mikroekonomi. Udah kelar satu pelajaran, ganti deh ke pelajaran lain.

      Ini sih menurut gue ya. Tiap orang kan beda 😀

    • Muhammad Ridho

      Kalo gw awalnya begini cara bagi jadwalnya, semester 1 belajar materi, mapel dibagi per 28 hari
      Juni (28 hari) : Matematika Dasar
      Akhir Juni - Juli : Matematika IPA
      Akhir Juli - Agustus : Fisika
      Akhir Agustus - September : Kimia
      Pertengahan September - Oktober : Biologi
      Akhir Oktober - Awal November (18-21 hari) : Bahasa Indonesia
      Pertengahan November - Awal Desember (18-21 hari) : Bahasa Inggris
      Desember : TPA
      Januari - Februari : Full Latihan Soal dan Try Out mandiri tiap hari minggu
      Maret - April : Pengulangan Materi SBMPTN (jadwal harian) dan latihan soal + Try Out mandiri
      Mei (3 minggu) : Pengulangan TPA 1 minggu, sisa 2 minggu latihan soal, dan Try Out mandiri tiap hari minggu + tes kecepatan mengerjakan soal SBMPTN tiap hari sabtu.
      Akhir Mei : Pematangan Akhir (Evaluasi kekurangan dalam mengerjakan soal, perbanyak latihan kerjain soal dgn cepat, nyusun strategi, dll.)

      Awalnya gw mikir 28 hari bakalan ga cukup utk 1 mapel, tpi itu klo gw belajar materi kelas 10 - 12. Setelah gw hitung2 klo belajar materi khusus disiapin utk sbmptn ya cukup cukup aja.
      Cuma ya itu tadi, gw takut bakalan lupa sama beberapa materi matdas pas gw udh sampe belajar TPA di bln desember.

  • Kak saya bulan depan sudah kelas 12 dan saya berencana mau belajar dari sekarang, bagusnya belajar materi UAS atau keseluruhan materi ya?
    Minta saran strategi belajarnya dong kak hehe...
    BTW artikelnya bagus (y)

    • Ari Candra Arista

      Materi UAS penting untuk SNMPTN, tapi materi SBMPTN juga sebaiknya dipelajari dari sekarang. Tapi harusnya materi UAS ga terlalu banyak nyita waktu, jadi 2 hal tersebut sebenernya bisa dipelajari secara beriringan. 🙂

      • oke kak terimakasih atas sarannya 🙂

  • Alhamdulillah, aku bersyukur bgt bisa kenal zenius sejak kelas 10 sampai sekarang mau naik ke kelas 12, jadi makin semangat buat ngejer PTN impian. Semangat pejuang SBM'17!

  • a_n

    jadi serem sumpah..-_-

    Siapin dari sekarang aah..

    • Ari Candra Arista

      Ga serem kok kalo emang disiapin sejak jauh2 hari 🙂

  • Nisrina Aryanti

    udah pakai produk zenius dari kelas 10 semester 2, tapi pasti aja make nya ngga maksimal ;_; nilai kadang turun naik, ujung2nya nyesel sendiri. masalahnya kalau gue lagi nonton video zenius gue sering kedistraksi buat buka macem2, ujung2nya tab zenius gue close.. pokoknya mulai sekarang gue harus semangat sama nyicil sbm daripada gue nyesel ntar T-T

  • Dian A I

    Wiiihh... Terima kasih zen, artikelnya bagus banget. Gue juga nih sekarang kelas 11 lagi istirahat sejenak dari UAS. Jadi inget cerita kakak kelas gue, dia mulai belajar buat sbm dari pas libur kenaikan kelas 12 pake zenius doang. Akhirnya dia lolos sbmptn dapet stei. Jadi makin ambis buat sbm nanti!

    • Ari Candra Arista

      Yup udah banyak anak yg belajar dari zenius aja dan berhasil lolos. Kuncinya kamu harus bisa komitmen dan konsisten belajar 🙂

  • Manzila Hk

    Oke banget pembahasannya! Jadi tau gambaran selama 1 taun ke depan. Sukses! Aamiin..
    Awalnya niat banget buat Teknik Informatika ITS.
    udah nyari info tentang nanti kuliahnya melajarin apa aja, ambil jurusan + peminatan x
    Eh. Kerayu ama ilkom ugm+ui
    Jadi double rencana buat ambil um ugm, ama simak
    Menurut Kak Ari, okenya, ambil sbm t. Informatika ITS sekaligus ilkom ugm? apa sbm t. Informatika, trus um+simak?

    • Ari Candra Arista

      Ambil semuanya ga masalah sih, kan emang bisa milih sampe 3 jurusan di SBMPTN. Kalo SIMAK dan UM UGM nanti pelaksanaannya sama. Jadi mesti milih salah satu diantara 2 seleksi mandiri tersebut.

  • Ari Candra Arista

    Untuk belajar UN kamu bisa ngandelin bimbel UN tambahan dari sekolah yg kira-kira akan diadakan bulan Februari. Gue rasa itu udah cukup. Sedangkan SBMPTN sebaiknya sih mulai belajar dari sekarang mengingat lo lintas jurusan.

  • Satriyo Soegianto

    yap bener banget pos nya bro. yah sarannya buat adek kelas sih, GAK USAH BELAJAR UN terlalu serius, tapi jangan meremehkan juga soalnya snmptn tahun 2016 tidak melihat nilai un. Karena fakta banyak yang nilai UN nya dibawah rata rata diterima snmptn. tapi ya gitu tetap semangat aja lah.
    Don't give up !!!

  • Aries Harry Pratama

    alhamdulillah saya sekarang kelas 11 ka mau naik ke kelas 12 . tepat banget saya baca artikel ini. hehe thanks zen

    • Ari Candra Arista

      Sama-sama 🙂

  • fitrah

    Cara daftar zenius bagaimana kalau bisa dijelaskan dengan detail

    • Ari Candra Arista

      Cara bergabung dengan zenius (baca: belajar dengan zenius) pada dasarnya ada 2 cara, yaitu secara online atau offline:

      Cara Pertama, kamu bisa belajar ONLINE di website zenius.net. Di zenius.net, kamu bisa mendapatkan akses belajar pada 2.500 modul latihan soal dan 46.000 video materi pelajaran sekolah dari SD, SMP, SMA, termasuk pembahasan soal Ujian Nasional, SBMPTN dan berbagai Ujian Saringan Mandiri masuk PTN. Untuk bisa mendapatkan seluruh akses video di zenius.net tersebut, kamu harus menjadi premium member zenius.net. Caranya dengan mengaktivasi kode voucher premium yang bisa kamu pesan di laman website zenius.net berikut ini.

      Cara Kedua, jika kamu merasa lebih nyaman belajar secara OFFLINE tanpa harus terhubung dengan internet, kamu tetap bisa belajar dengan zenius dengan membeli paket Xpedia 2.0 yang berisi kumpulan set DVD materi pelajaran yang telah dikategorikan sesuai dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang kamu jalani di Sekolah. Untuk mendapatkan paket Xpedia 2.0, kamu bisa memesan secara online di website zeniusmultimedia.com atau memesan pada outlet resmi dan reseller Zenius yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • Adi Perdana

    kak mau nanya xpedia alumni buat persiapan sbmptn th 2017 diupdate gk ?, tkutnya nnt aku udh beli eh ada updatean terbarunya

    • muhammad zulfikar

      yang xpedia alumni ipc ya?

      • Adi Perdana

        yg saintek

        • muhammad zulfikar

          wktu saya tanya di gramedia belum ada sih yang update 2017 hehe, coba cari" di gramedia

          • Adi Perdana

            ooh.berarti bakalan ada updateannya ya mas

          • muhammad zulfikar

            ya mungkin....

  • muhammad zulfikar

    bang aku mau nanya nih... kalau aku diterima SBMPTN pilihan ke 3 yang sebenernya gak sesuai minat dan gak saya ambil, terus ada gak resikonya seperti diblacklist dan ga boleh ikut SBMPTN di tahun berikutnya? mohon dong pencerahan nya TERIMAKASIH....

    • Adi Perdana

      saya bantu jwb ya, setau saya itu lewat jalur SNMPTN klo lewat SBMPTN terus ga kamu ambil itu gabakal di blacklist, kalo misalkan jawaban saya salah bisa tolong di benarkan sama yg lain hehe

      • muhammad zulfikar

        siip makasih info nya mas hehehe

        • Adi Perdana

          oke sama2,

  • muhammad zulfikar

    bang aku mau nanya nih... kalau aku diterima SBMPTN pilihan ke 3 yang sebenernya gak sesuai minat dan gak saya ambil, terus ada gak resikonya seperti diblacklist dan ga boleh ikut SBMPTN di tahun berikutnya? mohon dong pencerahan nya TERIMAKASIH....

  • Rista Nuna

    kak, kalo misalnya aku cuma pilih jurusan IPA yg berbau matematika-fisika, apa aku juga harus kuasai materi biologi & kimia pas belajar Saintek?

    • Arin

      semuanya, belum tentu kamu bisa ngerjain semua matematika dan fisikanya kan? kalo soal kimia ternyata lebih gampang gimana? hehehe

      • Rista Nuna

        thx buat sarannya kak 😀

  • Lisya Indrayana

    kak, kan baru naik kelas 12 nih, rencana buat belajar dari sekarang (sbenernya udah tekat belajar dari liburan kls 11 tapi byk distraction.nya -_-),udah diputusin sbmptn ambil SAINTEK. belajarnya materi TPA dulu apa SAINTEK dulu kak?

    • Salma

      tergantung lo sukanya belajar apa dulu sih. Tp kalo menurut gue gue dicoba dulu tkpa nya karena lebih mudah dikuasai sambil diselingi saintek juga. bikin jadwal belajar yang efektif. mumpung baru naik kelas 12 waktu lo masih banyak dan beruntung karena lo udah sadar betapa pentingnya sbmptn nanti.

  • alfa

    hello zen setelah baca artikel ini gw bener bener dapet pencerahan dan membayangkan betapa ribetnya kelas 12 *dan sekarang gw udah kelas 12 TT
    gw mau tanya zen sebenerya apa langkah pertama yg harus gw ambil di kelas 12 ini? karena sumpah gw bingung mau belajar dari mana. apa dari materi kelas 12? langsung ke materi UN apa langsung ke materi SBMPTN? *answer please. emang bener kata lu zen jangan terlalu berharap sama satu jalur karena gw punya pengalaman dari kakak kelas gw tahun lalu doi pinter di sekolahan jago nyani nari matiknya euuggh di embat bahasa inggris di makan dll, tapi doi daftar ke PTN yg doi incer lewat SNMPTN daaaaaann jreeeengggg doi gak diterima di satupun PTN yg doi incer dan setelah itu jalur SBMPTN dibuka doi gak ikutan gak tau kenapa, tapi kalo menurut gw doi gak siapin materi buat SBMPTN. dari sini gw inget sama pesen tutor yg nulis artikel kalo jangan berharap sama satu jalur dari jauh jauh hari lo harus udah ada persiapan mateng buat SBMPTN kalo misalnya jalur SNMPTN kaga lolos. dan sepertinya gua harus belajar dari pengalaman kakel gw kalo gak lolos SNMPTN ituu sakit mana lagi belom ada pesiapan buat ngadepin SBMPTN bagaikan butiran debu :''

    • Salma

      kalo lo gak lintas jurusan belajar buat UN dulu supaya gak langsung stress belajar sbmptn karena soal2nya jauh lebih sulit. Menurut gue jangan langsung belajar yang susah kayak loncat gitu kalo konsepnya blm kuat. Ibarat bikin gedung lantai satu belom kokoh udah lanjut lantai dua nanti jadi kacau. Kalo udah mulai terbiasa soal2 UN baru ke step yang lebihh sulit yaitu sbmptn terus sering2 latihan dan evaluasi. cari cara belajar yang efektif.

  • Dita Aisyiyah Larasati

    bersyukur yang kelas 12 ntar udah kenal zenius. gausah pada mewek manja-manjaan dah. hidup itu keras. fokus SBM sama zenius, gue saranin banget nget nget! nilai UN ga ngaruh, udah mending fokus aja ke SBM yaa. jangan tunda yang bisa dikerjain sekarang. nikmati aja kesibukan lo, lo bakal kangen nangis-nangis ntar. nangis antara lo kangen masa sma dimana lo berjuang mati-matian buat PTN impian lo atau nangis karna lo nyesel. semangaat!!

    • Dita Aisyiyah Larasati

      jangan suka nunda. jangan kebanyakan mikir mau belajar kapan, mau kerjain soal kapan, mau play vidio kapan, mau baca materi kapan. kapan aja bisa selama lo hidup. start aja dulu, just do it. terkadang kalo kebanyakan mikir itu setan dimana-mana, alhasil nunda.

  • Elsa Sania

    kak, maaf oot nih
    gw mau curhat plus nanya
    btw gw lulusan tahun ini , 2016 habis siap sbm kemaren. Nah sekarang lagi nganggur sekaligus nunggu hasil sbm.
    Btw gini nih kak, skrg nih masih ragu apakah harus ngambil ujian mandiri atau gak, (sebagai cadangan klo sbm gak lulus).
    masalahnya habis sbm tuh gw bener2 gak belajar lagi, buku2 udah gw simpen semua.
    jadi,, ngebayangin mau ujian mandiri tuh takutnya buang2 duit, ntar gak keterima, karna gak ada persiapan yg mateng... mau mulai belajar lagi rasanya berat banget.
    Jadi bagusnya gimana ya kak?? atau harus nunggu tahun depan ??
    (kalo nunggu tahun depan buat sbm lagi sih, fine2 aja, karna persiapan nya mungkin lebih mateng)
    mohon solusinya kak, thanks

  • kenzi lam

    Kak Ari dan semua, saya mau minta saran, bagaimana cara menyusun jadwal belajar yang bagus dan cocok untuk berbagai macam mata pelajaran dari zenius ini agar bisa menyiapkan SBMPTN dengan baik ?(masih di pelajaran TPA/TBS saya)
    Terimakasih

  • Vaneissya Jihan P

    Bang pas bnget nih gue baru naik kelas 12. Nah ada waktu liburan sebilan lebih nih. Lebih baik gue nyelesaiin pelajaran kls 12 dulu ap langsung nyaplok sbmptn? Gue pikir2 kalo gue belajar matpel kls 12 ntar sbmptn gue apakabar. Kalau lanhsung nyaplok sbmptn gue takut lemah di basic skills nya. Gimana bang menurut lu?

    • Salma

      pelajarin basic skills dulu itu penting banget karena kalo lemah di basic skills terus lansgung loncat bakalan keteter. pinter2 bagi waktu buat belajar sbmptn sama pelajaran sekolah lainnya.

  • Yasmin

    Banyak denger dari anak kelas 12 bilang ke gue jangan terlalu ngarep sama SNM :') salah satu teman gue ada anak aksel dan juara kelas tapi dia ga lolos SNM. Dan gue jadi belajar dari dia untuk lebih fokusin juga ke SBM. Thanks Kak Ari, semangat gue jadi kebakar lagi pas baca artikel ini!

  • arij faiha

    jadi mau bikin artikel yang related sama topik ini nih.. ijin bookmark ya sebagai referensi 🙂

  • Yana Laudya Annisa

    wah,artikel bagus makasih kak

  • kenzi lam

    Kak Ari. Saya masih bingung dalam membentuk rencana besar, jadwal bulanan, masterlist, jadwal mingguan, dan mindmapping sebagai strategi belajar untuk SBMPTN. Bisakah saya melihat contoh-contohnya yang lengkap ? Terimakasih

  • kenzilan

    Kak Ari, ini mau nanya. Saya masih bingung membuat rencana besar, jadwal bulanan, jadwal mingguan, masterlist, sama mindmapping. Bisakah saya melihat contoh2nya ?
    Terimakasih

  • Intan

    kak gw masih bingung sama jurusan yg bakal gw ambil ntar. gw udah mikir sih mau kemana dr kelas 10 kemaren cuman belum fix aja. gw takutnya gasesuai passion gw. saran dong kak. makasi

    • Salma

      explore diri lo. cari banyak informasi tentang jurusan ini nanti materinya apa aja terus lo bandingin deh antara beberapa jurusan dan temuin mana yang cocok buat lol. ikut tes minat bakat juga ngebantu untuk tau passion lo dimana. diskusi sama orang tua.

  • Sila Fatikha

    Makasih ya min.. Udah ngeshare artikel ini 🙂 Insya Allah lebih siap jd pejuang PTN 2017 !!!

  • Mutiara Asyiffa Izdi

    Otak gue ngilu bacanya... Ujian Praktik, Ujian Madrasah, Ujian Akhir
    Madrasah Berbasis Nasional, Ujian Nasional, SBM-PTN, Ujian Mandiri.

    Ada bimbel. Belajar lagi di rumah.

    Belum termasuk nyiapin berkas untuk apply ke PTS yang nyediain beasiswa full:p.

    Mau nangis rasanya...

    Ha ha ha

  • Rohhaq Giantlies

    Saya sdh berusaha membandingkan beberapa jurusan yg diusulkan lembaga bimbel dan setelah saya melihat jumlah peminat dan kuota jurusan, saya malah nggak pede dan kepikiran nyari jurusan lain di SNMPTN dan SBMPTN maupun UM, sayanggak pede karena kalau snmptn nilai saya ada yg turun sedikit lalu naik dan nggak gede" amat nilainya, kalau sbmptn sy merinding soalnya peminat jurusan yg diusulkan lembaga bimbel sangat banyak bahkan tertinggi dibanding jurusan lain. Pertanyaan saya, haruskah saya realistis untuk memilih jurusan yg saya pertimbangkan dan juga saran dari lmbaga bimbel atau malah memaksakan untuk memilih jurusan yang banyak peminatnya seperti yg disarankan lmbaga bimbel dan guru sekolah saya?dan kalau boleh tau aja bisa nggak klau kita daftar kuliah sambil mendaftar sekolah ikatan dinas seperti SPN?

  • Faras Hasna

    Kak kan saya sbm nanti mau nyebrang dari ipa ke ips. Nah saya udh mulai buat bljr sbm dari skrg. Tapi saya ngeri kalo terlalu fokus belajar soshum, nila ipa saya di semester 5 malah turun lagi. Lebih baiknya ngatur jadwal buat belajar ipa dan soshum itu gimana ya? Trims

    • Arin

      kamu emang mau ambil apa di soshum?

      • Faras Hasna

        Rencananya HI

        • Arin

          gausah takut biasanya guru guru kelas 12 pas semester 5 pasti baik baik dan gamungkin nurunin nilai yang begitu jauh sampe rata-rata turun, yang penting jangan berharap sama SNM, SNM itu cuman bonus, buletin tekad dulu kalo mau beneran di soshum ya jangan mikirin SNM dong yaa 🙂 dan beneran disiapin dari SEKARANG. Saya HI kok alhamdulillah, banyak berdoa aja dan pasti berusaha, kalo menurut saya materi soshum itu beda sama materi kimia dan fisika yang bisa diotak atik sedemikian rupa jenisnya. Temen saya bisa hanya belajar sebulan dan bener bener cuman dari zenius sama buku temen ips nya, ga bimbel apa apa, dari SNM yang ipa ke SBM Akuntansi, mudah mudahan kamu juga bisa kaya gitu, ya walaupun kemampuan orang beda beda dan alhamdulillah dia dapet, Semoga kamu juga bisa kaya dia atau mau persiapin dari sekarang, hehehe
          semangat berusaha!!

    • Salma

      kalo lo mau masuk HI kan tinggi banget tuh ya passing grade dan peminatnya jadi lo emg harus gede pengorbanannya. Kalo lo snmptn bakal ngambil HI juga mohon maaf bukannya gue matahin semangat lo tapi jarang banget anak ipa ke ips bisa dapet HI. anak ipa biasanya dapet hukum. jadi ga usah terlalu mikirin nilai semester 5, belajar sewajarnya aja. gue udah ngalamin ini dan cara belajar gue diselingi aja belajar ipa secukupnya buat UN dan lebih prioritasin buat sbmptn soshum. supaya teratur jadwalnya dirinci terus dicicil dan harus tekun.

  • Samuel Andersson N

    kak ari, aku sekarang kelas 10 naik kelas 11, menurut kakak, aku udah bisa belajar materi sbmptn belom kak? kan masih banyak tuh materi sbmptn yg belum dipelajarin di sekolah tapi aku udh mau belajar2 sbmptn kak, menurut kakak ,gimana? trus aku juga gatau minat kuliah aku apa kak, gimana cara nentuin minat kuliah aku ya kak?

    • Salma

      meskipun banyak materi yang blm diajarin di sekolah tapi tetep bisa banget buat belajar materi sbmptn dari sekarang. Coba aja dulu tpa, bahasa indonesia & inggrisnya. nentuin minat kuliah bisa ikut tes minat bakat, rajin cari informasi berbagai jurusan terus cari tau deh dari beberapa jurusan itu mana yang paling cocok buat kamu.

  • Ariati Citadewi

    Kalo misalnya selama liburan ini aku belajar buat materi kelas 12 yang belum aku pelajari gimana? Materinya kan juga termasuk materi sbmptn?

  • Arin

    ini gue banget tahun kemarin, bimbel engga, pemantapan gajelas wkwk, dengan PDnya gue berharap cuma dapet SNMPTN, eh ternyata gagal SNM dan bener bener ga ada persiapan buat SBMPTN, sehingga sisa cuman 1 bulan ya kalo ngga salah jarak dari SNM ke SBM gua mencoba untuk belajar, dan gateratur banget belajarnya, mentok di biologi dan mtk, padahal materi yang lain bejibun banyaknya, dan alhasil gue gagal segagalnya sampe UM wkwk, tapi alhamdulillah gua masuk negeri waktu itu, dan alhamdulillah gua ikut lagi tahun ini SBM dan dapet, terimakasih zenius!

  • Aris Setiadi

    Bang misalkan kita udah keterima snmptn dan udah verifikasi, jika kita ikut ujian mandiri di ptn lain, itu yang SNMPTN nya bakal hangus ga ?

    • Arin

      biasanya, ngundurin dulu pake surat, baru ikut sbm , karena itu ngaruh ke sekolah juga kalo ngga pake surat pengunduran diri

  • Garda Bramantyo

    wah untung saya membaca artikel engga terlambat. baru masuk jadi kelas 12 dan siap siap bertempur dengan SBM 2017. ada yg mau saya tanyakan, selama setahun terakhir di zenius saya fokusnya masih di video SMA kelas 11 2013 nih, sekarang menginjak kelas 12 di zenius sendiri udh menyiapkan vidio untuk kelas 12 dan juga SBMPTN. minta saran,
    Lebih baik saya fokus nonton vidio SBMPTN mulai dari sekarang, atau saya fokus ke vidia kelas 12 dan SBM secara bersamaan?
    karna saya menyadari kalau SNMPTN adalah bonus, dan itu tidak pasti. Mohon sarannya :')

    • Ari Candra Arista

      Wajib tamatin semua materi di zenius learning dulu 🙂

      • Garda Bramantyo

        Thankyouu. Ini pertanyaan setahun yg lalu. Sesuai saran udh di tamatin. And yaa, alhamdulillah skrg di Tekpang IPB 🙂

  • Alifah

    Kak aku kan sekarang jurusan IPA, dan di sekolahku gk diberikan pelajaran lintas mintas(pelajaran IPS). Tapi aku justru pengennya masuk kuliah di fakultas yg jurusan IPS. Baiknya gimana ya? Makasih.

    • Ochad

      wah, berat tuh kalo pengen lintas jurusan, mangat wkwk

  • Suci Legowo

    Kak, kalau misal unp pengaruh ngg sih sama sbm? Terus ada tips ngga buat bagi waktu antara kuliyah sama ngejar sbm?
    Thanks kak

    • Ari Candra Arista

      UNP ga ngaruh ama SBMPTN 🙂

  • Pertanyaan sederhana nih bang. Jadi nggapapa gitu ngga terlalu serius belajar materi yang diajarin di kelas 12? Lebih baik langsung fokut SBM?

  • Izza

    Kak aku mau tanya. Jadi, aku kan dari kelas 10 kerjaannya main mulu, gapernah perhatiin, rangking paling bawah pula. Sekarang udah kelas 12 kaya udah sadar gitu. Takut gak bisa keterima PTN dan jurusan yang aku mau. Aku mau nanya kalo mau belajar SBMPTN mulainya dari mana? Aku bingung sendiri jadinya. Dari kelas 10 gak terlalu perhatiin khususnya pelajaran Kimia dan Fisika. Aku jadi sama sekali gak ngerti. Terutama Kimia! Apa aku harus belajar ulang materinya dari kelas 10 dulu kimianya? Takutnya waktunya gak sempat. Atau aku belajar sbmptn kimia yang di zenius? Tolong bantu aku ya kak, dibales. Makasi:)

  • Abdurachman Wahid

    Penjelasan jadwal kelas 12 gimna ya min? Ane masih ga ngerti , klo yang putih itu belajar atau ada event?

  • Andi Sahrul

    Bang gua mau nanya dong , buat para alumni yang emang mau ngulang dari dasar , perlu ga sih kita belajar mapel yang ada di smp ? Apa yang di sma aja udah cukup?

    • Anonim

      Salam, join di grup alumni kita biar makin intens gan saling sharing 🙂 khusus alumni dn yng mau make zenius (idline: ade_mas_s

  • Muhammad Alif Aqsha

    Min, kira-kira bisa ga belajar materi buat SBMPTN pakai buku A level?

  • Rista Nuna

    kak, belakangan ini aku dapet info dari guruku kalo sekarang nilai UN itu juga berpengaruh buat SBMPTN, trus ada temenku yang bilang kalo nilai UN itu berpengaruh kalo ada pesaing (pesaing 1 dg yg lain yg minat di universitas & jurusan yg sama) yang jumlah skor SBMPTNnya sama, kalo beda nilai UN gak berpengaruh. apa benar tuh? kayaknya nilai UN gak ada pengaruhnya sama sekali deh buat SBMPTN...

  • Aldam Fajar Ahmad

    Kak OOT Saya skarang klas 11 dan ingin mlakukan prsiapan SBMPTN dari awal ,nah kalo misalnya saya sdah mlajarin matdas dan matipa smpai akhir,lalu lnjut ke mteri brikutnya misal biologi,apa mngkin mteri matematika yg sudah saya plajrin smpai paham betul bisa ingat (hafal)?soalnya saya itu sering lupa materi kalo sudah pindah ke mata pelajaran lain
    Ane takut klo sbm sdah hampir dimulai eee malah lupa materinya

  • rafif wintama

    Kak klu materi sbmptn di zenius.net udah melengkapi gk buat test sbmptn nanti ? Kira2 klu dipelajari dengan serius dan konsisten beaerta soal2 yg ada di zenius.net bisa gk ya tembus itb 2017 ?

    Terima kasih 🙂

  • Reynard Tambz

    bang, gimana caranya ya ngelatih mental supaya ga drop (panik) pas hari H, SBMPTN nanti ?? Makasih bang !!

  • putris

    hallo kak, aku mau tanya kak. aku pingin FKG UGM sebagai pilihan pertama kak, sebagai cadangan aku pingin milih FKG juga tapi di lain univ, soalnya blm nemu yang cocok di hati selain FKG :"(... Gimana cara kita nentuin urutan jurusan dan univ nya kak ? aku takut kebalik 🙁 dan dari mana kita tahu mana univ a atau univ b yg lbh baik, katanya passing grade itu jg blm tentu bener (?)...
    trus juga aku pingin nanya kak yang katanya skrg udh g ada tes UM lagi tapi di ganti pke nilai sbmptn untuk seleksi mandiri, itu bener g kak ? jadi kita cuma punya satu kesempatan doang dong kak ;( ???

    mohon bantuan nya ya kak. Makasih 😉

  • DeArtagnan

    lol, gw bru naek kls2 kok ngeri yak..., mana jurusan kuliah itu gw blm ngerti

    . pfft :v

  • flawhuman

    Mantap! ini artikel yg bener2 aku butuhin sekarang! mumpung masih 10 hari menjelang kelas 12!

  • Agung

    Startttt