Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 10 dan 11 SMA

Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 10 dan 11 SMA – IPA dan IPS

Halo Sobat Zenius, ketemu lagi sama gue Fanny. Di artikel kali ini gue akan membahas mengenai Penilaian Akhir Semester (PAS).

Rangkuman materi PAS ini akan gue bagi dua, yang pertama adalah kumpulan materi dan soal PAS kelas 10 semester 1 & 2 kurikulum 2013. 

Dan bagian selanjutnya adalah kumpulan soal PAS kelas 11 semester 1 & 2 kurikulum 2013. 

Meskipun baru kelas 10 atau kelas 11, elo gak bisa menyepelekan Penilaian Akhir Semester (PAS) lho. Soalnya, kalo punya cita-cita masuk ke universitas idaman lewat jalur undangan atau SNMPTN, elo harus mendapatkan nilai yang bagus pada tahap Penilaian Akhir Semester ini. 

Seperti yang mungkin sudah elo tahu, SNMPTN Undangan adalah jalur penerimaan mahasiswa dengan melihat nilai raport semester 1 hingga semester 5 (kelas 10 semester 1 – kelas 12 semester 1). 

Keuntungan diterima di universitas lewat jalur ini juga cukup banyak, salah satunya adalah elo gak perlu lagi mengikuti tes tertulis (saat ini tes komputer) atau UTBK SBMPTN. Jalur penerimaan SNMPTN juga dilakukan lebih dahulu dibanding jalur penerimaan yang lain. 

Tiket utama yang harus elo pegang untuk diterima di jalur SNMPTN adalah laporan Penilaian Akhir Semester yang bagus. Jadi, kalo elo pengen masuk ke kampus impian elo tanpa ujian tertulis lagi, kerja kerasnya dari sekarangbro!

Ilustrasi siswa mengerjakan Penilaian Akhir Semester (PAS). (dok. Freepik)
Ilustrasi siswa mengerjakan ujian (dok. Freepik)

Nah, untuk membantu elo “bermain” cantik di Ujian Akhir Sekolah dan Penilaian Akhir Sekolah kali ini, Zenius udah siapkan amunisi yang tokcer

Tutor-tutor Zenius udah ngerangkum soal-soal Penilaian Akhir Sekolah berkualitas untuk menguji pemahaman elo tentang konsep setiap materi pelajaran yang akan masuk UAS. 

Elo bisa lihat detail di bawah, gue udah dijabarin berbagai macam latihan soal PAS kelas 10 dan 11 kurikulum 2013. Elo bisa langsung cek di bawah sekaligus coba ngerjain soalnya ya:

Latihan Soal PAS Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi

Oke, kita mulai dari soal PAS Matematika kelas 10 semester 1 & 2 kurikulum 2013, ya. 

Pada rangkuman ini, elo akan menemukan latihan soal matematika wajib dan matematika peminatan. 

Pada rangkuman soal PAS Matematika Wajib kelas 10 semester 2 dan semester 1 ini terdiri dari tujuh bab materi lengkap sebagai bahan latihan Penilaian Akhir Semester.

Selanjutnya adalah rangkuman soal PAS Matematika Peminatan kelas 10 semester 2 dan semester 1. 

Matematika peminatan terkenal lebih sulit daripada Matematika wajib karena dikhususkan buat elo yang masuk jurusan IPA. Tapi jangan khawatir berikut ini adalah rangkuman matematika peminatan untuk kelas 10:

Selanjutnya adalah rangkuman dari rumpun jurusan IPA, yaitu soal PAS Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Fisika

Kimia

Biologi

Buat yang mau soal pelajaran IPS, tentu aja Zenius udah ngebuat rangkumannya juga dong:

Sejarah Wajib

Sejarah Peminatan

Ekonomi

Geografi

Sosiologi

Dan yang terakhir adalah rangkuman latihan soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Reading Text, Expression hingga Grammar lengkap).

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Selain itu gue juga udah buat daftar latihan soal PAS kelas 11 semester 1 & 2 kurikulum 2013. Langsung elo cek dan coba soal-soal di bawah ini, ya.

Latihan Soal PAS Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi

akm 2021. Yuk tingkatkan nilai penilaian akhir semester dari sekarang!
Ilustrasi ujian. (Dok. Kemdikbud RI)

Oke, lanjut ke rangkuman untuk kelas 11. Pada bagian pertama, tim Zenius sudah merangkum soal UAS Matematika kelas 11 kurikulum 2013, ya. 

Bisa dibilang, soal PAS Matematika Wajib kelas 11 semester 2 kurikulum 2013 adalah bagian penting untuk persiapan elo menuju kelas 12 dan persiapan masuk universitas.

Matematika Peminatan

Terus, buat anak IPA, ada juga rangkuman soal PAS Fisika, Kimia, dan Biologi terbaru yang bisa langsung cek di sini:

Kimia

Biologi

Anak IPS juga gak ketinggalan, rangkuman lengkap mata pelajaran IPS juga ada nih:

Sejarah Wajib

Sejarah Peminatan

Ekonomi

Geografi

Sosiologi

Yang terakhir adalah rangkuman soal PAS Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris kelas 11 semester 1 dan 2:

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

***

Elo bisa kerjain semua soal Penilaian Akhir Sekolah (PAS) semester 1 dan 2 di atas secara GRATIS lewat web atau aplikasi Zenius! Cukup login, elo udah dapet semua aksesnya.

Kalo ngerasa udah mentok, Zenius juga menyediakan video pembahasannya, loh! Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. 

Nah, silakan gunakan kompilasi soal di atas untuk membuat elo keluar dari jurang remedial, ningkatin nilai, atau bahkan mempertahankan nilai tinggi elo selama ini di UAS atau PAS nanti. 

Walaupun memang tujuan pragmatisnya adalah untuk mendapatkan nilai yang bagus, tapi jangan coba-coba menghafal tipe soal ya. 

Soal-soal di atas disiapkan untuk mengevaluasi kesiapan elo dan sebagai bahan referensi untuk memperdalam konsep materinya. Soal-soal ini cuma membantu elo memetakan materi-materi penting yang harus elo pahami. 

Soal-soal Penilaian Akhir Sekolah juga pasti akan bervariasi karena dibuat oleh tiap guru dari sekolah yang berbeda. Maka dari itu, pahami konsep materi PAS secara mendalam dan menyeluruh, otomatis nilai bagus dan jalur SNMPTN akan terbuka lebar untuk elo.

Selain PAS, elo juga bisa ikut persiapan PTS dan PAT cara belajar yang efektif dari sekarang lho di Zenius, gimana caranya?

Untuk lebih lengkapnya, langsung klik di sini ya: Panduan Ujian PAS, PTS dan PAT.

Originally published: May 13, 2019
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!