Persiapan UAS dan PAS Semester Genap Kelas 10 dan 11 SMA

Setelah banyak perhatian pihak sekolah dan lembaga pendidikan tertuju kepada kelas 12 menuju kelulusan, sekarang saatnya perhatian dialihkan kembali ke kelas 10 dan 11. Yak, ujian akhir semester (UAS) atau penilaian akhir semester (PAS) genap atau UAS/PAS terakhir menuju kenaikan kelas akan segera dimulai. Hayoo hayoo, yang masih pasang mode santai karena sekolah kebanyakan sibuk dengan kelas 12, saatnya firing up lagi menghadapi UAS/PAS.

Gue sangat menyarankan untuk tidak memperlakukan UAS ini kayak ujian-ujian biasa aja. Jika lo bisa berpikir jauh ke depan, nilai lo di UAS/PAS ini tidak hanya untuk kenaikan kelas atau sekadar mengisi nilai rapor lho. Tapi nilai UAS ini bisa menjadi bekal berharga kalo lo ingin lolos universitas melalui jalur SNMPTN Undangan. Lolos atau tidaknya seseorang lewat SNMPTN ditentukan dari prestasinya di sekolah, mulai dari ulangan harian, UTS/PTS, dan UAS/PAS! Entah itu konsisten nilai selalu tinggi atau adanya kenaikan prestasi (nilai) dari semester ke semester. Jadi kalo lo pengen masuk ke jurusan dan universitas impian lo lewat jalur SNMPTN undangan, kerja kerasnya dari sekarang, bro!

Nah, untuk membantu lo bermain cantik di UAS/PAS kali ini, zenius udah siapin amunisi yang tokcer . Tutor-tutor Zenius udah mengkompilasikan soal-soal berkualitas untuk menguji pemahaman lo tentang konsep setiap materi pelajaran yang akan masuk UAS. Silakan dijabanin satu per satu nih.

 

SMA Kelas 10 Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Matematika Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Sosiologi Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Sejarah Kelas 10 SMA Kurikulum KTSP 2006

 

SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 (non-revisi)

Latihan Soal UAS Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Matematika Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Sosiologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Sejarah Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Ekonomi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

 

SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Matematika Wajib Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Matematika Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Biologi Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Sejarah Wajib / Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi

 

SMA Kelas 11 Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Sosiologi Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

Latihan Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum KTSP 2006

 

SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 (non-revisi)

Latihan Soal UAS Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Matematika Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Sosiologi Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

Latihan Soal UAS Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013

 

SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Matematika Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Sejarah Wajib / Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

Latihan Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi

***

Nah, silakan gunakan kompilasi soal di atas untuk membuat lo keluar dari jurang remedial, ningkatin nilai, atau bahkan mempertahankan nilai tinggi lo selama ini di UAS/PAS nanti. Walaupun memang tujuan pragmatisnya adalah untuk mendapatkan nilai yang bagus, tapi jangan coba-coba menghafal tipe soal ya. Soal-soal di atas disiapkan untuk mengevaluasi kesiapan lo dan sebagai bahan referensi untuk memperdalam konsep materinya. Soal-soal ini cuma membantu lo memetakan materi-materi penting yang harus lo pahami. Soal UAS/PAS pasti akan bervariasi karena dibuat oleh tiap guru dari sekolah yang berbeda. Pahami konsep materinya secara mendalam dan menyeluruh, nilai bagus akan mengikuti 😉

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau nanya atau komentar, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Alfinsa EP

    Mantap Fan. Btw bab IPS kok ga ada?

  • Iman

    Aku mau beli voucher zenius, kira" ada gak yah di indomaret di daerah ku:(

    • Fanny Rofalina

      Halo Iman, untuk beli voucher, kamu bisa pesan online di sini.
      https://www.zenius.net/voucher-purchase-online

      Selain bisa pilih voucher yang kamu butukan, kamu bisa pilih metode pembayarannya, apakah lewat transfer bank atau lewat indomaret.

      Ingat, Indomaret hanya melayani pembayaran voucher, bukan belinya di indomaret. Kamu harus pesan dulu lewat link di atas, setelah dapat bukti pemesanan, baru bawa buktinya ke Indomaret, lalu bayar di Indomaret. Semoga membantu

      • Iman

        Jadi setiap indomaret selalu bisa bayar di indomaret? Terus untuk vouchernya gmn? Apakah berbentuk voucher seperti biasanya atau gmn ka?

        • Ubayy

          Bisa bro mau di indomaret papua juga bisa hehe,
          Btk vouchernya ntar kayak kode, itu ada di struknya
          Gimana masukin kodenya? lo bikin akun dulu di zenius,

          Cara bilang ke mba2/mas indomaretnya gmn?
          Jadi ntar pas lo udah daftar, udah pilih pembayaran via Indomaret ntar ada KODE dari indomaretnya, bilang deh mau beli voucher zenius/belanja online 123/ trs kasih kode dari invoicenya

          Lo daftar dulu deh, ntar pasti ngerti

          • Iman

            Aku udh bikin akun zenius kak, cuman aku takutnya pas pembayaran malah mba/mas indomaretnya bingung:')
            Trus klo pembayarannya pake atm, antar vouchernya juga ada?

          • Alfinsa EP

            Saran gue sih beli voucher Zenius lebih enak di Gramedia (gak semua Gramedia ada booth Zenius memang) tinggal beli dan aktifin aja.

  • Ulfa Faiqoh

    Kak.. buat IPS nya gak ad nih?
    Aku pengen geografi sama sejarah nih..
    Btw materi nya kurang pas klo buat SMA dgn sistem SKS kak..
    Hehehe

    • Fanny Rofalina

      Iya nih, emang ga mudah cari tutor Geografi yang bisa memenuhi standar zenius.

  • fadhila zara

    ujian di sekolah ada 18 pelajaran, kira-kira bisa gak ya gaada yang dibawah kkm /_

    niatnya sih mau ngeperkuat di materi eksaknya aja .... tapi ternyata yang hapal2an juga banget huhu ;_;
    btw kak disini belum ada video pelajaran pkn ya?

  • achmad rizki fauzi

    minta bantu jelasin kawan
    apa bedanya matdas sama matemIPA?
    saya anak smk dulunya
    tolong pembeda spesifiknya apa,,,

    • Alfinsa EP

      Dari persebaran soalnya aja udah beda. Dari segi materi sih memang ada irisan antara keduanya, tapi gue ngliat bahwa di Matematika IPA lebih dalem pembahasannya. Untuk itu, saran gue sih lebih bagus belajar Matematika Dasar dulu, dilanjut Matematika IPA.

      • achmad rizki fauzi

        Ok.Satu lagi deh gimana saya tahu itu tipe soal matdas sama ipa?
        Maksud saya beda spesifiknya.

        • Alfinsa EP

          https://uploads.disquscdn.com/images/7051a1e5daa7638f112e66d8a670f77a5147bdc3f24f409182410d323cee012d.jpg

          https://uploads.disquscdn.com/images/0adaa85c165a16cb51cd7a12d7fd94a53fc8f9c5fe721cd9e8d0428ae59cf98d.jpg

          Oke, kebetulan di Zenius Blog udah pernah bahas persebarannya, jadi gue izin ngambil dari salah satu artikelnya nih.

          AFAIK, menurut gue pribadi, soal-soal di Matematika IPA mencakup materi yang lebih kompleks dibanding Matematika Dasar. Ada soal-soal tentang materi lingkaran, vektor, suku banyak, integral, dan trigonometri dimana di Matematika Dasar soal-soal tersebut jarang muncul. Sekarang ini trigonometri muncul juga sih, biasanya di soal-soal limit, identitas trigonometri, dll.

          CMIIW

          • achmad rizki fauzi

            ok gua ndiri berasa sensasi beda ketika tonton bahasan soal yang mat IPA
            makasi bro sarannya doakan saya masup PTN tahun ini.hehe

          • Alfinsa EP

            Feelnya emang beda hahaha.
            Saran aja sih mending kelarin Matdas dulu, dilanjut MatIPA. Gue liat di MatIPA lebih advance, basicnya diajarin di Matdas. Matdas agak kurang enak karena beberapa materi dijelasin pake codingan, bukan coretan tangan. Lebih nyaman coretan tangan. Yha opini gue sih hehe.

  • Adiyat Wira Negara

    Kak, mau tanya nih ...
    Kan besok senin mulai UASnya, kira2 strategi belajar yang oke gimana ya?

    Ngerjain soal diatas, baru belajar teorinya atau belajar konsep baru ngerjain soal diatas?

  • kenzi lam

    Kak Fanny
    Saya masih bingung dalam membentuk rencana besar, jadwal bulanan, masterlist, jadwal mingguan, dan mindmapping sebagai strategi belajar untuk SBMPTN. Bisakah saya melihat contoh-contohnya yang lengkap ?
    Terimakasih

  • Andi Muhammad Risal

    Kak, sosiologi klas 11 k13 revisi koq gk ad yah?

  • Vidia Yuniar

    Kak, persiapan UAS 2017 gak ada ya?

  • Muh takbir

    Kok soal latihan UAS 2 matematika untuk kelas 10 ktsp sama kyk UAS 1 matematika -Nya

  • Muh takbir

    Kak gimanah nih
    Kok latihan UAS 2 matematika kelas 10 ktsp isinya sama kayak latihan UAS 1 matematika kelas 10 ktsp