Menghadapi SBMPTN Bahasa Inggris 2013

Menghadapi SBMPTN Bahasa Inggris 2013

Mana yang lebih susah: Reading UN atau SBMPTN?

Jawabnya SBMPTN!

Tingkat kesulitan di SBMPTN itu jauh di atas UN. Susah di bagian mananya nih?  Lebih susah vocab-nya, lebih susah jenis pertanyaannya, dan waktunya teramat sangat singkat. Bahkan, di SBMPTN kita sering nemuin 2--4 soal yang rancu jawabannya.

Kalo masih bingung dengan tips menghadapi reading, coba akses tips belajar menghadapi reading Bahasa Inggris.

Btw ini ada tips tambahan dalam mengerjakan soal reading:

  1. Untuk mempersingkat waktu, biasakan baca cepet soalnya terlebih dahulu. Baru setelah itu kita mengacu ke paragraf.
  2. Ketika kamu gak tahu arti dari suatu vocab, tetap tenang. Kamu bisa menebak artinya dengan bantuan kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya.
  3. Bedakan vocab susah yang ‘penting’  dan ‘nggak penting’ (dalam konteks memahami kalimat). Vocab ‘penting’ = kalo nggak tau vocab ini, kamu nggak bisa paham arti kalimat itu. Vocab ‘nggak penting’ itu biasanya istilah yang terlalu spesifik dari sebuah bidang studi. Misalkan: fault line (istilah geografi), cantilever (istilah dalam konstruksi bangunan), gene splicing (istilah di biologi). Nah, nggak usah khawatir dengan vocab ‘nggak penting’ ini, karena arti ini biasanya akan dijelaskan di dalam paragraf.
  4. Kita nggak boleh memasukkan informasi yang tidak disebutkan di dalam teks, meskipun itu benar (termasuk pengetahuan umum). Kamu cuma boleh menjawab pertanyaannya hanya dengan informasi yang ada di teks. Kecuali kalau tidak ada jawaban lain.

SBMPTN Bahasa Inggris terkini terdiri dari 15 soal dengan empat teks. Topiknya yang paling umum dibicarain adalah sains. Tapi yang anak IPS nggak usah khawatir ya, semua informasi yang dibutuhin untuk jawab soal harusnya ada di teks kok.

Nah, sekarang untuk tahu soalnya seperti apa, yuk kita intip SNMPTN Bahasa Inggris 2012 ini. Pembahasannya SNMPTN 2013.

Sebelumnya juga kamu bisadownload dulu soal SNMPTN Bahasa Inggris 2012

Text 1

Pict Text 1

Nomor 1 (Untuk Nomor 1-5)

Nomor 1

Soal jenis ini, yang menanyakan tujuan dari si penulis, udah jadi makanan sehari-hari di soal ujian PTN. Untuk tahu tujuan si penulis itu apa, kita harus membaca keseluruhan teksnya (secara garis besar aja).

Misconception di soal jenis ini adalah, siswa sering menyimpulkan tujuannya hanya dari paragraf satu atau paragraf terakhir --- di mana ini adalah cara untuk mencari pikiran utama, bukan mencari tujuan penulis.

Kalo kamu hanya mengambil inti paragraf pertama, kamu akan menjawab B. Dan itu salah lho.

Nomor 2

Nomor 2

Pertanyaan ini terkadang muncul nih. Tingkat kesulitannya rendah nih. Soalnya, kalau kamu pernah membaca atau menulis, proses mencari keterkaitan antarparagraf itu hampir otomatis sudah kamu lakukan.

Nomor 3

Nomor 3

Nah, ini pertanyaan bonus karena mudah. Kata ‘they’  di sini adalah kata ganti subjek. Berarti, kalau ada kata ganti subjek, pasti sebelumnya subjeknya sudah disebut di dalam teks. Caranya kita tahu ‘they’ itu apa adalah dengan mencari kata sebenarnya di dalam klausa, atau kalimat sebelumnya.

Kita coba dulu dengan mengecek klausa sebelumnya, karena paling dekat.

“Technologies already exist to achieve this, but in Africa they have often not been taken up.”

[Teknologi-teknologi sudah ada untuk mencapai ini, tapi di Afrika mereka seringkali belum diterapkan.]

Mereka belum diterapkan. Kira-kira yang belum diterapkan itu apaan, ya? Kalo dari klausa sebelumnya, kita bisa menyimpulkan bahwa teknologi-teknologi itu yang belum diterapkan.

Nomor 4

Nomor 4

Ini jenis pertanyaan yang mengacu ke informasi spesifik di dalam teks. Cara paling cepat dan mudah adalah dengan langsung menuju ke paragraf di mana info ini berada. Di teks ini, kita bisa mengacu ke paragraf 2 dan 3 langsung.

Yang ditanya adalah yang SALAH. Dalam teks bahasa Inggris, salah itu bisa jadi:

  1. Yang informasinya ada di teks, tapi salah di pilihan jawaban.
  2. Yang informasinya tidak ada di teks. Mau benar sekalipun, kalo informasi tidak ada di teks itu dianggap salah.

Nomor 5

Nomor 5

Pertanyaan ini adalah tentang pandangan penulis atau opini penulis. Kalo pertanyaan model ini, jawabannya biasanya ada dua jenis. Yaitu jawaban yang implisit dan jawaban berupa dugaan kamu.

Kebetulah di sini pandangan penulis sudah tersirat, jadi kamu nggak perlu menduga-duga. Kita bisa lihat bahwa penulis menawarkan solusi berupa teknologi. Itu adalah garis besar isi paragraf kedua dan ketiga.

Text 2 (Untuk nomor 6 – 10)

Test-2

Nomor 6

Nomor 6

Contoh-contoh yang tertera dalam paragraf 2 itu mengklarifikasikan apa sih? Kalau pertanyaannya seperti ini, kita harus melihat semua contohnya (jangan cuma satu contoh). Setelah itu contoh-contoh tersebut harus kita sambungkan sama argumen si penulis.

Kalau kamu cuma lihat satu contoh saja, kamu akan terjebak di jawaban B.

Kalo kamu lihat semua contoh yang ada, kamu bisa menyimpulkan bahwa klasifikasi dalam kimia itu rumit nih dan kamu akan terjebak di jawaban D. Tapi, kalau kita gabungkan sama argumen si penulis, kamu akan menjawab berbeda.

Nah, di awal paragraf kedua, penulis bilang bahwa “The chemical classification of materials, if it based on a good system, should enable us to understand better the many substances which exists in our world”. Setelah contoh, penulis melanjutkan dengan “However, we soon realize that many probably quite different materials have the same appearance”. Sebenarnya, yang dimaksud dari penulis adalah C.

Nomor 7

Nomor 7

Pertanyaan ini mirip dengan nomor 6. Kita harus melihat semua contoh yang ada di paragraf 2. Lalu kita ambil intisari dari contoh-contoh tersebut.

A – Bukan intinya, walaupun info itu benar.

B – Benar.

C – Penulis tidak bilang bahwa klasifikasi dengan warna lebih bagus dari klasifikasi appearance. Tapi penulis bilang bahwa warna adalah kriteria lebih jauh tapi masih di bawah payung appearance. “Appearance could enable us to subdivide… .”

D – Bukan intinya.

E – Bukan intinya.

Nomor 8

Nomor 8

Ini pertanyaan yang maknanya kontekstual.

Dengan menggunakan pemahaman grammar dan vocab di bahasa Inggris, artinya adalah: Ahli kimia pun tidak terkecuali. Tapi arti ini maknanya kurang jelas. Agar makna tersebut jadi jelas, kita sambungkan sesuai konteksnya.

Paragraf satu intinya sistem klasifikasi itu dilakukan oleh semua pihak. Paragraf dua menceritakan pengelompokkan di bidang kimia. Setelah kita sambungkan dengan kedua kalimat di atas, kita bisa lihat bahwa maksud dari “Ahli kimia pun tidak terkecuali adalah bahwa ahli kimia juga mengklasifikasikan sesuatu.

Nomor 9

Nomor 9

Soal ini mengandaikan kalau ada paragraf lanjutan dari teks 2, topiknya akan membicarakan apa. Ini soal yang wajib kamu waspadai. Dari pengalaman soal-soal SNMPTN, ini adalah soal yang kerancuannya konsisten setiap tahun. Itu gara-gara clues yang dipaparkan di soal suka tidak jelas.

Sejujurnya, jawaban untuk nomor ini memang membingungkan dan kurang jelas asalnya dari mana. Akan tetapi, untuk nomor ini mau tidak mau kita akan menjawab C. Hal itu karena sesuai dengan topik yang pemaparannya mendominasi text 2.

Nomor 10

Nomor 10

Pertanyaannya adalah cara si penulis menyusun ide teksnya.

A – Benar. Yaitu dengan ide utama yang diikuti dengan contoh-contoh.

B – Sebab lalu akibat. Ini jelas salah.

C – Menginterpretasi  cara klasifikasi yang berbeda. Menginterpretasi itu artinya sama dengan mengerti dengan lebih dalam. Ini terlalu ekstrem nih, salah.

D – Penulis tidak menunjukkan strength dari ide utama.

E – Menunjukkan detil-detil secara kronologis. Ini tidak dijelaskan pada teks, maka salah.

Text 3 A ( Untuk No.11 -- 15 )

Pict Text 3a

Text 3 B ( Untuk No.11 -- 15 )

Pict Text 3b

Teks 3A dan 3B punya topik yang sama. Kamu akan diminta membandingkan kedua teks ini. Kalau dari kasus ini, keduanya sama-sama membicarakan mantan presiden Amerika Serikat. Untuk bentuk teks 3A dan 3B yang paling baik adalah dengan membaca cepat (skimming).

Nomor 11 

Nomor 11

Kalau yang ditanya adalah topik dari KEDUA teks di atas, maka harus mencakup keduanya. Jika hanya mencakup 1 teks di atas, berarti salah nih.

A – Informasinya hanya ada di teks 3B, salah.

B – Niat menjadi presiden tidak dipaparkan di teks. Salah.

C – Risiko dibunuh itu bukan topik teksnya, meskipun pembunuhan keduanya sempat diceritakan di kedua teks. Salah.

D – Kalau kamu milih D, ini adalah jebakannya. Meskipun secara keseluruhan cocok saja, tetapi topiknya terlalu luas dan subjektif. Salah.

E – Ini paling cocok untuk menggambarkan teksnya, yaitu untuk menggambarkan aksi apa saja yang sudah dilakukan oleh kedua mantan presiden tersebut.

Nomor 12

Nomor 12

Sekarang yang ditanya adalah yang BENAR berdasarkan KEDUA teks. Berarti teks A harus benar dan teks B harus benar.

A – Kata ‘joyous’ adalah kata kunci yang bikin pilihan ini salah. Apa tuh artinya? Hint: Ada hubungannya dengan ‘joy’.

B – Pilihan jawaban B itu ada kata yang mengganggu, yaitu ‘short’. Kita tidak tahu standar masa jabatan presiden yang pendek itu berapa tahun, maka agak membingungkan. Kalau kita pakai standar zaman sekarang, text 3A masih bisa dibilang lama menjabat. Kalau asumsi ini kita pakai, B salah.

C – Yang dibilang mau mengentaskan kemiskinan adalah text 3B saja, itu pun di luar negeri.

D – Masih bisa nyambung dengan text 3A dan 3B.

E – Development program hanya disebut di text 3B.

Nomor 13

Nomor 13

Sekarang kamu diminta membandingkan persamaan kedua teks. Jawaban yang mungkin adalah A, B , dan C. Tapi, ketika kita teliti lebih jauh, B salah karena penulis tidak sedang membicarakan kisah kehidupan sebagai seorang presiden. C juga salah karena yang ditonjolkan bukan kepemimpinan dari keduanya.

Nomor 14

Nomor 14

Kali ini kita diminta menyimpulkan isi kedua teks. Informasinya selain harus benar, harus juga menjadi inti keseluruhan bacaan.

A – Salah karena informasinya tidak dijelaskan di teks. Selain itu penggunaan kata ordinary di sini kurang jelas & ini bukan intisari dari teks.

B – Benar.

C – Bagian Jefferson salah.

D – Ini misrepresentasi dari informasi di teks 3B.

E – Tidak dijelaskan di teks 3B.

Nomor 15

Nomor 15

Ini adalah contoh soal yang menanyakan dugaan. Kamu harus menebak jawabannya. Tapi nggak boleh asal tebak nih. Kamu harus cari juga clues di dalam teks yang berhubungan dengan pertanyaannya.

Karena yang ditanya adalah Kennedy, yuk kita proceed ke teks 3B. Kita disuruh menduga apa yang akan dilakukan Kennedy kalau sekarang ia hidup dan menjadi presiden.

A – Bertentangan dengan teks 3B. Bisa dilihat di “But he believed that the best way tofight Communism was not by sending ar-

mies but by attacking poverty and injustice”.

B – Sesuai teks 3B.

C – Ini bertentangan dengan kalimat “He worked to stop the testing of

nuclear weapons”.

D – Tidak ada acuan ini dalam teks Kennedy.

E – Ini seperti A, salah.

Beres deh.. nah moga-moga tulisan ini bisa bantu kamu supaya makin pede buat ngehadepin soal reading SBMPTN 2013. Kalo ada yg masih mau nanya-nanya, atau sekedar ngobrol dan cerita, bisa langsung comment di bawah ya! Thank you

Cheers !

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Donnita adalah Senior Tutor Bahasa Inggris yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Bahasa Inggris di zenius.net dan juga zeniusenglish.com . Donnita mengambil S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia
 
Follow Twitter Donnita at @DonnitaSafiera

  • fadli

    i like it

  • Johan

    kalo 2013 nanti ada soal grammar apa reading semua kira-kira?

  • gita andini

    kaaa helpp mee masih belum bisa nguasain bhs.inggrisnya masih kekurangan vocab, bacaannya juga banyak banget kaa,,,:{

  • ….

    Biasanya aku ngelewatin yang bagian kalimatbutama, kalimat pkok, pkiran utama dan sejenisnya. Soalnya paling gabisa bagian itu. Padahal udah ngerti arti bacaannya. Cara ngakalinnya gimana ya?