Pembahasan Soal SIMAK UI 2015

Pembahasan Soal SIMAK UI 2015

Hello SobatZen! UN SMA 2016 telah berlalu. Saatnya kini fokus belajar lagi menghadapi ujian masuk PTN karena sebagian besar dari kita tau kalo SNMPTN adalah jalur masuk PHP (pemberi harapan palsu). Jadi, sebaiknya kalian ambil worst case-nya aja dan buru mulai belajar dari sekarang.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, beberapa PTN juga punya Seleksi Mandiri sebagai salah satu alternatif lain untuk masuk PTN. Salah satu dari seleksi mandiri itu adalah Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI. Tahun ini, UI memberikan kuota 20% untuk menerima mahasiswa baru dari jalur SIMAK. Walaupun kuota ini tidak sebesar SNMPTN (40%) dan SBMPTN (40%), jalur ini tetap bisa menjadi alternatif buat memperbesar peluang kalian masuk UI.

Beberapa waktu lalu zeniusBLOG udah sempat membahas seluk beluk dunia perkuliahan Universitas Indonesia. Nah, di artikel ini gue akan mencoba menjelaskan tentang gambaran umum ujian tulis SIMAK UI sekaligus link pembahasan soal SIMAK UI tahun 2009-2015. Buat lo yang pengen ikut SIMAK UI tahun 2016 ini, gue saranin banget untuk bookmark artikel ini untuk memudahkan lo belajar nanti.

simak ui

 

Sekilas tentang SIMAK UI

SIMAK UI merupakan jalur seleksi masuk UI untuk menyaring mahasiswa baru S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional dan Vokasi. Berikut adalah jadwal penting terkait SIMAK UI 2016.

  • Pendaftaran SIMAK UI 2016 : 18 April - 20 Mei 2016 melalui http://penerimaan.ui.ac.id
  • Ujian SIMAK UI 2016 : 5 Juni 2016
  • Pengumuman Hasil : 1 Juli 2016

Tahun ini, jadwal pelaksanaan SIMAK UI jatuh pada tanggal yang sama dengan UTUL UGM. Jadi, buat kalian yang ingin masuk UI dan UGM, gue sarankan atur strategi dari jauh-jauh hari untuk memaksimalkan peluang diterima. Misalnya, pada SBMPTN, kalian bisa beri prioritas pilihan pada UGM. Tapi ntar kalian ikut lagi SIMAK UI. Begitu juga sebaliknya.

SIMAK UI akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI.

Biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler yang diterima di SIMAK UI sama dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN ataupun SNMPTN. Simak lebih lanjut, biaya kuliah: Informasi Lengkap Biaya Kuliah dan Beasiswa PTN.

Materi yang Diujikan di SIMAK UI

Materi Ujian SIMAK UI S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Terdapat perubahan yang lumayan signifikan pada SIMAK UI tahun ini. Seperti yang telah dikonfirmasi oleh panitia penerimaan UI, tahun ini IPA Terpadu dan IPS Terpadu tidak lagi dimasukkan sebagai materi ujian. IPA Terpadu ga ada gantinya sedangkan IPS Terpadu digantikan dengan Sosiologi.

Jika lo mengincar jurusan atau program studi (prodi) IPA, materi ujian yang akan lo ikuti adalah KD dan KA. Jika lo pilih prodi IPS, materi ujiannya mencakup KD dan KS. Jika lo pilih prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC), materi ujiannya mencakup KD dan KA dan KS.

Pada SIMAK UI, lo bisa memilih maksimal 8 pilihan jurusan: 3 pilihan jurusan S1 Reguler, 3 pilihan jurusan S1 Paralel, dan 3 jurusan Vokasi.

Sistem Penilaian SIMAK UI

Sama seperti di SBMPTN, jawaban benar akan diberi nilai +4, jawaban salah -1, dan jawaban kosong diberi nilai 0.

 

Strategi Menghadapi SIMAK UI

Soal SIMAK UI itu terkenal sangat sulit, bahkan lebih sulit dari SBMPTN atau ujian mandiri lainnya, seperti UTUL UGM. Para tutor zenius sendiri perlu semedi berhari-hari untuk menyelesaikan soal SIMAK UI. Ga jarang para tutor mengulik jawaban buku teks perkuliahan hingga ke forum S2 dan S3. Nah, kalo gitu gimana dong cara belajarnya?

Buat yang berencana ikut SIMAK UI, gue asumsikan kalian juga berjuang di SBMPTN. Secara garis besar, persiapan belajar kalian buat SBMPTN itu udah bisa jadi fondasi yang bagus buat menghadapi SIMAK UI. Kalian matengin aja lagi menjelang SIMAK.

Lalu, gimana strategi dalam mengerjakan soal saat ujiannya berlangsung? Karena soal SIMAK UI itu sulit banget, lo mesti ingat beberapa hal berikut.

1. Jangan berharap bisa mengerjakan semuanya

Tutor zenius aja perlu semedi berhari-hari untuk rekaman pembahasan soal. Gimana lo yang sedang ujian dan punya waktu terbatas?

2.  Kerjain soal yang bener-bener lo bisa

Fokuslah pada soal-soal yang lo yakin bisa kerjakan. Kalau cuma bisa ngerjain dikit, katakanlah 1 soal doang, bukan berarti lo pasti nggak lulus. Walaupun cuma jawab 1, tapi lo yakin itu benar (berarti dapat poin 4), bisa aja itu udah cukup untuk meloloskan lo. Karena bisa aja ada peserta ujian lain yang jawab 5 soal nih: 1 benar, 4 salah. Total poinnya = (1x4)+(4x-1) = 0. Nah, lo masih lebih unggul dengan hanya menjawab 1 soal yang benar-benar lo yakini.

3. Jangan nebak-nebak jawaban

Masih nyambung ke poin kedua, jangan nebak jawaban kalo lo ga yakin. Mending kosongin aja biar ga dapat -1.

Oke deh, berikut pembahasan soal SIMAK UI:

- KEMAMPUAN DASAR (KD) -

Matematika Dasar

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

- KEMAMPUAN IPA (KA) -

Matematika IPA

Fisika

Kimia

Biologi

 IPA Terpadu

- KEMAMPUAN IPS (KS) -

Ekonomi

Sejarah

Geografi

IPS Terpadu

 ****

Beberapa link yang belum ada akan segera kami lengkapi dalam beberapa hari ke depan. Kami berharap pembahasan soal-soal SIMAK UI di atas sudah lebih dari cukup untuk membantu persiapan belajar kalian. Oke deh, semangat semangat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Fanny seputar penyelenggaraan maupun persiapan menghadapi SIMAK UI, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat kamu yang ketinggalan belum baca artikel sebelumnya tentang dunia perkuliahan di UI, zenius sangat menyarankan untuk membaca artikel:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • yang utul ugm kak?

    • Fanny Rofalina

      UTUL UGM sedang dipertimbangkan untuk direkam ya 🙂

  • Tanisha Fortuna

    kak aku baca di berita yg direpost di line katanya simak ui udah gak ada ipa/ips terpadunya lagi._.

    • Salsa

      diganti sosiologi ?

    • Fanny Rofalina

      Hello Tanisha. Iya, makasih banyak ya buat koreksinya. Aku udah telepon langsung panitianya. Tahun ini IPA Terpadu dan IPS Terpadu ditiadakan. IPA Terpadu ga ada gantinya. IPS Terpadu diganti Sosiologi. Informasinya udah ku koreksi ya di atas ^^

      • Acul_kamigaje

        maaf blm ngerti nih, jadi magsdnya smua pljran ips dgnti dng 1 mata pljran aja ya kak? jdi test sosiologi aja?

  • Andri Yulianti

    Aku liat di situs simak ui nya IPS terpadu udah diganti jadi sosiologi kak hehe CMIIW

  • Arif

    yg utul ugm mana kx

  • unsaqoyimah

    kak soal2nya gk bisa di download? jadi versi pdfnya blm ada ya? kira2 bakal di adain gk versi pdfnya?

    • Fanny Rofalina

      Iya bakal kita update kok. Sabar ya 😉

      • Daoutlier

        oke kak :D, makasih..

  • Salsa

    ralat kak, simak ui bisa milih max 8 jurusan dg ketentuan : 3 S1 reg, 3 S1 Par, 3 Vokasi

    • Fanny Rofalina

      Hi Salsa. Iya aku udah tau. Tapi tadinya ku asumsikan pembaca tulisan ini adalah yang mengjar S1 Reguler. Tapi yaudah deh ga apa2, gue bakal pertegas lagi. Makasih ya ralatnya.

  • Meita Sari Perdana

    Di kumpulan soal kebanyak soal simak ui,artikel di blog juga kebanyakan ttg ui. Ugm juga dong min-_-

  • Moch Siswan Afandi

    thanks kak fani..

    • Fanny Rofalina

      Sama-sama. Semoga bermanfaat

  • Amalia L. Pradifera

    Kak aku di SMA anak IPA terus buat SIMAK sama SBMPTN nya mau ngambil IPS nih tapi aku cuma mantep di satu jurusan doang yaitu manajemen. menurut kak fanny aku choose 1 aja atau pilih pilih yang lain juga buat 8 pilihan lainnya?

    • Fanny Rofalina

      Pilih aja juga yang lain untuk memperbesar chance diterima. Di UI, juga ada jurusan Administrasi Niaga (Bisnis) yang hampir mirip dengan Manajemen.

  • Rizky Akbar

    Ka, gue nih kan anak lintas jurusan, gue baru belakangan ini mulai ngejar ekonomi.
    Kalau di zenius ekonominya mending gue tonton yang mana? yang di video sbmptn atau video kelas" sma?
    komposisinya sama gak ya kira kira?
    terus tolong dong kak materi materi geografi dilengkapi 😀

    makasih kak

    • Fanny Rofalina

      Hello Ryzky.
      Baiknya kamu ngikutin track belajar video ekonomi SBMPTN. Tapi sekiranya ada konsep dasar yang kamu masih kurang paham juga, boleh deh intip2 video Ekonomi SMA.

      Iya, kami sedang usahain banget nih buat Geografi.

      Good luck ya

  • Rinarianty

    kak mau nanya nih katanya klu sbm itu dikasi kuota ya kak misalnya akun ui pendaftarnya kan banyakan di jkt jadi kuota di jkt diperbanyak juga, emang gitu ya kak? trs klu mmng iya simak juga kayak gitu? makasih sebelumnya kak 🙂

    • Fanny Rofalina

      Kayaknya enggak deh. Kuota merata secara nasional.

  • Alfinsa EP

    Itu yang di atas kok gue banget. Ngisi lima soal geografi, bener satu salah empat XD

  • kak , total biaya yang dikeluarkan untuk kuliah dari jalur simak dan sbmptn ( biaya pendaftaran , biaya pembangunan dll) sama ga kak ? soalnya gue pernah dengar kalau dijumlahkan secara keseluruhan biaya kuliah jalur simak lebih mahal. Thanks

    • Fanny Rofalina

      enggak, sama aja

  • Agra Muhammad Afanka

    kak di simak UI untuk S1,ada test potensi akademiknya gak?

  • Rizzie

    bookmarked!
    till the very last game #fingercrossed

  • Tami Humairah

    Kak, mau tanya bedanya program paralel di ui sama program reguler (selain biaya) apa ya? Apa ada perbedaan perlakuan, jadwal kuliah, tugas, ijazah, dll?

    • Kharisma Putri Ramadhanty

      hi. bantu jawab setau aku ya^^ kalo reguler itu peserta/pendaftarnya kayak sbmptn, cuma bisa diikuti oleh lulusan 3tahun terakhir (misal: sekarang 2016, jadi yang daftar cuma boleh lulusan 2014, 2015, dan 2016). sedangkan kalo paralel bisa lulusan tahun berapa aja. semoga membantu ya:) *cmiiw

  • RETNO FITRI KUSUMASTUTI

    Ka, ada pembahasan ujian basa inggris jalur simaknui ekstensi ngga ?

  • amalina hanifah

    kakk ipsnya mana 🙁 ekonomi geo sosio

  • Shiroyuuki Nessa

    Kak, di simak gk ada tpa nya ya? Trus penilaian simak itu porsinya gimana? Kan kalo sbm itu tpa 30%, tkd 30%, soshum 40%. Kalo buat simak gimana? Terimakasih kak....

    • Yacub Fahmilda

      Bener nih, baru kepikiran, Makasih udah nanya, (..........nunggu di komen)

  • Yacub Fahmilda

    Total soalnya berapa ya?
    MTK, B ing, B indo. ?
    EKO, SOSIO, GEO, SEJ ?

  • nurul afni

    kak itu emang soalnya aja? ga ada jawaban dan pembahasan? ga ngerti caranya:(

  • Ami

    wow, H-4 dan gw baru ngeuh kalau ips terpadu diganti sama sosio..

  • Arif

    kak kalau gak diisi sama sekali di satu mapel itu dapat nilai mati gak trima kasih

  • Froosenss Kuwii Jenengku

    met pagi admin zenius.... gua mau nanya nie.... bisakah dari ijazah jurusan ips milih fakultas farmasi di simak ui 2017 yang akan datang......yang kita tahu sbmptn membolehkan lintas jurusan... nah bagaimanakah dengan persyartan simak ui yang berkaitan lintas jurusan ,...
    thx yang bisa kasih jawaban yg tepat dan lengkap....

  • Abekawa Shireina

    Kak, aku ngebet banget ngejar Sastra Jerman/Ilmu Filsafat di UI. Aku dr SMK btw :" kira-kira perlu les tambahan ngga biar lebih mantap nanti ikut simak UI nya?

  • Khairunnisa Atikah

    Kalo mau mengerjakan soal dengan cerdas, untuk akuntansi UI berapa soal yang perlu dikerjakan ya kak?

  • Agatha

    Kak, simak ui inter dan utul inter akan direkam gk? Thanks

  • Meela

    kalau simak ui kelas internasional gimana?

  • Kk kalo kita gabisa di salah satu pelajaran kemampuan dasar gimana ?