Pembahasan Soal SIMAK UI 2016

Pembahasan Soal SIMAK UI 2016

Halo teman-teman kelas 12 SMA/SMK.. Gue yakin kalian sedang super sibuk dengan USBN dan UNBK. Belum sempat bernapas lega, nantinya kalian udah harus fokus lagi mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk universitas. Nah, kali ini gue mau berbagi info dan strategi terkait ujian masuk universitas.

Selain jalur undangan SNMPTN dan jalur tes tertulis bersama SBMPTN, beberapa perguruan tinggi negeri, kedinasan, dan swasta Indonesia juga mengadakan Seleksi Mandiri sebagai salah satu alternatif lain untuk masuk PTN/PTK/PTS. Untuk memperbesar peluang kalian kuliah tahun ini, lebih baik kalian proaktif cari tahu mengenai jadwal berbagai Seleksi Mandiri yang ada di Indonesia. Daripada cuma bisa bengong ketika dinyatakan ga lolos lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Mending persiapkan worst case dari sekarang.

Nah, biasanya ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jalur Seleksi Mandiri sampe Agustus. Jadi jangan pikir perjuangan kalian berhenti pada SNMPTN dan SBMPTN aja. Persiapkan mental kalian untuk terus belajar dan berjuang hingga Agustus nanti. Informasi lebih lengkap tentang berbagai Seleksi Mandiri PTN, bisa kalian liat di sini.

Salah satu dari seleksi mandiri itu adalah Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI.

"Lah, bukannya SIMAK UI ditutup ya tahun ini?"

Nah, itu dia hal yang mau gue perjelas. Untuk lulusan SMA/sederajat, ada beberapa program pendidikan yang disediakan Universitas Indonesia, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dan Vokasi (D3). Nah, jalur SIMAK UI yang ditutup untuk tahun ini adalah jalur SIMAK UI S1 Reguler. SIMAK UI tetap membuka penerimaan untuk program pendidikan S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dan Vokasi (D3) untuk para lulusan SMA/sederajat. Di sini, gue bakal fokus membahas perbandingan program S1 Reguler UI dan S1 Paralel UI aja ya.

S1 Reguler UI

  • Program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2017 untuk lulusan 2017, 2016, 2015. Dengan kata lain, saingan lo adalah teman-teman yang masih sepantaran.
  • Sejak 2013, mahasiswa program S1 Reguler tidak perlu lagi membayar uang pangkal.
  • Uang semester disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga mahasiswa. Mahasiswa program S1 Reguler berhak mengajukan keringanan biaya kuliah dan beasiswa ke pihak universitas.
  • Untuk tahun 2017, jalur masuk S1 Reguler adalah melalui SNMPTN dan SBMPTN.

S1 Paralel UI

  • Program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Artinya, selain dengan teman sepantaran, lo juga akan bersaing dengan orang-orang yang (jauh) lebih tua.
  • Mahasiswa program S1 paralel harus membayar uang pangkal dan uang semester.
  • Uang semester S1 Paralel relatif lebih mahal dibandingkan S1 Reguler, walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh.
  • Mahasiswa program S1 Paralel TIDAK berhak mengajukan keringanan biaya kuliah dan beasiswa ke pihak universitas.
  • Pada semester awal, memang terasa sekali perbedaan mahasiswa S1 Regular dan S1 Paralel karena jadwal perkuliahan masih paketan. Tapi mulai semester 4, kelas anak regular dan paralel sudah mulai campur.
  • Kampus memberikan perlakuan yang sama antara mahasiswa S1 Regular dan S1 Paralel. Ijazah dan gelar yang didapat juga sama.
  • Untuk tahun 2017, jalur masuk S1 Paralel adalah melalui SIMAK dan PPKB.

Jadi, berdasarkan poin-poin di atas, dapat ditarik kesimpulan:

jika memang keuangan kelurga lo tidak masalah dengan uang pangkal dan biaya kuliah yang lebih tinggi, lo tetap bisa memanfaatkan jalur SIMAK UI untuk berkuliah di Universitas Indonesia dengan program S1 Paralel.

simak ui

 

Sekilas tentang SIMAK UI

Berikut adalah jadwal penting terkait SIMAK UI 2017:

  • Pendaftaran SIMAK UI 2017 untuk S1 Paralel: 10 April - 8 Mei 2017 melalui http://penerimaan.ui.ac.id
  • Ujian SIMAK UI 2017 untuk S1 Paralel: 21 Mei 2017
  • Pengumuman Hasil :  21 Juni 2017

SIMAK UI akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Cilegon, Bogor, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan).

Materi yang Diujikan di SIMAK UI

Materi Ujian SIMAK UI S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Sejak tahun 2016 kemarin, IPA Terpadu dan IPS Terpadu tidak lagi dimasukkan sebagai materi ujian. IPA Terpadu ga ada gantinya, sedangkan IPS Terpadu digantikan dengan Sosiologi.

Jika lo mengincar jurusan atau program studi (prodi) IPA, materi ujian yang akan lo ikuti adalah KD dan KA. Jika lo pilih prodi IPS, materi ujiannya mencakup KD dan KS. Jika lo pilih prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC), materi ujiannya mencakup KD dan KA dan KS.

Sistem Penilaian SIMAK UI

Sama seperti di SBMPTN, jawaban benar akan diberi nilai +4, jawaban salah -1, dan jawaban kosong diberi nilai 0.

 

SIMAK UI vs UTUL UGM

FYI aja nih, berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, jadwal pelaksanaan seleksi mandiri SIMAK UI dan seleksi mandiri UTUL UGM dilaksanakan dalam waktu yang berdekatan, bahkan dilaksanakan pada hari yang sama. Buat lo yang berminat untuk mendaftar ke UI dan UGM sekaligus, sepertinya rada ga mungkin ya untuk mengikuti kedua ujian ini di hari yang sama. Ini selalu menjadi dilema anak-anak tiap tahun.

"Mending ikutan SIMAK UI atau UTUL UGM ya?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:

1. Keuangan Keluarga

Apakah keuangan orang tua lo ga masalah dengan uang pangkal dan uang semester program S1 Paralel di UI? Kalo ternyata keuangan orang tua lo rada pas-pasan, sepertinya lo ga usah ikut SIMAK. Lo bisa perjuangin program S1 Reguler UI (yang biaya kuliahnya relatif lebih murah) di SBMPTN. Dan lo tentunya bisa ikut UTUL UGM tanpa adanya dilema bentrok jadwal.

Kalo emang keluarga lo "cukup kaya" untuk membiayai S1 Paralel UI, masuk ke pertimbangan nomor 2.

2. Pilihan Jurusan

Sebelum memetakan jalur ujian mana yang akan lo ikuti, lebih baik lo mantapkan dulu pilihan-pilihan jurusan yang akan lo ambil. Mantap di sini artinya, apapun hasil yang lo dapat nantinya, lo bisa menerima itu dengan ikhlas dan senang hati. Jadi ga ada lagi kasus lo asal milih pilihan jurusan buat "yang penting isi pilihan jurusan no 3". Eh ternyata pas pengumuman, lo ga lulus di pilihan 1 dan 2, lo malah lulus di pilihan 3. Trus jadi bingung sendiri deh mau ambil apa enggak. Jadi mantapin dulu ya pilihan jurusannya.

3. Tingkat Persaingan Jurusan

Setelah lo memantapkan pilihan jurusan yang bakal lo ambil, sekarang lo perlu cari tau tingkat persaingan jurusan tersebut di masing-masing universitas. Tingkat persaingan jurusan yang sama pada universitas yang berbeda, pastinya akan berbeda. Gimana cara cari taunya? Tingkat persaingan yang dimaksud di sini adalah rasio antara peminat (total pendaftar) jurusan itu berbanding dengan daya tampung jurusan itu pada tahun-tahun lalu. Lo bisa mulai proaktif ngulik website-website universitas. Biasanya mereka beberin kok jumlah peminat dan daya tampung per jurusan.

Contohnya, UI membeberkan tingkat persaingan tiap jurusan program S1 Paralel UI di sini.

4. Memetakan Pilihan Jurusan dan Ujian Masuk

Ada satu fenomena yang masih jarang diketahui, yaitu persaingan di SBMPTN itu ketat banget, sedangkan persaingan di Seleksi Mandiri perguruan tinggi umumnya ga terlalu seberdarah-darah SBMPTN. Hal ini adalah hasil observasi zenius selama bertahun-tahun. Ada anak yang ga lolos di SBMPTN, tapi malah lolos di SIMAK UI untuk jurusan yang sama. Dan masih banyak lagi cerita serupa untuk jalur seleksi mandiri yang lain.

Apa dong strategi yang tepat untuk menyikapi fenomena ini?

Setelah lo mengumpulkan informasi tingkat persaingan tiap pilihan jurusan di tiap universitas dan program pendidikan yang bakal lo ambil, lo bisa mulai melakukan pemetaan. Untuk pilihan jurusan yang memiliki tingkat persaingan tinggi, lebih baik lo perjuangkan di jalur Seleksi Mandiri. Untuk pilihan jurusan yang memiliki tingkat persaingan relatif lebih rendah, lebih baik lo perjuangkan di SBMPTN.

Setelah lo melakukan pemetaan ini, nantinya lo bisa menjawab sendiri mendingan ikut SIMAK UI atau UTUL UGM. 🙂

Lo bisa baca lebih lanjut: 6 Langkah Strategis untuk masuk Universitas

 

Strategi Menghadapi SIMAK UI

Soal SIMAK UI itu terkenal sangat sulit, bahkan lebih sulit dari SBMPTN atau ujian mandiri lainnya, seperti UTUL UGM. Para tutor zenius sendiri perlu semedi berhari-hari untuk menyelesaikan soal SIMAK UI. Ga jarang para tutor mengulik jawaban buku teks perkuliahan hingga ke forum S2 dan S3. Nah, kalo gitu gimana dong cara belajarnya?

Buat yang berencana ikut SIMAK UI, gue asumsikan kalian juga berjuang di SBMPTN. Secara garis besar, persiapan belajar kalian buat SBMPTN itu udah bisa jadi fondasi yang bagus buat menghadapi SIMAK UI. Kalian matengin aja lagi menjelang SIMAK.

Lalu, gimana strategi dalam mengerjakan soal saat ujiannya berlangsung? Karena soal SIMAK UI itu sulit banget, lo mesti ingat beberapa hal berikut.

1. Jangan berharap bisa mengerjakan semuanya

Tutor zenius aja perlu semedi berhari-hari untuk rekaman pembahasan soal. Gimana lo yang sedang ujian dan punya waktu terbatas?

2.  Kerjain soal yang bener-bener lo bisa

Fokuslah pada soal-soal yang lo yakin bisa kerjakan. Kalau cuma bisa ngerjain dikit, katakanlah 1 soal doang, bukan berarti lo pasti nggak lulus. Walaupun cuma jawab 1, tapi lo yakin itu benar (berarti dapat poin 4), bisa aja itu udah cukup untuk meloloskan lo. Karena bisa aja ada peserta ujian lain yang jawab 5 soal nih: 1 benar, 4 salah. Total poinnya = (1x4)+(4x-1) = 0. Nah, lo masih lebih unggul dengan hanya menjawab 1 soal yang benar-benar lo yakini.

3. Jangan nebak-nebak jawaban

Masih nyambung ke poin kedua, jangan nebak jawaban kalo lo ga yakin. Mending kosongin aja biar ga dapat -1.

Berikut pembahasan soal SIMAK UI:

- KEMAMPUAN DASAR (KD) -

Matematika Dasar

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

- KEMAMPUAN IPA (KA) -

Matematika IPA

Fisika

Kimia

Biologi

 IPA Terpadu

- KEMAMPUAN IPS (KS) -

Ekonomi

Sejarah

Geografi

Sosiologi

IPS Terpadu

 ****

Oke deh. Gue rasa gue udah beberin banyak banget strategi untuk SIMAK UI. Sekarang waktunya belajar. Semangat semangat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Fanny seputar penyelenggaraan maupun persiapan menghadapi SIMAK UI, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat kamu yang ketinggalan belum baca artikel sebelumnya tentang dunia perkuliahan di UI, zenius sangat menyarankan untuk membaca artikel:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • yang utul ugm kak?

  • Tanisha Fortuna

    kak aku baca di berita yg direpost di line katanya simak ui udah gak ada ipa/ips terpadunya lagi._.

    • Salsa

      diganti sosiologi ?

    • Fanny Rofalina

      Hello Tanisha. Iya, makasih banyak ya buat koreksinya. Aku udah telepon langsung panitianya. Tahun ini IPA Terpadu dan IPS Terpadu ditiadakan. IPA Terpadu ga ada gantinya. IPS Terpadu diganti Sosiologi. Informasinya udah ku koreksi ya di atas ^^

      • Acul_kamigaje

        maaf blm ngerti nih, jadi magsdnya smua pljran ips dgnti dng 1 mata pljran aja ya kak? jdi test sosiologi aja?

  • Andri Yulianti

    Aku liat di situs simak ui nya IPS terpadu udah diganti jadi sosiologi kak hehe CMIIW

  • Arif

    yg utul ugm mana kx

  • unsaqoyimah

    kak soal2nya gk bisa di download? jadi versi pdfnya blm ada ya? kira2 bakal di adain gk versi pdfnya?

    • Fanny Rofalina

      Iya bakal kita update kok. Sabar ya 😉

      • Daoutlier

        oke kak :D, makasih..

  • Salsa

    ralat kak, simak ui bisa milih max 8 jurusan dg ketentuan : 3 S1 reg, 3 S1 Par, 3 Vokasi

    • Fanny Rofalina

      Hi Salsa. Iya aku udah tau. Tapi tadinya ku asumsikan pembaca tulisan ini adalah yang mengjar S1 Reguler. Tapi yaudah deh ga apa2, gue bakal pertegas lagi. Makasih ya ralatnya.

  • Meita Sari Perdana

    Di kumpulan soal kebanyak soal simak ui,artikel di blog juga kebanyakan ttg ui. Ugm juga dong min-_-

  • Moch Siswan Afandi

    thanks kak fani..

    • Fanny Rofalina

      Sama-sama. Semoga bermanfaat

  • Amalia L. Pradifera

    Kak aku di SMA anak IPA terus buat SIMAK sama SBMPTN nya mau ngambil IPS nih tapi aku cuma mantep di satu jurusan doang yaitu manajemen. menurut kak fanny aku choose 1 aja atau pilih pilih yang lain juga buat 8 pilihan lainnya?

    • Fanny Rofalina

      Pilih aja juga yang lain untuk memperbesar chance diterima. Di UI, juga ada jurusan Administrasi Niaga (Bisnis) yang hampir mirip dengan Manajemen.

  • Rizky Akbar

    Ka, gue nih kan anak lintas jurusan, gue baru belakangan ini mulai ngejar ekonomi.
    Kalau di zenius ekonominya mending gue tonton yang mana? yang di video sbmptn atau video kelas" sma?
    komposisinya sama gak ya kira kira?
    terus tolong dong kak materi materi geografi dilengkapi 😀

    makasih kak

    • Fanny Rofalina

      Hello Ryzky.
      Baiknya kamu ngikutin track belajar video ekonomi SBMPTN. Tapi sekiranya ada konsep dasar yang kamu masih kurang paham juga, boleh deh intip2 video Ekonomi SMA.

      Iya, kami sedang usahain banget nih buat Geografi.

      Good luck ya

  • Rinarianty

    kak mau nanya nih katanya klu sbm itu dikasi kuota ya kak misalnya akun ui pendaftarnya kan banyakan di jkt jadi kuota di jkt diperbanyak juga, emang gitu ya kak? trs klu mmng iya simak juga kayak gitu? makasih sebelumnya kak 🙂

    • Fanny Rofalina

      Kayaknya enggak deh. Kuota merata secara nasional.

  • Alfinsa EP

    Itu yang di atas kok gue banget. Ngisi lima soal geografi, bener satu salah empat XD

  • kak , total biaya yang dikeluarkan untuk kuliah dari jalur simak dan sbmptn ( biaya pendaftaran , biaya pembangunan dll) sama ga kak ? soalnya gue pernah dengar kalau dijumlahkan secara keseluruhan biaya kuliah jalur simak lebih mahal. Thanks

    • Fanny Rofalina

      enggak, sama aja

  • Agra Muhammad Afanka

    kak di simak UI untuk S1,ada test potensi akademiknya gak?

    • Ratu Yovita

      enggak ada..

  • Rizzie

    bookmarked!
    till the very last game #fingercrossed

  • Tami Humairah

    Kak, mau tanya bedanya program paralel di ui sama program reguler (selain biaya) apa ya? Apa ada perbedaan perlakuan, jadwal kuliah, tugas, ijazah, dll?

    • Kharisma Putri Ramadhanty

      hi. bantu jawab setau aku ya^^ kalo reguler itu peserta/pendaftarnya kayak sbmptn, cuma bisa diikuti oleh lulusan 3tahun terakhir (misal: sekarang 2016, jadi yang daftar cuma boleh lulusan 2014, 2015, dan 2016). sedangkan kalo paralel bisa lulusan tahun berapa aja. semoga membantu ya:) *cmiiw

  • RETNO FITRI KUSUMASTUTI

    Ka, ada pembahasan ujian basa inggris jalur simaknui ekstensi ngga ?

  • amalina hanifah

    kakk ipsnya mana 🙁 ekonomi geo sosio

  • Shiroyuuki Nessa

    Kak, di simak gk ada tpa nya ya? Trus penilaian simak itu porsinya gimana? Kan kalo sbm itu tpa 30%, tkd 30%, soshum 40%. Kalo buat simak gimana? Terimakasih kak....

    • Yacub Fahmilda

      Bener nih, baru kepikiran, Makasih udah nanya, (..........nunggu di komen)

  • Yacub Fahmilda

    Total soalnya berapa ya?
    MTK, B ing, B indo. ?
    EKO, SOSIO, GEO, SEJ ?

  • nurul afni

    kak itu emang soalnya aja? ga ada jawaban dan pembahasan? ga ngerti caranya:(

  • Ami

    wow, H-4 dan gw baru ngeuh kalau ips terpadu diganti sama sosio..

  • Arif

    kak kalau gak diisi sama sekali di satu mapel itu dapat nilai mati gak trima kasih

  • Froosenss Kuwii Jenengku

    met pagi admin zenius.... gua mau nanya nie.... bisakah dari ijazah jurusan ips milih fakultas farmasi di simak ui 2017 yang akan datang......yang kita tahu sbmptn membolehkan lintas jurusan... nah bagaimanakah dengan persyartan simak ui yang berkaitan lintas jurusan ,...
    thx yang bisa kasih jawaban yg tepat dan lengkap....

  • Abekawa Shireina

    Kak, aku ngebet banget ngejar Sastra Jerman/Ilmu Filsafat di UI. Aku dr SMK btw :" kira-kira perlu les tambahan ngga biar lebih mantap nanti ikut simak UI nya?

  • Khairunnisa Atikah

    Kalo mau mengerjakan soal dengan cerdas, untuk akuntansi UI berapa soal yang perlu dikerjakan ya kak?

  • Agatha

    Kak, simak ui inter dan utul inter akan direkam gk? Thanks

  • Meela

    kalau simak ui kelas internasional gimana?

  • Kk kalo kita gabisa di salah satu pelajaran kemampuan dasar gimana ?

  • Rahmita Aulia

    Ka fanny pembahasan utul ugm dong

  • Al.

    kak share soal utul ugm sama pembahasannya dong kak yang soshum soalnya aku cari gada soal utul ugm yang soshum hehe

    • Fanny Rofalina

      Hai Al.

      Thank you for noticing. Tim zenius sedang mengusahakan untuk melengkapi penbahasan soal UTUL UGM. Lumayan susah juga cari soalnya, karena panitia UTUL UGM ga publish soalnya untuk publik, ga seperti SIMAK UI. Selain itu, /setelah ujian, 0peserta juga diharuskan mengumpulkan soal.

      • Al.

        sebenernya aku ada soal utul soshum dr 2005 -2009 sm 2013 yang paket soshum nya sm tkdu tapi kyk kurang enak aja kalo gada pembahasannya trs aku jg kan ga ikut bimbel apapun cuma ngandelin zenius aja jd aku pgn dpt pembahasan pasti gt lho kak jawabannya biar lbh akurat mau bantuin bikin pembahasannya ga kak? soalnya nnti aku kirim lewat email.. btw utul ada tpa nya jg kan kak? soalnya aku jg gadapet soal tpa nya hehe sblm nya makasih banyak ya kak

        • Fanny Rofalina

          Hal Al.

          Sebenernya tim tutor zenius udah ada soal Soshum UTUL UGM. Tinggal diagendakan untuk direkam aja.
          Soal UTUL yang masih kami cari adalah TPA.

          • Al.

            hoala gt kak okd ditunggu ya kak makasii banyaaakkk hehe

  • afi

    Kalau ikut SIMAK UI S1 Paralel dan diterima, nantinya mengajukan bidik misi boleh nggak kak?

    • Fauzan

      ga bisa ngajukan bidikmisi qaqa

      • afi

        Bukannya BPO sama bidik misi itu beda?
        BPO itu beasiswa dari UI, tapi bidikmisi itu beasiswa dari pemerintah?
        Minta kejelasannya dong..

        • Fauzan

          BPO = UKT
          BPO terdiri dari BPO-Berkeadilan serta BPO-Pilihan

          Kalo paralel ga bisa mengajukan beasiswa apapun

          • afi

            Setelah lama ga buka web simak, tadi buka web-nya lagi dan iya, bener bidik misi ga bisa daftar simak. Yg boleh ngajuin beasiswa cuma yang reguler.

            Anw, makasih atas jawabannya, ya.

  • Rajesh Simatupang

    Kak
    Bagusan ikut UTUL atw Simak ya kk?
    Secara kn ujiannya barengan
    Trus, pesaingnya ketatan mana kk ?
    Satu lagi kk, tingkat kesulitan soalnya yg mna lebih mudah kk, UTUL atw Simak?

    • Fanny Rofalina

      Hai Rajesh.

      Pertanyaan lo udah gue jawab kok di atas 😉 Coba ulang lagi bacanya baik-baik.

      Kalo tingkat kesulitan, sepertinya lebih sulit soal SIMAK UI.

      • Rajesh Simatupang

        Haha, maaf kk
        Kmrn itu aku nanyanya malam, ga sempet baca artikelnya karna udh ngantuk, berharap besoknya langsung d bls
        Kk, mw nanya lagi
        Lebih besar peluang lulus jalur UTUL atw Simak yah kk?
        Denger2 katanya dri org dalam
        Kalo UTUL lebih prioritasin org yg ujiannya d Yogyakarta d banding 3 daerah yg lainnya, meskipun ada yg lulus dri daerah lain kemungkinan itu org2 yg mmg nilainya tinggi banget, sistem penilaiannya ga pararel gtu kk, mnrt kk gmna??

        • Fanny Rofalina

          Hai Rajesh,
          Panitia Sleeksi Mandiri jarang sekali mempublikasikan secara resmi ttg prioritas pilihan mereka. Kita cuma bisa berspekulasi. Dan gue ga bisa kasih komen tertentu terhadap informasi yang lo bilang, karena gue juga ga bisa mengkonfirmasi ke berbagai pihak.

          • Rajesh Simatupang

            Ok dh kk
            Thanks infonya
            Gbu

  • Yosua Andika

    Kalo simak ui kan pararel. Nah kalo utl ugm gimana tuh ada uang pangkal nya gak. Trust bisa ngajuin keringanan+ beasiswa gak. Atau sama kaya snm& sbm yg pake ukt. Thanks zen

  • nabila meidiana

    hai kaa, nama ku nabila. aku mau nannya. simak ini sama kaya sbm ga sih dalam pengambilan jurusan. kebetulan aku anak ipa mau ambil jurusan ips. gmna ka? apa aku harus ngerjain juga soal ips?

  • Khazuhiko Fernando

    Kak fanny, mau konsultasi dong, saya kan peserta SIMAK UI S1 Pararel, saya mau nanya kak apa sih kesulitan dalam Tes di SIMAK UI? Trus kalo boleh tau apa sih kak yang harus saya lakukan guna mempermudah mendapatkan kelulusannya?:) makasih kak 🙂

  • Kasmila devi

    Berarti anak SMK tdk bsa ikut SIMAK UI ?

  • Rizki Nawaf

    SIMAK UI ada nilai mati gk sih, yang misal nilainya minus atau gk dijawab sama sekali pada satu matpel jadi gk lolos gitu..??

  • Suwinry Pongsammin

    Kak simak ui TPA dan Bhs. Inggris magister gak ada ya???

  • Sultan Milzam

    Kak mau nanya untuk soal SIMAK UI materi yg sering keluar apakah sama kaya SBMPTN? Karena untuk pelajaran sejarah aku ga belajar semua bab, hanya beberapa bab yg paling sering keluar di SBMPTN jadi takutnya pas ngerjain SIMAK UI ga bisa ngisi satupun.