Latihan Soal untuk Ujian Nasional SMA & SMK

Halo guys, artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK dan sedang bersiap-siap menghadapi UN SMA/SMK. Nggak kerasa yah ternyata udah tinggal kurang dari sebulan lagi lo semua akan menghadapi soal-soal Ujian Nasional. Buat lo yang masih belum tau kapan jadwal UN SMA & SMK, lo bisa lihat info selengkapnya di bawah ini:

Catatan: Jadwal berikut adalah untuk UN tahun 2016. Jadi lo cek lagi dan sesuaikan ya untuk jadwal UN tahun ini.

Jadwal UN SMA

JADWAL UN 2016 SMK

Di atas itu adalah jadwal Ujian Nasional SMA /SMK secara umum yah. Tapi agar lebih pasti lagi, ada baiknya lo crosscheck ke sekolah masing-masing. Karena berdasarkan pengalaman UN tahun-tahun lalu, kadang ada beberapa sekolah yang terpaksa menggeser penyelenggaraan UN, seperti SMALB, sekolah yang baru pertama kali menerapkan CBT, atau sekolah-sekolah pedalaman di kawasan Indonesia timur.

Nah, pada tahun ajaran 2015-2016 ini, ada 3 kabar baik terkait dengan UN. PERTAMA, untuk tahun ini nilai UN tidak akan menjadi indikator kelulusan sama sekali! Selain itu, nilai UN juga kemungkinan ga jadi bahan pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN, meskipun nanti tetep disetor oleh Kemendikbud. Wah terus buat apa dong nilai UN? Nilai UN masih berguna untuk beberapa kepentingan, misalnya bagi lo yang mau daftar di sekolah kedinasan (misalnya STAN), biasanya mempertimbangkan rata-rata keseluruhan nilai UN + nilai US. Selain itu, nilai UN juga tetap berguna buat lo yang berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengharapkan sumber dana beasiswa.

Kabar baik yang KEDUA akan menjawab kekhawatiran anak kelas 12 yang selama terpecah menjadi 2 kubu: ada sebagian yang belajar dengan kurikulum lama (KTSP) dan ada sebagian yang belajar dengan kurikulum baru (K13). Nah, buat lo yang khawatir terkait bahan materi UN, gua bisa menegaskan kembali bahwa pemerintah secara tidak langsung menyatakan bahwa terlepas selama ini lo belajar materi K13 atau KTSP, lo gak perlu belajar materi di luar kurikulum yang lo pelajari selama ini, karena soal-soal UN tahun 2016 akan diambil dari materi yang terdapat pada KTSP DAN K13. Artinya materi yang HANYA ada di K13 tapi gak ada di KTSP atau sebaliknya, DIPASTIKAN TIDAK akan keluar di soal Ujian Nasional. Jadi soal yang nantinya ditanyakan dalam UN, adalah materi yang emang ada di Kurkulum 2013 DAN ada juga di KTSP 2016. Paham yah. 🙂

Kabar baik yang KETIGA adalah pemerintah tahun ajaran ini juga mendukung penuh kelulusan siswa dengan menerbitkan SKL. Apaan tuh SKL? Buat lo yang belum tau, gampangnya SKL itu adalah "kisi-kisi" yang diberikan pemerintah tentang materi apa aja yang dianggap penting dalam mata pelajaran tertentu, dan kemungkinan besar akan jadi bahan soal yang keluar dalam soal UN.

PERSIAPAN UN SMA SMK

Wah, enak dong kalo gitu kita dapet kisi-kisi langsung dari pemerintah? Ya memang enak sih, tapi coba deh lo baca isi SKL dari pemerintah itu, tebakan gua kalimatnya agak terlalu ribet untuk dipahami oleh siswa awam yang tidak mengetahui susunan materi dalam kurikulum. Nah, untungnya di artikel zenius blog kali ini, gua akan mencantumkan seluruh link persiapan materi UN SMA untuk setiap mata pelajaran, dari mulai panduan belajar (yang udah disesuaikan dengan SKL), dan juga pembahasan soal UN SMA & SMK tahun-tahun lalu. Pokoknya komplit deh...!!

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA

Nah, untuk persiapan UN SMA, gua akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran sebagian besar tercantum panduan belajar, dan juga pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Oke langsung aja kita masuk ke referensi link persiapan Ujian Nasional, dimulai dengan SMA dulu, baru nanti link ke pembahasan soal SMK ada di bawah:

PERSIAPAN UN SMA MATEMATIKA IPA

 

PERSIAPAN UN SMA MATEMATIKA IPS

 

PERSIAPAN UN SMA BIOLOGI

 

PERSIAPAN UN SMA KIMIA

 

PERSIAPAN UN SMA FISIKA

 

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INGGRIS

 

PERSIAPAN UN SMA SOSIOLOGI

PERSIAPAN UN SMA GEOGRAFI

 

PERSIAPAN UN SMA EKONOMI

 

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMK

Oke, karena pembagian jurusan SMK itu ada banyak sekali, jadi mohon maaf belum semua jurusan SMK bisa dibahas oleh para tutor. Sampai dengan saat ini, zenius sudah membahas soal Ujian Nasional SMK dari 3 jurusan, yaitu:

  1. Jurusan Akuntansi dan Pemasaran (disingkat: AKP)

  2. Jurusan Pariwisata, Seni Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial, & Administrasi Perkantoran (disingkat: PSP)

  3. Jurusan Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian (disingkat TKP)

Nah, untuk mempermudah penulisan, selanjutnya gua akan nyebut ketiga jurusan SMK ini dengan sebutan: AKP, PSP, dan TKP ya! Oke kita langsung aja ke pembahasan soal UN SMK yang udah gua klasifikasi berdasarkan jurusan, dimulai dengan jurusan AKP:

Pembahasan soal UN SMK Jurusan AKP

 

Pembahasan soal UN SMK Jurusan PSP

 

Pembahasan soal UN SMK Jurusan TKP

****

Nah, demikianlah seluruh link persiapan UN SMA & SMK dari zenius. Rasa-rasanya sih link di atas yang gue kasih itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan lo buat belajar mempersiapkan UN SMA & SMK dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA & SMK, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional dan juga SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan beberapa artikel di bawah ini untuk kamu baca selanjutnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Refri Astari Srigama

    Keren bgt kk Gleen ,, di Zenius semuanya lengkap paket komplit 🙂

  • Fahmi Syaifudin

    kenapa nilai UN jadi bahan pertimbangan seleksi buat yang mendaftar jalur masuk kuliah di SNMPTN?? alasanya kenapa kk Glenn?

    • Alasan pastinya gua juga kurang tau krn ini kebijakan dari pemerintah. Waktu thn ajaran lalu, memang nilai UN dianggap bisa menjadi proyeksi yang baik utk menentukan kualitas siswa, sehingga menjadi salah satu variabel penilaian penerimaan SNMPTN.

      Tapi sejak kementrian pendidikan jadi kepisah 2 :
      1. Kemenristek utk tingkat kuliah
      2. Kemendikbud utk tingkat PAUD-SMA

      Jadinya Kemendikbud (yg melaksanakan UN) ga punya kewenangan lagi menjadikan hasil UN sbg pertimbangan kelulusan SNMPTN (dibawah Kemenristek). Walaupun begitu, kemendikbud tetap nyetor nilai UN ke Kemenristek. Tapi tebakan gua, nilai UN udah gak terlalu berpengaruh lagi dlm seleksi SNMPTN di era pemerintahan sekarang.

      • Muhammad Anton

        Kenapa tabakannya gitu bang?

  • stefina

    ga ngaruh ke sbmptn ya?

    • Iya betul, gak ngaruh ke SBMPTN sama sekali. 🙂

  • moch siswan afandi

    nilai un kemungkinan tidak jadi pertimbangan dalam snmptn ? tapi kenapa di snmptn ada tabel buat nilai UN bang glenn ?

    • Jawabannya gua copas dari comment di pertanyaan atas ya:

      Waktu thn ajaran lalu, memang nilai UN dianggap bisa menjadi proyeksi yang baik utk menentukan kualitas siswa, sehingga menjadi salah satu variabel penilaian penerimaan SNMPTN. Kayaknya form pendaftaran yg kamu lihat skrg msh dlm format thn ajaran lalu.

      Tapi sejak kementrian pendidikan jadi kepisah 2 :
      1. Kemenristek utk tingkat kuliah
      2. Kemendikbud utk tingkat PAUD-SMA

      Jadinya Kemendikbud (yg melaksanakan UN) ga punya kewenangan lagi menjadikan hasil UN sbg pertimbangan kelulusan SNMPTN (dibawah Kemenristek). Walaupun begitu, kemendikbud tetap nyetor nilai UN ke Kemenristek. Tapi tebakan gua sih, nilai UN udah gak terlalu berpengaruh lagi dlm seleksi SNMPTN di era pemerintahan sekarang. Either way, belajar mah belajar aja utk UN, gak ada salahnya. Anggep aja sekalian latihan soal utk SBMPTN dan Ujian Mandiri. 🙂

      • moch siswan afandi

        oke thanks kak glenn

  • Magicwithme

    kebijakan pemerintah berubah ubah ya..

  • Fauzy Nur Noviansyah

    Tapi kalo dari bc line yg lagi ramai-ramai disana dikatakan UN jadinya sbgai faktor pertimbangan buat snmptn.

  • Fata

    Subhanallah. Mantap deh zenius. Ane yg blajar di pesantren, kebantu bgt ma zenius.net ni. Barakalloh deh. Kak, mau nanya ni, ijazah SMA, selain yg kaka sebutin tadi, fungsinya apalagi?

    • Elfan Islam

      Wah, sama kaya ge dong. Msantren dimana antum?

      • Fata

        ane d tasik, Ihya As Sunnah, antum?

        • Elfan Islam

          Ane di banjarsari, Al-huda..Ipa/Ips>?

          • Fata

            IPA

  • Elfan Islam

    Panduan Geo sama Ekonya juga dong kk!

  • Nafisa

    Kalau nilai UN nggak dijadiin indikator kelulusan snmptn terus apa dong yang menjadi indikator kelulusan snmptn? nilai ujian sekolah atau apa kak?

  • Dhoola Ivanoov

    Min, kok bahasa inggris psp 2015 ada problem yaa

  • Nurul Rizki

    min ak udh jd mmber premiumny zenius, tp pas buk un sma fis ny kok g bsa ya?

  • Deborah Nency

    Jadwal nya beda kak. Aku di Surabaya k-13 pake cbt tuh 6 hari dan sehari ada 3 sesi 🙂 kasian yg sesi 3 sampe sore

  • omega 10

    kak kenapa sih kalau aku belajar dengerin video dr zenius kok cepet ngantuknyaaaa

  • Atika

    Kak soal UN diseluruh indonesia sama ya? Apa beda?

    • biasanya soalnya sama, cuma urutan nomornya diacak

  • ree trr

    kak glen mau tanya nih
    kan katanya kelulusan UN tahun sekarang yang nentuin sekolah kan, kalo menurut saya pasti sekolah juga bakal ngelulusin xD
    nah tapi untuk seumpamanya nilai UN dibawah kkm itu bakal ngikut ujian ulang gitu nggak ya?

  • red finger

    Soal UN se-Indonesia beda atau sama ya?

    • biasanya soalnya kurang lebih sama cuman urutan nomornya diacak

  • Bela

    Kak punten ya nggak nyambung sama materinya. Bisa nggak kak yg saintek biologi tambahin dong yg kak prasnya..bisa ya wheheh makasih kak 🙂

  • chita

    Set 01 - Soal Campuran (01)

    Kode Konten : 4658 soalnya sama semua. cuma tiga soal yg beda .... 🙁

  • Muhammad Habib

    mas wisnu, soal UN sama atau beda? untuk SMK dan SMA

  • achmad rizki fauzi

    KK saya mau bertanya apakah ada perbedaan yang sangat signifikan antar anak sma dan smk?
    alasan dari pertanyaan saya adalah :

    ikatan dinas adayang syarat mesti sma
    univ. X mematok jumlah kuota hanya 15% untuk anak smk
    mohon dijawab kalau bagus sekalian buat pembahasan di blog hehe
    terimaksih

  • bang. numpang nanya dikit nih...
    kebetulan saya dulu lulusan jurusan akuntansi dan saya punya teman juga jurusan akuntansi tapi baru (bakal) lulus tahun ini. saya dulu ktsp dan dia k-13. setelah diliat-liat materi yang saya pelajari untuk un dan yang dia pelajari kok ada yg beda ya?

    1. saya ada materi bunga tunggal majemuk, rente dan anuitas. mereka gak ada
    2. mereka belajar trigonometri, limit, turunan, integral. saya gak ada

    dan saya punya 2 teman guru yang ngajar di sekolah. yang 1 dengan ktsp, yang satu lagi dengan k-13. ternyata kisi-kisi yang diberi oleh mereka berdua tepat seperti yang saya bilang tadi. materi-materi tersebut gak ada di keduanya.

    jadi kalau diingat konsep un 2016 adalah irisan dari ktsp dan k-13. maka seharusnya materi tersebut gak akan keluar kan dalam UN mereka nanti? atau masih ada kemungkinan bakal keluar?
    mohon pencerahan dalam gua gelap ini bang... terimakasih 🙂