Latihan Soal untuk Ujian Nasional SMA & SMK 9

Latihan Soal untuk Ujian Nasional SMA & SMK

Berikut adalah kumpulan panduan belajar dan pembahasan soal Ujian Nasional SMA & SMK untuk Kelas 12 yang akan membantu persiapan menghadapi UN SMA & SMK.

Halo guys, artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK dan sedang bersiap-siap menghadapi UN SMA/SMK. Nggak kerasa yah ternyata udah tinggal kurang dari sebulan lagi lo semua akan menghadapi soal-soal Ujian Nasional. Buat lo yang masih belum tau kapan jadwal UN SMA & SMK, lo bisa lihat info selengkapnya di bawah ini:

Catatan: Jadwal berikut adalah untuk UN tahun 2016. Jadi lo cek lagi dan sesuaikan ya untuk jadwal UN tahun ini.

Jadwal UN SMA

JADWAL UN 2016 SMK

Di atas itu adalah jadwal Ujian Nasional SMA /SMK secara umum yah. Tapi agar lebih pasti lagi, ada baiknya lo crosscheck ke sekolah masing-masing. Karena berdasarkan pengalaman UN tahun-tahun lalu, kadang ada beberapa sekolah yang terpaksa menggeser penyelenggaraan UN, seperti SMALB, sekolah yang baru pertama kali menerapkan CBT, atau sekolah-sekolah pedalaman di kawasan Indonesia timur.

Nah, pada tahun ajaran 2015-2016 ini, ada 3 kabar baik terkait dengan UN. PERTAMA, untuk tahun ini nilai UN tidak akan menjadi indikator kelulusan sama sekali! Selain itu, nilai UN juga kemungkinan ga jadi bahan pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN, meskipun nanti tetep disetor oleh Kemendikbud. Wah terus buat apa dong nilai UN? Nilai UN masih berguna untuk beberapa kepentingan, misalnya bagi lo yang mau daftar di sekolah kedinasan (misalnya STAN), biasanya mempertimbangkan rata-rata keseluruhan nilai UN + nilai US. Selain itu, nilai UN juga tetap berguna buat lo yang berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengharapkan sumber dana beasiswa.

Kabar baik yang KEDUA akan menjawab kekhawatiran anak kelas 12 yang selama terpecah menjadi 2 kubu: ada sebagian yang belajar dengan kurikulum lama (KTSP) dan ada sebagian yang belajar dengan kurikulum baru (K13). Nah, buat lo yang khawatir terkait bahan materi UN, gua bisa menegaskan kembali bahwa pemerintah secara tidak langsung menyatakan bahwa terlepas selama ini lo belajar materi K13 atau KTSP, lo gak perlu belajar materi di luar kurikulum yang lo pelajari selama ini, karena soal-soal UN tahun 2016 akan diambil dari materi yang terdapat pada KTSP DAN K13. Artinya materi yang HANYA ada di K13 tapi gak ada di KTSP atau sebaliknya, DIPASTIKAN TIDAK akan keluar di soal Ujian Nasional. Jadi soal yang nantinya ditanyakan dalam UN, adalah materi yang emang ada di Kurkulum 2013 DAN ada juga di KTSP 2016. Paham yah. 🙂

Kabar baik yang KETIGA adalah pemerintah tahun ajaran ini juga mendukung penuh kelulusan siswa dengan menerbitkan SKL. Apaan tuh SKL? Buat lo yang belum tau, gampangnya SKL itu adalah “kisi-kisi” yang diberikan pemerintah tentang materi apa aja yang dianggap penting dalam mata pelajaran tertentu, dan kemungkinan besar akan jadi bahan soal yang keluar dalam soal UN.

PERSIAPAN ujian nasional SMA SMK

Wah, enak dong kalo gitu kita dapet kisi-kisi langsung dari pemerintah? Ya memang enak sih, tapi coba deh lo baca isi SKL dari pemerintah itu, tebakan gua kalimatnya agak terlalu ribet untuk dipahami oleh siswa awam yang tidak mengetahui susunan materi dalam kurikulum. Nah, untungnya di artikel zenius blog kali ini, gua akan mencantumkan seluruh link persiapan materi UN SMA untuk setiap mata pelajaran, dari mulai panduan belajar (yang udah disesuaikan dengan SKL), dan juga pembahasan soal UN SMA & SMK tahun-tahun lalu. Pokoknya komplit deh…!!

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA

Nah, untuk persiapan UN SMA, gua akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran sebagian besar tercantum panduan belajar, dan juga pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Oke langsung aja kita masuk ke referensi link persiapan Ujian Nasional, dimulai dengan SMA dulu, baru nanti link ke pembahasan soal SMK ada di bawah:

PERSIAPAN UN SMA MATEMATIKA IPA

PERSIAPAN UN SMA MATEMATIKA IPS

PERSIAPAN UN SMA BIOLOGI

PERSIAPAN UN SMA KIMIA

PERSIAPAN UN SMA FISIKA

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN UN SMA BAHASA INGGRIS

PERSIAPAN UN SMA SOSIOLOGI

PERSIAPAN UN SMA GEOGRAFI

PERSIAPAN UN SMA EKONOMI

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMK

Oke, karena pembagian jurusan SMK itu ada banyak sekali, jadi mohon maaf belum semua jurusan SMK bisa dibahas oleh para tutor. Sampai dengan saat ini, zenius sudah membahas soal Ujian Nasional SMK dari 3 jurusan, yaitu:

  1. Jurusan Akuntansi dan Pemasaran (disingkat: AKP)

  2. Jurusan Pariwisata, Seni Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial, & Administrasi Perkantoran (disingkat: PSP)

  3. Jurusan Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian (disingkat TKP)

Nah, untuk mempermudah penulisan, selanjutnya gua akan nyebut ketiga jurusan SMK ini dengan sebutan: AKP, PSP, dan TKP ya! Oke kita langsung aja ke pembahasan soal UN SMK yang udah gua klasifikasi berdasarkan jurusan, dimulai dengan jurusan AKP:

Pembahasan soal UN SMK Jurusan AKP

Pembahasan soal UN SMK Jurusan PSP

Pembahasan soal UN SMK Jurusan TKP

****

Nah, demikianlah seluruh link persiapan UN SMA & SMK dari zenius. Rasa-rasanya sih link di atas yang gue kasih itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan lo buat belajar mempersiapkan UN SMA & SMK dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA & SMK, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional dan juga SBMPTN, Zenius sangat merekomendasikan beberapa artikel di bawah ini untuk kamu baca selanjutnya:

Bagikan Artikel Ini!