Pembahasan Soal USM PKN STAN

Pembahasan lengkap soal-soal USM STAN tahun-tahun lalu. Disertai juga dengan bedah materi yang penting untuk menghadapi Ujian Seleksi Masuk PKN STAN.

Artikel terbaru tengang Panduan Belajar USM STAN bisa lo baca di sini >> Panduan Belajar dan Tips USM STAN 2017

Halo-halo! Kalo di artikel sebelumnya gue udah bahas tentang seluk beluk perkuliahan di PKN STAN. Nah sesuai janji di artikel sebelumnya, di artikel ini gue akan mencoba menjelaskan tentang gambaran umum ujian tulis USM PKN STAN sekaligus link pembahasan soal USM PKN STAN tahun-tahun sebelumnya. Buat lo yang pengen ikut USM STAN tahun 2017 ini, lo wajib banget bookmark artikel ini agar memudahkan lo belajar sewaktu-waktu.

USM STAN

Sekilas tentang USM PKN STAN

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN terdiri dari 2 tahap:

  • Tahap I: Tes Tertulis

  • Tahap II: Tes Fisik & Wawancara

  • Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes Tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI), dengan jumlah soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, dan jumlah soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan total 50 menit. Tiap soal benar bernilai 4 poin, tidak diisi 0 dan salah -1 poin.

Apabila lo lolos seleksi tahap I, maka akan ada seleksi tahap II yaitu tes fisik dan wawancara. Yang diujikan dalam tes fisik USM PKN STAN adalah lari selama 12 menit dan suttle run (lari membentuk angka 8). Udah itu aja. Sedangkan tes wawancara nanti akan menanyakan pendapat serta motivasimu tentang STAN atau hal-hal lainnya yang berkaitan.

Nah mulai tahun 2016 kemarin, terdapat satu tahap lagi dalam USM STAN yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD merupakan tes untuk menjadi CPNS, jadi setelah lulus, lo ga akan dites lagi dan otomatis menjadi CPNS.

Tes Tertulis USM PKN STAN

Materi Tes Tertulis USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI. Secara umum sih soal TPA ga terlalu sulit, namun tantangannya disini adalah waktu pengerjaan yang sangat singkat. Jumlah soal TPA 120 soal dan lo cuma dikasih waktu 100 menit. Kalo dirata-rata, jatah per soal kurang 50 detik. Gile ga tuh?

Sedangkan soal TBI tingkat kesulitannya di atas materi bahasa inggris SMA. TBI ini akan menguji bener kemampuan grammar dan pengetahuan vocab lo. Dari pengalaman gue ngadain try out sih, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI ini.

TPA dan TBI ini nanti pengerjaannya terpisah, dengan ada jeda waktu pengerjaan sekitar 15-30 menit diantaranya. Sebagai gambaran, berikut ini pembagian materi TPA dan TBI USM PKN STAN:

A. Tes Potensi Akademik (TPA): jumlah 120 soal, waktu pengerjaan 100 menit

  1. Kemampuan Verbal
    • Sinonim
    • Antonim
    • Kosa kata
    • Analogi
    • Bacaan
  2. Kemampuan Kuantitatif / Aritmetika
  3. Kemampuan Penalaran

B. Tes Bahasa Inggris (TBI): jumlah soal 60, waktu pengerjaan 50 menit

  1. Stucture and written expression
  2. Error Recognition
  3. Reading Comprehension

Aturan Nilai Mati

Yang perlu diperhatikan, di USM STAN terdapat aturan nilai mati. Aturan nilai mati adalah jumlah benar masing-masing bagian (TPA dan TBI) minimal 1/3 dari jumlah soal. Jadi minimal benar untuk soal TPA 40 soal dan minimal besar TBI 20 soal. Nilai tersebut harus dipenuhi keduanya agar nilai lo ga mati. Kalo nilai lo mati, maka udah pasti ga lolos. Misal TPA lo bener semua, tapi TBI cuma bener 19, maka lo pasti ga lolos USM STAN. Moga-moga ini bisa menjadi perhatian lo supaya gak cuma fokus belajar salah satu aja, tapi juga belajar TPA dan Bahasa Inggris secara seimbang.

Tips Belajar

  1. Mempelajari Soal-Soal STAN Tahun-tahun Sebelumnya
    Karena tipe soal USM STAN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, jadi lo bisa fokus belajar dari materi atau soal USM STAN tahun sebelumnya.
  2. Memperbanyak Latihan Soal USM STAN
    Latihan soal akan membuat kita terbiasa dengan tipe dan tingkat kesulitan soalnya. Kecepatan mengerjakan soal dalam USM STAN sangat penting, karna waktu ujian sangat terbatas. Dengan jumlah 180 soal dengan waktu pengerjaan 150 menit, maka rata-rata waktu pengerjaan tiap 1 soal adalah 50 detik.
  3. Mengadakan Simulasi USM STAN
    Seperti yang udah dijelaskan di artikel pentingnya melakukan try out mandiri di SBMPTN, di USM STAN dan ujian apapun itu, mengadakan simulasi atau TO sangat penting.

Tips Mengerjakan Soal

  1. Kerjakan soal-soal yang mudah dulu. Pengalaman, Banyak yang terjebak di soal-soal yang sulit yang justru menghabiskan banyak waktu. Inget, bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1, jadi manfaatkan waktu dengan meraih poin sebanyak-banyaknya.
  2. Konsentrasi. Masih berhubungan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal langsung tau maksud pertanyaannya.
  3. Perhatikan juga jumlah soal yang lo kerjakan pada tiap tipe soal, hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bahasa inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur.
  4. Kerjakan soal dengan porsi yang seimbang. Dari pengalaman gue ngadain try out USM STAN, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI. Hal ini karena tingkat kesulitan soal TBI STAN di atas materi Bahasa Inggris SMA. Jadi apabila lo ga yakin dengan kemampuan bahasa inggris lo, gue saranin sih untuk kerjain soal TBI sebanyak-banyaknya. Targetnya agar nilainya ga mati di TBI. Gue dulu sih juga gitu. Nah untuk menutupi kekurangan Bahasa Inggris, gue cari nilai sebanyak-banyaknya di TPA.

Pada artikel sebelumnya, zenius pernah mengupas tips mengerjakan soal ujian secara efektif. Walaupun di artikel itu banyak mengambil contoh tes SBMPTN, tapi tips-tipsnya tetap relevan untuk lo gunakan dalam USM STAN.

Pembahasan Soal USM STAN

Tes Potensi Akademik

Tes Bahasa Inggris

 

Okey, demikian gambaran umum tentang Ujian Tulis USM STAN sekaligus link pembahasan soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya. Untuk materi pembahasan yang belum tersedia, akan segera dilengkapi secepatnya. 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari seputar penyelenggaraan maupun persiapan menghadapi USM PKN STAN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat kamu yang ketinggalan belum baca artikel sebelumnya tentang dunia perkuliahan di STAN, zenius sangat menyarankan untuk membaca artikel:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Pranandha

    kak mau nanya, di zenius, modul usm stan nya gak tersedia ya?

    • utk sekarang masih dalam proses tahap pengetikan. Nanti dalam beberapa hari ke depan akan diupdate spy modul soalnya tersedia pada halaman terkait.

      • yang 2013 cuma ada tpa verbal kak.. ditunggu yg aritmatika sm logikanya

      • Gio Arman

        Kak kenapa Soal USM STAN 2010 - Bahasa Indonesia malah jadi SIMAK UI 2016 KIM?

  • M Ariq Rahman

    Mantap Thanks Gan, tapi apakah cuma saya disini yg error saat mengakses USM STAN Bahasa Inggris?

    • Ariobimo

      iya saya juga, buffering terus. Tapi cuma yang 2013/2014 yang 2015 lancar

    • Agastya Arnanda Primawan

      Sama gan. Ditunggu ya perbaikan nya kak buat soal TBI tahun 2013 sama 2014 nya biar bisa dipelajarin 🙂

    • M.Rizky Lazuardi

      UP UP UP!!

  • Dhessy Susanto

    Kak, mau nanya nih. Untuk memaksimalkan hasil belajar (supaya efektif) soalnya ujian-ujian dan tes-tes gak lama lagi, lebih baik kita prioritaskan belajar ttg materi yg gak kita kuasai dl atau kita memantapkan materi yg kita kuasai? Terima kasih.

  • yayan

    kampusku akhirnya dibahas juga di zenius ahaha :v

    • Ahmad Habib

      biasa ae yan

  • De’kom

    Kak mau nanya, untuk soal hitung hitungan lebih dianjurkan pake trik( cara cepat) atau cara formal ( step by step?. Pengalaman saya selama latihan sih kalo tanpa trik terasa banget kekurangan waktu

    • Ari Candra Arista

      Kalo buat USM STAN sih kayaknya ga butuh trik2 / cara cepat khusus buat ngerjain semuanya, karena soal2 STAN emang ga terlalu rumit / dasar. Yang paling penting kamu ngerti konsepnya.

  • Tiara Dewangga

    aku mau tanya kak
    adakah benefit jadi anak olimpiade pas ngerjain soal2 tes masuk ptn? atau malah nggak ada karena basic dasar soalnya beda tipe dgn soal olimpiade?
    terima kasih sebelumnya ^^

    • Ari Candra Arista

      Sebenernya soal olimpiade itu bagus banget karena bener2 menguji sejauh mana konsep yang kamu pahami, seperti misalnya soal2 pembuktian rumus. Dan harusnya kalo belajar olimpiadenya bener, maka akan sangat membantumu ketika belajar SBMPTN, meskipun soalnya beda karakteristiknya.

      • Tiara Dewangga

        makasih kak Ari ^^

  • Khusna Azizah

    zen, aku nggk tau mau gue apa. udah kelewat parah. ada solusi? uring-uringan. padahal bentar lagi un.

  • nikita

    Beda nggak sih TPA stan sama TPA sbmptn atau um lainnya kak?

  • Muhammad Ramdani

    Kok di Zenius pembahasan SIMAK UI nya belum komplit sih kak sampe tahun 2015?

  • Furqon Lanang

    Bang gw mau nyiapin SBMPTN nih tapi masih kelas 10 harus memulai dari mana Dulu ?

  • Umar Hamzah

    kak mau nanya, klo gak pernah ikut organisasi dan gak ada prestasi bisa lulus tes wawancaranya gak?

  • amel NH

    ka mau nanya tapi bukan tntng STAN gapapa ya? abis mau komen di yg blog tntng SNMPTN itu udah banyak hehe. jadi gini, saya mau daftar pilihan pertama di UNPAD, nah rank paralel saya 40 besar. dan ternyata di sekolah saya ada yg daftar di jurusan dan univ yg sama, rank dia 20 besar. nah saya tau, di sekolah lain (di kota yang sama) ada yg pilihan jurusan dan univnya sama juga kaya saya, dan dia nilainya juga lebih tinggi dari saya. nah, katanya kuota unpad per kota itu cuma 2, itu bener ka? berarti kalo saya ambil pilihan itu saya bunuh diri dong?

  • Abdillah Ahmad Reynaldi

    kak mau tanya, teknik perminyakan itu gimana sih? mohon penjelasannya.

  • Annisa

    kak ada materi USM STANnya enggak ya?

  • jihan fadillah

    ka mau tanya dong, kan nilai raport saya pada kelas 2 , itu ada nilai dibwah 7 kak, kira2 bisa lolos pendftran gak ya

  • jihan fadillah

    kak aku mau tanya , kan nilai raport aku kelas 2 ada yang dbwah 7, kira2 bisa lolos pndftaran gak ya

  • Syauqi Fajar

    itu usm stan bahasa inggris thn 2013 dn 2014nya ko ga buffering terus.. kapan diperbaikinya?

  • jihan fadillah

    kak mau tanya dong, kan raport aku kelas 2 itu ada yg dbwah 7, kira2 bisa lolos pndftran gak ya

    • Wahyu Aryaguna

      nilai 7 itu kan maksudnya rata2 dari 5 semester, kalo salah satu semester ada yg dibawah itu tapi setelah dirata2kan ternyata diatas 7 tetep bisa lolos

  • Rafli Iman Firdaus

    kak itu kenapa pembahasan usm stan 2013 cuma tpa verbal saja?

  • Adinda Febriyanti

    kak tpa yg 2013 bagian aritmatika nya belom di upload yaa?'-'

  • Disga chiyan

    Kak mau tanya seputar cara agar lolos STAN, kalao soalnya bener2 susah bgt gitu mending kerjain atau gak soalnya kan klo salah -1 trus klo gak jawab 0 ?? Mending mana kak?? Tolong jawab ya kak makasih..

  • Disga chiyan

    Kak mau tanya seputar cara agar lolos STAN, kalao soalnya bener2 susah bgt gitu mending kerjain atau gak soalnya kan klo salah -1 trus klo gak jawab 0 ?? Mending mana kak?? Tolong jawab & respond ya kakakkkk, butuh bgt KAK, ya kak makasih..

  • yusril

    kak kalau mau belajar materi stan MM dari video zenius, mulai dari yg kelas berapa ya?

  • Andi Arham Rasyid

    maafkak mau nanya , yang TKDnya itu campur dengan USMnya yah kak?

  • Seri Yanti

    Kak aku siswa yang masih kelas 3 smk jurusan akuntasi ,tahun depan aku ingin sekali masuk pkn stan di jakarta .
    Gimana cara nya agar aku bisa memfokuskan diri untuh memperisapkan menghadapi ujian pkn stan ,sedangkan aku sendiri gak ada bukunya yang buat aku pelajari .

  • linda

    maaf ka apa kira-kira akan ada pembahasan tkd stan di zenius?

  • aidil pratama

    Kak, saya lahir tanggal 25 oktober 2001
    Apa saya bisa mendaftar setelah saya lulus sma nanti?
    Saya sekarang masi kelas X sma

  • cici

    Ka mau tau kunci jawabannya gimana ya sama pembahasannya? Biar sekalian belajar^^

  • Selly

    kak pembahasan soal usm stan 2016 nya dong, supaya bisa belajar dari sekarang

  • allam taju sarof

    Mantaf kak... makasih untuk info diatas... insyaAllah sangat berguna... kak tolong update terus dari tahun ke tahun ya kak... soalnya saya masih kelas 10 jadi masih punya kira2 dua tahun untuk belajar dari blog ini?

  • allam taju sarof

    Tetap update terus dari tahun ke tahun ya kak

  • Yana muzha

    Bookmark dulu deh, masih bingung, padahal beberapa Bulan lagi udah ujian

  • Atthariq Ibrah

    kak, untuk link pembahasan tpa stan dari tahun 2013 -2015 tidak bisa dibuka kak.
    bisa di fix ga? perlu banget penjelasan video dr zenius biar lebih ngerti belajarnya. mksh

  • arfan

    kak. belajar stan dari februari termasuk telat atau enggak 🙁

  • Baziyad Hummam

    kak, USM STIS juga ya! 😀

  • Al.

    bang sblmnya maaf bgt ni oot kira2 tingkat persaingan dan soal lbh sulit utul ugm atau sbmptn ya?

    • sebetulnya satu2nya indikator persaingan yang sulit itu adalah jumlah peminat yg mau masuk ke program studi tersebut. jadi kita ga bisa pukul rata utul ugm atau sbmptn yg persaingannya lebih ketat, karena ketat/tidaknya persaingan itu tergantung pada jumlah peminat dan kuota yang tersedia pada jurusan pilihan kamu.

      • Al.

        nah bang aku tuh niat nya mau ambil psikologi ugm lewat utul nya trs di sbmptn ga ngambil ugm biar ga ngotot bgt gt keliatannya ngikutin cara yang bang glen bilang kyk sebisa mungkin di sbm ambil yang gada ujian mandiri trs realistis baru deh kalo kita mau ambil yang kita pengen bisa lewat jalur mandiri nya. aku jg lagi memperdalam materi sbmptn lagi, nah kira2 soal utul sama sbm tuh sama atau jauh beda gt ga sih sm materi sbmptn bang?

        • Dennisa Hasanah

          bantu jawab ya, sebenernya soal utul sama sbmptn tu bisa jadi lebih susah utul bisalebih gampang sbmptn atau sebaliknya, kalau pengalaman aku tahun lalu lebih susah soal utul daripada sbmptn

          • Al.

            tapi bidang yang ditest itu sama ga kaya sbm?misal kalo soshum itu tpa bing bind sosio eko geo? @dennisahasanah:disqus

          • Dennisa Hasanah

            samaa kok , taun lalu tkpa nya enak

          • Al.

            hehe makasi banyak @dennisahasanah:disqus for ur infooo!

          • Dennisa Hasanah

            Sama sama, seneng bisa bantu 🙂

  • Tomy

    Halo kak. Kira2 berapa nominal pembayaran untuk mengikuti program belajar 1 tahun di zenius ? Mohon infonya ya bang?

  • Tomy

    Thanks.

  • Yatami Gakhusa

    kira2 cukup gk ya modal belajar dari zenius bisa lolos usm stan ? soalnya mau ikut bimbel juga bayarannya mahal kasian ortu. udah mahal gk lolos kan sakit 🙂

    • Adde Nanda C.P

      Usaha 🙂
      Manjadda wa jadda
      Barangsiapa yang bersungguh sungguh, maka Ia akan berhasil.
      Belajar bisa dari manapun mbak, asal kitanya niat ^^
      Semangat ya.
      (Dari orang yang modal belajar di zenius)

  • Dan Nugros

    Keren gengs. Jangan lupa mampir ke blog gue juga ya. di http://tuangeblog.blogspot.co.id

  • riyo santo

    kak,tanggal verifikasi,dan pengambilan BPO saya tanggal 4 april kak,saya bisa gak,kalau verifikasinya tanggal 29 maret kak?mohon dijawab

  • cyberblade

    itu nilai mati TPA kan bener 40..

    nah yg mau saya tanya, mesti bener2 murni bener min 40 soal (jadi dapet point min 160)

    ato boleh bener min 40 salah sekian sekian gitu??
    misal bener 40 salah 100 --> jadi dapet point nya 60, itu lolos gak dari nilai mati?

  • Rizki Fauzi

    Mas mau tanya.
    Disaat usm stan itu ada kecurangan gk sih.
    Klo misalnya ada kan gk adil namanya, yg susah" belajar buat usm mlh gk lulus gr" ada yg curang.

  • anisa Jannah

    Kak, untuk pembahasan soal stan 2017 di zenius kapan ya?

  • Anisadianda

    Kak ari, saya kelas 2 SMA, Saya mau nanya nanya nih kak soal tes di STAN, minta email kaka boleh?

  • Anisadianda

    Kak ari ni email saya anisadiandaa1@gmail.com, makasi kak, soalnya twitter saya ga ada

  • Seva Azim

    Pengen masuk stan

  • arya putra

    Kak usm stan 2017 terbarunya kok belum ada? Mana?