Pembahasan Soal USM PKN STAN

Pembahasan lengkap soal-soal USM STAN tahun-tahun lalu. Disertai juga dengan bedah materi yang penting untuk menghadapi Ujian Seleksi Masuk PKN STAN.

Artikel terbaru tengang Panduan Belajar USM STAN bisa lo baca di sini >> Panduan Belajar dan Tips USM STAN 2017

Halo-halo! Kalo di artikel sebelumnya gue udah bahas tentang seluk beluk perkuliahan di PKN STAN. Nah sesuai janji di artikel sebelumnya, di artikel ini gue akan mencoba menjelaskan tentang gambaran umum ujian tulis USM PKN STAN sekaligus link pembahasan soal USM PKN STAN tahun-tahun sebelumnya. Buat lo yang pengen ikut USM STAN tahun 2017 ini, lo wajib banget bookmark artikel ini agar memudahkan lo belajar sewaktu-waktu.

USM STAN

Sekilas tentang USM PKN STAN

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN terdiri dari 2 tahap:

  • Tahap I: Tes Tertulis

  • Tahap II: Tes Fisik & Wawancara

  • Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes Tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI), dengan jumlah soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, dan jumlah soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan total 50 menit. Tiap soal benar bernilai 4 poin, tidak diisi 0 dan salah -1 poin.

Apabila lo lolos seleksi tahap I, maka akan ada seleksi tahap II yaitu tes fisik dan wawancara. Yang diujikan dalam tes fisik USM PKN STAN adalah lari selama 12 menit dan suttle run (lari membentuk angka 8). Udah itu aja. Sedangkan tes wawancara nanti akan menanyakan pendapat serta motivasimu tentang STAN atau hal-hal lainnya yang berkaitan.

Nah mulai tahun 2016 kemarin, terdapat satu tahap lagi dalam USM STAN yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD merupakan tes untuk menjadi CPNS, jadi setelah lulus, lo ga akan dites lagi dan otomatis menjadi CPNS.

Tes Tertulis USM PKN STAN

Materi Tes Tertulis USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI. Secara umum sih soal TPA ga terlalu sulit, namun tantangannya disini adalah waktu pengerjaan yang sangat singkat. Jumlah soal TPA 120 soal dan lo cuma dikasih waktu 100 menit. Kalo dirata-rata, jatah per soal kurang 50 detik. Gile ga tuh?

Sedangkan soal TBI tingkat kesulitannya di atas materi bahasa inggris SMA. TBI ini akan menguji bener kemampuan grammar dan pengetahuan vocab lo. Dari pengalaman gue ngadain try out sih, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI ini.

TPA dan TBI ini nanti pengerjaannya terpisah, dengan ada jeda waktu pengerjaan sekitar 15-30 menit diantaranya. Sebagai gambaran, berikut ini pembagian materi TPA dan TBI USM PKN STAN:

A. Tes Potensi Akademik (TPA): jumlah 120 soal, waktu pengerjaan 100 menit

  1. Kemampuan Verbal
    • Sinonim
    • Antonim
    • Kosa kata
    • Analogi
    • Bacaan
  2. Kemampuan Kuantitatif / Aritmetika
  3. Kemampuan Penalaran

B. Tes Bahasa Inggris (TBI): jumlah soal 60, waktu pengerjaan 50 menit

  1. Stucture and written expression
  2. Error Recognition
  3. Reading Comprehension

Aturan Nilai Mati

Yang perlu diperhatikan, di USM STAN terdapat aturan nilai mati. Aturan nilai mati adalah jumlah benar masing-masing bagian (TPA dan TBI) minimal 1/3 dari jumlah soal. Jadi minimal benar untuk soal TPA 40 soal dan minimal besar TBI 20 soal. Nilai tersebut harus dipenuhi keduanya agar nilai lo ga mati. Kalo nilai lo mati, maka udah pasti ga lolos. Misal TPA lo bener semua, tapi TBI cuma bener 19, maka lo pasti ga lolos USM STAN. Moga-moga ini bisa menjadi perhatian lo supaya gak cuma fokus belajar salah satu aja, tapi juga belajar TPA dan Bahasa Inggris secara seimbang.

Tips Belajar

  1. Mempelajari Soal-Soal STAN Tahun-tahun Sebelumnya
    Karena tipe soal USM STAN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, jadi lo bisa fokus belajar dari materi atau soal USM STAN tahun sebelumnya.
  2. Memperbanyak Latihan Soal USM STAN
    Latihan soal akan membuat kita terbiasa dengan tipe dan tingkat kesulitan soalnya. Kecepatan mengerjakan soal dalam USM STAN sangat penting, karna waktu ujian sangat terbatas. Dengan jumlah 180 soal dengan waktu pengerjaan 150 menit, maka rata-rata waktu pengerjaan tiap 1 soal adalah 50 detik.
  3. Mengadakan Simulasi USM STAN
    Seperti yang udah dijelaskan di artikel pentingnya melakukan try out mandiri di SBMPTN, di USM STAN dan ujian apapun itu, mengadakan simulasi atau TO sangat penting.

Tips Mengerjakan Soal

  1. Kerjakan soal-soal yang mudah dulu. Pengalaman, Banyak yang terjebak di soal-soal yang sulit yang justru menghabiskan banyak waktu. Inget, bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1, jadi manfaatkan waktu dengan meraih poin sebanyak-banyaknya.
  2. Konsentrasi. Masih berhubungan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal langsung tau maksud pertanyaannya.
  3. Perhatikan juga jumlah soal yang lo kerjakan pada tiap tipe soal, hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bahasa inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur.
  4. Kerjakan soal dengan porsi yang seimbang. Dari pengalaman gue ngadain try out USM STAN, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI. Hal ini karena tingkat kesulitan soal TBI STAN di atas materi Bahasa Inggris SMA. Jadi apabila lo ga yakin dengan kemampuan bahasa inggris lo, gue saranin sih untuk kerjain soal TBI sebanyak-banyaknya. Targetnya agar nilainya ga mati di TBI. Gue dulu sih juga gitu. Nah untuk menutupi kekurangan Bahasa Inggris, gue cari nilai sebanyak-banyaknya di TPA.

Pada artikel sebelumnya, zenius pernah mengupas tips mengerjakan soal ujian secara efektif. Walaupun di artikel itu banyak mengambil contoh tes SBMPTN, tapi tips-tipsnya tetap relevan untuk lo gunakan dalam USM STAN.

Pembahasan Soal USM STAN

Tes Potensi Akademik

Tes Bahasa Inggris

 

Okey, demikian gambaran umum tentang Ujian Tulis USM STAN sekaligus link pembahasan soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya. Untuk materi pembahasan yang belum tersedia, akan segera dilengkapi secepatnya. 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari seputar penyelenggaraan maupun persiapan menghadapi USM PKN STAN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Buat kamu yang ketinggalan belum baca artikel sebelumnya tentang dunia perkuliahan di STAN, zenius sangat menyarankan untuk membaca artikel:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.