Tips Persiapan Belajar UN SMA Biologi

Kisi-kisi UN SMA Biologi dibahas untuk membantu persiapan belajar untuk UN SMA Biologi, lengkap dengan banyak latihan soal untuk setiap topik.

Pada kesempatan kali ini, gue akan membantu kalian untuk membahas kisi-kisi UN Biologi. Seperti yang mungkin sebagian besar kalian udah tau, materi yang keluar di UN nanti adalah materi irisan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Intinya, kalian ga usah terlalu khawatir, karena ga bakal ada materi baru yang bakal keluar dari yang pernah kalian pelajari di sekolah selama ini. Dari berbagai media, pemerintah juga menyebutkan kalo pada UN nanti, bakal ada 5-10% soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari UN tahun-tahun sebelumnya. On the Brightside, berarti 90-95% soal UN nanti bakal sama dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Jadi kita bisa meraba dan mulai persiapan belajar menggunakan pola-pola UN tahun-tahun sebelumnya.

Oke deh, langsung aja yuk kita intip SKL UN Biologi 2016.

kisi UN Bio 2016

Jadi pada tahun ajaran kali ini, kisi-kisi itu bukan cuma dibagi berdasarkan topik-topik yang diujikan, tapi juga berdasarkan level kognitifnya. Ada 3 level kognitif yang terdapat di kisi-kisi, yaitu:

  1. Level Pengetahuan dan Pemahaman (paling gampang)
  2. Level Aplikasi
  3. Level Penalaran (paling susah)

Coba kita hitung jumlah topik di masing-masing level kognitif.

LEVEL KOGNITIF KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN EKOLOGI STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP BIOMOLEKULAR DAN BIOTEKNOLOGI GENETIKA DAN EVOLUSI TOTAL
Pengetahuan 3 4 4 3
Aplikasi 3 2 6 4
Penalaran 2 2 3 3
Total 8 topik 8 topik 13 topik 10 topik 39 topik

Ini totalnya ada 39 topik. Jumlah soal UN Biologi SMA ada 40 soal. Dengan kata lain, untuk tiap topik dan level kesulitan yang tercantum pada SKL UN 2016, masing-masing akan keluar minimal 1 soal.

Kalo kita perhatikan lagi SKL-nya, ada beberapa topik yang tidak hanya masuk ke satu level kognitif saja. Contohnya nih, materi Sistem Organ pada Manusia. Menurut SKL, topik ini terdapat di tiga level kognitif soal. Pada level kognitif Pengetahuan, siswa diharapkan mampu menguasai bagian sistem organ manusia dan fungsinya. Pada level kognitif Aplikasi, siswa diharapkan paham akan mekanisme sistem organ. Pada level kognitif Penalaran, siswa diharapkan dapat menalar gangguan/penyakit sistem organ berdasarkan uji laboratorium.

Berdasarkan fakta itu, daripada lo sibuk hafalin tipe soal atau sibuk menerka-nerka topik dan level kesulitannya, mending lo belajar dengan cara aman dan yang paling bener aja deh. Apalagi kalo bukan dengan belajar memahami tiap bab secara konseptual dan menyeluruh. Dengan begitu, lo bisa menguasai topik dari semua level kognitif. Selain itu, dengan mulai belajar memahapi konsep tiap babnya, lo bisa sekaligus nyicil belajar buat SBMPTN yang rata-rata soalnya emang konseptual. Jadi strategi belajar UN lo ga bertentangan dengan strategi belajar SBMPTN bahan UM PTN yang kemungkinan besar bakal lo hadapi juga.

UN-BIOLOGI-SMA

Perbandingan Kisi-kisi UN Biologi 2016 dengan Soal UN Biologi Tahun-tahun Sebelumnya

Nah, sekarang coba kita bandingkan kisi-kisi UN 2016 ini dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Kalo gue perhatikan, kisi-kisi UN 2016 ini lumayan abstrak atau terlalu luas. Coba lo liat deh perbandingan sepotong kisi-kisi UN 2016 di bawah ini dengan SKL UN tahun sebelumnya (SKL UN 2015 = SKL UN 2014 = SKL UN 2013).

perbandingan ciri

Bisa kalian lihat sendiri, pada SKL UN 2016, cuma tertera secara general materi “Ciri Makhluk Hidup dan Perannya Bagi Kehidupan”. Di sisi lain, pada SKL UN tahun sebelumnya, sangat terinci betul makhluk hidup apa saja yang bakal ditanyakan ciri dan perannya. Jadi untuk UN 2016 ini, makhluk hidup apa aja dong yang bakal ditanyakan?

Coba kita lihat lagi perbandingannya.

perbandingan sistem organ

Pada SKL UN 2016, cuma tertera secara general materi Sistem Organ Manusia yang meliputi bagian, fungsi, mekanisme, dan gangguan. Tapi SKL UN tahun sebelumnya benar-benar merincikan sistem organ apa saj yang bakal ditanyakan. Trus untuk UN nanti, sistem organ apa aja dong yang bakal ditanyakan?

Untuk menjawab pertanyaan terebut, kita coba kembali lagi ke pernyataan resmi dari pemerintah. 90-95% soal UN 2016 ga akan beda jauh dari UN sebelumnya. Jadi ya kalo gitu tenang aja, berarti kita masih bisa pake UN tahun sebelumnya sebagai patokan. Kalo gue lihat, SKL UN 2016 ini seperti ingin merangkum saja SKL UN tahun-tahun sebelumnya.

Berikut perbandingan lebih rinci SKL UN Biologi 2016 dengan UN Biologi tahun-tahun sebelumnya.

KISI 2016 UN 2015 UN 2014 UN 2013
- Cabang ilmu biologi Cabang ilmu biologi cabang ilmu biologi
Ciri makhluk hidup dan perannya peran bakteri peran bakteri peran bakteri
ciri alga ciri Flagellata ciri protista
tumbuhan dikotil ciri lumut ciri molusca
daur hidup Taenia daur hidup Taenia ciri dikotil
ciri Pisces ciri Aves siklus Coelenterata
ciri mamalia
5 soal 5 soal 6 soal
Tingkat keanekaragaman hayati 0 0 0
Ekosistem jaring makanan jaring makanan aliran energi
1 soal 1 soal 1 soal
Dasar pengeleompokan makhluk hidup percobaan pengelompokan pengelompokan mamalia
1 soal 1 soal 0
Perubahan lingkungan hutan lindung diversifikasi lahan taman laut
bahan bakar fosil bahan bakar fosil penebangan hutan
2 soal 2 soal 2 soal
Daur biogekimia daur O2 daur nitrogen daur nitrogen
1 soal 1 soal 1 soal
Struktur dan fungsi pada tumbuhan jaringan tumbuhan jaringan tumbuhan jaringan tumbuhan
1 soal 1 soal 1 soal
Bagian sistem organ manusia dan fungsinya struktur nefron bagian jantung
1 soal 0 1 soal
Gangguan sistem tubuh manusia gangguan darah gangguan ekskresi
gangguan ginjal
0 2 soal 1 soal
Mekanisme kerja sistem organ gerak otot kontraksi otot gerak otot
kerja jantung enzim pencernaan enzim pencernaan
enzim pencernaan volume napas napas olahraga
inspirasi gerak refleks hormon adrenalin
hormon gula darah proses menstruasi Kerja antibiodi
prinsip antibiotik respon imunitas
6 soal 6 soal 5 soal
Faktor eksternal pertumbuhan tumbuhan percobaan  tauge percobaan tauge percobaan tauge
1 soal 1 soal 1 soal
Struktur dan fungsi sel membran sel organel sel membran sel
organel sel organel sel
2 soal 1 soal 2 soal
DNA, RNA, kromosom DNA vs RNA struktur DNA DNA vs RNA
1 soal 1 soal 1 soal
Metabolisme sel, reaksi katabolisme & anabolisme reaksi katabolisme reaksi katabolisme respirasi anaerob
glikolisis siklus Krebs glikolisis
siklus Calvin proses fotosintesis reaksi terang
respirasi anaerob respirasi anaerob respirasi anaerob
4 soal 4 soal 4 soal
Bioteknologi budidaya tanaman antibodi monoklonal Biotek tradisional
DNA rekombinan transgenik rekayasa genetik
hibridoma rekayasa genetika tanaman transgenik
biotek dan etika
4 soal 3 soal 3 soal
Transpor membran osmosis
0 1 soal 0
Enzim enzim dan ph faktor kerja enzim faktor kerja enzim
1 soal 1 soal 1 soal
Reproduksi sel fase pembelahan sel fase pembelahan sel fase mitosis
1 soal 1 soal 1 soal
Sintesis protein urutan sintesis skema sintesis urutan sintesis
1 soal 1 soal 1 soal
Hukum Mendel soal hitungan soal hitungan soal hitungan
Silang 4 sifat beda
1 soal 2 soal 1 soal
Penyimpangan hukum Mendel kriptomeri epistasis
1 soal 0 1 soal
Asal-usul kehidupan teori Oparin teori abiogenesis Spallanzani
1 soal 1 soal 1 soal
Evolusi Kerja evolusi Kerja evolusi
0 1 soal 1 soal
Pembentukan gamet spermatogenesis oogenesis
1 soal 0 1 soal
Hereditas manusia persilangan albino buta warna buta warna
mutasi kromosom mutasi kromosom mutasi
2 soal 2 soal 2 soal

Lo akan melihat beberapa topik yang ga selalu konsisten keluar di tiap tahunnya. Misalnya, Penyimpangan Semu Hukum Mendel ga nongol pas UN 2014 atau Gangguan Sistem Organ Manusia ga keluar pas UN 2015. Hal ini jangan terlalu lo pikirin karena pada dasarnya topik yang ga keluar itu udah di-cover sama topik lain yang berkaitan. Misal, di UN 2015 kemarin, walaupun ga ada keluar soal tentang Gangguan Sistem Organ, tapi soal lain tentang Bagian, Fungsi, dan Mekanisme Sistem Organ Manusia sebenarnya udah cukup untuk menguji pengetahuan lo tentang Sistem Organ Manusia.

Walaupun demikian, ada beberapa perbedaan yang menurut gue cukup signifikan untuk diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

  1. UN Biologi 2013 – 2015 selalu dibuka dengan pertanyaan tentang Cabang Ilmu Biologi. Tapi di SKL UN Biologi 2016, ga ada dicantumkan topik Cabang Ilmu Biologi.
  2. Pada SKL UN Biologi 2016, muncul sebuah topic baru yang ga ada di UN tahun sebelumnya, yaitu Tingkat Keanekaragaman Hayati (Gen, Jenis, Ekosistem).
  3. Pada SKL UN Biologi 2016, untuk topic Hereditas Manusia, secara spesifik disebutkan akan keluar soal Peta Silsilah.

Nah, karena kelihatannya UN Biologi nanti ga bakal jauh beda dengan UN Biologi tahun-tahun sebelumnya, sebenarnya artikel pamungkas tentang Persiapan UN Biologi SMA yang ditulis Pras beberapa tahun lalu masih relevan dan bisa lo gunakan untuk persiapan UN ini. Di artikel itu, Pras udah bikinin panduan video materi zenius yang musti lu tonton sesuai dengan setiap materi indikator dalam SKL pemerintah. Berikut link untuk artikel tersebut.

Tapi kalo lo masih butuh Panduan Belajar UN Biologi yang disesuaikan banget dengan SKL UN 2016, gue bakal bantuin deh memetakan panduan sebelumnya dengan SKL sekarang.

 

Bidang Keanekaragaman Hayati dan Ekologi

1. Ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup

Bagian ini mencakup hampir seluruh pelajaran Biologi kelas X SMA. Materi Biologi kelas X SMA sebagian besar adalah tentang klasifikasi makhluk hidup dan ciri-ciri dari tiap Kingdom kehidupan. Banyak banget sih.Untuk menyiasatinya, daripada lo menghafal plek-plek ciri tiap Kingdom, lo bakal lebih mudah memahami dasar pengklasifikasian Kingdom kalo lo bisa memahami mindmap buatan Pras seperti ini:

konsep-taksonomi-makhluk-hidup

Dengan memahami mindmap di atas, sebenarnya udah cukup jadi bekal lo buat menentukan cirri-ciri tiap Kingdom kehidupan. Lo bisa uji pemahaman lo dengan nyobain beberapa soal berikut.

2. Tingkat Keanekaragaman Hayati (Gen, Jenis, Ekosistem)

Luangkan waktu sebentar untuk baca dan memahami definisi dari keanekaragaman tingkat gen, jenis dan ekosistem. Untuk latihan soalnya, lo bisa lihat video zenius.net yang satu ini.

3. Ekosistem

Untuk materi Ekosistem, biasanya lo bakal disuguhkan soal jarring makanan. Trus lo akan diminta untuk menentukan peran tiap komponen atau menentukan aliran energi di ekosistem tersebut. Berikut latihan soal yang bisa lo jajal.

4. Perubahan Lingkungan

Bagian ini mencakup materi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan, dampak populasi penduduk terhadap lingkungan, hingga usaha pelestarian lingkungan. Beberapa contoh soalny adalah sebagai berikut.

5. Daur Biogekimia

Untuk bagian ini, lo mesti baca siklus oksigen, karbon, nitrogen, sulfur dan fosfor. Lo juga mesti perhatikan gambar bagannya biar makin ngerti. Untuk membuat lo semakin ngerti, coba simak pembahasan soal di zenius.net ini.

 

Bidang Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

1. Struktur dan Fungsi pada Tumbuhan

Pada bagian ini, soal yang keluar biasanya tentang Jaringan Tumbuhan di awal kelas XI SMA. Keliatannya emang banyak, tapi lo bisa lihat rangkuman materi Jaringan Tumbuhan di sini. Untuk memastikan penguasaan lo terhadap materi ini, lo bisa coba jajal contoh soalnya berikut.

2. Sistem Organ Manusia

Nah, seperti yang sempat gue singgung di atas, bagian ini lo diharapkan bisa menyebutkan bagian sistem organ manusia dan fungsinya, mekanisme kerjanya, hingga ganguan/penyakit pada sistem organ manusia. Pada dasarnya, bagian ini sebagian besar adalah materi kelas XI. Kalo dilihat dari pola soal UN tahun-tahun sebelumnya, lo bisa fokus pelajarin tentang mekanisme gerak otot, bagian dan mekanisme aliran jantung, enzim-enzim pencernaan, serta bagian dan gangguan ginjal.

Dan untuk pembahasan soal-soal di UN Biologi tahun sebelumnya, bisa dilihat berikut.

3. Faktor Eksternal Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Untuk topik ini, lo akan disuguhi soal percobaan kecambah dengan tabel hasil percobaan. Lo diminta untuk membaca table tersebut faktor apa yang mempengaruhi pertumbuhan kecambah. Coba deh lihat-lihat contoh soalnya berikut.

 

Bidang Biomolekular dan Bioteknologi

1. Struktur dan Fungsi Sel serta Transpor Membran

Ini masih materi kelas XI. Lo bisa lihat rangkuman penjelasan tentang struktur membran sel dan fungsi tiap organel sel di zenius.net.  Berikut pembahasan soal-soal di zenius.net yang relevan dengan kisi-kisi bagian ini.

2. Susunan DNA, RNA, dan Kromosom, serta Sintesis Protein

Di sini kita mulai nyentuh materi kelas XII dan materi yang penting di dunia BIologi, yaitu Genetika Molekular. Dimulai dulu dari hal yang dasar, yaitu struktur kromosom, DNA, dan RNA. Lo bisa mantepin pemahaman lo dengan mantengin video zenius.net berikut ini.

Nah, contoh soalnya seperti ini nih.

3. Metabolisme Sel, Reaksi Katabolisme dan Anabolisme, dan Enzim

Sebenarnya pemahaman Bab metabolisme ga lepas dari penguasaan dasar-dasarnya. Sayangnya pengetahuan dasar Biokimia cuma sekilas ada di bab Sel sewaktu kelas 11. Karena itu sempatkan liat seri video zenius tentang Biokimia dasar sebelum masuk belajar Metabolisme. Nggak ada apalan dan klo lu belajar konsepnya dengan benar, malah bisa jadi bekal yang gede untuk persiapan SBMPTN. Setelah ngabisin dengerin Biokimia, lanjut ke Teori Metabolisme di kedua tautan ini.

Karena penguasaan konsep adalah target kita, maka mau soalnya diutak-atik gimana pun, kita bakal bisa pede ngejawab soal-soal ini. Berikut soal-soal UN lampau tentang metabolisme.

4. Bioteknologi

Untuk Bioteknologi, lo wajib sebelumnya menguasai materi genetika molekular karena di bagian ini lo bakal banyak banget ditanyain teknik-teknik bioteknologi dalam bidang kedokteran, pangan, hingga forensik. Kalo lo bisa menguasai bagian ini secara konseptual, persiapan SBMPTN lo bakal kebantu banget. Di SBMPTN, ada beberapa soal lo yang menyinggung teknik-teknik bioteknologi, seperti DNA rekombinan, hibridoma, antibodi monoklonal, dll. Setelah lo udah lumayan yakin sama penguasaan lo tentang Genetika Molekular, lo bisa simak video zenius tentang teori Bioteknologi. Sempatkan juga baca-baca cerita di buku teks seputar Bioteknologi karena suka ditanyain juga dampak penerapan Biotek serta kaitannya dengan etika masyarakat.

Untuk latihan-latihan soalnya, kita bisa melihat bagaimana UN lampau mencoba menguji kemampuan siswa di penguasaan SKL.

5. Reproduksi Sel

Ini masih masuk ke materi Genetika Molekular. Reproduksi sel maksudnya tahapan pembelahan sel, baik mitosis ataupun meiosis. Lo bisa salami dulu video materinya.

Video zenius teori pembelahan sel

Lanjut dengan latihan soalnya berikut.

 

Bidang Genetika dan Evolusi

1. Hukum-hukum Mendel dan Hereditas Manusia

Di bagian ini, kita dituntut untuk bisa mengerjakan soal perhitungan persilangan individu, menentukan perbandingan fenotip dan genotip. Banyak siswa menganggap materi hitungan ini paling horror. Tapi sebenarnya kalo lo paham konsep dasarnya, perhitungan Mendel itu gampang. Selain persilangan biasa, kita juga akan diminta untuk menentukan penyimpangan semu Hukum Mendel dan persilangan yang melibatkan penyakit keturunan. Pada SKL UN 2016, secara spesifik disebutkan bahwa akan ada soal yang menampilkan peta silsilah. Kita akan diminta menentukan sifat keturunan berdasarkan pola hereditas yang ada. Perkuat dulu konsep dasar kalian dengan mendalami video teori berikut.

Selanjutnya kalian bisa hajar pembahasan soal UN berikut.

2. Pembentukan Gamet

Materi ini sebenarnya masuk ke Pembelahan Sel. Kalian bisa review lagi teorinya di video teori Reproduksi Sel di atas. Ini latihan soalnya.

3. Asal-usul Kehidupan

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa buka video Asal-usul Kehidupan di zenius.net. Latihan soalnya adalah sebagai berikut.

4. Teori Evolusi

Terakhir nih. Untuk materi ini, kita dituntut untuk paham tentang teori evolusi dasar, petunjuk/bukti evolusi, serta mekanismenya. Saksikan pembahasan seru Pras tentang teori evolusi di zenius.net. Tutup dengan latihan soal berikut.

****

Oke deh, sekian dulu bahasan gue tentang SKL UN Biologi UN 2016. Semoga bisa bermanfaat menemani kalian belajar untuk UN, sekaligus SBMPTN dan UM PTN. Semangat ya..

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Fanny tentang persiapan UN SMA Biologi, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Muhammad Ainur Rofiq

    kak, mau nanya dong. saya kelas 11 ipa, skrg lagi semester 2 udh fokus SBMPTN. secara dasar dasar nya saya lemah banget kak, kan berarti saya harus ulang materi dari kelas X untuk dasar2 nya ya kak, apa perlu ulang materi dari smp kak ? terus saya juga sebelum mulai itu kak karna masih bingung juga nih kak apa saya harus belajar TPA dulu atau belajar materi dasar2 nya dulu kak ?

    Mohon Jawabannya ya Kak, Makasih 🙂

    • Alfinsa EP

      Di Zenius Net bagian SBMPTN udah lengkap banget tuh materi-materi persiapan SBMPTN.

    • Fanny Rofalina

      Fokusnya, belajar TKPA aja dulu. TKPA itu kan meliputi TPA, Matdas, BIng, dan Bahasa Indonesia. Kalo lo udah jago banget di TKPA, misal lo iseng Try Out Mandiri, lo bisa dapat skor di atas 60, baru deh lo bisa move on ke materi Saintek/Soshum. Mumpung lo masih kelas 11 nih, dijagoin aja dulu TKPA nya.

      Di kelas 12, mungkin lo udah bisa fokus tuh ngejar materi Saintek/Soshum. Video pembelajaran Saintek/Soshum SBMPTN udah lengkap banget di zenius.net. Lo mantepin dulu bab per bab nya. Kalo ada bagian yang lo merasa stuck ga ngerti2, boleh lo jajal dari materi SMP. Tapi ya seperlunya aja.

      • Muhammad Ainur Rofiq

        Makasih banyak kak! Oh ya Btw, misalnya nih kalo ada BIng/ Bahasa indonesia ada yg stuck gk ngerti2 apakah perlu ngejajal dari matei smp juga kak?

        • Fanny Rofalina

          Kalo BIng dan BInd, mungkin bisa terbantu dengan banyak baca. Baca koran Kompas untuk Bahasa Indonesia. Baca novel BIng atau nonton film subtitle BIng bisa membantu.

          Oiya, gue ralat soal skor TKPA. Kalo lo bisa tembus skor 80, itu udah aman banget bro.

          Semangat yaa..

          • Muhammad Ainur Rofiq

            Oh iya kak satu lagi, hehe. soalnya gw baru baca artikel dari bang glenn, yang tentang "pentingnya TO dalam persiapan SBMPTN", nah misalnya nih kak, gw rutin TO 2 minggu sekali. kan gw fokusnya TKPA dulu kan kelas 11 ini. berarti nanti waktu TO mandiri, apa penting juga sama kerjain yang sainteknya kak ? apa ngerjain TO yg TKPA nya aja kak? terus dihitung deh PG nya.
            ( selama kelas 11 ini aja )

  • March

    Mau nanya nih, agak oot

    Untuk tahu kalo kita sudah mengetahui konsep suatu materi gimana ya?
    Kalau dengan ngerjain soal doang kan gak bisa ketahuan udah paham.konsepnya apa gak

    • reno lastchild

      telusuri dari 1- 22 blog di zenius.net/ lo bakal nemuin kerennya blog ini. dan ngebantu banyak hal dalam segala problematika para pelajar alami

    • Fanny Rofalina

      Kalo di Matematika atau Fisika, biasanya kita bisa uji pemahaman konsep kita dengan cara apakah kita bisa menurunkan rumus atau tau dari mana suatu rumus berasal.

      Kalo di matpel lain, gue sarankan lo coba jajal berbagai tipe soal. Biasanya kalo kita udah paham konsep, mau soal dipelintir kayak apapun modelnya, kita tetap bisa jawab.

  • Ayu Andini

    Hai kak fanny,
    Mau nanya nih, saya skrng kelas 11ipa.
    Apakah melampirkan sertifikat yang kita punya dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk masuk perguruan tinggi?
    Dan, misalnya saya punya sertifikat tentang pmr gitu, sedangkan saya nantinya mau mengambil Jurusan Tek.komputer, apakah sertifikat tsb ada gunanya?

    Ditunggu jwbnnya kk:)),

    • reno lastchild

      menurut gue sih engga, jadi salah satu konsep SNMPTN, itu ada sejarahnya jadi SNMPTN itu emang bener2 ngambil pembelajar yang benar2 unggul (mis : akademisnya baik diatas rata2 di daerahnya) nanti calon mahasiswaini nanti akan jadipemimpinkelak di daerahnya. sertifikat bisa jadi sedikit membantu tapi tidak terlalu banyak, kalo sertifikat itu memang dapat menyatakan kamu unggul dan sesuai kriteria PTN yang dituju bisa jadi "kepake"

    • Fanny Rofalina

      Tergantung lagi dengan prestige sertifikatnya. Kalo cuma sertifikat iku kepanitiaan atau acara, kayaknya bakal kalah dengan sertifikat menang lomba/olimpiade tingkat nasional/internasional ya.

  • Andre Saputra

    Suara kak fanny adanya di video biologi kelas brp sih?

    • Fanny Rofalina

      Gue cuma pernah rekaman UN SMP. Selebihnya gue banyak fokus ke ngajar langsung dan ngurusin blog. Hehee..

  • Anziel Malandri

    Tunggu dulu, apa ini artinya murid yg mempelajari KTSP saja akan mengalami kesulitan atau tidak ada perbedaan?

    • Fanny Rofalina

      Ga dong. Kan materi irisan, berarti materi yang sama-sama ada di KTSP dan K13. Mau lo kurikulum KTSP atau K13, ga akan ada hal baru yang muncul di UN dari yang lo pelajari selama ini.

      Ilustrasi
      Di KTSP lo belajar = {materi A, B, C, D, E, F}
      Di K13 lo belajar = {materi A, B, C, D, P, Y}
      Materi irisan UN = {materi A, B, C, D}

      Ga ada yang perlu dikhawatirkan bukan ttg perbedaan kurikulum? 🙂

      • Anziel Malandri

        oooh. thanks kak

        • Fanny Rofalina

          Yoih

  • Dian

    @fannyrofalina:disqus kak dari tulisan kakak diatas, maksud dari "belajar secara konseptual" apa ya kak? terimakasih

    • Fanny Rofalina

      Belajar secara konseptual itu pastinya bukan sekedar menghafal. Tapi lo bisa menjelaskan tentang suatu materi asalnya dari mana.

      Misal, untuk pelajaran Fisika/Matematika, ada rumus. Kebiasaan pelajar Indo, ya tinggal hafal aja rumusnya plek plek. Dihafal pola soalnya. Trus gimana ceritanya kalo tipe soalnya dipelintir? Bingung deh.

      Belajar dengan konseptual itu berarti lo ngerti suatu rumus datangnya dari mana sampe lo ga perlu lagi menghafal rumusnya. Jadi ntar kalo soalnya dipelintir kayak gimana pun, lo tinggal recall konsep sebuah materi, bisa jawab deh.

      Contoh sederhana, konsep kecepatan. Masih banyak yang cuma sekedar hafal, v = s/t. Tapi gimana ceritanya ntar kalo ada soal yang ga terang-terangan kasih keterangan tentang s dan t? Nah, kalo lo ngerti konsepnya kenapa rumus kecepatan bisa begitu, lo bisa menemukan cara kreatif untuk menyelesaikan soal tersebut.

      • Dian

        @fannyrofalina:disqus terimakasih kak atas jawabannya. semoga bisa jadi mahasiswa UI tahun ini.

  • Yuna Maharani

    Kak fanny ada artikel buat kimia juga gak? Aku udah mau UN nih.. kalau ada share ya kak 😀

  • Ishadiyanto Salim

    Hai kak mau nanya nih, sedikit oot....

    Sebenernya persiapan kita buat siap berSBMPTN tuh bisa di uji dengan Tryout UN di sekolah gak sih kak?
    Misal kalo Tryout2 UN jelek, apa itu belum siap banget buat SBMnya?

    • Fanny Rofalina

      Tipe soal UN itu beda dengan tipe soal SBMPTN. Coba kamu bandingin sendiri deh. Tipe soal UN itu rada bisa dihafal. Sedangkan soal SBMPTN itu konseptual banget.

      Jadi kalo lo bisa dapat nilai bagus di TO UN, belum bisa menjamin SBMPTN lo aman. Ga menjamin banget lah bro. Jau tingkat kesulitannya.
      Apalagi kalo nilai TO UN nya jelek, wah mesti kerja keras ekstra lagi tuh buat SBMPTN.

      • Ishadiyanto Salim

        Tapi kak... Jujur aja sih kok aku ngerasa lebih nyaman dan ngerasa seru banget pas ngerjain soal SBMPTN, apalagi aku udah belajar sejak bulan Oktober, sudah seharusnya manteb sih... Tapi dalam pengujian TO UN baru nemuin 7,4 sekian deh, apa emang kurang pembiasaan aja? Apa aku yang ngerjain nya kurang serius yaa...

  • SALAM SUKSES SELALU UNTUK SEMUA

  • Kinerja Aktif

    Kak, terimakasih banyak lho, atas bantuan refensinya ini. Menjadikan saya lebih baik lagi dibanding sebelumnya. Ini Ilmu nya mantep banget buat saya.

  • Ulfah Zulfa S

    kak belum ada yang fisikanya ya?

  • Rahmiyati

    Ka, jaringan hewan gak keluar ya berarti?

  • ajeng diah

    kak gimana sih caranya belajar biologi biar nyambung terus? soalnya gue klo bljr biologi itu nggak pernah ngerti, alias nggak connect2 kak,.. beri solusinya dong kak

  • Orien Meiyanti

    kak mau nanya dong tentang gimana caranya agar kita bisa dgn mudah ngejawab tpa kyk kita sbmptn?

  • Rafli Iman Firdaus

    kak nmr 15 un bio tahun 2015 itu kayaknya ada yg salah deh kak.. adduksi bukannya mendekati ya kak?

  • Winda amalia sari

    Kak, mnrt kakak persiapan untuk un itu ap aja? Agar bisa sukses ngejawab soal un dgn lancar

  • Nabilla savhira

    kak ditunggu yg 2017 nyaa makasihh

  • Alma Natasya

    Kak fanny, saya mau tanya deh. Speaker yang menjelaskan pembahasan
    sbmptn 2016 itu kak pras bukan ya ? karena saya ingin menanyakan seputar
    penjelasan yang agak rancu. terimakasih kak:)