Ngerjain Soal Fisika, First You Have to Think!

Ngerjain Soal Fisika, First You Have to Think!

Banyak yang bilang Fisika itu susah. Lebih parahnya lagi, dianggap pelajaran yang sama sekali nggak asik buat dipelajarin. Well, gue sih berharap lo bukan salah satunya. 🙂

Salah satu permasalahan yang paling sering gue lihat ketika orang-orang ngerjain soal Fisika adalah: mereka selalu mulai dengan rumus. “Untuk ngerjain soal ini pakai rumus apa, ya?”. Seakan-akan kalau rumusnya udah hafal, pasti bisa ngerjain soalnya. Apa lagi ada juga guru yang bilang “kalau udah hafal rumus, hampir semua soal bisa dikerjain”. Murid-murid yang ketemu guru kayak gitu akhirnya ikut-ikutan berusaha hafalin rumus aja.

Okay, statement guru itu nggak sepenuhnya salah sih. Terutama kalau soal-soalnya itu seperti soal-soal Ujian Nasional (atau soal ulangan bikinan guru itu sendiri) yang memang banyak yang tinggal masuk-masukin rumus aja. Tapi secara umum, belajar fisika yang kayak gitu ada kelemahannya:

  1. Lo kehilangan “fun”-nya belajar fisika.
  2. Kalau ketemu soal yang menguji konsep, seperti soal-soal tes masuk perguruan tinggi negeri (SIMAK UI, SBMPTN, UM, dll), hafal rumus malah bisa bikin lo memilih jawaban yang salah.
  3. Lo kehilangan benefit terbesar dalam belajar fisika: meningkatkan kemampuan berpikir saintifik yang akan berguna banget dalam hidup lo sampai kapanpun.

Dalam ngerjain soal Fisika, jauh lebih bagus kalau kita bener-bener fokus pada konsepnya.

Beberapa contoh soal:

Sekarang, coba kita lihat soal di bawah ini:

Contoh Soal Fisika

Untuk soal di atas, banyak nih yang tau kalau rumus gaya gesek itu f = µN. Karena dia diam, kita pakai koefisien gesek statis µs = 0,3. Jadi kalau kita masukin ke rumus, berapa nilai gaya gesek?

 \begin{align} N &= m\times g \nonumber \\ &= 5\times10 \nonumber \\&= 50N \end{align}

 \begin{align} f &= 0,3\times50 \nonumber \\ &= 15N \end{align}

Nice… jawabannya yang B.

Done!

But wait! Sekilas aja kita bisa sadar kalau yang aneh di sini. Ke mana arah gaya geseknya? Ke kiri? Atau ke kanan? Atau ke…

tumblr_lr6gx2m1hQ1qial2l

Rule number 1: Kalau ngerjain soal..  first, you have to think.

Kalau misalnya gaya geseknya ke kiri, berarti total gaya yang bekerja pada benda itu ΣF = 15N ke kiri dong. Kalau gitu, bendanya gerak ke kiri. Ini lebih aneh lagi. Masa nggak diapa-apain bendanya gerak !?

Nah, kalau kita ngerti konsepnya, kita tau kalau benda yang diam itu sigma F-nya selalu sama dengan nol ( ΣF = 0 ). Jadi kalau nggak ada gaya apa-apa, berarti gaya geseknya juga nggak ada. Jawaban yang bener itu adalah f = 0. Jawabannya adalah E. Untuk penjelasan detilnya, coba tonton versi videonya: teori mekanika (simplified physics) no 04.

Okay, sekarang coba kita lanjut untuk soal berikutnya:

Contoh Soal Fisika2

Bisa ngerjainnya?

Lagi-lagi jangan terpaku sama rumus. Mentang-mentang rumus gaya normal yang sering dipake itu adalah N = W = m.g, langsung deh masukin rumus N = 4 x 10 = 40 N. (semoga lo nggak termasuk yang kayak gini)

Balik lagi ke rule number 1: Kalau ngerjain soal.. first, you have to think.

Arah gaya normalnya ke mana sih btw?

Gaya normal di soal ini, arahnya ke kiri (banyak banget yang masih mikir kalau gaya normal itu arahnya selalu ke atas, well.. setelah baca ini, jangan mikir kayak gitu lagi ya).

Kenapa gaya normalnya ke kiri?

Karena gaya normal itu adalah gaya yang diberikan oleh dinding, dia selalu tegak lurus dengan bidangnya.

Kalau gitu, berapa besar gaya normalnya?

Di soal disebutkan kalau benda ini diam. Lagi-lagi kita tinggal inget konsepnya: Jika benda diam, maka jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut adalah nol ( ΣF = 0 ). Kalau gitu, gaya ke kanan (F = 200N) harus sama dengan gaya ke kiri (gaya normal). Oh… berarti gaya normalnya adalah 200 N. Jawabannya E.

First you have to Think !

Nah, sampai di sini, gue harap lo udah dapet apa yang mau gue sampein. Intinya sih, bukannya menghapal rumus itu jelek. Tapi kalau menghapal aja dan lupa sama konsepnya, fisika jadi nggak menarik. Udah gitu, jadi nggak bisa ngerjain soal juga kalau soal-soalnya menguji konsep. Lagi pula, otak kita itu sebenernya canggih banget. Sayang banget kalo cuma digunain untuk menghapal aja.

Btw, selipan dikit. Gue ngelihat banyak orang yang cara berpikirnya manual banget. Setiap kali ketemu persoalan, langsung kerjain aja ngikutin biasanya gimana. Nggak pake mikir, yaudah pokoknya biasanya ngerjainnya begini. Well, gue sih berharap banget kalau lo bukan salah satunya. Profesi apapun yang nantinya lo jalanin, semoga setiap kali ketemu persoalan, lo inget rule number 1: First, you have to think.

Lebih banyak lagi latihan soal fisika

Next, berikutnya gue pengen lo cobain beberapa latihan fisika di sini: Soal mekanika (versi Interactive Module). Semua soal di situ bisa dilihat siapapun kok (nggak harus member). Tapi kalau mau lihat video pembahasannya, harus jadi member (regular member aja, cukup sign up, nggak perlu beli voucher).

Untuk yang udah jadi premium member, bisa lebih banyak lagi versi interactive module-nya terutama untuk persiapan SBMPTN disini :

Oke, deh.. kalo ada yang mau curcol atau komentar tentang susahnya belajar fisika, jangan malu-malu buat kasih comment di bawah ya!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wisnu adalah CEO Zenius Education dan juga senior tutor Matematika & Fisika di Zenius Education. Wisnu mengambil S1 di Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
 
Follow Twitter Wisnu at @wisnuops

  • Amanda

    kak, kalo aku sebenernya suka fisika, tapi kalo udah liat soal listrik magnet dan semacamnya tuh rasanya kepala langsung puyeng -__- gimana ya biar bisa jago materi2 kayak gitu?

    • Kalau di zenius.net sih ada materi tentang listrik dan magnet (<-- itu linknya). Harusnya sih materi di situ bisa bikin jago. Hehe

  • Bener bgt!! Itu yg listrik2 konsepnya gimana sih? Kok susah keliahatannya tu susah bgt dipahaminya?

  • Sakinah

    Pengen jago fisika juga, biar makin kece 🙂

    • Gue melihat ada pesan implisit di sini: "Jika jago fisika, maka kece"... hmmm.. nice. Hehe

      • Djazman Arrafiq

        "Jika tidak kece, maka tidak jago Fisika" .... (Jika negasi Q, maka negasi P)

        Ini bener kan kak logika gue .... 😀

  • wisnu

    kaka , kayanya asik deh kalo misal zenius.net ngasih sistem kaya chating atau kirim pesan untuk pengajar (mungkin khusus member premium) kan biar bisa tanya tanya soal yg kita ga bisa jadi lebih enak gitu

  • azizah

    hahaha jadi ketawa sendiri pas baca pembahasan soalnya. bacaan yg di dlem kurung kaya nyindir gue bngt wkwk

  • Gea Ghali

    Kak kalo seandainya, saya berpikiran ngerjain soal fisika di sbmptn nanti materi/bab yang saya kuasai dan benar2 pahami konsepnya aja salah ga sih? dengan asumsi yg dipelajari harus terjawab dan benar. Menurrt kk gmn?

    • Glenn Ardi

      Menurut gue sih selain harus bener-bener paham konsepnya, kamu juga tetep harus banyak latihan soal. Soalnya kalo gak dibarengi sama latihan, tau dari mana kalo kita tuh udah paham beneran ato cuma ngerasa paham doank 😉

      • Gea Ghali

        oh ya kak saran yang tepat, thanks a lot 🙂

  • regitri

    sebenernya fisika asik kok , konsepnya mah itu itu aja ~ , semoga kita lulus ptn ya guys ~

  • She Usil

    kak guru fisika gwe neranginnya kagak enak bgt, ngebosenin sumpah. habis itu nta r ngasih soal sendiri dikerjain sendiri. itu mah yg tambah pinter gurunya bukan muridnya

  • Irwan sianturi

    pasti bisa

  • Irwan sianturi

    minta doanya biar bisa masuk UGM tahun depan

  • Syifa

    Ooh.. Soal kayak begitu aku baru ngerti. Biar telat, yang penting bisa ^^

    Tetap posting.

  • novi malasari

    super....

  • Djazman Arrafiq

    Bang Wisnu, sebenarnya inti dari Mekanika tuh apaan sih? kayaknya buanyak banget konsep dasarnya ... emang sih yg paling berpengaruh ya paling "vektor" mulu.

    Terus sama Listrik, cara belajar bab Listrik tuh gimana kak? keliatannya simpel tapi kok agak tricky gimana gitu ....

    • Inti dari Mekanika itu Hukum Newton 1, 2, 3. Itu yang utama. Sisanya turunan dari itu. Tapi emang dari hukum yang simple itu, implikasinya bisa beragam banget. Itu lah gokilnya Fisika.

      Kalau listrik, dijelasin juga sih di video zenius.net gimana. Yang paling penting lo bisa sambung-sambungin berbagai konsep di listrik itu. Yang utamanya sih sebenernya cuma hukum ohm sama hukum kirchoff, sisanya turunan dari itu.

      • Djazman Arrafiq

        Ohiya kak, kan ada tuh tulisannya punya kak Sabda tentang Deliberate Practice. Terus biar expert (ciee .. ) di mekanika, hal2 fundamental yang harus dikuasai apa aja, terus video yang harus ditonton apa aja?

        makasih ...

  • almirah r.

    bang kok a masih bingung ya kalo belajar kesetimbangan benda tegar ? apa sih konsep dasarnya biar paham banget deh

  • Alimah

    ada pembahasan tentang dasar gaya newton?

  • Rani

    thank's a lot buat tutor fisika khususnya bang sabda sama bang wisnu ..... kece banget ngajarinnya.... iya bener , awalnya gw berpikiran fisika tu rumus semua.... tapi disini, rugi kalo otaknya dipake buat ngapal doang,,,, fisika emang fun bgt.. buat pemodelan dan mikirnya itulo yang seru......imajinasi dimainkan... coba dari SD gw nemu zenius.net haha

  • Rasyid Sulaeman

    sebenernya gue tertarik sama pelajaran fisika cuman gue suka kesulitan ngerjain soal Optika, Listrik, trs masih banyak lg sih, trus juga klo ngeliat soal yg lebih kompleks tuh jd males ngerjainnya, ngeliat soalnya aja udh muak :3 gimana caranya biar lbh ke konsep trus jd enak & fun gitu ngerjainnya? ada solusinya nggk kak?

  • Azzam Oky

    mas wisnu...klo seperti rumus fisika2 itu apa harus kita apal...kan kita gak tau turunannya....gmna kita caranya klo gak mau apalin...kata bang sabda rumus kagak usah di apal...mohon advice nya bang ....aku juga udah mention bang wisnu di twitter kok

    • Oh. Yang kemarin nanya di Twitter yah? Udah gue bales yah.

  • Fatimah

    kak, aku pernah dapet soal tentang Gravitasi.., yang ditanya adalah, berada pada titik mana gravitasi bulan dan bumi saling meniadakan? kalo dipikir2 adakah jarak antara bumi dan bln saling meniadakan?. dibumi kita tau bahwa air laut pasang karena adanya gravitasi bulan, berarti gravitasi bulan sampai kebumi, dan bumi pun juga. bumi dan bulan tidak saling bertabrakan karena faktor benda lain. berarti gak ada jawabnya dong 😀

    • Bagus tuh soalnya. Jawabannya ada tentunya. Coba aja gambar dua benda, A sama B. Pada suatu titik di tengah-tengah A dan B, maka ada yang gravitasinya nol. Karena pada titik tersebut besar gravitasi gara-gara A = besar gravitasi gara-gara B. Besarnya sama, tapi arahnya berlawanan, makanya resultannya nol.

      Untuk bumi dan bulan, di mana titik tersebut? Pasti bisa dicari pakai persamaan umum gravitasi.

  • tarmizi

    kalo buat soal resultan vektor itu gmna ya

  • tarmizi

    ada yg punya soal fisika yg langsung di jawab sendiri

  • kennynugroho

    kak, kenapa video fisika ny bang sabda di ganti sih di xpedia.....katanya ada 'tour de physics' yg konon katanya mampu menghubung hubungkan tiap materi fisika sehingga menjadi sebuah ilmu yang sinergis dan berkesinambungan.. kok mandeg di tengah jalan... gimana ini zeniusssssss

    padahal dulu kelas x, xii langganan remed fis, sekarang puji Tuhan udh tercerahkan dan moga moga bisa fti itb amiinn

    bang sabda tanggung jawab lah, gua jadi demen fisika nih hahaha

  • michael

    setuju banget sama artikel ini , apalagi kalo gua inget tuh kata2 si sabda kalo fisika itu harus dipikirin dan dilihat kenyataannya gimana. menurut gua, semua materi fisika itu sebetulnya gampang, cuma pola pikir dan rumus yang buanyak itu yang bikin ribet

  • Tobi Wildansyah

    Gw bisa soal terakhir (Masih jr. wkwk).
    Tapi yah, gwmah agak kebaliut sama optika geometri (Guru Fisika gw baru lulus kuliah, kaku) dan di Zenius juga agak kurang ngerti, entah karna video teorinya yang maaf, gw kurang suka sama suaranya, bikin ngantuk *plakk. atau apa? gatau. Gimana dong?

  • Aldi Sadewa Wiguna

    kak, menurut saya sih fisika cuma tambah kali kurang sama sudut sudut gitu kak wkwkwkw <<< dikit banget ngapal rumus fisika tapi anehnya malah suka fisika krn ya cuma tambah kurang kali bagi sm sudut wkwkwk

  • Hiromi Elevenia

    mantap bang! gue ngerasain banget ketika gue ngerjain soal fisika nggak mikir dulu, langsung pake rumus, padahal itu bisa ngejebak gue jadi salah atau bahkan gue sampe stuck buat mikir. dulu, pas smp gue sempat tertarik sama fisika, terus ikut kelas olim fisika. tapi, lama-lama gue jadi enek sendiri ngeliat rumus yang bejibun nggak gue ngerti. setiap ada kelas fisika, gue jadi males-malesan. pas sma ketemu zenius, gue jadi sadar kalo gue pernah benci fisika karena gue kehilangan 'berpikir'-nya, dan juga terlalu ngafal rumus. thanks buat bang wisnu, cara ngajarnya sesuai dengan intonasi gue dan ngajarin konsep fisika sampai gue dapet 'ooooh moment' gue juga bertanya-tanya kenapa, nggak dari dulu ketemu zenius :'D