Tips Persiapan Belajar UN SMA Kimia

Kisi-kisi UN SMA Kimia dibahas lengkap dengan contoh-contoh soal untuk setiap topik yang akan diuji untuk membantu persiapan belajar untuk UN SMA Kimia.

Wah gak terasa ya udah bulan Januari aja, buat kalian yang sekarang kelas 12 sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional yang rencananya akan akan diadakan pada awal bulan April. Gimana nih persiapan kalian? Udah pada siapkah? Mungkin ada sebagian dari kalian yang udah mulai resah trus mulai nyari buku-buku tentang teori teori singkat menghadapi UN dan buku-buku pembahasan UN tahun tahun sebelumnya. Tapi ya gak sedikit juga yang masih nyantai nyantai aja…

Nah mungkin dari kalian ada yang bertanya, kira kira soal UN Kimia sekarang beda gak sih dengan soal tahun tahun sebelumnya, mengingat ada sebagian sekolah yang menerapkan/memakai kurikulum 2013 dan banyak juga yang tetap memakai kurikulum KTSP. Pada dasarnya, Kemendikbud telah mengumumkan bahwa materi yang akan diujikan dalam Ujian nasional adalah materi yang merupakan irisan antara kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP. Berarti yang diujikan adalah materi yang sama-sama dipelajari baik oleh pengguna Kurikulum 2013 maupun pengguna KTSP. Artinya, baik kamu yang sekolahnya menerapkan K13 maupun KTSP, tidak perlu lagi belajar dari materi kurikulum lain, karena bahan ujiannya pasti ada di materi yang selama ini kamu pelajari. Apalagi, ternyata bab-bab pelajaran kimia yang ada di K13 itu sama persis denganyang ada di KTSP, hanya berbeda urutannya aja.. Jadi singkatnya menurut saya, materi atau topik yang akan diujikan pada UN KIMIA tahun ini gak akan jauh beda dari tahun tahun sebelumnya.

Beberapa tahun belakangan ini dilihat dari komposisinya, materi kelas 12 persentasenya hampir sama dengan kelas 11 yaitu masing masing 40%, sedangkan untuk kelas 10 hanya sekitar 20 % saja. Untuk lebih detail lagi, mari kita lihat kisi-kisi UN 2016 yang dirilis oleh Kemendikbud:

kisi3

 

Pasti pada banyak yang pada pusing atau bingung gimana cara ngartiinnya…

Berdasarkan kisi kisi di atas, materi kimia dibagi menjadi 5 bidang utama yaitu  Kimia Dasar, Kimia Analisa, Kimia Fisik, Kimia Organik, dan Kimia Anorganik. Trus masing masing bidang utama tersebut dibagi lagi menjadi beberapa topik, dan kalo saya perhatikan sebenernya topik yang akan diujikan pada UN tahun ini gak jauh beda dengan topik topik UN tahun sebelumnya. Paling hanya berbeda 1 topik aja, di mana pada kisi kisi tahun ini gak disebut atau  tidak munculnya topik senyawa benzena dan turunannya, tetapi muncul topik yang baru yaitu mengenai jenis dan sifat  fisik kristal

Nah ini distribusi jumlah soal dari topic topic yang diujikan pada UN tahun 2013-2015:

Topik Tahun 2015 Tahun 2014 Tahun 2013
Struktur atom dan sistem periodik 2 soal 1 soal 2 soal
Ikatan kimia, bentuk molekul, dan gaya antar molekul 3 soal 3 soal 4 soal
Tata nama senyawa anorganik dan reaksi kimia 1 soal 1 soal 1 soal
Hukum dasar kimia 0 1 soal 0
Stoikiometri / konsep mol 1 soal 1 soal 2 soal
Daya hantar listrik larutan 1 soal 1 soal 1 soal
Senyawa hidrokarbon dan minyak bumi 0 2 soal 0
Termokima 2 soal 2 soal 2 soal
Laju reaksi 2 soal 2 soal 2 soal
Kesetimbangan 2 soal 2 soal 2 soal
Larutan asam basa 1 soal 1 soal 1 soal
Stoikiometri larutan 1 soal 1 soal 1 soal
Hidrolisis garam 1 soal 1 soal 1soal
Larutan buffer 1 soal 1 soal 1soal
Kelarutan dan Ksp 1 soal 1 soal 1 soal
Sistem koloid 1 soal 1 soal 1 soal
Sifat koligatif larutan 2 soal 1 soal 2 soal
Redoks, elektrokimia, dan korosi 5 soal 4 soal 5 soal
Kimia unsur, radioaktivitas 5 soal 4 soal 4 soal
Senyawa turunan alkana dan reaksi senyawa karbon 4 soal 4 soal 3 soal
Benzena dan turunannya 2 soal 1 soal 1 soal
Senyawa polimer 1 soal 2 soal 1 soal
Biomolekul 1 soal 2 soal 2 soal

 

Yang berbeda pada soal UN tahun ini adalah kisi-kisi itu bukan cuma menampilkan topik-topik yang akan diujikan, tapi juga level kognitifnya. Ada 3 level kognitif yang terdapat di kisi-kisi, yaitu:

  1. Level Pengetahuan dan Pemahaman
  2. Level Aplikasi
  3. Level Penalaran (paling susah)

Trus apakah dari kisi kisi tersebut kita udah bisa mengklasifikasikan kira kira topic apa aja yang tingkat kesulitannya bakal gampang dan mana yang akan susah…Sayangnya dari kisi kisi itu kayanya kita blom bisa mereka reka mana yang akan gampang dan mana yang akan susah…karena hampir semua topik tertulis pada semua level kognitif..

Nah dari pada menebak nebak, mending kalian belajar kimia dengan benar. Gimana maksudnya?

  1. Jangan hanya menghafal rumus,tapi yang penting adalah penguasaan konsep yang mantap dan daya analisa.
  1. Bisa mengkoneksikan antara bab yang satu dengan bab lainnya, ini penting, karena banyak siswa yang berpikiran antar bab itu gak ada hubungannya, padahal selalu ada keterkaitan antar bab yang satu dengan yang lainnya. Contohnya pada perhitungan elektrolisis itu konsep dasarnya adalah stoikiometri. Trus materi larutan buffer, hidrolisis, dan kelarutan itu semua konsep dasarnya adalah kesetimbangan kimia.
  1. Melatih kreativitas dalam menyelesaikan soal ,untuk hal ini ada latihannya. Biasanya adalah ketika kalian ngerjain soal trus dah dapet jawabannya, trus coba kalian gali lagi kira kira ada cara lain gak untuk memecahkan soal tersebut,kadang kadang ada soal yang bisa dicari jawaban dengan sudut pandang yang berbeda beda tapi nanti hasilnya akan sama.
  1. Memiliki penguasaan fundamental skills dan basic knowledge yang bagus,terutama dasar dasar matematika. Nah jika kita memiliki fundamental skills dan basic knowledge yang mantap tentu kita akan lebih mudah memahami materi yang akan kita pelajari nantinya.

Contohnya nih kalo saya tanya tentang bagaimana suatu molekul bisa bersifat polar atau non polar, pasti banyak yang menjawab molekul polar atau non polar dilihat dari ada tidaknya pasangan elektron bebas dan biasanya itu dihapal doang. Padahal kepolaran suatu molekul itu bisa mudah kita pahami jika dijelaskan dengan konsep vektor.

Kalo kalian bisa menerapkan 4 hal di atas maka kalian sebenarnya tidak hanya belajar untuk menghadapi UN aja, tapi juga udah sekaligus persiapan menghadapi SBMPTN..

Gimana dong kalo ada yang tetep kekeuh untuk fokus ke UN aja dulu?

Memang sih tiap orang beda beda pemikirannya. Oke deh kali ini saya akan coba bedah kisi-kisi UN Kimia 2016. Saya akan coba jabarin apa aja yang mesti kalian persiapkan untuk menghadapi topik yang akan diuji beserta contoh soalnya. Langsung aja yaa!

UN-KIMIA-2016

BIDANG KIMIA DASAR

1. Struktur Atom

Nah, apa aja nih yang mesti disiapkan dan apa aja yang mungkin ditanya, bisa liat di bawah nih:

2. Sistem Periodik Unsur

Berikut adalah video materi dari topik Sifat-sifat periodik. Hal yang perlu kalian pahami adalah:

3. Ikatan Kimia

Untuk lebih jelasnya kalian bisa buka Teori ikatan kimia. Berikut adalah cakupan yang perlu dipahami:

4. Tata Nama Senyawa Anorganik dan Persamaan Reaksi

Naah…pada topik ini biasanya kita diminta untuk membuat persamaan reaksi jika diketahui nama-nama dari reaktan dan produknya. Kalo kalian belum paham tentang penamaan senyawa-senyawa anorganik bisa buka Penamaan Senyawa Anorganik. Contoh soalnya:

5. Hukum Dasar Kimia

Apa yang mesti kita persiapkan? Pemahaman tentang hukum dasar kimia, yaitu:

Tapi dari semua hukum dasar itu, yang gak pernah muncul di UN adalah Dalton. Berikut adalah contoh yang sering keluar:

Pemahaman mengenai konsep mol dan penggunaannya dalam persamaan reaksi : Konsep Mol & Penggunaan konsep mol dalam persamaan reaksi. Contoh soal dalam UN

 

BIDANG KIMIA ANALISA

1. Daya Hantar Listrik Larutan

biasanya diminta untuk mengidentifikasikan suatu larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan non elektrolit. Contoh soal :

2. Larutan Asam Basa

Jika kalian pingin lebih paham gimana caranya menentukan pH dari larutan asam kuat/lemah, larutan basa kuat/lemah, campuran asam kuat-basa kuat, buka materi Larutan Asam-Basa. Berikut adalah hal yang mesti menjadi fokus kalian pada topik ini adalah:

3. Stoikiometri Larutan

Beberapa tahun ini yang sering muncul adalah mengenai titrasi asam basa. Pada materi titrasi asam-basa ini, kamu perlu memahami:

Nah, untuk lebih memahami konsep titrasi asam-basa, ga ada salahnya buka Titrasi Asam Basa, akan lebih seru kalo kita ngerti abis konsep titrasi asam basa ini. Tapi inget, topik stoikiometri larutan tidak hanya tentang titrasi asam basa tapi juga meliputi reaksi yang menghasilkan gas,reaksi yang menghasilkan endapan, dan persamaan reaksi ion.

4. Larutan Buffer / Penyangga

Kalo kalian masih belom paham tentang larutan buffer bisa buka bab larutan buffer. Berikut adalah point yang penting kalian kuasai:

 

5. Hidrolisis Garam

Untuk lebih memahami tentang hidrolisis garam, kalian bisa buka Bab Hidrolisis. Untuk cakupan soalnya, kalian harus paham :

6. Kelarutan dan Ksp

Kalo soal yang berhubungan dengan ksp, yang biasanya ditanyain:

Nah pada soal UN 2014, soal yang muncul itu menggabungkan antara konsep Ksp dengan konsep hidrolisis. Soal UN 2014 no 13. Teori mengenai kelarutan dan Ksp bisa kalian liat di sini.

 

BIDANG KIMIA FISIK

1. Termokima

Naah…pada topik ini mau ga mau harus paham Konsep Termokimia , Latihan soal Termokimia 1, Latihan Soal Termokimia 2, dan Latihan Soal Termokimia 3. Cakupan soal dari topik ini adalah:

2. Laju Reaksi

Persiapan menghadapi topik kalian bisa lihat Konsep Laju Reaksi. Beberapa materi yang penting dikuasai adalah:

3. Kesetimbangan Kimia

Bagi yang mau mendalami materinya bisa lihat di Konsep Kesetimbangan Kimia (jangan lupa juga lihat latihan soalnya). Kemungkinan soal yang berhubungan sama topik ini:

  • Menentukan persamaan Kc atau Kp dari suatu persamaan reaksi. Contoh Soal UN2011 No 27

4. Ikatan Kimia

Untuk lebih memahami topik ini, ada baiknya kalian buka video video yang ada  di bentuk molekul dan gaya antar molekul. Fokus topik ikatan kimia pada bidang ini berbeda dengan ikatan kimia pada bidang kimia dasar. Nah, topik ini difokuskan pada:

5. Sifat Koligatif larutan

Apa aja yang harus dipersiapkan pada topik ini?

6. Sistem Koloid

Buat yang belum paham topik ini kalian bisa buka bab Sistem Koloid. Pada topik ini yang penting dipahami adalah:

7. Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Pada topik ini, hal penting yang perlu kalian kuasai :

 

BIDANG KIMIA ORGANIK

1. Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi

  • Perbedaan sifat antara senyawa organik /karbon dengan senyawa anorganik. Contoh Soal UN 2014 no 17
  • Tata nama senyawa hidrokarbon
  • Reaksi senyawa hidrokarbon
  • Membandingkan titik didih senyawa hidrokarbon berdasarkan perbedaan rantai karbonnya. Contoh Soal UN 2014 no 19
  • Proses pengolahan minyak bumi
  • kualitas dari beberapa jenis bahan bakar. Contoh Soal UN 2008 No 16, dan Soal UN 2009 No 20

2. Senyawa Turunan Alkana

3. Biomolekul

4. Senyawa Polimer

5. Senyawa Benzema.

Sebetulnya topik ini tidak disebutkan pada kisi-kisi tahun 2016. Tapi topik ini selalu muncul pada UN tahun sebelumnya. Gak ada salahnya kalo kalian juga gak melewatkan untuk memehami topik ini. Nah…untuk lebih paham tentang indikator ini, sebaiknya kalian buka Konsep Benzena dan Turunannya. Berikut cakupannya soalnya:

 

BIDANG KIMIA ANORGANIK

1. Ikatan Kimia

Fokus topik ikatan kimia pada bidang ini adalah mengenai jenis kristal dan sifat kristal. Ini merupakan topic yang belum pernah muncul pada UN tahun tahun sebelumnya…Coba kalian nanti bisa cari sendiri di buku sekolah (tapi kayanya sih gak ada) atau sumber lain di internet.

2. Kimia Unsur

****

Semoga tulisan saya ini bisa membantu kalian untuk menghadapi UN Kimia yang akan berlangsung beberapa bulan lagi. Kalo ada yang ingin ditanyakan, silakan langsung tinggalkan pertanyaan atau komentar di kolom diskusi bawah artikel ini. Oke tetap semangat ya!!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Kak Yoki tentang persiapan UN SMA Kimia, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.