Persiapan Belajar SBMPTN dengan Zenius

Artikel ini menjabarkan tipe-tipe tes SBMPTN dan juga menjelaskan cara belajar SBMPTN di zenius.net.

Hai Zenius Fellow! Nggak kerasa sekarang UN SMA udah lewat, moga-moga kalian semua udah agak lebih lega dan mungkin beberapa ada yang menikmati liburan karena udah keterima di Ujian Mandiri Universitas swasta keren. Buat kalian yang udah keterima di Universitas impian kalian, gua ucapkan SELAMAT!

Oke, jadi di tulisan gua kali ini, gua buat khusus untuk kalian siswa kelas 12 dan para ronin yang lagi mempersiapkan pertempuran melawan ‘final boss’ bernama SBMPTN Tertulis! Oya, ada baiknya sebelum gua ngoceh lebih jauh, kalian baca dulu tulisan gua sebelumnya tentang Bedanya Persiapan UN dengan SBMPTN supaya kalian lebih paham battleground yang akan kalian hadapi.

Nah, ini dia nih jadwal tanggal-tanggal penting yang perlu kalian catet dan inget baik-baik, sumber resminya bisa kalian liat juga di website resmi SBMPTN

Catatan: Jadwal berikut adalah jadwal SBMPTN 2013. Jadi, lo perlu cek dan sesuaikan untuk jadwal SBMPTN tahun ini.

Jadwal SBMPTN

Nah, dari semua jadwal yang ada di atas, yang perlu kalian pelototin bener-bener itu pastinya tgl pelaksanaan ujian tertulis yang udah tinggal kurang dari 2 bulan lagi nih. Dari 2 hari penuh penentuan yang kalian hadapi itu basically ada 4 jenis tes, di antaranya:

Tes Potensi Akademik / Tes Bakat Skolastik

Apa sih sebenernya TPA / TBS ini? Mungkin ada beberapa di antara kalian yang bingung soal semacam apa sih sebenernya yang bakalan muncul untuk TPA / TBS. Oke, jadi intinya tes semacam ini mau mengukur sejauh mana kemampuan dasar logika kamu. Saran dari gua sih jangan coba-coba ngeremehin tes semacam ini karena banyak banget lho yang ternyata baru nyadar kalo logika yang kita anggep selama ini bener itu ternyata salah lho. Nah di zenius.net kita udah coba buat kategori jenis soal yang ditanyain dalam TPA, jadi pada dasarnya TPA itu terdiri dari 4 jenis kemampuan yaitu :

1. Verbal (sinonim, antonim, dan relasi verbal)

2. Penalaran Matematis (artimatika, geometri, perhitungan skala)

3. Analisa Pola ( pola barisan dan pola gambar )

4. Logika ( logika analitik, logika proporsi, dan diagram venn)

Buat kalian yang penasaran lebih jauh, di zenius.net kita udah coba kupas tuntas tentang konsep dari keempat jenis kemampuan di atas termasuk latihan soal TPA / TBS dari SNMPTN tahun 2012 dan 2011. So, kalo kalian udah coba tonton seluruh video zenius.net tentang TPA di situ, gua pikir sih harusnya tipe soal semacam ini nggak akan perlu kalian pusingin lagi. 😀

 

Tes Bidang Studi Dasar

Nah, berikutnya tes bidang studi dasar, perlu gua ingetin kalo tes bidang studi dasar ini akan ditempuh oleh kalian semua termasuk yang mau masuk jurusan IPA maupun IPS. Biasanya sih tes bidang studi Tes bidang studi dasar ini akan kalian hadapi di hari pertama bersamaan dengan TPA/TBS. Tes bidang studi dasar ini mencakup 3 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dasar, dan Bahasa Inggris. Untungnya nih buat kalian pengguna zenius.net ketiga mata pelajaran ini udah dijabarin dengan lengkap banget di zenius.net dimulai dari konsep teori setiap bab sampai ke latian soal SNMPTN dari tahun 2008 — 2012.

 

Tes Bidang Studi IPA

Oke, buat kalian yang berminat buat masuk ke fakultas Teknik atau MIPA, berarti kalian akan menjalani tes bidang studi IPA pada hari kedua. Tes bidang studi IPA ini meliputi mata pelajaran Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Nah kelas 12 IPA yang baru aja ngerasain soal UN 2013, perlu gua ingetin nih kalo kualitas soal SBMPTN hampir pasti bakalan lebih sulit dari apa yang kalian hadapi di Ujian Nasional. So, kalo kalian masih ngerasa kesulitan untuk ngerjain soal UN yang baru aja berlalu, berarti kalian perlu belajar lebih giat lagi buat bisa lolos SBMPTN, apalagi sekarang kalian bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain dari seluruh Indonesia.

Oke, buat kalian yang udah sering nongkrong di zenius.net, langsung aja gua kasih link buat belajar tes bidang studi IPA:

 

Tes Bidang Studi IPS

Nah, sekarang giliran kalian yang mau masuk fakultas ilmu sosial / social science. Untuk SBMPTN tertulis tahun ini, kalian akan berhadapan dengan 4 mata pelajaran yaitu Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, dan Geografi. Oke, langsung aja gua kasih link buat persiapan tes bidang studi IPS dari zenius.net:

Interactive Module

Oke, kita ada satu lagi kabar gembira nih buat kalian yang lagi mempersiapkan diri buat SBMPTN penjurusan IPA. Sekarang ini Zenius team lagi mengembangkan fitur baru yang kita namain Interactive Module. Sesuai dengan namanya, fitur ini dibuat supaya kalian bisa latihan soal dengan lebih interaktif dan lebih enak. Belum kebayang gimana? Oke, sekarang gua tunjukin gimana kerennya fitur ini.

1. Pertama-tama coba kalian cek page SBMPTN di zenius.net 

2. Coba kalian liat di kumpulan soal SBMPTN untuk bidang studi IPA, gua ambil contoh misalnya latihan soal buat Matematika Dasar SBMPTN 

Matematika Dasar dan IPA SBMPTN

3. Nah, sekarang gua tunjukin nih buat bisa pake fitur interactive module, ada pilihannya di kiri atas seperti ditunjukin gambar ini

posisi interactive module

4. Oke, sekarang kalian bakalan liat ada soal latihan di sebelah kiri yang bisa langsung coba kalian kerjain dulu. Nah, yang perlu kalian perhatiin adalah adanya option video pembahasan yang ada di sebelah kanan seperti yang ditunjukin di gambar berikut :

interactive module

5. Coba deh kamu klik tombol itu, nanti secara otomatis akan keluar video pembahasan tentang soal yang baru aja kamu coba kerjain. Dengan gitu, belajar kamu akan jauh lebih efektif terutama dari segi waktu dan pemahaman kamu tentang konsep juga bakal lebih mateng.

Video Pembahasan Interactive Module

Btw nggak semua latihan soal di zenius.net dilengkapi dengan interactive module. Rencananya nih, interactive module ini bakalan ada di setiap latihan soal SBMPTN IPA, TPA, dan Matematika dasar yang udah kasih link-nya di atas. Selain itu, kita juga lagi berusaha ngembangin supaya kalian bisa langsung ngerjain interactive module ini di layar dengan menggunakan tablet PC, moga-moga dalam waktu dekat bisa direalisasiin secara penuh yah. Walaupun masih beta version, gua pikir fitur ini bisa jadi ngebantu banget buat kalian latihan soal itungan dengan jauh lebih efisien dari segi waktu, apalagi mengingat SBMPTN udah tinggal bentar lagi.

Oke deh kalo gitu, gua ucapin selamat belajar buat menghadapi SBMPTN yang akan menentukan di kampus keren mana kalian akan berlabuh menjadi mahasiswa. Moga-moga Zenius bisa bantu kalian buat mewujudkan impian kalian buat kuliah di PTN favorite kalian, Oke ?

Btw kalo ada yang mau curcol atau nanya soal SBMPTN, jangan malu-malu buat kasih comment di bawah artikel ini yaah.. 😀 Salam Olahraga!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.