Gimana Cara Mengerjakan Soal TPS / TPA Diagram Venn? 17

Gimana Cara Mengerjakan Soal TPS / TPA Diagram Venn?

Berbagai contoh soal TPA Diagram Venn dibahas lengkap dengan pembahasan soal SBMPTN TPS / TPA Logika tahun-tahun lalu untuk membantu persiapan SBMPTN TPS / TPA.

Haii semua pembaca setia Zenius Blog, khususnya para pejuang SBMPTN. Gimana nih persiapan SBMPTN-nya? Udah mulai terbiasa dengan soal-soal SBMPTN yang bikin muter kepala, atau lagi stuck sama satu materi, atau udah mulai ada niatan tapi belum mulai-mulai belajarnya karena bingung mau mulai belajar dari mana? Hehehe..

Disclaimer: Dari SBMPTN 2013 – 2018, materi yamg diuji berupa TKPA dan TKD. TKPA terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan TPA. TKD terdiri dari Tes Saintek dan Soshum. Untuk SBMPTN 2019, diumumkan ada Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TKA itu ada Saintek dan Soshum. Namun, TPS masih belum dijabarkan isinya.

Seperti yang udah beberapa kali Zenius sarankan dari awal semester ini, buat yang bingung mau belajar SBMPTN dari mana, ada baiknya kalian mulai belajar dan latihan soal TKPA, yang terdiri dari materi TPS / TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kenapa? Karena pada dasarnya TKPA ini adalah materi yang bisa jadi lumbung nilai buat para pejuang SBMPTN, tapi sayangnya masih banyak yang suka anggap remeh. Selain itu, mulai belajar dari TKPA adalah pilihan yang aman buat kalian yang mungkin masih bingung mau milih jurusan apa di SBMPTN nanti. Lebih lengkapnya, kalian bisa simak penjabaran panjang lebar Glenn di sini: Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

Nah kali ini, gue mau melengkapi panduan belajar salah satu materi TPS / TPA, yaitu tentang Diagram Venn. Sebenernya selama 6 tahun SBMPTN terakhir, soal Diagram Venn hanya keluar sekali pada SBMPTN 2014. Keberadaan soal Diagram Venn di SBMPTN 2014 menggantikan soal TPS / TPA Logika Proposisi yang biasanya ga pernah absen di SBMPTN selama 5 tahun ke belakangnya. Menjelang SBMPTN 2015 kemarin, ada desas-desus yang bilang kalo soal Diagram Venn bakal keluar lagi. Eh ternyata enggak. Nah, gimana dengan SBMPTN tahun ini? Apakah soal Diagram Venn bakal hadir kembali menggantikan? Tentunya, ga ada yang tau selain panitia SBMPTN tahun ini sendiri. 😀

Tapi pembahasan Diagram Venn sebenarnya bisa nyerempet ke dua materi TPS / TPA, yaitu materi Diagram Venn yang biasanya kita diminta untuk nentuin anggota himpunannya, mana yang beririsan, mana yang terpisah, dan lain-lain; DAN materi Logika Proposisi yang identik dengan bentuk “Semua”, “Ada”, “Jika-maka”, dan sejenisnya. So, lo ga usah mengkhawatirkan apakah soal Diagram Venn bakal keluar lagi apa enggak di SBMPTN nanti, karena menguasai materi Diagram Venn tidak hanya akan membantu lo untuk bisa menjawab soal Diagram Venn, tetapi bisa juga lo gunakan untuk menjawab soal TPA Logika.  Nanti bakal gue kasih contohnya semua.

Okelah kita langsung masuk ke pembahasannya ya…

Gimana Cara Mengerjakan Soal TPS / TPA Diagram Venn? 18

Pengantar Diagram Venn

Diagram Venn pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli logika, matematika, dan filosofi Inggris bernama John Venn (1834-1923) sekitar tahun 1880. Diagram Venn ini digunakan untuk menunjukkan relasi antar kelas. Konsep “kelas” atau “himpunan” pada dasarnya adalah kumpulan dari objek. Objek tersebut biasanya disebut anggota suatu himpunan. Sebuah kelas didefinisikan dari isi himpunannya.

Misalnya nih, kita definisiin himpunan atau kelas A sebagai himpunan dari “Baju merah”. Berarti, semua baju merah yang ada di dunia ini adalah anggota dari himpunan A. Lalu, apapun yang BUKAN merupakan baju merah ya bukan anggota himpunan A, atau kita bisa bilang dia berada di luar himpunan A.

Perlu lo tau juga, kalo sebuah himpunan itu bisa kosong, gak ada isinya. Contoh, himpunan manusia yang tingginya 5 meter, karena gak ada manusia yang tingginya segitu. Selain itu, himpunan bisa juga isi anggotanya tak hingga. Misalnya, kalo gue punya himpunan bilangan ganjil, isinya kan terdiri dari {1, 3, 5, 7, dst dst}

Nah, itu kira-kira gambaran dasar dari himpunan yang biasanya sering kita liat digambarinnya pake diagram Venn. Sekarang kita masuk ke contoh soalnya.

Contoh Soal TPS / TPA Diagram Venn

Contoh 1:

Oke kita mulai dari contoh yang super gampang. Kalo gue punya himpunan Binatang berkaki 4, isinya bakal apa aja?

Bisa lah ya, isi himpunannya adalah {kuda, sapi, anjing, dan lain-lain}. OKE.

Contoh 2:

Sekarang, contoh yang juga masih dasaaar banget tapi sering salah, mungkin udah sering lo denger di zenius.net juga: Kalo gue punya daftar himpunan “Rumah”, “Meja”, dan “TV”, cara bikin diagram Venn-nya gimana? Pilihannya:

diagram venn, rumah meja tv

Kalo lo pilih jawaban A, lo mesti inget-inget lagi himpunan “Binatang berkaki 4”. Setara gak jawaban binatang lo dengan himpunan Rumah yang tadi lo isi dengan {Meja dan TV}? Kalo lo melakukan itu (milih jawaban A), seharusnya untuk himpunan “Binatang berkaki 4”, lo gak ngisi {kuda, sapi, anjing, dan sejenisnya}. Tapi, lo isi dengan {jantung, paru-paru, ginjal, dan sesuatu yang berada di dalam tubuh binatang berkaki 4}, bener gak?

Nah, jadinya salah kan kalo isi himpunanya gitu? Jadi, buat himpunan “Rumah”, isinya harus apa?

Yup. HARUS Rumah juga, {rumah gadang, rumah makan, rumah sakit, dll}. Dan untuk soal di atas, jawaban yang paling tepat adalah D. Rumah, meja, dan TV punya himpunannya sendiri-sendiri. Bisa dimengerti kan? Pokoknya inget-inget itu aja kalo mau bikin diagram Venn ya.

Coba latihan lagi dikit. Bikin diagram Venn dari himpunan-himpunan ini.

Contoh 3:

“Sapi” dan “Susu Sapi”

Contoh 4:

“Baju Merah” dan “Spidol Merah”

Pilihan jawaban buat keduanya:

tpa diagram venn, sapi susu sapi[expand title =”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”]

Kalo lo udah nyoba jawab dan mau nyocokin jawabannya, lo bisa liat penjelasannya di sini.

https://www.zenius.net/lp/c823/set-and-categories-teori (video 05)

[/expand]

Contoh 5:

“Negara”, “Kota”, dan “Jakarta”

tpa diagram venn negara kota jakarta

[expand title =”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”]

Lo bisa cek jawaban lo di sini ya.

https://www.zenius.net/lp/c824/set-and-categories-soal (video 02 No.2)

[/expand]

Contoh 6:

Dengan beberapa contoh di atas, gue harap lo udah mulai dapat bayangan deh ya pola soal TPA Diagram Venn kayak gimana. TAPI… mungkin aja pas SBMPTN nanti, lo nemuin soal yang definisinya ambigu atau gak ada pilihan jawabannya. Nah, kalo kayak gitu, gue ngebebasin lo buat bikin decision sendiri. Lo bisa skip aja soalnya, gak lo jawab sama sekali, atau lo bisa paksain pilih satu jawaban yang kira-kira Si Pembuat Soal-nya mau. Contoh soalnya begini nih.

Pilihlah diagram Venn yang tepat dari: “Sekolah”, “Kepala Sekolah”, dan “Murid”.

tpa diagram venn sekolah kepala sekolah murid Nah, seharusnya jawaban yang bener gimana? Harusnya semuanya terpisah ya. Tapi, karena gak ada pilihan jawabannya, kalo lo terpaksa untuk milih, lo bakal pilih yang mana?

Yup, yang paling mendingan yang A. Walaupun sebenernya itu kurang tepat ya. Penting nih, buat lo untuk tau kalo sebenernya jawaban itu tidak tepat. Jadi, kita asumsiin, Si Pembuat Soal mungkin mikirnya di dalem “Sekolah”, ya ada “Kepala Sekolah” dan “Murid”.

OKE? Bisa dimengerti ya?

Intinya, lo harus tau dulu cara bikin Diagram Venn yang bener. Jadi, kalo lo ngerjain soal, lo bisa dengan gampang nentuin itu soalnya bagus atau enggak, ada pilihan jawabannya atau enggak. Dan pada akhirnya, lo sendiri yang akan bikin decision untuk mau skip soal itu atau tebak jawaban yang paling mendingan.

Contoh Soal TPS / TPA Diagram Venn + Logika Proposisi

Sekarang kita masuk ke soal-soal Diagram Venn yang berhubungan dengan cara mengambil kesimpulan di materi TPS / TPA Logika Proposisi. Sebelumnya gue udah pernah nulis khusus tentang persiapan belajar TPS / TPA Logika Proposisi. Supaya lo lebih nyambung, gue saranin baca ini juga ya 🙂 soalnya yang bakal gue tulis di sini, tambahan-tambahannya aja.

Masuk langsung ya ke contoh soal. Coba lo tentuin! Kesimpulan yang diambil dari premis-premis ini, valid atau invalid?

Contoh 1:

(1) Semua ular adalah reptil.

(2) Semua reptil kulitnya berisisik.

Kesimpulan: Semua ular kulitnya bersisik.

Buat nentuin valid atau enggaknya, lo bisa pake beberapa cara. Ada 3 cara yang gue jelasin. Dua cara untuk ngejawabnya, ada di blog sebelumnya. Cara satu lagi adalah pake diagram Venn yang lebih simpel.

logika kuantor diagram venn ular reptil bersisik Dari sini bisa kita liat kalo himpunan “Ular” udah pasti ada di dalem himpunan “Bersisik”. Jadi, pasti valid.

Contoh 2:

(1) Ada raja yang tamak.

(2) Semua yang tamak, akan mati.

Kesimpulan: Ada raja yang akan mati.

Ini juga sama. Ada dua cara yang udah gue jelasin di blog sebelumnya, cara satu lagi tinggal bikin diagram Venn yang lebih simpel kayak gini.

logika kuantor diagram venn raja tamak mati Dari sini, juga bisa kita liat kalo kesimpulannya valid karena tanda “x” cuma punya satu kemungkinan dan letaknya di dalem himpunan “Mati”.

Contoh 3:

(1) Semua A adalah C.

(2) Ada B yang C.

Kesimpulan: Ada C yang A.

[expand title =”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”]

Cara bikin diagram Venn yang simpelnya gini,

logika kuantor diagram venn A B CKita bisa liat kan, kalo letak “x”-nya gak pasti. Bisa di dalem “A”, bisa di luar “A” tapi tetep di dalem “C”.

Lo bisa pake cara satu lagi yang udah pernah gue jelasin di blog sebelumnya. Bebas aja mau pake yang mana yang lebih gampang buat lo.

Screen Shot 2015-11-22 at 7.33.29 PMScreen Shot 2015-11-22 at 7.33.56 PMScreen Shot 2015-11-22 at 7.34.11 PM

[/expand]

Nah, gimana, bisa dimengerti kan? Kira-kira gitu gambarannya kalo lo mau ngejawab soal TPS / TPA Logika Proposisi dengan Diagram Venn.

****

Sip. Segini aja materi yang gue bahas kali ini. Biar lo makin mantep ngerjain soal diagram Venn atau menggunakan Diagram Venn buat ngerjain soal TPS / TPA Logika Proposisi, ga lupa gue ingetin buat banyak-banyak latihan ya, biar lancar. Berikut ada set soal yang bisa lo jabanin:

Lo bisa download soal-soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo mentok, tersedia juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal TPS/TPA aja, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalau lo mau download soalnya, lo bisa download aja soalnya di zenius.net ya!

Cara downloadnya adalah dengan mengklik tombol “Download Soal” pada sisi kiri atas di halaman link di atas. Semoga tips yang gue kasih di artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Gud luck!

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Wilo tentang cara ngerjain soal TPA Diagram Venn, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini.

Bagikan Artikel Ini!