Gimana Cara Mengerjakan Soal TPA Diagram Venn?

Gimana Cara Mengerjakan Soal TPA Diagram Venn?

Haii semua pembaca setia ZeniusBlog, khususnya para pejuang SBMPTN. Gimana nih persiapan SBMPTN-nya? Udah mulai terbiasa dengan soal-soal SBMPTN yang bikin muter kepala, atau lagi stuck sama satu materi, atau udah mulai ada niatan tapi belum mulai-mulai belajarnya karena bingung mau mulai belajar dari mana? Hehehe..

Seperti yang udah beberapa kali Zenius sarankan dari awal semester ini, buat yang bingung mau belajar SBMPTN dari mana, ada baiknya kalian mulai belajar dan latihan soal TKPA, yang terdiri dari materi TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kenapa? Karena pada dasarnya TKPA ini adalah materi yang bisa jadi lumbung nilai buat para pejuang SBMPTN tapi sayangnya masih banyak yang suka anggap remeh. Selain itu, mulai belajar dari TKPA adalah pilihan yang aman buat kalian yang mungkin masih bingung mau milih jurusan apa di SBMPTN nanti. Lebih lengkapnya, kalian bisa simak penjabaran panjang lebar Glenn di sini: Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

Nah kali ini, gue mau melengkapi panduan belajar salah satu materi TPA, yaitu tentang Diagram Venn. Sebenernya selama 6 tahun SBMPTN terakhir, soal Diagram Venn hanya keluar sekali pada SBMPTN 2014. Keberadaan soal Diagram Venn di SBMPTN 2014 menggantikan soal logika kuantor yang biasanya ga pernah absen di SBMPTN selama 5 tahun ke belakangnya. Menjelang SBMPTN 2015 kemarin, ada desas-desus yang bilang kalo soal Diagram Venn bakal keluar lagi. Eh ternyata enggak. Nah, gimana dengan SBMPTN 2016? Apakah soal Diagram Venn bakal hadir kembali menggantikan soal logika kuantor? Tentunya, ga ada yang tau selain panitia SBMPTN 2016 sendiri.

Tapi pembahasan Diagram Venn sebenarnya bisa nyerempet ke dua materi TPA, yaitu materi Diagram Venn yang biasanya kita diminta untuk nentuin anggota himpunannya, mana yang beririsan, mana yang terpisah, dll; DAN materi logika kuantor yang identik dengan bentuk “Semua”, “Ada”, “Jika-maka”, dsj. So, lo ga usah mengkhawatirkan apakah soal Diagram Venn bakal keluar lagi apa enggak di SBMPTN 2016, karena menguasai materi Diagram Venn tidak hanya akan membantu lo untuk bisa menjawab soal Diagram Venn, tetapi bisa juga lo gunakan untuk menjawab soal logika kuantor.  Nanti bakal gue kasih contohnya semua.

Okelah kita langsung masuk ke pembahasannya ya..

TPA-DIAGRAM VENN

 

Pengantar Diagram Venn

Diagram Venn pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli logika, matematika, dan filosofi Inggris bernama John Venn (1834-1923) sekitar tahun 1880. Diagram Venn ini digunakan untuk menunjukkan relasi antar kelas. Konsep “kelas” atau “himpunan” pada dasarnya adalah kumpulan dari objek. Objek tersebut biasanya disebut anggota suatu himpunan. Sebuah kelas di-defined dari isi himpunannya.

Misalnya nih, kita definisiin himpunan atau kelas A sebagai himpunan dari “Baju merah”. Berarti, semua baju merah yang ada di dunia ini adalah anggota dari himpunan A. Lalu, apapun yang BUKAN merupakan baju merah, ya, bukan anggota himpunan A, atau kita bisa bilang dia berada di luar himpunan A.

Perlu lo tau juga, kalo sebuah himpunan itu bisa kosong, gak ada isinya. Contoh, himpunan manusia yang tingginya 5 meter karena gak ada manusia yang tingginya segitu. Selain itu, himpunan bisa juga isi anggotanya tak hingga. Misalnya, kalo gue punya himpunan bilangan ganjil, isinya kan terdiri dari {1, 3, 5, 7, dst dst}

Nah, itu kira-kira gambaran dasar dari himpunan yang biasanya sering kita liat digambarinnya pake diagram Venn. Sekarang kita masuk ke contoh soalnya.

 

Contoh Soal TPA Diagram Venn

Contoh 1:

Oke kita mulai dari contoh yang super gampang. Kalo gue punya himpunan “Binatang berkaki 4”, isinya bakal apa aja?

Bisa lah ya, isi himpunannya adalah {kuda, sapi, anjing, dan lain-lain}. OKE.

Contoh 2:

Sekarang, contoh yang juga masih dasaaar banget tapi sering salah, mungkin udah sering lo denger di zeniusnet juga, adalah kalo gue punya daftar himpunan “Rumah”, “Meja”, dan “TV”. Cara bikin diagram Venn-nya gimana? Pilihannya:

diagram venn, rumah meja tv

Kalo lo pilih jawaban A, lo mesti inget-inget lagi himpunan “Binatang berkaki 4”. Setara gak jawaban binatang lo dengan himpunan rumah yang tadi lo isi dengan {meja dan TV}? Kalo lo melakukan itu (milih jawaban A), seharusnya untuk himpunan “Binatang berkaki 4”, lo gak ngisi {kuda, sapi, anjing, dan sejenisnya}. Tapi, lo isi dengan {jantung, paru-paru, ginjal, dan sesuatu yang berada di dalam tubuh binatang berkaki 4}, bener gak?

Nah, jadinya salah kan kalo isi himpunanya gitu? Jadi, buat himpunan “Rumah”, isinya harus apa?

Yup. Harus rumah juga, {rumah gadang, rumah makan, rumah sakit, dll}.Dan untuk soal di atas, jawaban yang paling tepat adalah D. Rumah, meja, dan TV punya himpunannya sendiri-sendiri. Bisa dimengerti kan? Pokoknya inget-inget itu aja kalo mau bikin diagram Venn ya.

Coba latihan lagi dikit. Bikin diagram Venn dari himpunan-himpunan ini.

Contoh 3:

“Sapi” dan “Susu Sapi”

Contoh 4:

“Baju Merah” dan “Spidol Merah”

Pilihan jawaban buat keduanya:

tpa diagram venn, sapi susu sapi”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”

Kalo lo udah nyoba jawab dan mau nyocokin jawabannya, lo bisa liat penjelasannya di sini.

https://www.zenius.net/c/823/set-and-categories-teori (video 05)

 

Contoh 5:

“Negara”, “Kota”, dan “Jakarta”

tpa diagram venn negara kota jakarta

”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”

Lo bisa cek jawaban lo di sini ya.

https://www.zenius.net/c/824/set-and-categories-soal (video 02 No.2)

 

Contoh 6:

Dengan beberapa contoh di atas, gue harap lo udah mulai dapat bayangan deh ya pola soal TPA Diagram Venn kayak gimana. TAPI... mungkin aja pas SBMPTN nanti, lo nemuin soal yang definisinya ambigu  atau gak ada pilihan jawabannya. Nah, kalo kayak gitu, gue ngebebasin lo buat bikin decision sendiri. Lo bisa skip aja soalnya, gak lo jawab sama sekali, atau lo bisa paksain pilih satu jawaban yang kira-kira Si Pembuat Soal-nya mau. Contoh soalnya begini nih.

Pilihlah diagram Venn yang tepat dari: “Sekolah”, “Kepala Sekolah”, dan “Murid”.

tpa diagram venn sekolah kepala sekolah murid Nah, seharusnya jawaban yang bener gimana? Harusnya semuanya terpisah ya. Tapi, karena gak ada pilihan jawabannya, kalo lo terpaksa untuk milih, lo bakal pilih yang mana?

Yup, yang paling mendingan yang A. Walaupun sebenernya itu kurang tepat ya. Penting nih, buat lo untuk tau kalo sebenernya jawaban itu tidak tepat. Jadi, kita asumsiin, Si Pembuat Soal mungkin mikirnya di dalem “Sekolah”, ya ada “Kepala Sekolah” dan “Murid”.

OKE? Bisa dimengerti ya?

Intinya, lo harus tau dulu cara bikin Diagram Venn yang bener. Jadi, kalo lo ngerjain soal, lo bisa dengan gampang nentuin itu soalnya bagus atau enggak, ada pilihan jawabannya atau enggak. Dan pada akhirnya, lo sendiri yang akan bikin decision untuk mau skip soal itu atau tebak jawaban yang paling mendingan.

 

Contoh Soal TPA Diagram Venn + Logika Kuantor

Sekarang kita masuk ke soal-soal Diagram Venn yang berhubungan dengan cara mengambil kesimpulan di materi logika kuantor. Sebelumnya gue udah pernah nulis khusus tentang persiapan belajar TPA Logika Kuantor. Supaya lo lebih nyambung, gue saranin baca ini juga ya 🙂 soalnya yang bakal gue tulis di sini, tambahan-tambahannya aja.

Tips Mengerjakan Soal TPA Logika Proposisi/Kuantor Untuk SBMPTN 

Masuk langsung ya ke contoh soal. Coba lo tentuin! Kesimpulan yang diambil dari premis-premis ini, valid atau invalid?

Contoh 1:

(1) Semua ular adalah reptil.

(2) Semua reptil kulitnya berisisik.

Kesimpulan: Semua ular kulitnya bersisik.

Buat nentuin valid atau enggaknya, lo bisa pake beberapa cara. Ada 3 cara yang gue jelasin. Dua cara untuk ngejawabnya, ada di blog sebelumnya. Cara satu lagi adalah pake diagram Venn yang lebih simpel.

logika kuantor diagram venn ular reptil bersisik Dari sini bisa kita liat kalo himpunan “Ular” udah pasti ada di dalem himpunan “Bersisik”. Jadi, pasti valid.

Contoh 2:

(1) Ada raja yang tamak.

(2) Semua yang tamak, akan mati.

Kesimpulan: Ada raja yang akan mati.

Ini juga sama. Ada dua cara yang udah gue jelasin di blog sebelumnya, cara satu lagi tinggal bikin diagram Venn yang lebih simpel kayak gini.

logika kuantor diagram venn raja tamak mati Dari sini, juga bisa kita liat kalo kesimpulannya valid karena tanda “x” cuma punya satu kemungkinan dan letaknya di dalem himpunan “Mati”.

Contoh 3:

(1) Semua A adalah C.

(2) Ada B yang C.

Kesimpulan: Ada C yang A.

”klik-di-sini-untuk-lihat-jawabannya”

Cara bikin diagram Venn yang simpelnya gini,

logika kuantor diagram venn A B CKita bisa liat kan, kalo letak “x”-nya gak pasti. Bisa di dalem “A”, bisa di luar “A” tapi tetep di dalem “C”.

Lo bisa pake cara satu lagi yang udah pernah gue jelasin di blog sebelumnya. Bebas aja mau pake yang mana yang lebih gampang buat lo.

Screen Shot 2015-11-22 at 7.33.29 PMScreen Shot 2015-11-22 at 7.33.56 PMScreen Shot 2015-11-22 at 7.34.11 PM

 

Nah, gimana, bisa dimengerti kan? Kira-kira gitu gambarannya kalo lo mau ngejawab soal logika kuantor dengan diagram Venn.

****

Sip. Segini aja materi yang mau gue bahas kali ini. Biar lo makin mantep ngerjain soal diagram Venn atau menggunakan diagram Venn buat ngerjain soal logika kuantor, ga lupa gue ingetin buat banyak-banyak latihan ya, biar lancar. Berikut ada set soal yang bisa lo jabanin:

Soal + Pembahasan TPA Logika SBMPTN 2015

Soal + Pembahasan TPA Diagram Venn SBMPTN 2014

Soal + Pembahasan TPA Logika Proposisi/Kuantor SBMPTN 2013

Soal + Pembahasan TPA Logika SNMPTN 2012

Soal + Pembahasan TPA Logika SNMPTN 2011

Soal + Pembahasan TPA Logika SNMPTN 2009

Semoga tips yang gue kasih di artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Gud luck!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Wilo tentang caa ngerjain soal TPA Diagram Venn, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wilona adalah senior tutor TPA di Zenius Education. Wilona mengambil gelar S1 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Wilona at @wilonaarieta

  • Prastya Susanto

    Kak Wil, kalo tumbuhan, palawija, hijau itu palawija masuk tumbuhan tapi hijau sendiri kan ya?thank in advance

  • Ahmad Rais Nasution

    Kak mau tanya kalau kuliah untuk mempelajari ttg pembuatan game mengkoding atupun mempelajari ttg pembuatan animasi itu nama jurusannya apa ya? Sorry out of topic

  • Alwi

    kak, saya masih kebingungan nih ngerjain diagram venn, saya belum bisa nentuin 'patokan' yang ngebuat entitasnya beda satu sama lain..jadi setiap jawab soal,persepsinya tuh hanpir selalu berbeda sama jawaban yang benernya, itu solusinya gimana ya kak?

  • W̳̿i̳̿s̳̿n̳̿u̳̿ Wardha R̶e̶s̶i

    Kak Wilon, gigi saya lobang dan sakitnya sangat luar biasa nih, apa sebaiknya harus di cabut

  • Lukman Nul Hakim

    Min vidionya kok pada gak bisa di putar ya..?