Bedanya Persiapan UN SMA dengan SBMPTN

Persiapan untuk ujian SBMPTN jauh berbeda dengan belajar untuk Ujian Nasional. Kenapa berbeda dan apa bedanya? Semua dijelaskan di artikel ini.

Halo Guys!! Apa kabar nih, UN kalian? Buat yang belum pernah pake Zenius, coba kalian perhatiin deh kalo ada yang cengar-cengir ato cengengesan abis keluar dari ruang ujian – coba tanyain doi, jangan-jangan dia udah lama pake Zenius, hehe.. Apapun hasilnya UN (harusnya) udah berlalu. Nah di tulisan blog kali ini, sebenernya gua bikin untuk kalian yang udah selesai menempuh UN SMA, tapi buat yang belum beres juga boleh nyimak karena ini penting banget.

Oke, buat kalian yang udah selesain menempuh UN SMA, gua ucapkan SELAMAT! Gua saranin kalian habiskan waktu akhir pekan ini buat melepas penat, maen sama temen-temen kek, pacaran kek, ato tanding maen game, nonton ke mall, pokoknya melakukan sesuatu yang menyenangkan.. So, di Zenius Blog kali ini, gua nggak akan bahas dulu hal-hal yang serius buat belajar SBMPTN, tapi lebih ke arah ‘petuah’ (halah!) ato bacaan ringan sembari kalian renungkan di akhir pekan. Oke?

kc753

Nah, kalo kalian yang ngerasa UN kemaren lumayan susah, berarti kalian nggak boleh terlalu santai buat persiapan belajar SBMPTN, kenapa? Karena untuk lolos SBMPTN itu jauuh lebih sulit daripada cuma sekedar lulus UN. Lho, emang apaan sih bedanya UN sama SBMPTN ?

Oke, pertama-tama kalian harus ngerti dulu tujuan dari sebuah tes ato ujian itu ada dua, yaitu ujian evaluasi dan ujian seleksi. Kalo ujian nasional, itu termasuk ujian evaluasi, artinya tujuan dari ujian ini untuk mengevaluasi atau mengetahui sejauh mana kemampuan kalian dalam penguasaan materi yang seharusnya kalian pahami sebagai lulusan SMA. Jadi semua orang tuh pada dasarnya mendukung penuh kalian untuk bisa lulus UN, baik itu orangtua kalian, guru sekolah kalian, kepala sekolah kalian, temen-temen kalian, bahkan sampe pemerintah pun kepengennya semua siswa kalo bisa lulus UN sampe 100%. Imbasnya kalian dipermudah banget oleh semua pihak supaya bisa lulus UN. Makanya, pemerintah sampe nerbitin SKL (kisi-kisi bahan UN), sekolah kalian mungkin ngadain tambahan khusus, guru sekolah kalian mungkin jadi sering banget ngebahas soal UN tahun-tahun sebelumnya.

Nah, semua ‘kemudahan’ itu nggak akan kalian dapetin lagi buat kalian yang mau menempuh SBMPTN atau Ujian Mandiri dari beberapa universitas keren impian kalian. Kenapa? Karena pada dasarnya bentuk ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri itu bukan lagi bersifat ujian evaluasi, melainkan ujian seleksi. Artinya nih, kalian semua adalah kandidat yang akan diseleksi atau disaring siapa yang layak atau belum layak buat masuk universitas tertentu. Intinya sekarang ada kondisi baru yang akan kalian hadapi, yaitu kompetisi atau persaingan. Tapi jangan takut duluan, karena mau gak mau dalam hidup kalian nanti ke depannya, akan ada banyak bentuk kompetisi yang harus kalian hadapi. So coba jadiin ini justru jadi tantangan yang memicu motivasi kalian untuk bisa bersaing secara sehat, itung-itung menempa kualitas diri kalian masing-masing untuk bisa bersaing dengan ribuan siswa lain dari seluruh Indonesia.

Sebagai gambaran aja yah, untuk persentase tingkat kelulusan UN SMA tahun 2014 yang lalu itu 99,52% sedangkan tingkat kelulusan UN SMK tahun 2014 itu sebesar 99,9%! Sementara untuk dua tahun lalu, tingkat kelulusan UN tahun 2013 2 tahun lalu itu 99,48% sedangkan untuk SMK mencapai 99,95%. Wah tinggi banget, kan? Coba kalo dibandingkan dengan tingkat kelulusan SBMPTN gimana coba? Pada seleksi SBMPTN 2014 yang lalu, cuma 104.862 peserta doang yang lolos dari total 664.509 peserta, artinya cuma sekitar 15,78% peserta  yang lolos SBMPTN 2014! Sementara untuk tahun 2013, dari total 585.789 peserta ujian, jumlah yang lolos itu cuman 109.853 peserta doang. Artinya tahun 2013 jumlah peserta SBMPTN yang lolos cuma 18,75%. Itu masih dihitung secara merata loh, belum lagi kalo dihitung berdasarkan jurusan dan universitas favorit, bisa jadi persentase kelolosan di sekitar 3%–5%!

Moga-moga sekilas fakta di atas bisa jadi gambaran buat lo untuk nyadar kalo level kesulitan soal untuk SBMPTN itu jauh di atas level kesulitan soal UN SMA. Komposisi soal dalam tes seleksi yang pastinya dibuat lebih sulit karena tujuannya untuk menyaring mana kandidat yang paling pantas untuk bisa berkuliah di level universitas tertentu. Nah, sekarang coba kalian bayangin kalo kalian jadi rektor PTN yang udah beken, tahun ini peminat yang mau masuk kuliah ada  20.000 kandidat, tapi bangku/kursi yang tersedia untuk calon mahasiswa angkatan baru cuma 2.000 kursi, berarti terpaksa kamu harus membuat soal yang bisa menyaring 2.000 orang terbaik diantara 20.000 peminat kan? Sekarang kalo kalian jadi rektor nih, mahasiswa seperti apa sih yang kalian inginkan atau pantas buat masuk kampus kalian?

BmZMZXKCEAEjlXz

Kalo dugaan kita di Zenius team sih, kemungkinan besar sih faktor-faktor yang jadi penilaian kampus-kampus berkualitas itu nggak cuma sebatas ngukur kemampuan akademis doank, tapi ada faktor-faktor lain yang jadi bahan pertimbangan seperti cara berpikir yang logis dan rasional, memiliki tingkat analisa yang tinggi, bisa memahami masalah, berpikir secara runut dan terstruktur, punya kreativitas yang tinggi, berwawasan luas, dll..

Nah, sekarang tipe soal semacam apa sih yang bisa mengukur cara berpikir yang rasional, kreatif, dan memiliki daya analisa yang baik? Pastinya bukan tipe soal yang bisa dijawab karena hafalin rumus ato pake cara-cara cepet. Percaya deh, kalo kalian masih ngandelin jalan pintas kayak gitu, gak akan mempan untuk di level universitas! Oke terus jadi jenis soal seperti apa yang diujikan?

Untuk komposisi soal, emang SBMPTN itu dibedakan untuk jurusan IPA dan IPS. Tapi baik jurusan IPA maupun IPS, kalian akan tetep diuji untuk mata pelajaran Matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dan juga TPA. Sedangkan selebihnya, kamu menjalani test yang tergantung dengan jurusan yang akan kamu pilih.

Buat yang belum tau, TPA itu adalah Tes Potensi Akademik atau disebut juga TBS (Tes Bakat Skolastik). Intinya TPA itu terdiri dari 4 jenis kemampuan yaitu:

1. Verbal (sinonim, antonim, dan relasi verbal)
2. Penalaran Matematis (artimatika, geometri, perhitungan skala)
3. Analisa Pola ( pola barisan dan pola gambar )
4. Logika ( logika analitik, logika proporsi, dan diagram venn)

Okay, sekarang untuk pembagian kategori soal ujian, yang pertama kalian semua (baik pemilihan program studi kategori Saintek atau Soshum) akan sama-sama berhadapan dengan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), yang soal-soalnya terdiri dari:

Untuk program studi Saintek (IPA), seperti jurusan kodekteran, teknik, mipa, dkk. Maka mata pelajaran yang diujikan adalah:

Untuk program studi Soshum (IPS), seperti jurusan ekonomi, psikologi, hubungan internasional, hukum, dkk mata pelajaran yang diujikan adalah:

Nah, lagi-lagi nih.. buat kalian yang udah tau Zenius, kalian udah enak banget karena di zenius.net kita udah sediain kumpulan teori yang penting banget buat kamu kuasai untuk bisa paham konsep dasar dari semua mata pelajaran di atas. Kalian tinggal coba klik aja nama mata pelajaran yang gua tulis di atas, nanti akan langsung kita arahin ke video pembahasan materi SBMPTN lengkap, untuk masing-masing mata pelajaran tsb.

kc3gi
Abis itu, kamu juga bisa dapet video pembelajaran yang berisi teori lengkap dari seluruh mata pelajaran yang jadi bahan soal SBMPTN. Asiknya lagi disini kamu juga bisa dapetin Kumpulan soal SNMPTN super komplit dari jaman SPMB 2002 sampai dengan SNMPTN 2014 lengkap beserta dengan video pembahasannya!

Selain itu, kamu juga bisa download semua soal lengkap UMPTN, SPMB, SIMAK UI, USM ITB sampai soal-soal kapita selekta. Kapita selekta adalah pilihan-pilihan soal yang dibuat supaya kamu makin ngerti konsep dasarnya dan nggak cuma menghafal pola soal. Di zenius.net, kamu juga bisa liat kompilasi video tips belajar efektif, penjabaran masalah-masalah klise dalam belajar dan solusinya, serta sharing dari kita tentang kisah-kisah sukses murid-murid Zenius yang uda berhasil tembus universitas pilihannya. Jadinya kamu bisa tau lebih dalem dan detail rahasia sukses kakak-kakak angkatan kalian yang udah ngalamin langsung gimana rasanya menempuh SBMPTN.

Oke deh, sekian dulu petuahnya. Sekarang selamat menikmati weekend kalian dengan maen sepuasnya! Abis itu, kalian persiapin pertarungan terakhir buat bisa kuliah di universitas impian kalian, Oke?

—————————CATATAN EDITOR—————————

Oya, btw kalo kalian ada yang mau curcol dan mau sharing ke kita gimana perjuangan kalian dalam menempuh UN, ato mau kasih testimonial buat yang udah nyoba pake Zenius jangan malu-malu buat comment di bawah ya. 🙂

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.