ciri-ciri anxiety

Infografis: Ciri-ciri Anxiety dan Cara Mengatasinya

Isu mental jadi sesuatu yang sering banget diperbincangkan akhir-akhir ini. Bahkan, kalau gue lagi buka media sosial, nggak jarang gue nemu postingan yang ngomongin tentang masalah mental yang mereka punya.

Nggak cuma itu saja, sekarang isu mental sudah ramai juga diperlihatkan di film. Salah satu film yang membahas tentang ini yaitu Kukira Kau Rumah (2021) yaitu film buatan Umay Shahab, aktor Indonesia. Film itu bercerita tentang seorang perempuan yang mengalami bipolar disorder.

Meskipun isu mental ini cukup dekat sama kita, tapi masih jarang juga orang yang aware soal ini. Padahal nyatanya, gangguan mental rentan banget mengganggu kita, salah satunya kayak anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

Anxiety sendiri memiliki arti sebagai respon ekstrem ketika tubuh mengalami rasa takut atau stres. Buat cari tahu lebih lanjut mengenai anxiety, jenis-jenis anxiety, dan kenapa seseorang bisa mengalaminya, elo bisa kepoin penjelasan lengkapnya di Mengenal Anxiety, Gangguan Kecemasan yang Rentan Menyerang Remaja, nih.

Ternyata, ciri-ciri anxiety juga bisa dibilang dekat banget sama kita, lho. Tapi, bukan berarti elo bisa self-diagnosed atau mendiagnosa diri sendiri kalau ciri-ciri yang pernah elo alami mungkin memang menandakan kalau elo mengalami gangguan kecemasan ini.

Cara terbaik buat tahu apakah memang seseorang mengalami gangguan kecemasan adalah dengan memeriksakannya ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. Tapi, sebelum memutuskan buat memeriksakan ke profesional, ada baiknya kita kenali dulu ciri-ciri anxiety dulu.

Supaya kita semakin aware sama gangguan mental yang satu ini, langsung aja lihat ciri-ciri anxiety, beda anxiety dengan stres, dan cara mengatasi anxiety lewat infografis di bawah ini, ya!

Baca Juga: Infografis: Jenis-jenis Wayang, Unsur, hingga Keberhasilan yang Dicapai

Ciri-ciri Anxiety atau Gangguan Kecemasan

Infografis: Ciri-ciri Anxiety dan Cara Mengatasinya 9
Infografis Anxiety (Arsip Zenius)

Referensi:

Mental Health – Our World in Data (2021)

Facts & Statistics | Anxiety and Depression Association of America – ADAA (2020)

National and State Trends in Anxiety and Depression Severity Scores Among Adults During the COVID-19 Pandemic — United States, 2020–2021 – CDC (2021)

Anxiety disorders – Symptoms and causes – Mayo Clinic (2018)

The Difference Between Anxiety and Stress – HealthyPlace (2022)

Ketahui Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan – Alodokter (2019)

Fear and Anxiety: Is Anxiety a Way of Life for Our Generation? – KidSpirit (2019)

Bagikan Artikel Ini!