Langkah Strategis untuk Menghadapi SNBT 2023

10 Langkah Efektif dan Strategis Untuk Belajar UTBK/SNBT 2023

Halo, semuanyaa! Artikel blog kali ini gue bikin khusus buat elo yang lagi duduk di kelas 12 SMA dan alumni yang mau ikut UTBK/SNBT 2023 nanti. Mumpung masih ada waktu beberapa bulan buat persiapan, elo mesti persiapin diri matang-matang.

Meski SNBT 2023 (UTBK) masih lama, soal SNBT 2023 tuh levelnya beda. Makanya elo tetap nggak bisa leha-leha dan perlu nyiapin strategi biar persiapan SNBT 2023 elo jadi efektif. Jadi, yuk, persiapin diri mulai dari sekarang.

Eits, tapi sebelum gue mulai membahas langkah-langkah persiapan untuk menempuh SNBT 2023, gue mau jelasin soal SNBT dulu, nih! Buat yang masih asing sama istilah SNBT, SNBT itu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Tahun 2022 lalu, seleksi ini disebut SBMPTN. Sistem ujiannya juga tetap sama, kok masih ujian dengan menggunakan komputer atau UTBK.

Sekarang, ini dia 10 langkah strategis & efektif untuk menghadapi UTBK/SNBT 2023:

1. Perhatikan Aturan dan Ketentuan yang Berlaku

Cari informasi tentang aturan terbaru SNBT 2023.
Sebelum mulai belajar, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang aturan SNBT 2023 (Arsip Zenius)

Sobat Zenius, aturan untuk seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri nggak jarang berubah-ubah. Kadang yang berubah hanya namanya, kadang sampai sistem pelaksanaan dan tata ujiannya berubah. Ini makanya kenapa di langkah pertama gue minta elo untuk cari tau dulu tentang aturan terbaru. Dengan elo udah tau aturan yang paling baru, elo bisa susun strategi dan agenda sebaik mungkin.

Contohnya aja untuk pelaksanaan seleksi masuk PTN tahun 2023. Selain namanya berubah, pada UTBK/SNBT 2023 ini, Tes Kemampuan Akademik untuk bidang Soshum dan Saintek dihilangkan. Hanya ada Tes Potensi Skolastik. Kalau elo udah tau aturan ini, elo jadi bisa atur agenda, kan, misalnya lebih banyak review materi TPS selama persiapan SNBT 2023.

Kalau elo mau cari tau lebih lanjut tentang aturan baru seleksi PTN, serta apa aja perbedaannya dengan seleksi di tahun sebelum-sebelumnya, elo bisa baca dua artikel ini:

Baca juga:

Info Lengkap Tentang Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023

Perbedaan SBMPTN 2022 dan SNBT 2023

2. Evaluasi Kesiapan

Oke, setelah elo paham setiap aturan untuk mengikuti SNBT 2023 nanti, berarti sekarang waktunya mempersiapkan diri!

Menurut elo, langkah pertama apa yang harus dilakuin saat mempersiapkan diri? Yup! Evaluasi dulu kemampuan dan kesiapan elo sudah sejauh mana. Dengan melakukan evaluasi, elo jadi tau pelajaran apa yang effort belajarnya butuh lebih besar. Ini bisa jadi dasar untuk menentukan strategi belajar.

Terus, elo mungkin bertanya, gimana cara evaluasinya? Gampang! Coba kerjain soal-soal dan materi dari tahun lalu. Dalam TPS SNBT 2023 nanti, subjek yang akan diujikan adalah:

  • Potensi Kognitif
  • Penalaran Matematika 
  • Literasi Bahasa Indonesia
  • Literasi Bahasa Inggris

Nah, elo coba deh kerjain soal dari setiap subjek itu. Elo bisa download soal-soalnya secara GRATIS di sini. Setelah selesai ngerjain tiap latihan soal, bakal ada pembahasan untuk masing-masing soal.

Setelah elo lakuin langkah ini, pastinya elo udah bisa kebayang kira-kira soal semacam apa yang akan elo hadapi. Dari situ, bisa deh elo mulai kencangin review materi, terutama di bagian yang masih lemah.

3. Elaborasi Bahan Materi Review

Perdalam konsep dengan Zenius!
Perdalam materi yang ingin elo pelajari dengan Zenius!

Setelah elo udah nyobain ngerjain soal tahun lalu dan evaluasi kemampuan elo, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu elo pelajari. Kupas tuntas soal dan perhatikan materi yang muncul, dari situ elo akan tau berapa banyak materi yang perlu elo pelajari.

Nah, buat elo yang udah biasa belajar pake Zenius, elo bisa cari video materi belajar atau topik yang berkaitan dengan UTBK atau SNBT 2023. Selain itu, elo juga bisa belajar lebih dalam tentang materi SNBT 2023 dengan mengikuti berbagai Live Class Zenius!

4. Buat Jadwal Review Materi

Langkah berikutnya untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBT 2023 adalah BUAT JADWAL BELAJAR! Gue ngerti, mungkin sebagian dari elo nggak suka dengan jadwal. Mungkin elo mikir jadwal bisa bikin tertekan dan terkekang, apalagi kalau elo nantinya nggak berhasil mentaati jadwal yang elo buat sendiri.

Tapi, jadwal ini penting banget untuk membantu elo dalam menghitung. Menghitung apa aja?

  1. Menghitung waktu sampai hari-H. Dengan jadwal, elo jadi punya gambaran berapa banyak waktu yang tersisa vs berapa materi yang harus elo kuasai.
  2. Menghitung target. Elo harus punya patokan saat review materi dan latihan soal. Misalnya, elo harus menguasai materi A dalam jangka waktu tertentu. Nah, ini juga membantu ketika waktu persiapan elo terbatas, elo jadi punya prioritas target mana aja yang didahulukan.
  3. Sebagai “alarm” buat elo agar terus keep up sama target tadi. Istirahat saat belajar itu wajar, tapi istirahatnya jangan kelamaan juga, guys. Nah, jadwal ini membantu kita untuk nggak lupa waktu. Jangan sampai nanti udah mendekati hari H, baru kita kelabakan.

Sebenernya, elo nggak harus terlalu strict sama jadwal ini. Gue paham ada saatnya elo jenuh ato pengen ngerjain aktivitas lain. Tapi, dengan adanya jadwal belajar, elo jadi bisa nge-track progress elo dan terus diingatkan untuk konsisten dan disiplin dengan target yang udah elo buat. 

Nah, terus gimana cara buat jadwalnya? Bebas!

Elo bisa tulis di buku agenda atau bikin jadwal di smartphone dan disinkronisasi dengan seluruh devices lo seperti PC, laptop, maupun tablet. Saat ini pun ada banyak aplikasi gratisan untuk scheduling dan managing time. Elo tinggal pilih aja mana yang paling cocok buat lo.

5. Review Materi

Ilustrasi review materi.
Review materi dan belajar untuk mempersiapkan SNBT 2023 (Arsip Zenius)

Oke, akhirnya kita masuk ke langkah yang paling penting dari seluruh step yang udah dijalanin, yaitu: BELAJAR, BELAJAR, dan BELAJAR!

Eits, tapi tunggu dulu… Belajar ini nggak se-simple “ya udah belajar aja dan kejar seluruh materi yang perlu elo kuasai.” Nggak begitu, guys!

Biasanya, ada dua kesalahan umum yang sering dilakukan dalam belajar untuk persiapan SNBT.

  1. Belum belajar apa-apa dan langsung latihan soal campuran. Untuk nguji kemampuan sekali dua kali sih nggak masalah, tapi kalau elo nggak belajar dan hanya mengandalkan latihan soal, itu salah guys. Kenapa begitu? Karena latihan soal nggak akan membuat elo punya basic fundamental skills yang mateng! 

    Analoginya gini, elo nggak bisa jadi pemain bola yang jago hanya dengan sering maen bola, kan? Supaya jadi pemain bola yang jago, elo harus tau gimana cara nendang dengan bener, cara liat situasi di lapangan, nahan operan dari bola datar sampe bola umpan lambung, dsb..

    Naaah, sama halnya juga dengan belajar buat SNBT (UTBK)! Supaya elo bisa mantep ngerjain semua variasi soal yang mungkin keluar, elo harus dalemin setiap materi/topik!
  2. Elo keasikan belajar buat dalemin materi, konsep, dan teori tapi nggak latihan soal. Nah, ini kebalikan dari kesalahan pertama. Jangan sampe elo keasikan nontonin video Zenius, tapi nggak banyak latihan soal tentang materi/topik yang lagi elo dalemin.

    Kalau pake analogi bola lagi, elo sering nonton video tutorial tendangan bebas ala David Beckham atau Andrea Pirlo, tapi jarang latihan buat praktekin apa yang udah elo pelajari di lapangan. Nggak guna, kan?

Nah, jadi gimana caranya belajar dengan bener? Dengan DELIBERATE PRACTICE! Buat elo yang belum tau, baca dulu deh artikel Zenius sebelumnya tentang deliberate practice! Intinya, dalemin materi secara mendalam untuk setiap topik yang jadi titik kelemahan elo dan terus gali dengan banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut.

Untungnya, desain urutan video yang ada di zenius.net sebagian besar udah dirancang buat deliberate practice. Artinya dengan elo ngikutin nonton video materi Zenius, tanpa sadar elo udah ngikutin deliberate practice.

6. Ikut Try Out SNBT

Setelah elo melakukan deliberate practice dengan mereview seluruh materi bahan yang perlu elo kuasai, baru deh elo boleh coba latihan soal campuran. Elo bisa ikutan Tryout Premium di Zenius buat matengin persiapan SNBT 2023. Tryout-nya ada banyak dan elo bisa milih waktu pengerjaannya sesuka elo. Tenang, Tryout dari Zenius ini dibuat semirip mungkin sama kondisi SNBT 2023 nanti, kok!

Oh iya, elo bisa mengikuti Tryout Premium Zenius dengan menggunakan ZenCoin, lho. Elo bisa menukarkan 1.250 ZenCoin untuk satu kali Tryout Premium, atau senilai 12 ribu rupiah. ZenCoin ini juga bisa elo pake untuk membeli konten-konten premium lain dari Zenius. Kalau elo belum punya ZenCoin, elo bisa beli paket ZenCoin di sini.

Balik lagi ke Tryout, salah satu kondisi yang dibuat semirip mungkin dengan SNBT adalah durasi pengerjaannya. Untuk mendukung itu, usahain supaya elo kondisi tempat elo mengerjakan Tryout juga semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti elo ngerjain tes SNBT 2023 nanti. Misalnya dengan cara elo buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb.

Dengan elo mengatur kondisi try out lo seperti simulasi ngerjain SNBT beneran, elo jadi melatih mental buat lebih terbiasa dengan kondisi ujian yang dibatasi waktu.

Baca juga:

Tips Tryout Online Supaya Elo Siap Menghadapi SNBT!

7. Evaluasi, Evaluasi, Evaluasi!

Lah, kan tadi udah evaluasi di atas. Kenapa perlu evaluasi lagi? Supaya elo bisa tahu kesalahan atau kelemahan (lagi-lagi) elo di mana. Kalau emang kesalahan elo masih di situ-situ aja, berarti belajar lagi. Nah, dari sini elo juga bisa evaluasi perkembangan elo sejauh mana. Itu pentingnya evaluasi.

Kalau elo ikutan Tryout Premium dari Zenius, elo bakal nemuin fitur leaderboard. Fitur ini bisa membantu elo nentuin di mana peringkat elo dibanding sama peserta tryout yang lain dalam satu batch. Dari sini elo juga bisa evaluasi ketika peringkat elo naik atau turun. Pokoknya, selama mempersiapkan diri untuk UTBK/SNBT 2023 ini elo harus banyak lakukan evaluasi.

8. Cari Waktu yang Efektif untuk Belajar

Setiap orang punya waktu belajarnya sendiri-sendiri. Ada yang baru semangat belajar saat siang hari, ada juga yang sudah semangat di pagi hari.

Nah, elo bisa tentuin kapan waktu yang efektif buat belajar untuk diri elo sendiri. Langkah ini bisa ditentukan dengan cara coba belajar di pagi, siang, sore ataupun malam hari. Dari waktu-waktu tersebut, mana sekiranya waktu yang efektif buat elo belajar. Kalau udah ketemu, tinggal tentuin, deh, jadwal ke depannya secara rutin.

Eits, tapi gue nggak menyarankan elo untuk mulai belajar di tengah malam, guys. Saat belajar tengah malam, waktu tidur kita bakal jadi pindah ke pagi hari kan, takutnya nanti kita malah nggak nyaman dan nggak terbiasa saat ngerjain SNBT. Selain itu, begadang nggak baik untuk kesehatan kita. Tetep jaga kesehatan saat mempersiapkan diri untuk ujian juga penting!

9. Buat Suasana Belajar yang Kondusif

Selain waktu, suasana belajar juga penting buat elo ciptakan. Ketika elo belajar di rumah, sebisa mungkin atur suasana belajar yang kondusif dan terhindar dari gangguan-gangguan yang berpotensi memecah konsentrasi belajar elo. Cari ruangan yang jauh dari suara-suara berisik. Di dalamnya, elo bisa atur ruangan sesuka elo, mulai dari penataan cahayanya, dekorasi ruangannya, dan lain-lain.

Suasana belajar yang kondusif akan membantu meningkatkan produktivitas belajar elo. Lo juga bisa belajar di tempat lain kalau misalnya butuh suasana baru. Misalnya, di perpustakaan, co-working space, coffee shop, ataupun di tempat lainnya.

10. Belajar Bersama Teman

Ilustrasi belajar bersama teman.
Belajar dan diskusi bersama teman-teman. (Arsip Zenius)

Belajar sendiri memang terkadang membuat diri elo merasa sangat nyaman. Akan tetapi, ada suatu titik di mana elo butuh teman diskusi untuk membicarakan tentang soal-soal SNBT. Nah, elo bisa ajak temen-temen elo untuk berdiskusi membahas soal-soal SNBT. Saat diskusi, elo dan temen-temen jadi bisa berbagi perspektif ketika mengerjakan soal.

Oh iya, pastikan teman-teman yang elo ajak juga ingin belajar jadi tercipta suasana yang kondusif, ya! Pastikan semuanya emang fokus untuk belajar, bukan untuk melakukan hal.

Baca juga:

Kesalahan Umum yang Bisa Bikin Elo Gagal Masuk Universitas

Untuk membantu elo mempersiapkan diri menghadapi SNBT 2023, elo juga bisa berlangganan paket belajar Zenius Ultima dari sekarang. Di sini elo bisa dapetin Live Class dengan para tutor, Tryout Premium, bahkan konsultasi jurusan kuliah. Klik banner di bawah ini untuk tau info lengkapnya, ya!

10 Langkah Efektif dan Strategis Untuk Belajar UTBK/SNBT 2023 9
Zenius Ultima Plus

Oke! Itu tadi 10 langkah strategis untuk menghadapi SNBT 2023, semoga tips ini membantu elo dalam merancang rencana belajar dengan cara yang lebih efektif. Pokoknya, manfaatin proses pembelajaran ini sebagai kesempatan buat meningkatkan kapasitas intelektual elo secara signifikan sebelum terjun ke dunia kuliah sebagai mahasiswa. Semangat! Give it your best shot!

Bagikan Artikel Ini!